Jurnal Khusus Penjualan: Cara Cerdas Catat Penjualan Bisnis

Ditulis oleh Faiqotul Himma

article thumbnail


Dalam dunia bisnis, pencatatan keuangan merupakan salah satu aspek yang tak bisa diabaikan. Salah satu hal penting yang harus dilakukan adalah mencatat setiap transaksi penjualan dengan cermat dan real-time.

Di sinilah peran jurnal khusus penjualan sangat penting. Jurnal khusus penjualan merupakan alat akuntansi yang digunakan untuk mencatat secara detail setiap transaksi penjualan yang terjadi di dalam bisnis. Dengan menggunakan jurnal khusus penjualan, perusahaan dapat memantau pendapatan dari penjualan, mengontrol piutang dari pelanggan, serta memastikan akurasi laporan keuangan secara keseluruhan.

Agar kamu dapat lebih memahami fungsi dan cara membuat jurnal khusus penjualan yang efisien, yuk baca artikel ini sampai selesai ya! 

Pengertian Jurnal Khusus

Jurnal khusus adalah catatan transaksi keuangan yang difokuskan pada jenis transaksi atau akun tertentu dalam suatu perusahaan. Dalam jurnal khusus, hanya transaksi-transaksi yang terkait dengan jenis tertentu seperti penjualan, pembelian, atau kas, yang dicatat secara terpisah.

Jurnal khusus ini membantu menyederhanakan pencatatan dan mempermudah analisis data keuangan yang spesifik sehingga perusahaan dapat lebih mudah melacak dan mengelola transaksi-transaksi secara terperinci. Dengan adanya jurnal khusus, manajemen keuangan perusahaan menjadi lebih efisien dan terorganisir. 

Apa Itu Jurnal Khusus Penjualan?

Jurnal khusus penjualan adalah catatan transaksi keuangan yang khusus mencatat semua transaksi penjualan yang terjadi dalam sebuah perusahaan. Dalam jurnal ini, setiap detail penjualan seperti jumlah barang atau jasa yang terjual, harga per unit, total penjualan, serta informasi pelanggan akan dicatat secara terperinci.

Jurnal khusus penjualan membantu perusahaan untuk memantau dan mengelola aspek keuangan yang terkait dengan penjualan, sehingga memudahkan analisis performa penjualan dan memastikan informasi yang lengkap dan akurat terkait pendapatan perusahaan.

Dengan menggunakan jurnal khusus penjualan ini, manajemen perusahaan dapat lebih terarah dalam mengambil suatu keputusan bisnis dan mengoptimalkan strategi pemasaran untuk pertumbuhan bisnis yang lebih baik. 

Fungsi Jurnal Khusus Penjualan

Jurnal khusus penjualan memiliki beberapa fungsi yang penting dalam pengelolaan keuangan dan operasional perusahaan. Berikut ini beberapa fungsi jurnal khusus penjualan, antara lain: 

Merekam Transaksi Penjualan

Fungsi utama jurnal khusus penjualan adalah mencatat setiap transaksi penjualan yang terjadi di dalam bisnis. Informasi yang tercatat meliputi detail barang atau jasa yang terjual, harga per unit, total penjualan, dan identitas pelanggan. 

Memantau Pendapatan

Dengan jurnal khusus penjualan, perusahaan dapat memantau pendapatan yang dihasilkan dari penjualan barang atau jasa. Informasi ini sangat penting dalam mengevaluasi kinerja keuangan perusahaan dan membuat proyeksi pendapatan di masa depan. 

Menentukan Pelanggan Terbaik

Jurnal khusus penjualan membantu perusahaan mengidentifikasi pelanggan yang paling berkontribusi pada pendapatan. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk lebih fokus dalam melayani pelanggan yang potensial dan membangun hubungan yang baik dengan mereka. 

Menghitung Persediaan

Jurnal khusus penjualan juga berperan dalam menghitung persediaan barang yang masih ada setelah transaksi penjualan. Informasi ini membantu perusahaan mengelola stok barang dengan lebih efisien. 

Evaluasi Performa Produk atau Layanan

Dengan mencatat setiap penjualan, perusahaan dapat mengevaluasi performa produk atau layanan yang ditawarkan. Hal ini membantu perusahaan untuk mengetahui produk atau layanan yang paling diminati oleh pelanggan dan menyesuaikan strategi pemasaran. 

Persiapan Laporan Keuangan

Jurnal khusus penjualan menjadi sumber data yang penting dalam penyusunan laporan keuangan perusahaan. Laporan-laporan ini nantinya akan digunakan oleh manajemen, investor, dan pihak-pihak terkait dalam pengambilan keputusan bisnis.

 

Dengan fungsi-fungsi tersebut, jurnal khusus penjualan menjadi alat yang penting dalam mengelola dan memonitor kegiatan penjualan perusahaan secara keseluruhan, ya. 


Baca Juga: Memilih Jenis-Jenis Jurnal Khusus yang Dibutuhkan Bisnis!


Jurnal khusus penjualan dapat menganalisis performa penjualan pada bisnis. 

Format Jurnal Khusus Penjualan

Jurnal khusus biasanya memiliki bentuk lembaran kertas atau buku yang terbagi menjadi beberapa kolom. Namun, dengan kemajuan teknologi, jurnal khusus juga dapat dibuat dalam bentuk digital menggunakan software akuntansi atau aplikasi Spreadsheet. Dalam bentuk konvensional, jurnal khusus terdiri dari baris-baris transaksi yang diurutkan berdasarkan tanggal. Setiap baris mewakili satu transaksi penjualan.

 

Bentuk jurnal khusus penjualan biasanya memiliki kolom-kolom berikut ini: 

Tanggal Transaksi

Kolom ini mencatat tanggal terjadinya transaksi penjualan, memudahkan dalam melacak kronologi transaksi. 

Nomor Faktur Penjualan

Kolom ini berisi nomor faktur atau penjualan yang unik untuk setiap transaksi, membantu identifikasi dan referensi data dengan mudah. 

Nama Pelanggan

Kolom ini mencatat nama atau identitas pelanggan yang melakukan pembelian, mempermudah dalam melacak transaksi dari setiap pelanggan. 

Deskripsi Barang atau Jasa

Kolom jurnal khusus penjualan ini berisi keterangan singkat mengenai barang atau jasa yang dijual, membantu dalam memahami transaksi dengan lebih baik. 

Jumlah Penjualan

Kolom ini mencatat jumlah uang yang diterima dari pelanggan atas pembelian mereka, memperlihatkan total pendapatan. 

Total Pendapatan

Kolom ini merupakan hasil akumulasi dari jumlah penjualan untuk setiap transaksi tertentu, menyajikan gambaran keseluruhan pendapatan dalam periode waktu tertentu.

 

Dengan format, bentuk, dan kolom yang terstruktur dengan baik, jurnal khusus memudahkan pencatatan dan analisis terhadap transaksi penjualan dalam bisnis. Hal ini membantu pemilik bisnis dalam mengambil keputusan finansial yang lebih tepat dan cerdas untuk perkembangan bisnisnya. 


Baca Juga: Cara Membuat Jurnal Khusus yang Mudah untuk Bisnismu

Cara Membuat Jurnal Khusus Penjualan

Setelah mengetahui format jurnal penjualan khusus, kamu juga perlu mengetahui cara membuatnya, bukan? Yuk, simak cara membuat jurnal khusus penjualan di bawah ini! 

  1. Persiapkan Alat

Siapkan buku jurnal atau lembaran kertas yang bersih. Kamu juga bisa menggunakan Spreadsheet di komputer sebagai alternatif, ya. 

  1. Buatlah Format Jurnal

Bagi jurnal menjadi beberapa kolom, termasuk tanggal transaksi, nomor faktur penjualan, nama pelanggan, deskripsi barang atau jasa, jumlah penjualan, dan total pendapatan. 

  1. Tentukan Jenis Transaksi

Pilihlah jenis transaksi yang akan dicatat dalam jurnal khusus penjualan, apakah penjualan barang atau jasa. 

  1. Catat Transaksi dengan Detail

Setiap kali terjadi penjualan, catat secara detail di jurnal. Tuliskan tanggal, nomor faktur atau penjualan, dan nama pelanggan yang terlibat. 

  1. Deskripsi Barang atauJasa

Tuliskan deskripsi singkat tentang barang atau jasa yang dijual. Contohnya, jenis barang atau jasa, jumlah, ukuran, dan lainnya. 

  1. Catat Jumlah Penjualan

Isilah kolom ‘jumlah penjualan’ dengan total uang yang diterima dari pelanggan atas pembelian mereka. 

  1. Periksa Kembali Keakuratan

Pastikan data yang kamu masukkan benar dan akurat. Periksa kembali angka dan informasi lainnya agar tidak terjadi kesalahan. 

  1. Update secara Berkala

Selalu update jurnal khusus penjualan setelah ada transaksi baru. Ini akan membantu kamu mengelola keuangan dengan lebih baik dan mendapatkan gambaran yang akurat tentang kinerja bisnis. 


Baca Juga: Memahami Contoh Jurnal Khusus Pembelian dan Penjualan Bisnis

Contoh Jurnal Khusus Penjualan

Agar kamu lebih jelas mengenai jurnal khusus penjualan ini, di bawah ini terdapat contoh jurnal khusus penjualan.

Pada tanggal 15 Juni 2023, PT ABC menjual 100 unit produk A kepada pelanggan PT Sejahtera dengan harga Rp200.000 per unit. Total penjualan tersebut senilai Rp20.000.000.

Tanggal: 15 Juni 2023

Nama Pelanggan: PT Sejahtera

No. Faktur: FKT-001

Keterangan: Penjualan Produk A

contoh jurnal khusus penjualan

Transaksi ini dicatat dalam jurnal khusus penjualan dengan mencatat piutang dari PT Sejahtera sebesar Rp20.000.000 di kolom debit, karena perusahaan berhak menerima uang dari penjualan. Selain itu, penjualan itu sendiri dicatat sebagai kredit sebesar Rp20.000.000 di kolom kredit karena perusahaan menerima pendapatan dari penjualan. 

Aplikasi kasir online 

Kesimpulan

Setelah membaca penjelasan di atas, membuat dan contoh jurnal khusus penjualan laporan keuangan sangat memudahkanmu dalam mencatat transaksi keuangan bisnismu, bukan?

Nah, salah satu cara yang tepat untuk menghindari kesalahan dalam pembuatan jurnal khusus penjualan dan laporan keuangan adalah dengan menggunakan aplikasi kasir online dari majoo.

Aplikasi majoo hadir dengan teknologi cloud storage dan dilengkapi sistem keamanan yang canggih. Tampilan dashboard-nya pun sangat sederhana sehingga  kamu bisa menggunakannya secara mudah dan nyaman dari mana saja dan kapan saja.

Dengan menggunakan aplikasi majoo, kamu bisa otomatis mendapatkan laporan arus kas, laba rugi, perubahan modal, neraca, dan lebih dari 30 jenis laporan keuangan lainnya dengan cepat, akurat, dan real-time.

Yang menarik lagi, nih, fitur-fitur di aplikasi majoo ini bisa dinikmati dengan biaya investasi yang terjangkau, lho!

Belum cukup menarik? Tenang, kamu bisa mencobanya terlebih dahulu selama 14 hari secara gratis dengan klik link ini!

Tunggu apa lagi? Ayo, gunakan majoo sekarang juga!



Sumber data:

https://accurate.id/akuntansi/contoh-jurnal-khusus/ 

Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
whatsapp logo