Optimalkan Bisnis Online dengan Komponen Pemasaran Ini!

Ditulis oleh Faiqotul Himma

article thumbnail

Salah satu komponen bisnis online yaitumMembangun dan mempertahankan hubungan dengan pelanggan.

Tak bisa dipungkiri bahwa perkembangan teknologi internet telah mengubah paradigma pemasaran di kalangan para pebisnis, lho! Saat ini, internet tak terpisahkan dalam kegiatan pemasaran yang sering dikenal dengan sebutan pemasaran online atau internet marketing.

Mengingat pentingnya internet marketing di era ini, sebagai pebisnis, sudah seharusnya kamu memiliki pemahaman yang mendalam mengenai komponen pemasaran online.

Nah, apa sajakah komponen-komponen yang terkait dengan pemasaran online ini? Yuk, ikuti pembahasannya di artikel ini untuk mendapatkan pemahaman secara lengkap mengenai komponen pemasaran online, ya! 

Apa Itu Pemasaran Online?

Pemasaran online yang juga dikenal sebagai internet marketing, e-marketing, atau online-marketing ini mencakup berbagai aktivitas untuk mempromosikan produk atau jasa melalui media yang menggunakan jaringan internet. 

Pemasaran online melibatkan aktivitas seperti pembuatan materi periklanan, riset target audiens, serta copywriting.

Dalam praktiknya, pemasaran online meliputi berbagai elemen, seperti strategi periklanan online, optimasi search engine (mesin pencari), social media marketing, pengembangan konten, dan komunikasi dengan pelanggan melalui email. Semua ini bertujuan untuk mencapai target audiens secara efektif, menghasilkan peningkatan sales, dan brand awareness yang signifikan. 

Baca Juga: E-commerce adalah: Pengertian dan Contoh E-commerce

Manfaat Pemasaran Online bagi Bisnis

Dengan perkembangan teknologi, pemasaran online menawarkan banyak keuntungan bagi kamu sebagai pelaku bisnis. Berikut beberapa keuntungan yang dapat kamu dapatkan, antara lain: 

1.    Memiliki Akses Luas Tanpa Batas

Melalui pemasaran online, kamu memiliki akses yang tidak terbatas untuk memasarkan produkmu. Dengan menggunakan jaringan internet dan strategi yang tepat, kamu dapat memasarkan produk dan layanan agar bisa dikenal audiens di berbagai belahan dunia.

2.    Efisiensi Biaya

Pemasaran online juga membawa keuntungan dalam penghematan biaya, nih! Dengan memanfaatkan pemasaran online, kamu dapat mengalihkan biaya iklan ke dalam bentuk pemasaran online sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya lainnya seperti biaya akomodasi dan transportasi. 

3.    Kemudahan Berkomunikasi dengan Konsumen

Pemasaran online memudahkan kamu dalam berkomunikasi dengan konsumen. Melalui website bisnis, konsumen dapat menghubungi bisnismu sehingga kamu pun dapat berinteraksi secara langsung dengan mereka. Hal ini memberikan kemudahan dalam menemukan konsumen potensial yang memiliki peluang besar untuk membeli produkmu. 

Komponen Pemasaran Online

Komponen pemasaran adalah indikator penting yang harus ada ketika membuat strategi marketing. Sedangkan komponen pemasaran online adalah indikator penting yang harus ada ketika membuat strategi marketing dengan memakai media yang menggunakan jaringan internet.

Menurut penelitian yang dilakukan Mohammed dan rekan-rekannya, bahwa terdapat lima komponen pemasaran online, antara lain: 

Proses

Seperti dalam program pemasaran konvensional, pemasaran online juga melibatkan proses. Terdapat tujuh tahapan dalam proses program pemasaran online ini, antara lain identifikasi peluang pasar, merancang strategi pemasaran, menciptakan pengalaman pelanggan, membangun interaksi dengan pelanggan, merancang program pemasaran, menggunakan teknologi untuk mengumpulkan informasi pelanggan, dan mengevaluasi hasil keseluruhan dari program pemasaran. 

Membangun dan menjaga hubungan dengan pelanggan

Membangun dan menjaga hubungan dengan pelanggan adalah tujuan utama dari program pemasaran. Terdapat tiga tahapan dalam hubungan dengan pelanggan, antara lain kesadaran, eksplorasi, dan komitmen. Keberhasilan program pemasaran dapat diukur dari kemampuannya dalam membawa pelanggan mencapai tahap komitmen dengan bisnis. Pemasaran online  bertujuan untuk menjalin hubungan dengan pelanggan, baik secara online maupun offline.

Online

Seperti namanya, pemasaran online dilakukan menggunakan jaringan internet, tetapi tetap terhubung dengan program pemasaran konvensional. 

Pertukaran

Dampak dari program pemasaran online adalah pertukaran yang tidak terjadi hanya di dunia online, tapi juga berdampak pada pertukaran di dunia nyata, terutama dalam penjualan produk. 

Pemenuhan kebutuhan kedua belah pihak

Dengan adanya pemasaran online, kepuasan bagi kedua belah pihak dapat terpenuhi dengan lebih cepat. Perusahaan dapat mencapai tujuan, seperti peningkatan laba dan pangsa pasar yang lebih luas. Sedangkan pelanggan dapat memperoleh kebutuhan mereka, seperti informasi produk atau layanan yang lebih cepat.


Media Pemasaran Online

Pemasaran online adalah suatu bentuk strategi pemasaran yang memanfaatkan internet sebagai media utama. Terdapat berbagai media pemasaran online yang dapat kamu gunakan untuk bisnismu, di antaranya: 

Social Media dan Marketing Content

Terkadang konsumen mengetahui suatu brand atau bisnis bukan karena kebetulan melihat website-nya, melainkan karena melihat konten di akun media sosial brand tersebut.

Tentunya, perlu diperhatikan jenis konten yang sesuai untuk masing-masing platform media sosial yang akan digunakan. Sebagai contoh, di media sosial Facebook, kamu dapat menggunakan kata-kata pemasaran berbasis cerita (storytelling). Namun, pendekatan yang sama akan sulit diterapkan di TikTok. Pasalnya, pendekatan yang perlu kamu lakukan di platform TikTok adalah menggunakan video singkat.

Selain membagikan konten di media sosial, marketing campaign yang relevan juga dapat kamu buat dan ditempatkan di website bisnismu. Konten-konten tersebut sangat beragam, mulai dari infografis, artikel, video singkat, visual image, hingga testimoni pelanggan. 

SEO dan SEM

Media selanjutnya yang bisa kamu gunakan untuk pemasaran online adalah menggunakan Search Engine Optimization (SEO) dan Search Engine Marketing (SEM).

Kedua komponen ini memiliki tujuan yang sama, yaitu untuk mendapatkan peringkat pertama di halaman Search Engine Results Page (SERP). Dengan muncul di halaman pertama seperti Google, tentunya peluang calon konsumen untuk menemukan dan mengunjungi situs website-mu akan meningkat.

Namun, mungkin kamu bertanya-tanya, ‘Apa perbedaan antara keduanya?’. Secara singkat, SEO tidak memerlukan biaya untuk mendapatkan peringkat di halaman pertama mesin pencari, sedangkan SEM melibatkan biaya yang dibayarkan kepada Google untuk mendapatkan peringkat tersebut.

Untuk memaksimalkan SEO pada situs website-mu, kamu perlu optimasi off-page maupun on-page website bisnismu. Pada optimasi off-page, kamu dapat membangun jaringan backlink yang berkualitas, menghapus link yang tidak relevan, mendaftarkan website ke Google Search Console, dan memperbaiki link yang rusak.

Sementara itu, dalam optimasi on-page, kamu dapat mengoptimalkan penggunaan keyword (kata kunci), menggunakan heading 1 dan 2 secara efektif, serta memberikan teks alternatif pada gambar. Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, situs web bisnismu memiliki peluang yang lebih besar untuk mendapatkan peringkat di halaman pertama Google. 

Website dan Website Analytics

Memang sosial media bisa digunakan sebagai sarana untuk meningkatkan traffic dan interaksi pelanggan, tapi pada akhirnya semua akan berujung pada website. Dengan kata lain, website menjadi pusat dari aktivitas pemasaran online.

Dengan menggunakan website, kamu dapat menyediakan informasi yang dibutuhkan oleh pelanggan, mulai dari profil perusahaan, visi misi, harga produk, diskon, hingga artikel yang berisi informasi relevan terkait produkmu. Hal ini bertujuan untuk membangun kepercayaan pelanggan dan memberikan pelayanan yang memuaskan. 

Jika kamu telah melakukan langkah-langkah tersebut, seperti membuat website yang baik dan menerapkan strategi SEO dan SEM, tapi jumlah pengunjung website bisnismu masih rendah, kamu perlu melakukan analisis lebih lanjut, ya.

Kamu perlu memeriksa apakah ada halaman yang hilang, broken link (link yang rusak), atau kecepatan pembukaan website yang lambat. Selain itu, kamu juga dapat mengumpulkan metric data, seperti jumlah pengunjung harian, durasi kunjungan, dan tingkat konversi.

Untuk mendapatkan data tersebut, kamu bisa menggunakan jasa profesional atau melakukannya sendiri dengan bantuan tools atau aplikasi pihak ketiga. Tools yang sering digunakan untuk mendapatkan data website ataupun menganalisis data yaitu Google Analytics. 

Email Marketing

Kamu juga dapat mencoba memasarkan produk atau jasa melalui email. Sebelum melaksanakan email marketing, ada beberapa hal yang perlu lakukan agar hasilnya maksimal, lho!

Tahap pertama yang kamu lakukan yaitu daftarkan email pelanggan yang akan dikirimi broadcast message. Daftar email ini dapat diperoleh dari form yang telah diisi oleh pelangganmu. Setelah mendapatkan daftar kontak email, tentukan tujuan dari email marketing bisnismu, misalnya apakah kamu ingin fokus pada konversi, meningkatkan lalu lintas (traffic) website, atau memberikan penawaran harga diskon.

Tahap berikutnya yaitu membuat konten menarik sesuai dengan target pasarmu. Kamu dapat menganalisis efektivitas email marketing ini melalui platform seperti MailChimp. Setelah mendapatkan data, kamu perlu mengoptimalkan email marketing tersebut, mulai dari membuat judul menarik, mengirimnya pada waktu yang tepat, hingga membuat isi email yang tidak membosankan. 

Kesimpulan

Sebagai seorang pengusaha, penting bagi kamu untuk mengoptimalkan berbagai peluang dalam meningkatkan penjualan. Dalam menghadapi persaingan bisnis yang semakin ketat, strategi pemasaran online tetap menjadi kunci sukses.

Jika kamu berencana untuk memasarkan produkmu secara digital, tim kamu bisa menggunakan aplikasi wirausaha online seperti aplikasi majoo. Aplikasi all in one untuk semua jenis usaha ini mempunyai fitur Customer Relationship Management (CRM). Fitur satu ini akan membantumu dalam dalam membuat marketing campaign, misalnya promo marketing via SMS, WhatsApp, email, LBA Telkomsel, hingga Consumer App.

Selain itu, aplikasi majoo juga mempunyai fitur toko online, lho! Fitur toko online di aplikasi majoo bisa memaksimalkan potensi bisnis di digital channel dengan sistem yang saling terintegrasi. Tak perlu bingung, pengoperasian aplikasi majoo sangatlah mudah, kok!

Nikmati beragam fitur dan layanan lengkap untuk kelola bisnis apa pun dengan aplikasi majooEits, ada coba gratis selama 14 hari juga, lho! Yuk, gunakan majoo segera!


Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
whatsapp logo