Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    SEO Adalah: Pengertian, Jenis, Trik, dan Manfaat

    Pelajari tentang SEO marketing untuk mengembangkan bisnismu.

    Whoop! Kamu yang mendarat di artikel ini berarti memiliki ketertarikan dengan digital marketing. Benar, kan?

    Ya, memang, digital marketing menjadi magnet bagi para pelaku bisnis karena memiliki pola pemasaran yang mudah dan murah.

    ‘Perkawinan’ antara teknologi dan marketing yang bernama digital marketing melahirkan salah satu anaknya yang dikenal dengan SEO.

    Jika kamu mendalami ilmu tentang SEO, maka ini bukanlah sebatas teknik yang hanya membuat artikel website-mu bisa ‘terpajang’ di laman awal mesin pencari.

    Ada banyak manfaat dari beragam teknik SEO yang bisa kamu dapatkan. Baca artikel ini sampai akhir, ya.

    Baca Juga: Memaksimalkan Digital Marketing dengan Engagement Rate 

    Apa Itu SEO Marketing?

    Bicara mengenai SEO maka bicara mengenai website.

    Website merupakan salah satu teknologi media di jaringan internet yang tak hanya menyediakan informasi tapi juga sebagai ‘senjata’ pemasaran sebuah bisnis.

    Penjualan melalui website dikatakan belum cukup efektif jika tidak didukung dengan strategi promosi yang baik.

    Itulah sebab SEO disebut sebagai SEO digital marketing. Karena SEO memang merupakan salah satu teknik dari digital marketing.

    DEFINISI SEO: SEO yang merupakan singkatan dari search engine optimization adalah salah satu teknik promosi dengan cara memanfaatkan optimalisasi mesin pencari.

    TUJUAN SEO: Agar website yang sudah kamu buat berada di peringkat teratas atau halaman pertama (first page) sebuah halaman mesin pencari.

    PENTINGNYA SEO: Konsumen yang belakangan marak berbelanja kebutuhannya secara online menggunakan mesin pencari untuk membandingkan harga, tertarik karena iklan, membaca iklan, sampai melakukan pembelian (check out) di laman website.

    CARA KERJA SEO: SEO merupakan upaya optimasi halaman website dengan kata kunci atau frase bersangkutan yang di-index oleh mesin pencari. Index ini merupakan hasil dari pencarian yang dilakukan oleh seseorang melalui mesin pencari.

    PELUANG PENERAPAN SEO: Penyedia layanan SEO diperkirakan akan meraup untung hingga 83,7 miliar dolar AS pada tahun 2025 menurut hasil riset PR Newswire.

    Apa Perbedaan SEO Dan SEM?

    Jenis digital marketing yang memfokuskan pada optimalisasi website dibagi menjadi dua jenis: search engine optimization (SEO) dilakukan secara manual dan search engine marketing (SEM) atau disebut juga search engine advertising berbayar.

    Perbedaan SEO dan SEM terletak dari cara membuat website dilirik konsumen di laman pertama mesin pencari.

    Jika SEO mengoptimalisasi website dengan ‘mengulik’ konten yang ada dalam website agar dilihat orang banyak, SEM pada prinsipnya menambah pengunjung ke dalam website kamu dengan cara mengiklankannya.

    Begitu website kamu “boost” dengan iklan menggunakan strategi SEM, maka hasilnya akan langsung terlihat. Ada kenaikan jumlah pengunjung yang signifikan. Siapa tahu beberapa pengunjung melakukan aktivitas pembelian produkmu, kan?

    Namun, begitu layanan iklannya selesai atau berhenti maka aliran pengunjung akan kembali normal.

    Memang, strategi digital marketing menggunakan SEO ini memakan waktu cukup lama sampai bisa menghasilkan. Namun, jika sudah kelihatan hasilnya justru akan bertahan lebih lama daripada SEM yang berbayar (iklan).

    Apapun metodenya (SEO atau SEM), pastikan website bisnismu terlihat menarik, jelas, mudah diakses, cepat dibuka, dan memiliki konten yang membuat konsumen tergerak untuk melakukan transaksi.

    Jenis SEO (Search Engine Optimization)

    Ada 4 jenis SEO yang perlu kamu tahu. Kita pelajari satu per satu, ya.

    1. On Page SEO

    On page SEO adalah SEO yang berfokus pada optimalisasi konten yang ada dalam website bisnis.

    Cara Kerja: Mengoptimalkan struktur artikel hingga topik artikel. Caranya ‘mengulik’ keyword dengan mendalami riset mengenai tren, optimalisasi header, meta description, tittle, fitur image, dan lain-lain.

    Strategi:

    • Riset keyword. Memasukan adanya kata kunci yang sering dipakai atau dicari oleh konsumen ke dalam konten yang ada di dalam website.
    • Content marketing. Memuat konten yang paling dibutuhkan oleh konsumen. Semakin dibutuhkan, maka akan semakin dicari. Dengan ini website-mu akan berada di laman pertama dari halaman pencarian.
    • Fokus pada kecepatan akses. Google akan menempatkan konten yang lebih cepat dibuka pada halaman awal hasil pencarian.
    • Sub-header tepat. Menggunakan kata kunci pada sub-header akan menaikkan peringkat dalam mesin pencarian. Buat sub-header dengan kalimat yang paling sering dicari dan enak dibaca.
    • Link (tautan) internal. Memasukkan link ke dalam konten website membuat bahasan menjadi ringkas. 

    Lebih baik membuat beberapa artikel dengan tema yang spesifik daripada satu artikel yang panjang dengan banyak sub-header. Masukan link artikel lainnya, membuat website ada di perangkat atas.

    • Optimasi URL. Ini penting, pastikan kata-kata dalam URL memuat keyword yang sering dicari.

    2. Off Page SEO

    Off page SEO adalah SEO yang berfokus pada optimalisasi elemen yang biasanya tidak terdapat di dalam website.

    Cara Kerja: Meningkatkan kualitas SEO yang ada di luar website. Misalnya jumlah dan kualitas link (tautan) yang memuat link website perusahaan.

    Strategi:

    • Link building. Semakin banyak link dari website lain yang mengarah ke halaman website milikmu, maka makin tinggi peringkat kamu di hadapan mesin Google.

      Makin banyak orang yang membagi tautan websitemu, maka dianggap produk/jasamu kian dipercaya.

    • Social sharing. Membagi link website ke media digital lainnya seperti social media. Konten website yang dibagikan dan memperoleh banyak interaksi di media sosial akan memiliki nilai tambah di mata Google.

    3. Technical SEO

    Jenis SEO bernama technical SEO ini memicu tindakan yang bisa membantu mesin pencari mengaitkan website bisnismu dan meningkatkan user experience (UX).

    UX adalah pengalaman pengguna ketika berinteraksi di dalam website bisnismu. Pengalaman ini dilihat dari kemudahan pengguna mendapatkan hal yang mereka inginkan dari website bisnis.

    Dalam technical SEO ada dua elemen penting yaitu crawling dan indexing.

    Crawling adalah sebuah proses ketika mesin pencarian seperti Google dapat mencari dan memindai konten yang berada di website berupa artikel, lembar produk, gambar, link, dan lain-lain.

    Sedangkan indexing adalah  tahapan ketika mesin pencarian seperti Google memproses dan menyimpan informasi yang mereka temukan pada proses crawling.

    Cara Kerja: Membuat website dengan UX yang bagus misalnya desain UI yang friendly, website yang ringan untuk diakses, menu yang tidak berbelit-belit, dan masih banyak lagi. 

    Strategi:

    • Tingkatkan kecepatan loading. Menurut Search Engine Journal, website yang baik bisa terbuka dalam waktu kurang dari dua detik. Lebih dari itu, pengguna bisa batal membuka situsmu. Ini berarti potensi adanya pembeli berkurang.
    • Konten orisinil. Pastikan tak ada konten yang sama dalam satu website untuk menghindari ‘turunnya’ daya jangkau websitemu oleh mesin pencari. Cek dengan tools seperti Google Search Console atau Ahrefs.
    • Minimalisasi dead link. Dead link adalah link yang jika diklik halamannya tidak ada karena sudah dihapus atau dipindahkan. Jika terlalu banyak deadlink, technical SEO websitemu bisa dianggap buruk oleh search engine.
    • Keamanan situs ketat. Pastikan website bisnismu memiliki keamanan tingkat tinggi agar bisa menjaga privasi pengguna.
    • Pastikan proses crawl dan indexing lancar. Crawling dan indexing adalah dua elemen penting dalam technical SEO agar muncul di mesin pencari. 

    Setidaknya daftarkan XML sitemap-mu ke Google Search Console dan Bing Webmaster Tools.

    4. Local SEO

    Untuk memahami local SEO, perhatikan kalimat di bawah ini:

    “Halo Google, tunjukkan restoran seafood di sekitar sini!”

    “Halo Google, pom bensin paling dekat di mana, ya?”

    Tak lama, Google akan menampilkan beberapa profil bisnis yang ada di ponselmu.

    Nah, local SEO adalah teknik digital marketing yang berada di balik daftar restoran, sekolah, rumah sakit, tempat senam, dan tempat lainnya yang terdekat dengan lokasimu.

    Cara Kerja: Meningkatkan kualitas SEO website agar lebih ‘dikenal’ kehadirannya di komunitas daerah tertentu dan mempromosikan produk atau layanan kepada pelanggan lokal. 

    Dengan memberikan foto produk, alamat, jam operasional dan ulasan pelanggan.

    Strategi:

    • Daftar di platform pilihan. Local SEO dapat diterapkan di berbagai platform (termasuk Bing Places dan Apple Maps). Namun tidak dapat dimungkiri, Google Bisnisku adalah bagian tak terpisahkan dari local SEO.
    • Lengkapi profil bisnismu.
      • Lokasi. Cantumkan alamat, dan verifikasi lokasi bisnismu.
      • Nomor telepon. Tulis fixline, ponsel, dan nomor telepon lainnya.
      • Kategori. Cantumkan kategori bisnis yang kamu geluti.
      • Atribut. Jelaskan layanan dan produk apa yang ditawarkan oleh usahamu.
      • Jam Operasional. Informasi jam buka dan tutup bisnismu.
      • Foto. Foto produk, lokasi, dan jenis jasa yang menggambarkan bisnismu.
    • Riset keyword. Rajin melakukan riset keyword di Google Trend. Keyword tersebut bisa diselipkan pada deskripsi Google Bisnisku.

      Sehingga, bisnismu menjadi semakin relevan dengan area pencarian target pasar dari produk/jasamu.

    • Membangun link. Dapatkan link dari berbagai website lokal dan industri terkait. Mulailah dengan menawarkan link website milikmu ke website partner bisnis (seperti pemasok atau distributor).

     Banyak manfaat dari penerapan SEO marketing pada website bisnismu.

    Manfaat SEO

    Secara umum, SEO bermanfaat untuk membuat website bisnismu ada di peringkat tertinggi pada mesin pencari dan meningkatkan engagement konten bisnismu sehingga lebih banyak dikenal.

    Selain manfaat tersebut terdapat sederet kelebihan dari melakukan praktik SEO dalam bisnismu, yaitu:

    • Mendatangkan lebih banyak pengunjung website melalui penelusuran organik.
    • Menciptakan pengalaman web yang dapat diandalkan dan menyenangkan bagi pelanggan.
    • Mendorong pemilik usaha untuk fokus pada pengalaman pengguna/konsumen.
    • Meningkatkan brand awareness.
    • Mendorong perusahaan agar lebih kekinian dan mengikuti tren.
    • Dibandingkan cara konvensional, SEO membuat biaya pemasaran lebih murah.
    • Pencapaiannya dapat diukur dengan jelas oleh sistem.

    Trik Penerapan SEO

    Sampai sini, apakah kamu sudah makin yakin akan memulai semua teknik SEO untuk website bisnismu?

    Agar lebih mudah dipahami dan membuatmu makin ingin mencoba, kami coba rangkumkan trik dan tip penerapan SEO untuk meningkatkan pengunjung di website bisnismu.

    Kuasai Google Analytic dan Google Webmaster

    Kedua tools ini akan menginformasikan ‘nilai’ dari website bisnismu. Google Analytics dan Google Webmaster Tools menyajikan data-data yang dibutuhkan olehmu yang menjadi panduan saat melakukan usaha meningkatkan performa website.

    Kamu bisa melihat halaman tertentu dari website kamu yang banyak diklik dan disukai pengunjung.

    Dari sini, kamu bisa membuat halaman yang banyak digemari secara organik lebih berkembang. Dengan strategi SEO serupa, kamu bisa menerapkannya di halaman lain sehingga mendongkrak traffic (aliran pengunjung) di website bisnismu.

    Atur Lokasi Bisnis

    Semakin jelas keberadaan sebuah bisnis maka makin bisa dipercaya dan diandalkan.

    Perjelas bisnismu dengan melakukan pengaturan lokasi bisnis. Caranya adalah dengan menjalankan local advertising.

    Agar SEO lebih optimal maka daftarkan bisnismu di Google Map, Google Bisnisku, dan platform lokasi bisnis besar lainnya. Dari semuanya tautkan dengan websitemu.

    Hal ini mempermudah pelanggan menemukan bisnismu, besar harapannya akan berakhir dengan sebuah transaksi bisnis.

    Strategi Kata Kunci

    Begini, kata kunci yang banyak dicari maka tingkat persaingannya pun tinggi. Strateginya adalah melakukan pengaturan ulang kata kunci yang digunakan.

    Jika kamu menggunakan short tail keyword (dua atau tiga kata kunci) pada website bisnismu, kemungkinan muncul di mesin pencarian lebih sulit.

    Mulai menggunakan strategi long tail keyword (keyword dengan kata kunci lebih dari tiga kata) agar peluang crawling lebih tinggi.

    Buat Hubungan Baik Antar Konten Dalam Website

    Pernahkah kamu datang ke sebuah kota yang minim papan petunjuk jalan dengan jalanan rusak dan membingungkan? 

    Nah, jika website dianalogikan dengan sebuah kota, maka gambaran di atas adalah website yang buruk.

    Website yang baik selalu menaruh link di tiap kontennya agar terhubung satu sama lain. Pengaturan link semacam alat navigasi.

    Misalnya menyediakan link konten yang serupa atau yang sekiranya dibutuhkan selanjutnya oleh pengunjung.

    Memanusiakan SEO

    Memang, awalnya kita beranggapan jika membicarakan SEO maka menyoal tentang mesin pencari atau robot. Jangan lupa, namanya juga mesin yang asupan informasinya tetap digerakkan oleh manusia.

    Ingat, yang melakukan inisiasi pencarian atau yang memasukkan keyword tetap saja manusia. Begitu pun yang mengunjungi website kamu.

    Karenanya, pertimbangkan sisi-sisi kebutuhan manusia dalam menyediakan konten dan juga dalam pemilihan keyword pada website bisnismu.

    Kuncinya adalah semakin pelanggan merasa relevan dan terhubung dengan konten yang ada dalam website milikmu, maka dengan sendirinya traffic akan naik terus.

    Baca Juga: Ketahui Cara Memanfaatkan Strategi Pemasaran Online 

    Artikel Berkualitas dengan SEO

    Hasilkan artikel yang SEO-nya baik agar ‘dilirik’ oleh mesin pencari. Agar kamu tidak bingung, kami coba rangkum caranya untuk kamu. Simak, ya!

    1. Keyword: riset, riset, riset! Ingat, artikel yang menggunakan keyword atau kata kunci yang sedang tren dan tepat akan menempati laman utama di mesin pencari. Semakin tepat pemilihan keyword, semakin banyak diklik oleh konsumen.
    2. Pikirkan struktur artikel. Artikel pada website yang memiliki struktur rapi akan mudah diangkat oleh mesin pencari dan meletakkannya di laman pertama. Struktur yang dimaksud maksudnya paragraf singkat, terdapat heading, dan ada subjudulnya.
    3. Artikel ringkas dan padat. Artikel yang ramah SEO adalah artikel dengan konten yang tidak terlalu panjang. Namun isinya tetap harus ‘bergizi’ dan mudah dipahami.
    4. Selalu menyelipkan link. Masukkan link dari artikel lain dalam website atau dari artikel di luar website-mu. Perhatikan juga strukturnya. Hubungkan artikel dengan artikel lain yang memiliki topik serupa.
    5. Posting artikel secara rutin. Mesin pencari akan menyukai website yang rutin mengunggah artikel. Hal ini menandakan website bisnismu aktif. Keaktifan sebuah website menambah poin positif bagi peringkatnya di laman pencarian.

    Kesimpulan

    Semoga penjelasan mengenai SEO di atas bisa memberi pengetahuan yang lebih baik.

    Walau sekarang banyak agensi yang menawarkan jasa pengaturan SEO yang bisa kamu gunakan untuk kelangsungan pemasaran bisnismu, ada baiknya kamu mengetahui dasar-dasarnya.

    Jika website bisnismu sudah memiliki SEO yang baik, pemasaran akan berjalan dengan otomatis dan cuan akan datang seiring dengan berkembangnya website bisnismu. 

    Sekarang waktunya membuka artikel lain yang sudah majoo siapkan agar wawasan tentang website kamu semakin luas. Selamat mencoba! 

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    11+ Faktor Keberhasilan Wirausaha yang Wajib Dimiliki!
    Faktor keberhasilan wirausaha tidak terbatas pada modal uang saja, sehingga dibutuhkan adaptasi, inovasi, dan sikap wirausaha untuk mengembangkan usaha.
    Valuasi adalah: Pengertian dan Cara Menghitungnya
    Valuasi adalah perhitungan nilai sebuah perusahaan dengan mempertimbangkan berbagai faktor. Besar maupun kecil, valuasi menjadi hal yang sangat penting.
    Fair Value adalah: Tujuan dan Cara Menghitung
    Nilai Wajar atau Fair Value adalah alat yang sangat berguna untuk membantu pengguna memahami keuangan perusahaan, terutama situasi keuangan saat ini.
    Daftar UMKM Online: Syarat dan Manfaatnya
    Daftar UMKM online bisa dilakukan dengan praktis. Manfaatnya antara lain agar mudah mengembangkan usaha dan untuk mendapatkan bantuan dana dari pemerintah.