Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    • Solusi
    • Fitur
    • 5+ Jenis Marketing Tools yang Wajib Digunakan Pebisnis

    5+ Jenis Marketing Tools yang Wajib Digunakan Pebisnis

    Dunia modern membutuhkan marketing tools yang canggih seiring tuntutan perkembangan zaman.

    Di zaman serba digital, kebutuhan perlengkapan dalam membuat materi iklan atau promosi produk semakin meningkat. Marketing tools ibarat perkakas seperti obeng dan gunting yang harus selalu siap sedia jika hendak membuat suatu benda atau memperbaikinya. 

    Marketing tools adalah berbagai gabungan komponen penting dalam bisnis yang digunakan oleh perusahaan dan ahli bisnis dalam bidang marketing atau pemasaran agar bisnis mendatangkan profit. Gabungan komponen ini berguna untuk membangun dan menerapkan marketing campaign yang sukses untuk produk dan layanan mereka.

    Kamu pun pasti menyadari bahwa memasarkan sebuah produk atas jasa pada era digital marketing saat ini memiliki tantangan sekaligus menghadirkan peluang yang menjanjikan. 

    Hal yang disebut tantangan itu karena perubahan tren pemasaran semakin cepat. Setiap saat, seorang pebisnis harus selalu bersiap untuk menghadapi perubahan, terutama dari perilaku konsumen bekerja. 

    Tantangan ini tentu saja menghadirkan peluang baru. Pihak yang mampu beradaptasi sekaligus pandai membaca apa pun yang sedang terjadi adalah pemenangnya. Inilah salah satu alasan kamu membutuhkan marketing tools yang tepat. 

    Ayo, kita lanjut pembahasan tentang marketing tools ini!

    Baca juga: Pangsa Pasar Adalah: Definisi, Fungsi, dan Contoh Rumusnya

    Pengertian Marketing Tools

    Definisi marketing tools adalah alat yang digunakan oleh perusahaan atau bisnis untuk mengembangkan produk dan layanan mereka dengan melakukan kampanye pemasaran. Pada konteks ini, kata “tools” dimaksudkan sebagai teknik, strategi, sumber daya, dan material.

    Ada berbagai macam marketing tools, yang masing-masingnya memiliki fungsi dan tujuan yang berbeda. 

    Sebagian besar perusahaan dapat menggunakan berbagai alat pemasaran. Beberapa di antaranya ditujukan untuk meningkatkan penjualan, sementara yang lain berfokus pada pengumpulan data konsumen. 

    Kedua tujuan tersebut tentunya tidak salah, karena data perusahaan di masa mendatang dapat digunakan untuk menentukan strategi peningkatan penjualan.

    Kamu harus pandai memahami perbedaan setiap alat pemasaran yang terbaik untuk bisnis kamu. Artinya, alat yang kamu inginkan harus dapat mendukung tujuan utama bisnismu. Biasanya, kebanyakan orang menggunakan beberapa alat pemasaran secara bersamaan.

    Apa Saja Manfaat Menggunakan Marketing Tools?

    Bisnis yang menggunakan marketing tools dapat mendapatkan manfaat seperti meningkatkan brand awareness, meningkatkan prospek dan penjualan, serta mengumpulkan informasi berharga dari konsumen dan pasar. 

    Marketing tools dapat membantu bisnis untuk mengantisipasi perilaku pembeli di masa depan seperti produk/layanan yang akan mereka beli di masa depan, waktu mereka membeli, dan jumlah yang akan mereka beli berdasarkan perilaku pembelian sebelumnya. 

    Selain itu ada beberapa manfaat marketing tools yang bisa didapatkan, antara lain:

    • Membuat hubungan yang lebih baik dengan pelanggan
    • Membuat merek lebih menonjol dari pesaing
    • Mendapat umpan balik konsumen dengan lebih cepat dan mudah
    • Memahami kebutuhan pelanggan secara spesifik
    • Mengidentifikasi promosi yang lebih tepat sasaran
    • Menghemat anggaran pemasaran


    Marketing tools yang digunakan untuk melakukan brand awareness, kampanye, atau penjualan tentu saja berbeda dan kamu bisa menggunakan semuanya dalam satu waktu.

    Jenis Marketing Tools

    Jenis marketing tools yang tersedia dan ditawarkan sangat bervariasi tergantung kebutuhan bisnismu. Kamu cukup menentukan alat pemasaran paling cocok untuk kampanye produk dan layananmu.

    Berikut ini adalah beberapa jenis marketing tools yang sudah umum digunakan oleh para pebisnis dan perusahaan dari skala mikro hingga internasional.

    • Iklan Baris

    Iklan baris sangat bermanfaat untuk menggaet calon pelanggan. Iklan baris dapat membuat orang mengunjungi situs atau halaman tertentu. Iklan baris juga dapat menarik orang untuk mencari informasi lebih lanjut.

    Kamu sebagai pebisnis dapat menggunakan iklan baris untuk mempromosikan web perusahaan kamu untuk menarik para calon konsumen atau leads. Strategi marketing ini sudah digunakan sejak zaman pemasaran masih berada di dunia analog dan dicetak pada surat kabar atau tabloid secara manual. 

    • Media Sosial

    Di era internet marketing sekarang ini, media sosial adalah alat pemasaran kamu untuk membangun hubungan online interaktif dengan konsumen. Tujuannya bukan untuk mendapatkan data tentang mereka, tetapi untuk membangun kepercayaan.

    Blogging, posting, sharing, dan tweeting adalah beberapa alat pemasaran yang paling populer. Dalam hal ini, pemasaran internet mengacu pada aktivitas pemasaran yang hanya terjadi secara online. SEO (atau organisasi mesin pencari) dan periklanan online adalah contoh alat pemasaran dunia maya.

    Dilansir zine.id, seorang copywriter tentu wajib untuk memperhatikan ig font sebagai strategi menarik perhatian pengunjung mengenai materi kampanye iklan yang digunakan. 

    • Polling/Survei

    Survei sangat berguna untuk menentukan produk yang akan diproduksi dan untuk meningkatkan proyek yang sudah ada. Sebuah survei dapat menanyakan sampel yang representatif kepada konsumen, tentang hal yang mereka sukai dari produk kamu atau kompetitor.

    Kamu dapat menggunakan berbagai metode untuk melakukan survei ini. Misalnya, kamu dapat melakukan survei tatap muka, melalui telepon, atau metode yang paling populer saat ini adalah dengan melakukan survei online.

    Banyak alat telah dibuat untuk memudahkan orang melakukan survei online. Google Docs dan Surveymonkey adalah beberapa alat yang dapat kamu gunakan.

    • Google Analytics

    Jika kamu memiliki bisnis online atau situs web, Google Analytics adalah alat yang sangat berguna. Ini dapat memberi kamu gambaran kasar tentang sumber pengunjung website atau toko online kamu. 

    Google Analytics juga akan memberikan informasi tentang jenis pengunjung dan konten yang terbaik dengan jumlah banyak pengunjung. Kamu juga dapat menggunakan Google Analytics untuk meningkatkan konversi. Data yang kamu dapatkan sangat berguna untuk menentukan strategi untuk meningkatkan rasio konversi.

    • Direct Mail/Surat Langsung

    Direct mailing adalah teknik pemasaran email kontemporer, yang diyakini lebih sukses daripada bentuk periklanan online lainnya. 

    Singkatnya, surat langsung adalah bentuk pemasaran Internet yang secara khusus ditujukan untuk pelanggan potensial. Sejak munculnya Internet dan email, metode ini telah secara luas dianggap sebagai salah satu metode terbaik dalam pemasaran digital. Dengan cara ini, kamu dapat menargetkan pasar sasaran tertentu dan pasar apa pun yang dapat menarik minat dan perhatian mereka.

    Dilansir dari Media Training Ltd, perusahaan harus mempertimbangkan spesifikasi teknis dari berbagai aplikasi email dan permintaan dari target audiens kamu untuk mendesain emailshot karena hal ini berbeda dari mendesain halaman web atau media cetak.

    • Media Marketing Tools/Alat Pemantau Media

    Tools ini akan melacak dan membawa kamu pada berbagai diskusi di Internet, seperti platform media sosial, forum, blog, dan video, yang berkaitan dengan merek, barang, atau perusahaan kamu. 

    Melalui pemantauan ini, kamu dapat mengetahui hal-hal yang dikatakan orang tentang produk atau layanan kamu secara online, sehingga kamu dapat menanggapi atau bereaksi terhadap percakapan, sehingga mengurangi penyebaran berita negatif, dan bahkan meningkatkan brand awareness produk, layanan, atau perusahaan kamu.

    • Program Loyalitas Pelanggan

    Pastinya kamu mau pembeli dan pelanggan lama kembali membeli produkmu, bukan? Saatnya menggunakan jurus program loyalitas pelanggan, Majoopreneurs! 

    Di antara banyak alat pemasaran, program loyalitas pelanggan adalah salah satu program yang paling sering diabaikan. Faktanya, program loyalitas pelanggan jauh lebih efisien dalam mempertahankan penjualan daripada menemukan pelanggan baru. Hal ini terkait dengan biaya yang harus dikeluarkan perusahaan karena mendapatkan pelanggan baru lebih mahal daripada mengurus pelanggan yang sudah ada.

    • Merchandise

    Merchandise merupakan salah satu jenis marketing tool lama yang dapat dipakai untuk menarik calon konsumen dan masih berfungsi dengan baik di tengah banyaknya digital marketing tools saat ini. 

    Pasalnya, dengan pemberian merchandise ini ternyata masih mampu meningkatkan brand awareness terhadap calon konsumen.

    Meskipun memberikan merchandise hanya bisa dilakukan pada saat ada pemeran atau dibagikan melalui giveaway di sosial media, kamu tetap bisa melakukannya sewaktu-waktu.

    Dari pemberian merchandise tersebut kamu bisa memperoleh exposure secara gratis.

    • Otomatisasi

    Otomasi adalah marketing tool yang dapat menghemat banyak waktu. Kamu dapat mengurangi waktu yang terbuang dalam melakukan tugas sehari-hari seperti menyimpan file dan email ke spreadsheet. 

    Kamu dapat menggunakan berbagai alat untuk membuat rantai fungsional. Misalnya, buat pernyataan bersyarat sederhana seperti “If This Then That” atau “If This Then That”. Fitur ini dapat berjalan di Facebook, Twitter, FitBit, Google Drive, dan Gmail.

    Baca juga: Bagaimana Manajemen Bisnis yang Baik Itu? Cari Tahu di Sini! 

    Kesimpulan

    Memiliki pengetahuan tentang berbagai macam marketing tools yang tersedia akan membantu kamu dalam mengembangkan rencana pemasaran yang solid, yang mana akan menambah keberhasilan perusahaan kamu 

    Kamu bisa mengombinasikan beberapa marketing tools sekaligus atau bisa memakai salah satu marketing tools secara spesifik agar mendapatkan pengalaman lebih maksimal.

    Setelah mengetahui beberapa marketing tools untuk mengoptimalkan kampanye produk dan meningkatkan penjualan ataupun brand awareness, sekarang saatnya kamu mencobanya sendiri dan lihat hasilnya dalam jangka waktu tertentu.

    Kamu juga bisa meminta bantuan majoo untuk membantu bisnismu berkembang, loh! Segera hubungi majoo, ya!

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Mudah dan Praktis, Ketahui Cara Cek Nama PT Berikut Ini
    Penting untuk mengecek nama dan legalitas PT, sebab tidak sedikit PT yang menggunakan izin palsu untuk beroperasi.
    Marketing Mix 7P: Pentingnya Implementasi Dalam Bisnis
    Strategi marketing mix perlu diimplementasikan oleh perusahaan untuk memenuhi target penjualan produk guna mendapatkan profit yang optimal.
    Ketahui Definisi Spanduk, Contoh serta Manfaatnya
    Spanduk adalah salah satu metode promosi yang efektif dan terjangkau untuk menyampaikan informasi produk atau jasa yang kamu miliki.
    Pemasaran Internasional: Manajemen, Strategi, dan Fungsinya
    Pemasaran internasional mampu menciptakan banyak kesempatan dan tantangan bagi perusahaan untuk mengembangkan diri baik skala domestik atau internasional.