Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    • Solusi
    • Knowledge
    • Pangsa Pasar adalah: Definisi, Fungsi, dan Contoh Rumusnya

    Pangsa Pasar adalah: Definisi, Fungsi, dan Contoh Rumusnya

    Pemanfaatan market share yang baik dapat menjadi indikator kesuksesan perusahaan.

    Dalam dunia bisnis, dapat kita ketahui bahwa suatu perusahaan pasti akan bersaing dengan perusahaan lainnya agar bisa menguasai pasar dalam industri yang dijalani.

    Semakin banyak perusahaan di pasar tersebut, maka semakin tinggi pula persaingan kekuasaannya. Ada satu perusahaan yang menguasai 30% pasar, misalnya, sementara 70% lainnya terbagi untuk banyak perusahaan kompetitor. Pembagian kekuasaan ini sering disebut dengan istilah pangsa pasar.

    Umumnya, pangsa pasar atau market share adalah persentase penjualan atau total penjualan pasar yang diperoleh perusahaan dalam satu industri tertentu selama periode waktu tertentu pula.

    Pangsa pasar mengacu kepada porsi atau persentase pasar yang diperoleh perusahaan tersebut dari industri yang dijalani.

    Teori Pangsa Pasar Menurut Ahli

    Ada sejumlah pernyataan yang disampaikan oleh ahli mengenai definisi pangsa pasar, yaitu:

    Philip Kotler 

    Menurut Philip Kotler, pangsa pasar adalah sebuah persentase besarnya penjualan yang dimiliki oleh kompetitor dalam market yang relevan.

    Griffith dan Reenen 

    Griffin dan Reenan menyebutkan, pangsa pasar merupakan sebuah rasio total dari penjualan suatu perusahaan yang kemudian dibandingkan dengan total penjualan dari bisnis lain di industri yang sama.

    Business Dictionary

    Sementara itu, definisi market share menurut Business Dictionary adalah persentase dari total volume penjualan di pasar yang dikuasai oleh merek, produk, atau perusahaan.

    Sehubungan dengan pengertian yang disampaikan beberapa ahli di atas, dapat disimpulkan bahwa pangsa pasar merupakan bagian dari pasar yang dikuasai oleh suatu perusahaan dan seluruh potensi jualnya lebih tinggi dari perusahaan lain yang ada di dalam industri yang sama.

    Market share dapat memberikan gambaran umum tentang ukuran perusahaan yang kaitannya dengan pasar dan kompetitornya.

    Fungsi Pangsa Pasar

    1. Tolok ukur keberhasilan bisnis

    Market share adalah salah satu tolok ukur yang paling sederhana untuk mengukur keberhasilan suatu bisnis. Perusahaan yang berhasil menguasai pasar lebih luas, maka perusahaan itu dianggap yang lebih berhasil mendominasi pasar di antara kompetitornya.

    2. Membandingkan ukuran antar perusahaan

    Fungsi selanjutnya dari market share adalah membandingkan ukuran antar perusahaan. Bila suatu perusahaan berhasil mendapat market share terbesar di antara perusahaan lain, maka revenue yang didapat juga akan lebih tinggi.

    3. Media evaluasi bagi perusahaan

    Terakhir, fungsi market share adalah sebagai bahan evaluasi perusahaan. Ini bisa dilakukan dengan membandingkan market share perusahaanmu dengan kompetitor. 

    Misalnya, bila kompetitor pada industri tersebut menyerang target pasar yang sama, apakah yang menjadi keunggulan dari produk kompetitor? Mengapa produk kompetitor lebih laku? atau apa yang bisa perusahaan lakukan untuk mengejar keunggulan kompetitornya?

    Baca juga: Perhatikan Hal Ini saat Menilai Peluang Usaha

    Mengetahui Ukuran Pasar

    Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menetapkan market share perusahaan.

    • Memahami pasar yang akan dijadikan sasaran

    Agar dapat mendukung perusahaan untuk menetapkan ukuran pasar dan memahami pangsa pasarnya, penting bagi perusahaan melakukan riset yang dalam.

    • Mempelajari calon kompetitor di industri tersebut

    Selanjutnya yang perlu dilakukan adalah mengetahui segmen pasar yang menjadi target dengan mempelajari siapa pesaing yang ada di pasar tersebut.

    • Membuat strategi marketing

    Tahap selanjutnya adalah membuat perencanaan, mengembangkan strategi bauran pemasaran, dan mempersempit segmentasi produk. Hal ini dilakukan agar perusahaan dapat menyesuaikan kemampuan dan kebutuhan masyarakat yang tepat pada target pasarnya.

    Menghitung Pangsa Pasar

    Untuk dapat menghitung pangsa pasar, ada langkah-langkah yang perlu dilakukan, yakni:

    1. Menentukan pasar

    Tahap pertama adalah menentukan bagian dari pasar yang mencakup area geografis, jenis produk yang dijual, dan demografi pelanggan yang dilayani. Semakin spesifik, maka semakin tinggi hasil yang ditunjukan dari daya saing pasar tersebut.

    2. Menentukan periode

    Ada baiknya, sebelum melakukan penghitungan, perusahaan menentukan periode penjualannya. Sehingga perhitungan perbandingan yang akan dilakukan menjadi lebih valid.

    3. Pilih metode pengukurannya

    Menghitung market share dapat dilakukan dengan dua cara. Pertama menghitung berdasarkan jumlah unit yang dijual oleh perusahaan (total sales) sebagai ukuran dari total unit yang dijual oleh perusahaan lain di dalam industri yang sama. 

    Kedua, dengan membandingkan pendapatan perusahaan (total revenue) dengan total pendapatan pada industri tersebut.

    4. Hitung penjualan perusahaan

    Perhitungan penjualan perusahaan disesuaikan dengan metode yang telah ditetapkan, yakni berdasarkan pendapatan total (total revenue) atau penjualan total (total sales) selama periode tertentu.

    5. Menghitung total penjualan 

    Seberapa besarnya penjualan dari seluruh perusahaan pada industri tersebut ditunjukan dari angka total penjualan di pasar, atau ukuran pasar itu sendiri. 

    6. Hitung pangsa pasar

    Rumus pangsa pasar adalah sebagai berikut:

            Market share = Penjualan / Total Penjualan x 100%

    Pendapatan sebuah perusahaan tahun 2019 sebesar Rp35.500.000, sedangkan total pendapatan industri di waktu yang sama adalah Rp275.000.000. Maka cara menghitung pangsa pasar adalah sebagai berikut:

    Market share = (35.500.000/275.000.000) x 100%

    Market share = 0,12909091 x 100%

    Market share = 12,90%

    Berdasarkan perhitungan di atas, ditemukan bahwa perusahaan tersebut berhasil menguasai 12,90% pangsa industrinya.

    Perhitungan pangsa pasar yang diterapkan dengan benar, dianggap mampu menunjukkan probabilitas suatu perusahaan di masa yang akan datang. Dengan analisis yang dilakukan, dapat diketahui kekuatan dan kelemahan dari pangsa pasar. 

    Hal ini dapat  digunakan untuk melihat seberapa baik kinerja perusahaan terhadap para kompetitornya, serta seberapa besar pertumbuhan yang dialaminya.

    Baca juga: Industri adalah: Jenis-jenis dan Tujuan Pembangunan Industri 

    Jenis-jenis Pangsa Pasar

    Secara umum, pangsa pasar dapat dikategorikan dalam tiga jenis, yaitu:

    1. Common Market Share

    Disebut dengan common market share ketika seluruh bisnis dalam satu industri bersaing untuk memperebutkannya. Perusahaan perlu mengatur strategi penjualan yang sesuai agar dapat mendominasi penjualan pada market yang dituju.

    2. Preferred Market Share

    Preferred market share merupakan istilah yang digunakan perusahaan untuk mendapatkan pangsa pasar dengan melakukan merger atau akuisisi pasar.

    Misalnya, PT. XYZ menguasai 10% pasar, sedangkan PT. ABC mendapatkan 8,5% nya. Kemudian, untuk meningkatkan pangsa pasarnya, PT. XYZ melakukan akuisisi terhadap PT. ABC sehingga mendapatkan kenaikan pasar menjadi 18,5%

    3. Mutual Fund Share

    Istilah mutual fund share adalah jenis pembagian market share yang didasarkan atas saham yang dimiliki oleh investor.

    Contohnya, kamu memiliki saham 5% di 10 perusahaan makanan di Indonesia. 10 perusahaan tersebut berhasil menguasai market share industri sebanyak 80% pangsa pasarnya. Maka mutual fund share kamu adalah sebesar 4% di industri makanan.

    Pentingnya menentukan periode perhitungan agar hasil menjadi lebih valid

    Pentingnya Pangsa Pasar dalam Sebuah Bisnis

    Berikut ini, beberapa peranan yang dihasilkan oleh perhitungan pangsa pasar bagi perusahaan adalah untuk:

    1. Mengetahui efektivitas strategi pemasaran 

    Pangsa pasar sebagai salah satu indikator seberapa efektif strategi pemasaran yang sudah dijalankan. Bila dilihat, semakin besar market share perusahaan, maka semakin besar pula pengaruh strategi marketing yang digunakan.

    2. Mengetahui posisi perusahaan

    Dengan memahami pentingnya pangsa pasar, ini dapat membantu kamu mengetahui di mana posisi suatu perusahaan di antara para kompetitornya. 

    Semakin tinggi peringkat perusahaan dalam sebuah persaingan, maka akan semakin baik dan tinggi tingkat kepercayaan masyarakat terhadap produk, brand, atau jasa yang perusahaan tawarkan

    3. Meningkatkan keuntungan

    Perusahaan yang mampu mendominasi persaingan pasar akan mendapatkan lebih banyak tingkat kepercayaan masyarakat. Hal ini, secara tidak langsung juga akan meningkatkan pendapatan perusahaan.

    Baca juga: Studi Kelayakan Bisnis: Pengertian, Contoh dan Tujuannya

    Strategi Meningkatkan Pangsa Pasar

    Ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan market share suatu perusahaan.

    • Memilih bisnis yang belum banyak dijalankan oleh perusahaan lain.
    • Memiliki keyakinan atas keberhasilan dari bisnis tersebut.
    • Menentukan visi dan misi perusahaan untuk kedepannya.
    • Menganalisis kemampuan dan kekuatan kompetitor di industri yang serupa.
    • Memperhatikan pergerakan harga di industri yang sudah ditargetkan dan terapkan strategi harga.
    • Membuat inovasi di industri tersebut.
    • Membuat variasi produk
    • Membangun konsumen loyal
    • Meningkatkan brand awareness

    Kelebihan dan Kekurangan Pangsa Pasar

    Kelebihan Market Share

    Keunggulan yang pertama adalah dapat menjadi pembanding antara dua atau lebih perusahaan yang bersaing di pasar yang sama. Market share juga dapat menunjukan tingkat persaingan total antara seluruh perusahaan yang ada pada pasar yang sama.

    Pangsa pasar juga dapat dijadikan sebuah indikator dari perkembangan sebuah perusahaan. Jika perusahaan mengalami peningkatan dalam market share selama beberapa kuartal berturut-turut, dapat dikatakan perusahaan tersebut sudah memahami strategi pemasaran yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan pasarnya.

    Kekurangan Market Share

    Selain kelebihan yang sudah disampaikan di atas. Market share juga memiliki kekurangan.

    Pangsa pasar tidak bisa menjadi indikator yang signifikan untuk menentukan keberhasilan sebuah perusahaan, apabila perusahaan sudah mendapatkan sebagian besar pangsa pasarnya, namun laba yang didapatkan lebih sedikit dibandingkan dengan perusahaan lain di bidang yang sama.

    Market share juga hanya mampu menampilkan informasi terkait pasar dibandingkan dengan perusahaan itu sendiri. Penyebabnya adalah karena beberapa pasar sudah dipenuhi dengan satu atau kelompok perusahaan yang menjadikan perusahaan lain tidak dapat ikut bersaing di industri ini.

     

    Tingginya monopoli yang dibangun dirasa sulit untuk diruntuhkan oleh perusahaan lain yang lebih kecil. Hal ini membuat analisis pangsa pasar hanya akan menguatkan fakta tentang perusahaan kecil yang hanya mampu mendapatkan peluang dengan keuntungan yang sedikit.

    Memahami pentingnya pangsa pasar dalam menjalankan sebuah bisnis, merupakan salah satu kunci keberhasilan sebuah bisnis. Jika memang dibutuhkan, perusahaan juga dapat memanfaatkan aplikasi POS seperti aplikasi majoo yang dapat melakukan berbagai fungsi pengelolaan dan evaluasi pada bisnis kamu. Yuk, segera daftarkan usahamu!

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Valuasi adalah: Pengertian dan Cara Menghitungnya
    Valuasi adalah perhitungan nilai sebuah perusahaan dengan mempertimbangkan berbagai faktor. Besar maupun kecil, valuasi menjadi hal yang sangat penting.
    Fair Value adalah: Tujuan dan Cara Menghitung
    Nilai Wajar atau Fair Value adalah alat yang sangat berguna untuk membantu pengguna memahami keuangan perusahaan, terutama situasi keuangan saat ini.
    Daftar UMKM Online: Syarat dan Manfaatnya
    Daftar UMKM online bisa dilakukan dengan praktis. Manfaatnya antara lain agar mudah mengembangkan usaha dan untuk mendapatkan bantuan dana dari pemerintah.
    9 Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Singkat
    Berikut beberapa contoh surat izin tidak masuk kerja yang dibuat secara singkat dan ringkas. Bisa digunakan sebagai referensi.