Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    • Solusi
    • Fitur
    • 9 Media Promosi Online Paling Efektif, Kamu Pilih yang Mana?

    9 Media Promosi Online Paling Efektif, Kamu Pilih yang Mana?

    Ada banyak pilihan media promosi online di internet yang bisa kamu coba.

    Sebelum masuk era internet dan mengenal yang dinamakan media promosi online, para pebisnis dan pemilik usaha biasanya memasarkan produk yang mereka jual dengan media promosi konvensional, seperti iklan cetak atau yang ditayangkan di televisi. 

    Beberapa tahun belakangan, media promosi online adalah salah satu solusi bagi para pebisnis untuk meraih pendapatan dan keuntungan lebih banyak dengan cara yang lebih mudah, praktis, dan tentunya efisien. 

    Pengertian Media Promosi Online

    Bila diartikan secara harfiah, media berarti perantara atau pendahuluan, yaitu perantara sumber pesan dan penerima pesan. Bisa diartikan juga bahwa media merupakan alat atau sarana yang digunakan seseorang untuk menyampaikan suatu pesan dari komunikator kepada publik. 

    Sementara, yang dimaksud dengan media promosi adalah sarana yang digunakan dalam mendukung kegiatan promosi dan pengenalan produk atau jasa kepada masyarakat. Promosi merupakan suatu kegiatan dalam bidang pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan kepada pembeli atau konsumen.

    Dari situ, bisa diartikan pula bahwa media promosi online adalah suatu aktivitas promosi untuk memperkenalkan suatu produk atau jasa. Proses pemasaran tersebut dilakukan secara online melalui media internet dan memanfaatkan kecanggihan teknologi.

    Pemasaran yang dilakukan secara online merupakan rangkaian kegiatan, mulai dari perencanaan, tindakan, pelayanan hingga pengiriman produk. Sebagian besar aktivitasnya menggunakan internet. 

    Salah satu faktor yang menjadikan promosi online lebih sering digunakan adalah karena jumlah pengguna internet yang semakin hari memang semakin banyak. Hal ini jelas sangat menguntungkan, karena memudahkan proses pemasaran dan penjualan. 

    Pemasaran online dapat dilakukan melalui media promosi online yang kamu miliki. Contoh media promosi online, antara lain seperti Facebook, Instagram, Twitter, WhatsApp dll. 

    Baca Juga: 8 Media Promosi yang Efektif untuk Bisnis Berkembang

    Media Promosi Online Paling Efektif yang Bisa Kamu Coba

    1. Google Shopping

    Google Ads merupakan media promosi online yang memiliki beragam pilihan campaign yang bisa kamu pilih. Jika kamu bertujuan untuk meningkatkan penjualan, Google Shopping bisa menjadi campaign yang relevan untuk kamu.

    Iklan di Google Shopping berisikan gambar produk, harga, dan link ke toko online kamu. Informasi spesifik ini sangat cocok untuk audiens yang memang siap berbelanja. Jika ingin menggunakan Google Shopping untuk berpromosi, kamu perlu membuat akun Google Ads dan Google Merchant Center.

    Saat ada orang yang memasukkan suatu keyword di mesin pencari Google dan memilih bagian “Shopping/Belanja” di halaman hasil pencarian, maka di sana lah iklanmu akan muncul.

    2. Facebook Ads

    Indonesia masuk dalam 5 besar negara dengan pengguna Facebook terbanyak. Faktor inilah yang menjadikan Facebook Ads sebagai media promosi online paling efektif untuk pemasaran produk.

    Demografi pengguna Facebook di Indonesia sangat beragam dan mencakup berbagai kelompok usia. Hal ini juga memudahkan kamu sebagai pebisnis untuk menentukan target iklan dengan spesifik.

    Keuntungan lainnya adalah, bila kamu memasarkan produk dengan Facebook Ads, iklan tersebut tidak hanya akan muncul di Facebook, tapi juga bisa muncul di website lain yang bekerja sama dengan Facebook. 

    Ingat, layanan ini tidak gratis. Kamu perlu membayar sejumlah biaya untuk mulai promosi di sini. Tenang, biaya Facebook Ads tergolong murah, mulai dari Rp10.000 saja kamu sudah bisa pasang iklan. 

    3. Instagram Ads

    Instagram dan Facebook memang berada dalam naungan perusahaan yang sama. Dulu, kalau kamu ingin melakukan promosi produk di Instagram, kamu harus memasang iklan lewat Facebook Ads terlebih dahulu. Saat ini, kamu sebagai pebisnis makin dimudahkan, karena iklan sebagai media promosi online dapat langsung dipasang lewat aplikasi Instagram.

    Sama halnya Facebook Ads, biaya pemasangan iklan di Instagram juga tergolong ringan, mulai dari Rp20.000 saja.

    Baca Juga: Solusi Meningkatkan Brand Awareness melalui Konten Instagram

     Instagram merupakan salah satu media promosi online paling efektif.

    4. Twitter Ads

    Media promosi online paling efektif lainnya adalah Twitter. Bukan hanya satu macam jenis iklan yang ada di Twitter, namun ada beberapa yang bisa menjadi referensi lain untuk kamu, yaitu promoted tweet, promoted accounts, hingga promoted trends. 

    Jika kamu sudah mengetahui target audiens dengan jelas, kamu bisa membuat campaign-mu sendiri. Namun jika kamu belum tahu, kamu bisa menggunakan fitur promosi otomatis yang disediakan Twitter.

    5. TikTok Ads

    TikTok yang dulu lebih dikenal sebagai platform media sosial yang sering digunakan untuk joget, ternyata saat ini sudah bisa digunakan untuk mendatangkan keuntungan bagi pebisnis. 

    TikTok Ads merupakan salah satu media promosi online yang dinilai efektif, menguntungkan, dan tidak memerlukan biaya iklan. 

    Selain fitur iklan, kamu juga bisa dengan mudah meningkatkan views video TikTok secara organik. Di TikTok terdapat fitur For You Page (FYP), di situ kamu dapat melihat postingan dari akun yang relevan denganmu meskipun kamu follow akun mereka. Kamu tidak perlu membayar untuk masuk ke FYP. 

    Beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar konten kamu masuk FYP adalah dengan membuat konten yang bagus, mengikuti tren, menggunakan hashtag yang relevan, mengikuti challenge, dan masih banyak lagi.

    Baca Juga: Hashtag: Apa Itu Hashtag, Fungsi, dan Cara Menggunakannya

    6. Instagram Reels

    Instagram Reels adalah fitur baru di Instagram yang konsepnya mirip dengan fitur FYP di TikTok. Dengan Instagram reels, kamu bisa membuat konten video berdurasi maksimal 30 detik yang memiliki peluang untuk dilihat oleh seluruh pengguna Instagram. 

    Jika kamu memang sudah aktif berjualan di Instagram, kamu bisa mulai untuk memanfaatkan fitur ini demi jangkauan konsumen yang lebih luas.  

    7. YouTube Ads

    Media promosi online paling efektif berikutnya yang bisa kamu manfaatkan adalah YouTube Ads. Media promosi online yang satu ini dinilai sangat efektif dalam pemasaran produk karena memang jangkauannya luas sekali, sebanding dengan harga yang harus kamu bayar untuk biaya iklannya. 

    Campaign produk di YouTube bisa dilakukan melalui Google Ads. Biaya yang dibutuhkan berkisar antara $0,003 sampai $0,10 per video yang tayang. Harga ini tidak paten karena memang cukup bervariasi, tergantung wilayah mana kamu ingin beriklan.

    8. Marketplace

    Marketplace bukan hanya dikenal sebagai media untuk berjualan, tapi juga dapat membantu bisnis kamu agar semakin dikenal. Masing-masing marketplace biasanya sudah menyediakan fitur iklan yang bisa kamu manfaatkan sebagai media promosi online.

    Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk memasarkan produk secara gratis di marketplace adalah dengan membuat katalog yang bagus. Hal ini berfungsi untuk menarik minat dan mendatangkan pelanggan. Pastikan deskripsi produk yang kamu buat cukup detail.  

    9. Endorsement

    Selain menggunakan fitur ads di media sosial seperti Instagram, YouTube, TikTok, hingga Twitter sebagai media promosi online paling efektif, kamu juga bisa menggunakan jasa endorsement dari para influencer untuk memasarkan produk. 

    Tarif yang dipasang oleh masing-masing influencer tentunya tidak sama, tergantung dari berapa banyak followers yang mereka miliki dan seperti apa bentuk konten yang dipromosikan. 

    Misalnya di Instagram, biaya untuk promosi produk di feeds biasanya akan lebih mahal dibandingkan promosi di Instagram story karena iklan di Instagram story hanya bertahan 24 jam.

    Jangan lupa untuk memastikan bahwa influencer yang kamu pilih memang sesuai dengan target pasarmu. Jika ingin memulai dengan biaya yang kecil, kamu bisa mencoba menggunakan jasa micro influencer lebih dulu.

    Kenapa Menggunakan Media Promosi Online? 

    Ada banyak alasan yang menyertai kenapa sebagian besar pebisnis memilih untuk menggunakan media promosi online sebagai sarana pemasaran produk yang mereka jual. 

    Alasan utamanya tentu saja karena peluang promosi di media online terhitung semakin lama semakin meningkat. Alasan lainnya, adalah:
    Jangkauan promosi yang lebih luas

    • Penargetan customer yang lebih mudah
    • Membangun brand awareness dengan lebih efektif
    • Menjalin komunikasi antara customer dengan penjual
    • Mendapatkan masukan atau saran langsung dari customer
    • Meningkatkan daya saing dengan kompetitor bisnis di bidang yang sama
    • Bisa digunakan secara gratis

    Setelah kamu mengetahui apa yang dimaksud dengan media promosi online, seperti apa contoh media promosi online, dan apa manfaat yang bisa kamu dapatkan bila menggunakannya, mungkin setelah ini kamu bisa lebih memperhitungkan untuk menggunakan media promosi online sebagai sarana pengenalan dan pemasaran produk yang jauh lebih efektif dan efisien dibandingkan dengan cara lama yang konvensional.

    Pastikan juga kamu sudah menggunakan aplikasi majoo yang akan membantu kamu mengelola bisnis. Bukan hanya dari segi pengelolaan keuangan, majoo memberikan pilihan layanan seperti aplikasi owner yang membantu kamu dalam permasalahan kinerja karyawan, dan juga aplikasi toko online yang sudah terintegrasi dengan website yang dilengkapi dengan berbagai pilihan pembayaran online dan kurir pengiriman, serta tampilan yang responsif terhadap layar handphone dan komputer. Jangan ragu lagi untuk pakai majoo, ya!

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    10 Karakter Wirausaha untuk Meraih Kesuksesan Bisnis
    Menjadi seorang wirausahawan membutuhkan karakter wirausaha yang kuat agar bisa menjalankan bisnis dengan lancar sampai bisa meraih kesuksesan besar.
    Macam-Macam E-Wallet, Definisi, Kelebihan, dan Kekurangannya
    E-Wallet adalah suatu layanan elektronik yang berfungsi sebagai tempat menampung dana dan instrumen pembayaran digital untuk memudahkan segala transaksi.
    Vendor adalah: Jenis-Jenis Vendor dan Fungsinya dalam Bisnis
    Apa itu vendor? Tentu banyak yang sudah bisa menjawab. Namun, ada berapa jenis vendor dan apa saja fungsinya di dalam bisnis? Nah, simak artikel berikut!
    Pre Order adalah: Pengertian, Sistem, hingga Keuntungannya
    Pre order adalah aktivitas jual beli antara customer dan seller, yang mana customer memesanan dan membayar produk di awal, dengan estimasi waktu tertentu.