Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    8 Media Promosi yang Efektif untuk Bisnis Berkembang

    Media promosi dapat membangun brand awareness pada produk atau jasa yang dijual.

    Promosi adalah bentuk upaya untuk memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa kepada konsumen atau calon pembeli. Tujuan dari promosi ini tentu saja menarik calon konsumen untuk membeli dan menggunakan produk atau jasa tersebut. Promosi merupakan salah satu strategi marketing.

    Bagi pebisnis, promosi menjadi cara paling utama untuk memperkenalkan dan memasarkan produk atau jasa. Dengan menggunakan promosi yang menarik, produk tersebut akan mendapat atensi dari masyarakat luas.

    Promosi yang dilakukan sebaiknya tidak sembarangan karena kesalahan dalam membuat promosi dapat membuat konsumen tidak percaya atau bahkan kehilangan kepercayaan pada produk atau jasa yang ditawarkan.

    Ada beragam media untuk mempromosikan barang atau jasa. Penting halnya untukmu mengetahui macam-macamnya hingga fungsi media promosi ini. Simak penjelasan lengkapnya di artikel berikut ini sampai habis!

    Pengertian Media Promosi

    Kegiatan promosi dapat dilakukan secara langsung atau melalui media promosi. Media promosi adalah sarana atau alat yang digunakan dalam mendukung kegiatan promosi dan pengenalan produk atau jasa kepada masyarakat luas.

    Tujuan Media Promosi

    Dari pengertian media promosi di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa tujuan promosi di media promosi, antara lain:

    • Memberikan informasi yang tepat terkait produk atau jasa yang dijual di market.
    • Meningkatkan penjualan sehingga ROI (Return on Investment) perusahaan meningkat.
    • Akan mendapatkan new customer dan membuatnya menjadi loyal customer terhadap produk atau jasa yang dijual perusahaan.
    • Membangun brand awareness di mata konsumen.
    • Mengunggulkan produk sendiri sehingga dapat bersaing dengan produk lain di pasar.
    • Menjaga kestabilan penjualan produk atau jasa.

    Baca Juga: Marketing Mix 7P: Pentingnya Implementasi Dalam Bisnis

    Fungsi Media Promosi Dalam Pemasaran Produk

    Terdapat banyak fungsi media promosi yang mampu mendatangkan keuntungan untuk bisnismu. Apa saja fungsi media promosi ini? Berikut 6 fungsi media promosi dalam pemasaran produkmu!

    1. Meningkatkan Brand Awareness

    Saat ini bisnismu pasti mempunyai kompetitor. Salah satu fungsi media promosi ini adalah untuk meningkatkan brand awareness produk atau jasa yang kamu jual ke masyarakat.

    Brand awareness adalah faktor penting yang memperkuat brand bisnismu dan pelanggan yang membelinya.

    Ketika kamu melakukan promosi dengan tepat, kamu bisa membangun branding yang kuat pada bisnismu. Sehingga, produk ataupun jasa yang kamu tawarkan kepada calon customer akan selalu diingat dan dipilih.

    2. Penawaran Produk atau Jasa yang Dijual

    Fungsi selanjutnya untuk menawarkan dan membujuk calon customer untuk membeli produk yang sedang dipromosikan.

    Penawaran ini dapat dilakukan dengan memberikan informasi yang jelas terkait keunggulan hingga harga produk tersebut. Tawarkan produk tersebut sesuai dengan market yang kamu tuju, sehingga banyak calon customer yang tertarik untuk membeli produkmu.

    3. Menjaga Pelanggan Untuk Tetap Loyal

    Media promosi memiliki fungsi untuk menjaga konsumen tetap loyal terhadap produk yang dibelinya sehingga mereka akan membeli produk tersebut secara berkelanjutan. Hal ini tentu harus diimbangi dengan pelayanan yang bagus dari perusahaan kepada konsumen tersebut.

    4. Memperbaiki Kesalahan Perusahaan

    Jika produk yang dikeluarkan sebelumnya mempunyai kekurangan dan membuat konsumen kecewa, pada promosi selanjutnya dapat diinformasikan bahwa produk tersebut sudah di sempurnakan dari produk sebelumnya.

    Produk atau jasa yang dijual yang diterima konsumen dengan baik, nama perusahaan akan semakin terangkat dan terkenal sehingga hal ini akan bermanfaat untuk perkembangan perusahaan.

    5. Meningkatkan Penjualan Produk

    Kegiatan promosi di media promosi yang dilakukan dengan baik dan efektif akan meningkatkan penjualan produk. Dengan melakukan promosi, kamu dapat memperkenalkan produk atau bisnismu kepada calon customer baru.

    6. Menambah Nilai Produk

    Kegiatan promosi yang dilakukan pun mampu meningkatkan value dari suatu produk atau jasa yang dimiliki. Selain itu, promosi yang dilakukan di media promosi juga akan mengubah point of view calon pelanggan pada produk atau jasa yang kamu tawarkan.

    Dengan begitu, customer akan lebih percaya dan lebih terbuka untuk melihat produk ataupun jasa yang kamu tawarkan.

    Baca Juga: Strategi dan Jenis Digital Marketing

    Media promosi saat ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu media promosi online dan offline.

    Macam-macam Media Promosi

    Promosi tentu saja dapat dilakukan melalui berbagai media. Kini, kamu sudah dapat memanfaatkan media promosi yang canggih dan hasilnya lebih cepat dan menjangkau market secara luas.

    Inilah macam-macam media promosi yang bisa kamu gunakan untuk menjual produk atau jasa bisnismu.

    1. Internet

    Sudah tak bisa dimungkiri bahwa kebutuhan akan jaringan internet saat ini sangatlah penting dan utama. Semua hal bisa dilakukan dengan menggunakan jaringan internet. Saat ini masyarakat juga lebih menyukai transaksi belanja online karena lebih praktis dan efisien.

    Kamu sebagai pebisnis sebaiknya memanfaatkan keadaan ini dengan sebaik-baiknya. Gunakanlah internet untuk media promosi secara online. Selain mudah untuk dilakukan, kamu juga tidak perlu mengeluarkan biaya promosi. Kalau pun kamu memakai Facebook Ads atau Instagram Ads, kamu bisa mengatur budget iklanmu. Dengan begitu, budget yang kamu punya dapat kamu alokasikan untuk keperluan bisnis lainnya.

    2. Televisi

    Promosi di televisi memang hal yang menarik bagi konsumen. Media promosi satu ini dapat menampilkan gambar bergerak dengan suara sehingga lebih memikat hati penontonnya.

    Namun sayangnya, membuat iklan di televisi membutuhkan banyak waktu dan biaya. Di samping itu, durasi iklan yang tayang pun sebentar.

    3. Banner

    Untuk media promosi dengan tampilan yang lebih mencolok, kamu dapat menggunakan banner yang dicetak dalam ukuran besar dan dipasang di tempat yang mudah dilihat. Pada umumnya, banner memiliki ukuran 80 x 200 cm, sehingga orang masih dapat melihat banner ini dari jarak jauh.

    Pemasangan banner secara horizontal bisa dilakukan di tiang yang sudah disediakan khusus atau menyewa dari pihak penyedia. Ada juga banner vertical yang dipasang pada rangka berbentuk X atau lebih sering disebut X-banner. Banner jenis ini dapat diletakkan di depan toko atau diletakkan di tempat lain sewaktu mengikuti event.

    4. Poster

    Pastinya kamu sering melihat poster yang mengiklankan beragam produk di tempat umum, bukan?

    Poster merupakan salah satu media promosi yang umum digunakan untuk mempromosikan produk. Pemasangannya yang berada tempat strategis dan ukurannya yang cukup besar, berpotensi menarik perhatian orang-orang yang ada di sekitarnya.

    Untuk membuat orang-orang yang lewat tertarik membaca, diperlukan desain poster yang cukup mencolok dan menjelaskan tentang produk bisnismu dengan baik.

    5. Brosur

    Brosur adalah media promosi cetak yang dibuat dalam jumlah banyak dengan kualitas yang bagus. Sampai sekarang brosur masih digemari oleh para pebisnis untuk mempromosikan produk yang mereka jual.

    Brosur banyak disediakan di bagian kasir toko atau dibagi-bagikan oleh pihak marketing kepada konsumen yang mereka temui.

    Brosur yang bagus mencakup informasi terkait produk yang dipromosikan dan memuat gambar aslinya. Warna dan desain brosur yang eye-catching semakin menambah daya tarik bagi customer.

    6. Radio

    Memasang promosi di radio tergolong efektif dalam menarik minat konsumen. Penggunaan media promosi satu ini tidak membutuhkan banyak biaya, mampu menjangkau wilayah secara luas, dapat diterima dan didengar di wilayah tanpa listrik, dan penyampaiannya mudah diterima siapa saja. Namun, melakukan promosi di radio tidak dapat menampilkan gambar sehingga sulit menyampaikan informasi yang kompleks, dan waktunya sangat terbatas.

    7. Koran dan Majalah

    Koran dan majalah merupakan media promosi cetak yang dapat menampilkan banyak informasi dan sering dibaca oleh konsumen. Promosi di koran dapat berupa tulisan yang dipasang pada kolom khusus iklan. Akan tetapi, penyampaiannya menjadi kurang efektif karena konsumen tidak dapat melihat produk, dan tarif iklan dibanderol per kata­­; sehingga biayanya mahal.

    Walaupun begitu, kamu juga dapat beriklan menggunakan gambar dan tentu saja harga promosinya jauh lebih mahal.

    Untuk melakukan promosi di majalah memang tergolong lebih menarik dan tepat sasaran. Untuk biayanya tergolong mahal dan susah dijangkau oleh pebisnis yang masih memiliki modal terbatas.

    8. Merchandise

    Menggunakan media promosi berupa merchandise cukup baik dalam memikat hati konsumen untuk membeli produk yang kamu jual. Terdapat beberapa barang yang digunakan sebagai merchandise, antara lain:

    • Alat tulis (bolpoin atau pensil)
    • Mug
    • Topi
    • Kalender
    • Gantungan kunci
    • Payung
    • Buku atau notes
    • Bantal
    • Stiker
    • Magnet kulkas
    • Botol minum
    • Kaus

    Jadi, media promosi manakah yang kamu akan pilih? Sesuaikan dengan budget yang kamu miliki, ya!

    Baca Juga: Strategi Promosi untuk Restoranmu Tanpa Memberi Diskon

    Contoh Media Promosi Online

    Kehadiran berbagai social media menjadi salah satu contoh media promosi yang sangat mendukung keberhasilan pemasaran pada bisnis dan biayanya lebih terjangkau.

    Terdapat berbagai macam contoh media promosi online yang bisa kamu gunakan untuk iklan digital sehingga produk yang kamu jual lebih dikenal oleh masyarakat, seperti:

    1. Facebook (Facebook Ads)
    2. Instagram (Instagram Ads)
    3. Twitter (Twitter Ads)
    4. Marketplace, seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, dan lain sebagainya. (Fitur promosi, campaign, afiliasi influencer, dan lain sebagainya)
    5. Youtube (Youtube Ads)

    Baca Juga: Social Media Marketing: Pengertian Hingga Contohnya

    Tips Menggunakan Media Promosi yang Tepat

    Membuat dan melakukan strategi promosi tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Kamu harus mempersiapkannya secara matang sehingga kegiatan promosi akan berjalan lebih efektif. Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar media promosimu lebih tepat sasaran.

    • Analisis pasar yang tepat sesuai dengan segmentasi bisnismu.
    • Membuat kegiatan promosi seperti diskon atau cashback yang mampu menarik calon customer untuk mencoba produk yang kamu tawarkan
    • Memberikan loyalty point atau voucher belanja sebagai apresiasi pada loyal customer.
    • Memaksimalkan digital marketing untuk menjangkau lebih banyak pelanggan.

    Kesimpulan

    Media promosi adalah alat yang digunakan pebisnis dalam menyampaikan, menyebarkan, dan menawarkan produk atau jasa yang dijualnya supaya calon customer tertarik untuk membeli.

    Media promosi saat ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu media promosi online dan offline. Untuk kamu yang mempunyai bisnis dan saat ini masih bingung menggunakan aplikasi yang tepat sebagai media promosimu, kamu bisa memilih aplikasi majoo.

    Aplikasi majoo adalah aplikasi kasir online yang mempunyai banyak fitur untuk memudahkan segala operasional bisnismu.

    Seperti fitur CRM (Customer Relationship Management) yang dapat mengatur promosi seperti pemberian voucher dan poin untuk loyal customer yang banyak bertransaksi. Fitur ini juga dilengkapi dengan marketing campaign berupa sms dan email marketing untuk membuat pelanggan datang kembali. Fitur CR juga dapat mengelola data pelanggan dan mengatur promosi berdasarkan grup pelanggan serta kamu juga akan mendapatkan laporan lengkap analisis pelanggan dari total transaksi, produk kesukaan, tingkat kedatangan, dan lain sebagainya.

    Fitur toko online juga bisa kamu gunakan untuk mengatur promosi di beberapa akun marketplace jualanmu. Atur promo toko online dengan mudah dari dashboard majoo, dengan berbagai jenis pengaturan promo yang menarik untuk pelanggan dan meningkatkan penjualan.

    So, tunggu apalagi nih! Gabung segera menjadi majoopreneurs yang bisa merasakan manfaat lebih menggunakan aplikasi majoo untuk bisnismu yang semakin berkembang!

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    11+ Faktor Keberhasilan Wirausaha yang Wajib Dimiliki!
    Faktor keberhasilan wirausaha tidak terbatas pada modal uang saja, sehingga dibutuhkan adaptasi, inovasi, dan sikap wirausaha untuk mengembangkan usaha.
    Valuasi adalah: Pengertian dan Cara Menghitungnya
    Valuasi adalah perhitungan nilai sebuah perusahaan dengan mempertimbangkan berbagai faktor. Besar maupun kecil, valuasi menjadi hal yang sangat penting.
    Fair Value adalah: Tujuan dan Cara Menghitung
    Nilai Wajar atau Fair Value adalah alat yang sangat berguna untuk membantu pengguna memahami keuangan perusahaan, terutama situasi keuangan saat ini.
    Daftar UMKM Online: Syarat dan Manfaatnya
    Daftar UMKM online bisa dilakukan dengan praktis. Manfaatnya antara lain agar mudah mengembangkan usaha dan untuk mendapatkan bantuan dana dari pemerintah.