Table of Content

    • majoo blog
    • Tips
    • Solusi Meningkatkan Brand Awareness melalui Konten Instagram

    Solusi Meningkatkan Brand Awareness melalui Konten Instagram


    Instagram bukan hanya bisa digunakan untuk promosi, melainkan juga untuk mengembangkan brand awareness.


    Pernahkah kamu berpikir mengapa banyak orang yang suka menyebut air mineral dengan Aqua? Mengapa mereka menyebut minuman bersoda sebagai Coca Cola dan pasta gigi selalu saja Pepsodent? 


    Hal tersebut terjadi karena pengaruh brand awareness dari sebuah merek yang sudah sangat kuat dan menancap erat di ingatan masyarakat. Brand awareness atau kesadaran merek adalah sejauh mana sebuah merek dikenali oleh masyarakat dan dikaitkan dengan produk atau kategori produk tertentu. 


    Suatu bisnis atau perusahaan membutuhkan brand awareness karena dari hal itulah perusahaan akan mampu membentuk basis konsumen maupun penjualan. Proses ini adalah hal yang  berkelanjutan, tidak hanya membantu mendapatkan lebih banyak pelanggan tetapi juga bisa membawa kembali pelanggan yang sudah ada untuk membeli lebih banyak.


    Mampu memiliki brand awareness yang kuat adalah kunci bagi perusahaan agar bisa unggul dalam persaingan bisnis. Ini disebabkan konsumen cenderung memilih produk atau jasa dari brand yang sudah dikenalnya. Tanpa brand awareness, konsumen tidak akan kembali menggunakan produk yang sama untuk kedua kalinya. 


    Apakah brand awareness bisa ditingkatkan secara optimal? Tentu saja bisa. Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan teknologi, khususnya media sosial. Dalam hal ini, lebih spesifik lagi yaitu dengan menggunakan konten Instagram. 


    Baca Juga: Konsep Brand Awareness dan Cara Meningkatkannya Dalam Bisnis


    Jika selama ini Instagram lebih sering digunakan oleh para pebisnis sebagai media marketing dan promosi, maka selayaknya Instagram pun akan mampu membantu meningkatkan brand awareness dari sebuah produk. Instagram adalah suatu pilihan yang baik untuk meningkatkan brand awareness. Ini dikarenakan Instagram saat ini sudah menjadi konsumsi wajib masyarakat. 


    Pastikan konten yang kamu unggah mampu menarik minat masyarakat.


    Hal pertama yang bisa dilakukan untuk meningkatkan brand awareness adalah dengan memastikan bahwa konten yang kamu buat tepat sasaran dan menarik. Instagram adalah sebuah platform digital yang berfokus pada hal visual, sehingga apa yang dilihat oleh masyarakat penggunanya sebaiknya dibuat serapi mungkin. Konten ini bisa kamu unggah di feed, stories, atau reel Instagram. 


    Baca Juga: Tips Meraih Kemajuan Bisnis Melalui Penggunaan Instagram


    Gunakan foto atau video dengan resolusi yang baik, tuliskan caption yang menarik dan dapat memancing orang untuk lebih mengenali brand dari produk yang kamu tawarkan. Pastikan kualitas audio juga dalam kondisi maksimal. Sebisa mungkin angkat bahasan yang relevan sehingga akan menarik minat banyak orang untuk melihat, membaca, dan berinteraksi denganmu. 


    Ingat, konten untuk marketing dan konten untuk brand awareness memiliki perbedaan. Konten marketing atau pemasaran umumnya digunakan untuk menawarkan dan menjual produk, sedangkan konten untuk brand awareness fungsinya adalah untuk memberi informasi yang positif dan informatif kepada masyarakat, bukan untuk menjual produk dari brand milikmu. 


    Tujuan dari pembuatan konten dalam hal ini adalah untuk membantu menekankan citra dan pesan baik dari bisnismu. Konten yang kamu buat akan membantu menetapkan kamu sebagai seorang ahli di bidangnya, yang nantinya akan membantu meningkatkan brand awareness dan secara otomatis akhirnya menambah jumlah konsumen.


    Salah satu cara yang efektif untuk mengukur seberapa besar pengaruh brand awareness kamu bagi masyarakat adalah dengan memeriksanya di Instagram. Setelah membuat dan mengunggah konten yang menarik dan informatif, kamu bisa mengecek kolom komentar untuk mengetahui seberapa besar respon dari masyarakat. Usahakan untuk memberikan tanggapan dari seluruh respon yang masuk untuk menciptakan interaksi dan komunikasi yang baik. Dari sini kamu bisa mengetahui seberapa sering masyarakat  membicarakan tentang brand milikmu serta menyerap saran-saran yang mereka sampaikan. 


    Selain itu, fitur analytics yang ada pada Instagram juga mampu memberikan banyak informasi, mulai dari jumlah pengikut sampai seberapa banyak konten tersebut mendapat respon/repost dari konsumen. 


    Baca Juga: Bagaimana Strategi Menarik Pelanggan Dengan Instagram?

    Lantas, bagaimana kalau kamu merasa belum bisa membuat konten brand awareness yang bagus dan menarik? Tenang. Saat ini majoo sudah menyediakan layanan desain Instagram post. Tujuannya adalah untuk membantu pebisnis yang mengalami kesulitan dalam hal pembuatan konten. 


    Di luar, memang ada banyak layanan pembuatan konten Instagram semacam ini. Namun, majoo berani menjamin memberikan desain yang menarik, berkualitas, dan mampu membantu kamu mendapatkan engagement lebih tinggi di  Instagram. 


    Sampaikan ide seperti apa yang kamu ingin untuk mengembangkan brand awareness produkmu, lalu biarkan tim majoo yang akan melakukannya untukmu. Praktis, efisien dan tepat sasaran, bukan? 


     


    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Ingin Memaksimalkan Layanan Food Order Online? Coba Trik Ini!
    Usaha kuliner yang menerapkan order online tidak mudah untuk dikelola. Beberapa cara untuk memaksimalkan food order online ini bisa membantu.
    5 Taktik Jitu Memulai Bisnis Kuliner Online
    Apakah kamu tertarik memulai bisnis kuliner online? Kami siapkan lima taktik jitu untuk kamu simak!
    4 Cara Meningkatkan Produktivitas Karyawan Dalam Bisnis UMKM
    Produktivitas‌ ‌adalah‌ ‌hal‌ ‌vital‌ ‌untuk‌ ‌bisnis‌ ‌besar‌ ‌maupun‌ ‌kecil,‌ ‌seperti‌ ‌ UMKM‌.‌ ‌Simak‌ ‌‌cara‌ ‌meningkatkan‌ ‌produktivitas‌ ‌karyawan‌ ‌agar‌ ‌keuntungan‌ ‌juga‌ ‌ meningkat.‌
    Tips n Trick Foto Produk yang Menggugah Selera Pelanggan
    Foto produk yang menarik tentu akan meningkatkan potensi pelanggan dalam melakukan pembelian. Apa saja tips n trick untuk menghasilkannya?