Menentukan Sasaran Pasar yang Tepat untuk Bisnismu

Ditulis oleh Dwi Ernanda

article thumbnail


Menentukan sasaran pasar yang tepat adalah langkah awal untuk menciptakan strategi pemasaran yang efektif.


Membangun bisnis yang sukses membutuhkan banyak elemen, dan salah satu komponen kunci yang harus diperhatikan adalah sasaran pasar. Menentukan sasaran pasar yang tepat adalah langkah awal untuk menciptakan strategi pemasaran yang efektif. Jika kamu melupakan elemen ini, kamu mungkin akan menghabiskan waktu dan sumber daya tanpa mendapatkan hasil yang maksimal.

Tujuan Menentukan Sasaran Pasar dalam Bisnis

Dalam menjalankan bisnis, langkah penting yang tak boleh diabaikan adalah menentukan sasaran pasar. Berikut ini beberapa tujuan dari penentuan sasaran pasar dalam bisnis.

Meningkatkan Efektivitas Pemasaran

Salah satu tujuan utama menentukan sasaran pasar adalah untuk meningkatkan efektivitas pemasaran. Dengan mengetahui siapa yang menjadi target pasar, kamu bisa merancang strategi pemasaran yang lebih terarah dan tepat sasaran. Kamu bisa menentukan saluran pemasaran mana yang paling efektif untuk menjangkau target pasar dan juga membuat pesan pemasaran yang resonan dengan kebutuhan dan keinginan target pasar.

Menghemat Biaya

Menentukan sasaran pasar juga bisa membantu bisnismu menghemat biaya. Bayangkan jika kamu memasarkan produk tanpa mengetahui siapa target pasarmu, bisa jadi kamu akan menghabiskan banyak uang untuk beriklan di tempat yang tidak efektif dan tidak menjangkau calon pelanggan yang tepat. Dengan mengetahui target pasar, kamu bisa mengalokasikan sumber daya pemasaranmu dengan lebih efisien.

Membantu dalam Pengembangan Produk

Mengetahui siapa target pasarmu juga sangat penting dalam pengembangan produk. Dengan memahami kebutuhan, keinginan, dan preferensi target pasar, kamu bisa merancang dan memodifikasi produkmu sehingga lebih sesuai dengan apa yang diinginkan oleh target pasar.

Meningkatkan Keuntungan

Tujuan lain dari penentuan sasaran pasar adalah untuk meningkatkan keuntungan. Dengan strategi pemasaran yang lebih terarah dan produk yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan target pasar, kemungkinan besar penjualan akan meningkat, dan tentunya ini akan berdampak positif pada keuntungan bisnismu.

Ingin mengelola keuangan bisnismu dengan lebih efisien? Gunakan aplikasi keuangan dan akuntansi dari Majoo! Dapatkan alat yang lengkap untuk mengelola transaksi, pembayaran, dan laporan keuangan dengan mudah. Dapatkan kepastian dalam mengelola keuangan bisnismu sekarang juga!

Memudahkan Analisis Kompetisi

Mengetahui siapa target pasarmu juga bisa membantu dalam analisis kompetisi. Kamu bisa lebih mudah mengidentifikasi siapa saja pesaingmu di pasar dan bagaimana mereka bersaing. Dengan informasi ini, kamu bisa merancang strategi untuk menonjol di antara pesaing dan memenangkan hati target pasar.


Menentukan sasaran pasar adalah langkah penting yang memiliki banyak tujuan dan manfaat bagi bisnismu. Dari meningkatkan efektivitas pemasaran hingga membantu pengembangan produk, penentuan sasaran pasar bisa menjadi kunci sukses bisnismu. Oleh karena itu, luangkan waktu untuk benar-benar memahami siapa target pasarmu dan bagaimana kamu bisa memenuhi kebutuhan dan keinginan mereka.

Mengapa Menentukan Sasaran Pasar itu Penting

Sasaran pasar berfungsi sebagai kompas yang mengarahkan bisnismu menuju sukses

Mengoperasikan sebuah bisnis tanpa mengetahui dengan jelas siapa sasaran pasarmu, bisa dibandingkan dengan berlayar di lautan tanpa kompas. Sasaran pasar berfungsi sebagai kompas yang mengarahkan bisnismu menuju sukses. Berikut adalah beberapa alasan mengapa menentukan sasaran pasar itu penting.

Membantu Membuat Keputusan Bisnis yang Lebih Baik

Dengan mengetahui siapa sasaran pasarmu, kamu akan lebih mudah membuat keputusan bisnis yang cerdas dan strategis. Mulai dari desain produk, penentuan harga, cara berkomunikasi dengan pelanggan, hingga penentuan saluran distribusi, semua bisa diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dan harapan sasaran pasar.

Mengarahkan Upaya Pemasaran

Sasaran pasar juga memainkan peran penting dalam mengarahkan upaya pemasaran. Kamu bisa memilih saluran pemasaran yang paling efektif, menciptakan pesan yang men resonansi, dan merancang kampanye yang menarik bagi sasaran pasarmu. Ini akan menghemat waktu, tenaga, dan uang dari membuang-buang sumber daya pada audiens yang tidak relevan.

Efisiensi Sumber Daya

Menargetkan pasar yang tepat memungkinkan kamu untuk menggunakan sumber daya dengan efisien. Kamu tidak perlu membuang waktu, tenaga, dan uang untuk menjangkau orang-orang yang mungkin tidak tertarik dengan apa yang kamu tawarkan.

Peningkatan Penjualan

Dengan mengetahui siapa sasaran pasar kamu, kamu dapat merancang strategi pemasaran yang dirancang khusus untuk menjangkau dan merespon mereka. Ini bisa berarti peningkatan penjualan dan keuntungan.


Dalam lingkungan bisnis yang semakin kompetitif, mengetahui dan memahami sasaran pasar adalah kunci untuk bertahan dan berkembang. Dengan menentukan sasaran pasar yang tepat, kamu bisa membuat keputusan yang lebih baik, mengarahkan upaya pemasaran, meningkatkan penjualan dan keuntungan, dan memiliki keunggulan kompetitif. Oleh karena itu, jangan sepelekan pentingnya menentukan sasaran pasar dalam bisnismu.

Bagaimana Menentukan Sasaran Pasar yang Tepat

Mengetahui sasaran pasar adalah fondasi penting dalam membangun strategi pemasaran yang efektif. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa kamu ikuti untuk menentukan sasaran pasar yang tepat untuk bisnismu.

Memahami Produk atau Layananmu

Langkah pertama dalam menentukan sasaran pasar adalah dengan memahami produk atau layananmu dengan baik. Apa keuntungan atau nilai tambah yang bisa ditawarkan oleh produk atau layananmu? Siapa yang paling mungkin membutuhkan atau mendapatkan manfaat dari nilai tambah tersebut? Jawaban dari pertanyaan-pertanyaan ini dapat memberikan petunjuk awal tentang siapa yang mungkin menjadi sasaran pasarmu.

Melakukan Riset Pasar

Riset pasar adalah alat penting dalam menentukan sasaran pasar. Melalui riset, kamu bisa mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang karakteristik, kebutuhan, dan keinginan pasar. Riset pasar bisa dilakukan melalui berbagai cara, seperti survei, wawancara, atau studi kasus. Data yang diperoleh dari riset ini dapat membantu kamu membuat profil atau persona pelanggan.

Membuat Profil Pelanggan

Profil pelanggan, atau biasa disebut juga dengan persona pelanggan, adalah deskripsi rinci tentang karakteristik sasaran pasar yang ideal. Profil ini biasanya mencakup informasi demografis (seperti usia, jenis kelamin, pendidikan, dan pendapatan), psikografis (seperti gaya hidup, nilai, dan sikap), dan perilaku (seperti kebiasaan belanja dan preferensi produk).

Evaluasi dan Penyesuaian

Setelah menentukan sasaran pasar dan membuat profil pelanggan, langkah selanjutnya adalah evaluasi dan penyesuaian. Pasar selalu berubah, dan sasaran pasar yang telah kamu tentukan sebelumnya mungkin perlu disesuaikan. Oleh karena itu, penting untuk terus memantau dan mengevaluasi sasaran pasar dan membuat penyesuaian yang diperlukan.


Menentukan sasaran pasar yang tepat adalah proses yang memerlukan pemahaman mendalam tentang produk atau layananmu, pengetahuan tentang pasar, dan kesiapan untuk melakukan penyesuaian. Dengan menentukan sasaran pasar yang tepat, kamu bisa mengarahkan strategi pemasaranmu dengan lebih efektif dan akhirnya mencapai sukses bisnis yang diharapkan.

Teknik dan Alat dalam Menentukan Sasaran Pasar

Proses menentukan sasaran pasar membutuhkan analisis dan strategi yang cermat. Ada berbagai teknik dan alat yang bisa digunakan untuk membantu proses ini. Berikut adalah beberapa di antaranya.

Segmentasi Pasar

Segmentasi pasar adalah teknik yang digunakan untuk membagi pasar menjadi kelompok-kelompok yang lebih kecil berdasarkan karakteristik tertentu. Ada beberapa jenis segmentasi yang bisa digunakan, seperti segmentasi demografis (berdasarkan usia, jenis kelamin, pendidikan, dan lainnya), segmentasi geografis (berdasarkan lokasi), segmentasi psikografis (berdasarkan nilai, sikap, dan gaya hidup), dan segmentasi perilaku (berdasarkan perilaku konsumen).

Survei

Survei adalah alat yang sering digunakan untuk mendapatkan informasi langsung dari konsumen. Kamu bisa menggunakan survei untuk mengetahui kebutuhan, keinginan, dan preferensi konsumen. Ada berbagai platform survei online, seperti Google Forms dan SurveyMonkey, yang bisa digunakan untuk melakukan survei dengan mudah dan cepat.

Analisis SWOT

Analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats) adalah teknik yang bisa digunakan untuk memahami posisi bisnismu di pasar. Dengan menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman, kamu bisa mengetahui siapa yang paling mungkin menjadi sasaran pasarmu.

Alat Analisis Data

Ada berbagai alat analisis data yang bisa digunakan untuk memahami pasar dan menentukan sasaran pasar. Misalnya, Google Analytics yang bisa digunakan untuk memahami perilaku pengunjung situs webmu, atau alat analisis media sosial, seperti Hootsuite dan Sprout Social, yang bisa digunakan untuk memahami audiens dan perilaku pengguna media sosial.

Penelitian Pasar

Penelitian pasar adalah proses sistematis mengumpulkan, menganalisis, dan menafsirkan data tentang pasar, tentang pesaing, dan tentang faktor-faktor lain yang mempengaruhi kinerja bisnismu. Ada berbagai metode penelitian yang bisa digunakan, seperti wawancara, observasi, atau focus group discussion (FGD).


Menentukan sasaran pasar adalah proses yang memerlukan analisis dan pemahaman yang mendalam tentang pasar dan konsumen. Dengan menggunakan berbagai teknik dan alat yang tersedia, kamu bisa membuat keputusan yang lebih baik tentang siapa yang harus menjadi target pasarmu. Ini akan membantu kamu memfokuskan upaya pemasaranmu dan akhirnya mencapai sukses bisnis yang diharapkan.


Tetap ingat, menentukan sasaran pasar bukanlah proses satu kali saja. Seiring berjalannya waktu, pasar dan kebutuhan konsumen akan berubah, jadi penting untuk terus memantau dan menyesuaikan target pasar kamu sesuai dengan perubahan tersebut.

Contoh Kisah Penerapan Sasaran Pasar dalam Bisnis

Menerapkan konsep sasaran pasar dalam bisnis tidak hanya berlaku dalam teori, tetapi juga dalam praktik. Berikut ini adalah contoh nyata bagaimana penerapan sasaran pasar dapat membantu sebuah bisnis mencapai sukses.

Kisah Sukses Starbucks

Starbucks adalah perusahaan kopi yang sangat sukses dan dikenal di seluruh dunia. Namun, keberhasilan Starbucks tidak terlepas dari pemahaman dan penerapan sasaran pasar yang tepat. Dari awal berdiri, Starbucks sudah menargetkan pasar yang sangat spesifik: individu berusia 25 hingga 40 tahun, dengan pendapatan rata-rata hingga tinggi, yang menghargai kualitas dan mencari pengalaman minum kopi premium.


Starbucks lalu menciptakan produk dan atmosfer toko yang sesuai dengan kebutuhan dan harapan sasaran pasarnya tersebut. Starbucks tidak hanya menjual kopi, tetapi juga pengalaman. Dengan menyediakan WiFi gratis, kursi yang nyaman, dan musik yang menenangkan, Starbucks menjadi tempat yang ideal untuk bekerja, belajar, atau sekadar bersantai.

Kisah Sukses Airbnb

Airbnb adalah perusahaan penyedia platform akomodasi yang sukses dengan memanfaatkan strategi sasaran pasar yang cerdas. Awalnya, Airbnb membidik pasar pelancong yang mencari pengalaman menginap yang unik dan berbeda dari hotel tradisional. Airbnb menawarkan akomodasi seperti rumah pribadi, apartemen, atau bahkan istana dan rumah pohon yang disewakan oleh pemiliknya.


Namun, Airbnb tidak berhenti di situ. Mereka juga memperluas sasaran pasar mereka ke segmen bisnis dengan meluncurkan "Airbnb for Work". Ini adalah layanan khusus untuk pelancong bisnis yang mencari tempat menginap yang nyaman dan homy ketika bepergian untuk urusan kerja.


Dalam bisnis, memahami dan menentukan sasaran pasar yang tepat sangatlah penting. Seperti yang ditunjukkan oleh kisah sukses Starbucks dan Airbnb, dengan mengetahui siapa sasaran pasarmu dan bagaimana memenuhi kebutuhan dan harapan mereka, kamu bisa menciptakan produk atau layanan yang dihargai oleh pasar dan akhirnya mencapai sukses.


Sumber Data:

  • https://finance.detik.com/solusiukm/d-6287550/sasaran-pasar-adalah-pengertian-dan-cara-menentukannya#
  • https://www.investopedia.com/terms/t/target-market.asp
  • https://unsplash.com/s/photos/business-target

Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
whatsapp logo