Memahami Cara Menentukan Target Pasar untuk Bisnis

Ditulis oleh Dwi Ernanda

article thumbnail

Mampu mengetahui dan menentukan target pasar yang tepat merupakan langkah krusial dalam membangun bisnis yang sukses


Menjalankan bisnis tidak semata-mata hanya tentang penjualan produk atau jasa. Sebagai pelaku bisnis, kamu perlu memahami siapa sebenarnya target pasar bisnismu. Mampu mengetahui dan menentukan target pasar yang tepat merupakan langkah krusial dalam membangun bisnis yang sukses. Dalam artikel ini, kami akan membahas strategi dan cara menentukan target pasar yang tepat untuk bisnismu.


Mengapa Menentukan Target Pasar itu Penting? 


Sebelum kita masuk ke dalam cara dan strategi menentukan target pasar, kita harus memahami dulu mengapa hal ini penting. Mengetahui target pasar bisnismu dapat membantu kamu dalam banyak hal, mulai dari perencanaan produk, penentuan harga, hingga strategi pemasaran yang efektif.


Target pasar adalah sekelompok konsumen yang dijadikan sasaran oleh suatu bisnis untuk menjual produk atau jasa mereka. Mengetahui siapa target pasar bisnismu sangat penting untuk memahami kebutuhan dan ekspektasi mereka.

Strategi Menentukan Target Pasar

Menganalisis Pelanggan Saat Ini

Perhatikan dan analisislah pelanggan yang saat ini membeli dan menggunakan produk atau jasa bisnismu. Dengan memahami karakteristik dan kebiasaan mereka, kamu bisa mendapatkan gambaran tentang target pasar bisnismu.

Segmentasi Pasar 

Segmentasi pasar adalah proses membagi-bagi pasar ke dalam segmen-segmen berdasarkan karakteristik demografis, geografis, psikografis, dan perilaku konsumen. Tujuan dari segmentasi pasar ini adalah agar bisnis dapat lebih mudah memahami dan menjangkau target pasar mereka.

Analisis Kompetitor

Melakukan analisis terhadap kompetitor juga bisa menjadi cara menentukan target pasar yang tepat. Dengan mengetahui siapa target pasar kompetitor, kamu dapat merumuskan strategi untuk menjangkau pasar yang sama atau malah mencari pasar lain yang belum terjamah.

Hal-hal Penting Sebelum Menentukan Target Pasar