Table of Content

    Merger: Menilik Pengertian, Manfaat, dan Contohnya

    Merger adalah penggabungan dua perusahaan atau lebih menjadi sebuah entitas perusahaan baru

     

    Beberapa dari kamu mungkin pernah mendengar istilah merger. Sebagian di antara kamu bahkan mungkin pernah melaksanakan merger. Akan tetapi, pasti tidak sedikit juga yang masih asing dengan istilah ini.

     

    Kalaupun kamu sudah sering mendengar istilahnya, barangkali belum benar-benar memahami pengaplikasiannya di dalam bisnis. Nah, kali ini mari kita kupas tuntas tentang pengertian merger serta berbagai aspek yang menyertainya!

    Memahami pengertian merger

    Secara sederhana, merger adalah dua atau lebih perusahaan dengan skala yang sama memutuskan untuk bergabung menjadi sebuah entitas baru. Dalam penggabungan ini, perusahaan-perusahaan bersepakat untuk melakukan transfer kepemilikan.

     

    Pemindahan kepemilikan tersebut dapat dilakukan dengan pembayaran tunai ataupun transfer saham. Dengan kata lain, kedua perusahaan yang melakukan merger melepaskan sahamnya, kemudian menerbitkan saham baru sebagai perusahaan baru.

     

    Istilah merger sering tertukar dengan akuisisi. Padahal, pengertian merger dan akuisisi sama sekali berbeda. Ketika sebuah perusahaan mengambil alih perusahaan lain dan menyatakan diri sebagai pemilik baru, inilah yang disebut dengan akuisisi.

    Alasan dilakukannya merger

    Setiap langkah bisnis tentu didasari oleh alasan tertentu, apalagi keputusan besar seperti merger. Umumnya, merger dilakukan karena beberapa alasan di bawah ini.

     

    1. Mencapai sinergi

    Merger adalah salah satu cara untuk mencapai sinergi. Pasalnya, setelah merger, perusahaan bisa mendatangkan keuntungan yang lebih besar bagi para pemegang saham.

     

    Apabila dapat bekerja dengan kompak, sinergi akan tercapai sehingga mendorong meningkatnya nilai bisnis sebuah perusahaan hasil merger.

     

    Selain sinergi pendapatan yaitu bertambahnya revenue karena ekspansi pasar, diversifikasi produk, dan lain sebagainya, perusahaan merger juga dapat mendorong terbentuknya sinergi biaya.

     

    Entitas perusahaan baru bisa mengeluarkan biaya lebih rendah berkat proses merger. Mengapa demikian? Karena skala ekonomi perusahaan mungkin meningkat, perusahaan jadi mempunyai akses terhadap teknologi tertentu, ataupun kemungkinan eliminasi biaya tertentu.

     

    2. Menekan risiko dari diversifikasi

    Pada titik tertentu, perusahaan perlu melakukan diversifikasi, baik diversifikasi produk maupun operasional. Sayangnya, langkah diversifikasi tidak bisa dilaksanakan begitu saja sebab risiko kerugian yang ditanggung perusahaan umumnya tidak kecil.

     

    Misalnya, perusahaan X sudah lekat dengan citra produk tertentu. Namun, penjualan produk tersebut sudah mulai stagnan sebab sudah mencapai titik akhir dalam life cycle produk sehingga perlu melakukan diversifikasi. Tidak menutup kemungkinan diversifikasi dari produk tersebut kurang diminati oleh konsumen.

     

    Nah, merger menjadi salah satu strategi manajemen risiko saat perusahaan akan melakukan diversifikasi. Setelah merger, perusahaan dapat lebih leluasa menjalankan diversifikasi dengan memasuki pasar baru atau menawarkan produk baru.

     

    3. Mengakuisisi aset

    Dalam perkembangan bisnis, terlebih pada era digital, perusahaan mulai harus berpacu dengan kemajuan teknologi. Sayangnya, tidak semua perusahaan bisa memiliki teknologi yang dibutuhkan.

     

    Saat sebuah perusahaan mempunyai teknologi tertentu yang dibutuhkan oleh perusahaan lainnya, biasanya langkah merger menjadi tawaran yang berlaku di atas meja.

     

    Jika merger tersebut terjadi, kemungkinan kebutuhannya memang mutual. Perusahaan A ingin mengakuisisi aset berupa teknologi yang dimiliki perusahaan B, sedangkan perusahaan B mungkin membutuhkan akses terhadap market yang lebih besar dan sudah dimiliki oleh perusahaan A.

     

    Meskipun aset teknologi sering kali menjadi alasan dua buah perusahaan melakukan merger, tetapi tentu teknologi bukanlah satu-satunya aset yang dicari. Sebuah perusahaan bisa memberikan tawaran merger kepada perusahaan target demi mengakuisisi aset apa pun yang mungkin sulit dimiliki tanpa proses merger.


    Merger sering kali dilakukan untuk memperoleh akses terhadap market yang lebih besar

     

    4. Memperbesar kapasitas finansial

    Persoalan finansial perusahaan memang kerap menjadi latar belakang bagi berbagai keputusan penting, tidak terkecuali merger. Untuk menyelamatkan situasi keuangan yang kurang baik, merger dapat menjadi solusi.

     

    Namun, tidak harus sebuah perusahaan ada di posisi keuangan yang tidak baik terlebih dahulu untuk melakukan merger. Sebagai contoh, jika perusahaan ingin memperbesar kapasitas produksi yang sudah pasti perlu kapasitas finansial lebih besar, merger juga layak dipertimbangkan.

     

    5. Penyesuaian pajak

    Ada perusahaan yang memiliki kewajiban pajak cukup besar. Di sisi lain, terdapat perusahaan dengan kompensasi atas kerugian pajak yang juga cukup besar.

     

    Nah, bila kedua perusahaan tersebut bergabung akan dilakukan konsolidasi untuk total kewajiban pajaknya. Biasanya, perhitungan hasil akhir pajak yang wajib dibayarkan akan lebih kecil dibandingkan saat masing-masing perusahaan berdiri secara mandiri.

     

    Manfaat merger

    Kedua perusahaan bersedia bergabung menjadi sebuah entitas baru tentu karena ada keuntungan yang diperoleh. Jika tidak, masing-masing perusahaan pasti lebih memilih beroperasi secara independen saja.

     

    Sebetulnya, apa saja sih manfaat merger yang bisa dirasakan oleh perusahaan?

     

    1. Meningkatkan market share

    Market share adalah persentase penjualan yang diperoleh sebuah perusahaan pada sektor industri tertentu. Angka market share didapatkan dengan menghitung penjualan perusahaan dalam periode waktu tertentu dibandingkan dengan total penjualan sektor industri tersebut.

     

    Dengan demikian, setiap perusahaan memiliki market share tersendiri. Saat dua perusahaan bergabung, maka perusahaan gabungannya akan memiliki market share yang lebih besar daripada masing-masing perusahaan tersebut.

     

    2. Menurunkan biaya operasional

    Ada berbagai strategi yang bisa ditempuh perusahaan untuk menekan biaya operasional. Salah satunya dengan membeli bahan baku dalam jumlah besar sehingga mendapat potongan harga dari pemasok.

     

    Pembelian bahan baku dalam jumlah besar erat sekali kaitannya dengan kapasitas produksi serta kapasitas finansial sebuah perusahaan. Sebab itu, merger adalah salah satu cara untuk menekan biaya operasional melalui perbesaran kapasitas finansial dan produksi.

     

    3. Mencegah replikasi dan eliminasi kompetitor

    Sudah bukan rahasia lagi, dalam sebuah sektor industri, beberapa perusahaan mungkin memproduksi produk yang serupa atau bahkan sama dengan produk yang kamu tawarkan.

     

    Kamu memang sulit mengontrol munculnya replikasi atau duplikasi produk, tetapi kamu bisa mencegahnya dengan merger. Jika kamu bergabung dengan perusahaan yang memproduksi produk serupa, secara tidak langsung kamu telah mengeliminasi kompetitor.

     

    4. Ekspansi bisnis ke area baru

    Banyak perusahaan ingin memperluas bisnisnya. Jika memungkinkan, tentu setiap perusahaan ingin bisnisnya tersebar di sebanyak mungkin daerah. Sayangnya, tidak semua perusahaan mempunyai resource memadai untuk menjalankan perluasan bisnis.   

     

    Ketika kamu ingin ekspansi ke daerah baru, merger dengan perusahaan yang telah beroperasi di daerah tersebut bisa menjadi pertimbangan. Dengan begitu, kamu jadi memiliki sumber daya mumpuni untuk mulai beroperasi di area baru tersebut.

     

    5. Menghindari kebangkrutan

    Jika bisnis terus-menerus mengalami kerugian, pailit atau kebangkrutan merupakan kenyataan pahit yang tidak terhindarkan. Sebelum bisnis ditutup akibat bangkrut, sebaiknya kamu mempertimbangkan untuk merger dengan perusahaan yang memiliki kapasitas finansial lebih baik.      


    Contoh merger

    Baik perusahaan berskala besar maupun usaha kecil dan menengah dapat melakukan merger bila langkah tersebut diperlukan. Namun, untuk melihat dampak positif merger, mari kita melihat contoh merger pada perusahaan-perusahaan yang sudah mapan.

     

    1. Bank Syariah Indonesia

    Keputusan merger yang masih hangat baru saja terjadi pada awal 2021. Proses merger ini melibatkan tiga bank BUMN besar yaitu BRI Syariah, Bank Mandiri Syariah, dan BNI Syariah.

     

    Ketiga entitas bank milik pemerintah tersebut bergabung menjadi Bank Syariah Indonesia dengan total aset lebih dari 240 triliun.

     

    2. Toyota Astra Motor

    Kamu pasti familier dengan Toyota, salah satu importir kendaraan dengan produk unggulannya MPV yang banyak diminati di Indonesia.  

     

    Sesungguhnya Toyota yang kamu kenal saat ini merupakan merger dari empat perusahaan, yakni PT Toyota Astra Motor, PT Toyota Mobilindo, PT Multi Astra, serta PT Toyota Engine Indonesia.

     

    3. PT Lippo Karawaci

    Lippo group bisa dikatakan salah satu contoh merger perusahaan yang sangat sukses. PT Lippo Karawaci merupakan gabungan dari delapan perusahaan yang beberapa namanya pasti tidak asing di telingamu.

     

    Kedelapan perusahaan tersebut adalah PT Lippo Karawaci, PT Lippo Land Development, PT Aryaduta Hotels, PT Siloam Healthcare, PT Sumber Waluyo, PT Kartika Abdi Sejahtera, PT Metropolitan Tatanugraha, dan PT Anaggadipa Berkat Mulia. 


    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Kenali Apa Itu CV ATS Friendly
    CV ATS Friendly adalah CV yang secara otomatis dapat disortir melalui sebuah aplikasi yang disebut ATS. Lalu, bagaimana membuat CV ATS Friendly yang baik?
    NPV adalah: Rumus, Contoh, dan Cara Menghitung
    Tidak hanya bermanfaat untuk menganalisis untung rugi, perhitungan NPV juga akan sangat membantu dalam menyusun perencanaan keuangan perusahaan.
    Bisnis Proposal atau Proposal Bisnis? Mana yang Benar?
    Apa itu bisnis proposal? Apakah sama dengan proposal bisnis? Sebelum membuatnya, pahami pengertian dan ciri-ciri proposal bisnis lebih dulu.
    Bank Digital adalah Kebutuhan Masyarakat Saat Ini. Kok Bisa?
    Bank digital adalah transformasi layanan perbankan dari luring menjadi daring. Kemunculannya semakin marak di Indonesia. Mau jadi nasabahnya?