Taklukan Pasar dengan Metode Riset Pemasaran yang Tepat

Ditulis oleh Faiqotul Himma

article thumbnail


Apa kamu tahu bahwa metode riset pemasaran bisa menjadi kunci sukses bisnismu? Dengan menggunakan metode riset pemasaran yang tepat, kamu dapat menggali pasar, kompetitor, dan pelangganmu, lho!

Di dalam artikel ini, kamu akan menemukan empat metode riset pemasaran yang efektif. Metode ini dapat kamu gunakan untuk mengumpulkan data yang mendukung pengambilan keputusan bisnis.

Yuk, baca lebih lengkap tentang metode riset pemasaran dan dapatkan keunggulan kompetitif untuk bisnismu, ya! 

Apa Itu Metode Riset Pemasaran?

Metode riset pemasaran adalah cara yang digunakan untuk mengumpulkan dan menganalisis informasi tentang pasar, konsumen, produk, hingga kompetitor. Metode ini akan membantu perusahaan memahami kebutuhan dan preferensi konsumen, serta mendapatkan wawasan tentang kompetitor dan tren industri.

Dengan mengandalkan data dan fakta yang akurat, kamu dapat mengambil keputusan bisnis yang lebih tepat berdasarkan bukti yang dihasilkan dari riset. Selain itu, riset pemasaran juga memungkinkanmu mengidentifikasi peluang baru, menguji ide-ide produk baru, dan memahami konsumen dalam merespon marketing campaign bisnismu yang telah berjalan.

Dengan demikian, riset pemasaran menjadi alat yang sangat berharga bagi perusahaan untuk mengoptimalkan kinerja untuk mencapai kesuksesan bisnis yang kompetitif.


Baca Juga: Riset Pemasaran adalah Landasan Bisnis, Apa Iya?

 Dengan menggunakan metode riset pemasaran, perusahaan bisa memahami pasar dengan lebih baik.

4 Metode Riset Pemasaran

Setelah mengetahui pengertian metode riset pemasaran, ada empat metode riset pemasaran yang sering dipakai, yaitu: 

Survei

Metode ini melibatkan pengumpulan data melalui kuesioner, pertanyaan tertulis, atau wawancara kepada responden. Survei dapat dilakukan secara online, melalui email, atau bahkan secara tatap muka. Survei membantumu memperoleh pandangan konsumen tentang preferensi, kepuasan, dan kebutuhan mereka terhadap produk atau layanan bisnismu.

Focus Group Discussion (FGD)

Metode ini melibatkan sekelompok responden yang berkumpul untuk berdiskusi dan memberikan pendapat tentang topik tertentu. Diskusi ini dipandu oleh seorang moderator untuk menggali pandangan mendalam tentang persepsi, opini, dan tanggapan mereka terhadap produk. Metode ini membantumu memahami beragam perspektif konsumen. 

Studi Pasar

Metode ini melibatkan analisis data dan informasi pasar yang sudah ada, seperti data penjualan, laporan industri, dan sumber data eksternal. Studi pasar membantu kamu memahami ukuran pasar, pangsa pasar, tren industri, serta peluang dan tantangan dalam industri tertentu. Metode ini memberikan gambaran yang lebih luas tentang posisi bisnismu di pasar. 

Analisis Data Digital

Metode ini melibatkan pengumpulan dan analisis data dari sumber digital, seperti media sosial, situs web, atau platform e-commerce. Analisis data digital membantu kamu memahami perilaku konsumen secara online, mendapatkan wawasan tentang tren yang sedang berkembang, dan mengidentifikasi peluang pemasaran yang efektif. 

Baca Juga: Riset Pemasaran: Definisi, Fungsi, serta Contohnya

Konsep Dasar Metode Riset Pemasaran

Konsep dasar metode riset dalam pemasaran melibatkan beberapa langkah sistematis yang bertujuan untuk mengumpulkan dan menganalisis data terkait pasar, kompetitor, konsumen, hingga produk.

Metode riset pemasaran ini digunakan untuk memahami dan mengatasi berbagai masalah atau pertanyaan yang berkaitan dengan bisnis dan strategi pemasaran. Berikut ini adalah beberapa konsep dasar metode riset dalam pemasaran, yakni: 

Tujuan Riset

Sebelum memulai riset, perlu ditentukan tujuan riset dengan jelas. Tujuan riset harus spesifik dan dapat diukur sehingga dapat menjadi landasan untuk menyusun rencana riset yang efektif. 

Sumber Data

Metode riset dalam pemasaran dapat menggunakan data primer (data yang dikumpulkan secara langsung oleh peneliti) atau data sekunder (data yang sudah ada dan dikumpulkan oleh pihak lain sebelumnya). Data sekunder bisa diperoleh dari berbagai sumber, misalnya lembaga statistik, laporan industri, atau penelitian sebelumnya. 

Jenis Riset

Ada dua jenis riset pemasaran utama, yaitu riset kualitatif dan riset kuantitatif. Riset kualitatif lebih fokus pada pemahaman mendalam dan insight, melalui wawancara, Focus Group Discussion (FGD), atau observasi. Sedangkan riset kuantitatif berfokus pada pengumpulan data berjumlah besar yang dapat diukur secara statistik melalui survei atau eksperimen. 

Metode Pengumpulan Data

Metode riset pemasaran dapat menggunakan berbagai cara pengumpulan data, misalnya survei, FGD, studi pasar, atau digital. Pemilihan metode tergantung pada jenis data yang ingin dikumpulkan dan tujuan riset.

Pengolahan Data

Setelah data terkumpul, data tersebut perlu diolah dan dianalisis untuk mendapatkan informasi yang relevan dan bermanfaat. Pengolahan data dapat melibatkan teknik statistik, pengelompokan data, atau analisis teks. 

Interpretasi Hasil

Hasil riset perlu diinterpretasikan dengan cermat untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang pasar, konsumen, dan produk. Hasil riset harus dihubungkan dengan tujuan awal riset dan dijadikan dasar dalam pengambilan keputusan bisnis. 

Implikasi dan Rekomendasi

Setelah analisis dilakukan, riset pemasaran akan menghasilkan implikasi dan rekomendasi untuk strategi pemasaran yang lebih efektif. Hasil riset dapat membantu perusahaan dalam merumuskan keputusan bisnis yang tepat dan mengidentifikasi peluang atau tantangan yang perlu diatasi.

Dengan menggunakan metode riset yang tepat, perusahaan dapat mengidentifikasi peluang bisnis, meningkatkan kepuasan konsumen, dan mengembangkan strategi pemasaran yang sukses.



majoo Ads

Contoh Metode Riset Pemasaran

Agar kamu lebih paham lagi, di bawah ini terdapat contoh metode riset yang bisa kamu lakukan untuk bisnismu. 

  1. Contoh Metode Riset Pemasaran Bisnis Kopi

  • Survei konsumen

Melakukan survei online atau wawancara langsung dengan pelanggan untuk mendapatkan masukan tentang preferensi rasa kopi, pilihan menu, harga yang tepat, dan suasana kedai yang diinginkan.

  • Observasi di tempat

Mengamati perilaku pelanggan di kedai kopi, misalnya pola kunjungan, waktu tinggal, dan interaksi dengan produk, untuk memahami kebiasaan konsumen dan potensi peningkatan layanan.

  • Uji coba produk

Mengadakan uji coba rasa untuk produk kopi baru atau variasi menu tertentu pada sekelompok konsumen untuk mengukur respons dan kepuasan mereka.

  • Analisis data penjualan

Menganalisis data penjualan dari kedai kopi lainnya atau kompetitor di daerah sekitar untuk mengidentifikasi tren pasar, preferensi pelanggan, dan peluang yang belum dimanfaatkan.

  • Focus Group Discussion (FGD)

Mengumpulkan sekelompok calon pelanggan yang berbeda usia atau latar belakang untuk membahas preferensi dan ekspektasi mereka terhadap kedai kopi.

  • Analisis media sosial

Melakukan analisis terhadap aktivitas dan percakapan di media sosial terkait kopi untuk memahami pandangan dan sentimen pelanggan terhadap merek kopi dan industri kopi secara keseluruhan.

  • Studi lokasi

Melakukan analisis lokasi potensial untuk membuka kedai kopi baru, termasuk analisis demografis, persaingan, dan tingkat lalu lintas di sekitar lokasi tersebut.

  • Wawancara dengan barista dan karyawan

Berbicara dengan barista dan karyawan untuk mendapatkan pandangan internal tentang layanan pelanggan, proses pembuatan kopi, dan potensi perbaikan.

Dengan menggunakan metode-metode riset pemasaran ini, kamu sebagai pemilik usaha dapat mengembangkan strategi pemasaran yang efektif, meningkatkan kualitas produk, dan meningkatkan kepuasan pelanggan.


Baca Juga: Inilah Tahapan Proses Riset Pemasaran yang Perlu Kamu Tahu!

  1. Contoh Metode Riset Pemasaran Bisnis Pakaian

  • Survei konsumen

Melakukan survei online atau wawancara langsung dengan calon pembeli atau pelanggan yang telah berbelanja di toko pakaian untuk mendapatkan masukan tentang preferensi gaya, desain, warna, ukuran, dan harga yang diinginkan.

  • Analisis tren mode

Melakukan analisis terhadap tren mode terkini, baik dari perangkat media sosial, majalah mode, dan catwalk fashion show, untuk memahami gaya yang sedang populer dan dapat menjadi inspirasi dalam merancang koleksi pakaian.

  • Focus Group Discussion (FGD)

Mengumpulkan sekelompok calon pembeli atau pelanggan yang memiliki karakteristik demografis yang berbeda untuk berdiskusi tentang preferensi dan ekspektasi mereka terhadap produk pakaian.

  • Studi persaingan

Melakukan analisis terhadap kompetitor di industri pakaian, baik dari segi produk, harga, promosi, dan saluran distribusi, untuk mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan yang dapat dijadikan acuan dalam merancang strategi pemasaran.

  • Uji coba produk

Mengadakan sesi uji coba produk pakaian tertentu pada sekelompok calon pembeli atau pelanggan untuk mengukur respons dan kepuasan mereka terhadap desain dan kualitas produk.

  • Analisis data penjualan

Menganalisis data penjualan dari bisnis pakaian lainnya atau kompetitor untuk mengidentifikasi tren pasar, preferensi pelanggan, dan peluang bisnis yang potensial.

  • Riset online

Melakukan riset online menggunakan alat analisis kata kunci atau survei online untuk memahami kata kunci atau topik yang sering dicari oleh calon pembeli terkait produk pakaian tertentu.

  • Analisis media sosial

Melakukan analisis terhadap aktivitas dan percakapan di media sosial terkait produk pakaian untuk memahami pandangan dan sentimen calon pembeli atau pelanggan.

  1. Contoh Metode Riset Pemasaran Bisnis Makanan

  • Survei konsumen

Melakukan survei online atau wawancara langsung dengan calon pembeli atau pelanggan yang telah mengonsumsi produk makanan untuk mendapatkan masukan tentang cita rasa, kualitas, harga, dan preferensi makanan yang diinginkan.

  • Uji coba produk

Mengadakan sesi uji coba produk makanan tertentu pada sekelompok calon pembeli atau pelanggan untuk mengukur respons dan kepuasan mereka terhadap rasa dan kualitas makanan.

  • Studi pasar

Melakukan analisis terhadap pasar makanan, termasuk tren konsumsi, preferensi makanan, dan pola makan masyarakat, untuk mengidentifikasi peluang bisnis dan kebutuhan konsumen yang dapat diisi dengan produk makanan.

  • Focus Group Discussion (FGD)

Mengumpulkan sekelompok calon pembeli atau pelanggan yang memiliki karakteristik demografis yang berbeda untuk berdiskusi tentang preferensi makanan, pilihan menu, dan harapan mereka terhadap produk makanan.

  • Analisis persaingan

Melakukan analisis terhadap kompetitor di industri makanan, baik dari segi menu, harga, kualitas, dan pemasaran, untuk mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan yang dapat dijadikan acuan dalam merancang strategi pemasaran.

  • Riset online

Melakukan riset online menggunakan alat analisis kata kunci atau survei online untuk memahami kata kunci atau topik terkait makanan yang sering dicari oleh calon pembeli.

  • Analisis data penjualan

Menganalisis data penjualan dari bisnis makanan lainnya atau kompetitor untuk mengidentifikasi tren pasar, preferensi pelanggan, dan peluang bisnis yang potensial.

  • Studi kelayakan usaha

Melakukan penelitian mengenai kelayakan usaha makanan, termasuk analisis biaya produksi, harga jual, target pasar, dan perkiraan permintaan pasar.

Kesimpulan

Karena duni bisnis yang semakin kompleks, metode riset pemasaran menjadi alat  utama untuk mencapai kesuksesan bisnis. Dengan melakukan riset yang tepat, kamu dapat memahami pelangganmu dengan lebih baik, mengidentifikasi peluang pasar, dan merumuskan strategi yang efektif, ya.

Nah, untuk membuat segala proses bisnismu lebih lancar dan efisien, ada aplikasi POS berbasis cloud storage yang bisa kamu pakai yaitu aplikasi majoo. Dengan fitur-fitur lengkapnya, majoo akan membantu operasional bisnismu. 

Jadi, tak perlu ragu lagi, manfaatkan metode riset pemasaran dan aplikasi majoo untuk membawa bisnismu menuju kesuksesan, yuk!



Sumber data:

https://toffeedev.com/blog/metode-riset-pemasaran/

Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
whatsapp logo