Table of Content

    • Solusi
    • Fitur
    • Memahami Pengertian dan Manfaat Modal Ventura Bisnis

    Memahami Pengertian dan Manfaat Modal Ventura Bisnis

    Modal ventura adalah salah satu bentuk investasi risiko tinggi dengan potensi keuntungan yang sepadan

    Modal ventura adalah salah satu bentuk investasi high risk high return atau jenis investasi risiko tinggi dengan imbal balik yang sepadan pula sesuai tingginya risiko yang dimilikinya. Umumnya praktik ini dilakukan di tingkat perusahaan, dan bukan lagi aktivitas perorangan.

    Mengingat risikonya yang tergolong tinggi, pelaku usaha yang ingin berkecimpung dalam sebuah perusahaan modal ventura baiknya benar-benar mengetahui terlebih dahulu apa itu pengertian modal ventura serta manfaat yang dimilikinya.

    Apa, sih, sebenarnya yang dimaksud dengan modal ventura itu?

    Pengertian Modal Ventura

    Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, modal ventura adalah bentuk investasi risiko tinggi yang dilakukan oleh suatu perusahaan untuk memperoleh keuntungan yang sama tingginya.

    Hal ini mungkin saja dilakukan dengan melakukan pembiayaan modal terhadap perusahaan swasta yang menerima investasi untuk jangka waktu tertentu. Ketika jangka waktu yang telah ditentukan tersebut terlewati, keuntungan perusahaan yang telah didanai dengan investasi tersebut pun akan menjadi bagian keuntungan dari perusahaan yang melakukan penyertaan modal.

    Penyertaan modal yang dilakukan sebagai bentuk investasi ini umumnya ditukar dengan sejumlah sajam yang ditentukan dari besarnya modal yang diberikan. Oleh karena itu, wajar jika investasi modal ventura memungkinkan investor meraup keuntungan apabila perusahaan yang didanainya mampun berkembang dan mencapai keuntungan bisnisnya sendiri; mengingat investor tersebut juga menjadi pemegang saham dari perusahaan tersebut.

    Namun, tentu saja ini juga berlaku sebaliknya. Apabila perusahaan yang didanai tidak mampu memutar modal yang disertakan dan mengalami kerugian, pemilik modal pun akan mengalami kerugian dan sulit untuk mengembalikan nilai modal yang disertakan di awal. Hal inilah yang membuat pengertian modal ventura kerap lekat dengan investasi risiko tinggi.

     

    Contoh dan Cara Pembiayaan Modal Ventura

    Ada beberapa contoh modal ventura yang umum digunakan dalam dunia bisnis. Setiap contoh tersebut umumnya memiliki cara pembiayaan yang berbeda-beda pula.

    Di antaranya, ada tiga contoh modal ventura yang paling banyak digunakan, khususnya di Indonesia yang memang terkenal dengan perkembangan iklim investasinya. Ketiga contoh serta cara pembiayaan modal ventura tersebut antara lain adalah:

    1. Obligasi Konversi

    Contoh modal ventura yang pertama dilakukan dengan penjualan obligasi atau surat-surat berharga yang mengikat oleh perusahaan yang ingin menerima investasi. Investor kemudian melakukan penyertaan modal dengan membeli obligasi-obligasi tersebut.

    Dalam jangka panjang, obligasi ini kemudian nantinya dapat ditukar atau dikonversikan menjadi surat-surat saham. Dengan cara ini, perusahaan penerima investasi akan tetap membayarkan bunga yang sudah ditetapkan untuk obligasi yang mereka terbitkan hingga akhirnya obligasi tersebut dikonversikan menjadi saham.

    Selama perusahaan modal ventura masih belum mengonversi obligasi yang dimilikinya, penghasilan yang didapat akan sepenuhnya berasal dari pembayaran bunga obligasi tersebut. Namun, ketika konversi sudah dilakukan, pembayaran bunga pun akan berhenti dan digantikan dengan pembayaran keuntungan sesuai dengan besarnya saham yang dimiliki oleh pemilik modal.

    2. Saham Langsung

    Berbeda dengan contoh modal ventura sebelumnya, dengan model pembiayaan saham langsung, investor akan secara langsung menukarkan penyertaan modal yang dilakukannya dengan surat saham yang diterbitkan oleh perusahaan penerima investasi.

    Penyertaan modal ventura yang dilakukan kepada perusahaan penerima dalam bentuk saham umumnya diatur mengikuti jangka waktu tertentu. Setelah jangka waktu tersebut terlewati, perusahaan modal ventura harus melakukan divestasi dan tidak lagi memiliki kendali atas perusahaan penerima investasi.

    Dalam contoh modal ventura yang satu ini, diharapkan di akhir jangka waktu yang telah ditentukan, perusahaan penerima investasi mampu memutar modal yang disertakan di awal untuk usahanya dan mengembangkan usahanya. Pun bila perusahaan tersebut masih membutuhkan penyertaan modal lebih lanjut, kesepakatan-kesepakatan lain dengan perusahaan modal ventura dapat dibuat sesuai dengan kebutuhan.

    Adapun divestasi yang dilakukan umumnya menjadi keputusan dari perusahaan modal ventura itu sendiri. Perusahaan dapat memanfaatkan pasar modal untuk menawarkan saham yang dimilikinya kepada umum, menjual secara langsung saham yang dimilikinya kepada perusahaan investor lainnya, atau menjual kembali kepemilikan saham tersebut kepada perusahaan penerima investasi.

    Di samping ketiga cara di atas, tentunya masih ada lagi sistem divestasi lainnya yang mungkin dilakukan oleh perusahaan modal ventura.

    3. Sistem Bagi Hasil

    Modal ventura adalah sebuah bentuk aktivitas bisnis. Oleh karena itu, memperoleh keuntungan bisnis merupakan sebuah tujuan yang sangat umum untuk dicapai.

    Berbeda dengan dua contoh modal ventura di atas, sistem bagi hasil memungkinkan perusahaan pemberi serta penerima modal untuk memperoleh keuntungan bisnis dengan pembagian yang sesuai dengan kesepakatan tanpa membutuhkan surat saham maupun obligasi sebagai alat tukarnya.

    Tanpa adanya obligasi, perusahaan penerima investasi tidak harus membayarkan bunga atas modal yang telah diberikan. Kendali akan perusahaannya sendiri pun dapat lebih dijaga karena tidak adanya pemecahan kepemilikan saham.

    Meski demikian, dalam sistem bagi hasil kedua belah pihak harus memiliki kesepakatan yang jelas terkait pembagian keuntungan yang nantinya akan diperoleh dari hasil pengembangan modal ventura. Pembagian ini dapat diatur apakah akan dilakukan berdasarkan pendapatan yang diperoleh, berdasarkan keuntungan bersih, atau berdasarkan perjanjian lain yang disepakati kedua belah pihak.

    Modal ventura adalah aktivitas bisnis yang dapat membangun ekonomi dan tak sepenuhnya tentang profit semata

    Baca juga : Apa Itu Joint Venture ?

    Manfaat Modal Ventura bagi Bisnis

    Tanpa adanya manfaat, modal ventura tentu tidak akan menjadi pilihan aktivitas bisnis yang dilakukan untuk menutup kekurangan modal dalam strategi pengembangan usaha. Namun, apa sebenarnya manfaat yang dimilikinya?

    Manfaat modal ventura dapat dirasakan oleh setiap pihak, baik yang menyertakan modal maupun perusahaan penerima modal tersebut.

    Bagi perusahaan modal ventura itu sendiri, manfaat yang diterima dapat berbentuk keuntungan bisnis dari balas jasa yang diberikan oleh perusahaan penerima investasi atas pinjaman modal yang diberikan. Pemberian modal menjadi sebuah keputusan bisnis dengan tujuan akhirnya tetap berpusat pada seberapa besar keuntungan yang akan diterima dengan memberikan modal tersebut.

    Di luar keputusan bisnis, modal ventura adalah salah satu metode yang bisa dilakukan oleh perusahaan investor untuk memastikan roda ekonomi dapat terus bergerak, yaitu dengan menyertakan modal bagi perusahaan-perusahaan yang dinilai memiliki potensi pengembangan, tetapi membutuhkan bantuan modal untuk mewujudkannya.

    Dari sisi perusahaan penerima investasi, manfaat modal ventura juga akan sangat terasa karena dengan adanya penyertaan modal ini, perusahaan tersebut dapat tetap menjalankan upaya operasional serta pengembangan bisnisnya secara maksimal.

    Tanpa adanya modal yang diterima, baik operasional harian maupun upaya pengembangan bisnis tidak dapat dilakukan secara leluasa karena terantuk dengan permasalahan modal. Oleh karena itu, manfaat modal ventura akan sangat signifikan sekali dari sisi perusahaan penerima modal tersebut.

    Tak hanya operasional serta pengembangan bisnis secara umum, keberadaan modal ventura dapat menjadi jaminan keberhasilan suatu usaha. Perusahaan penerima investasi pun dapat lebih fokus menjalankan upaya-upaya efisiensi kegiatan usaha yang lebih lanjut dapat memperbesar margin keuntungan bisnis.

    Dengan adanya manfaat-manfaat modal ventura di atas, tidak aneh jika ada perusahaan yang memang mengkhususkan diri sebagai perusahaan investor dengan fokus sepenuhnya pada upaya pengembangan bisnis perusahaan pasangannya.

    Pun demikian, upaya serta manfaat modal ventura yang telah dijelaskan tersebut akan menjadi sia-sia jika perusahaan penerima investasi itu sendiri tidak mampu menjalankan operasional bisnisnya dengan baik, atau tidak dapat menunjukkan potensi pengembangan usaha dengan proyeksi keuntungan bisnis tertentu.

     

    Untuk memastikan hal ini dapat tercapai, gunakan pula aplikasi majoo untuk membantu mengelola bisnis secara efisien dengan lebih mudah! Berbagai fitur yang ditawarkan oleh aplikasi majoo dapat dimanfaatkan untuk memastikan upaya operasional serta pengembangan bisnis dapat dilakukan dengan seefektif serta seefisien mungkin.

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Macam-Macam E-Wallet, Definisi, Kelebihan, dan Kekurangannya
    E-Wallet adalah suatu layanan elektronik yang berfungsi sebagai tempat menampung dana dan instrumen pembayaran digital untuk memudahkan segala transaksi.
    Vendor adalah: Jenis-Jenis Vendor dan Fungsinya dalam Bisnis
    Apa itu vendor? Tentu banyak yang sudah bisa menjawab. Namun, ada berapa jenis vendor dan apa saja fungsinya di dalam bisnis? Nah, simak artikel berikut!
    Pre Order adalah: Pengertian, Sistem, hingga Keuntungannya
    Pre order adalah aktivitas jual beli antara customer dan seller, yang mana customer memesanan dan membayar produk di awal, dengan estimasi waktu tertentu.
    Apa Itu Paylater? Pengertian, Aplikasi, dan Cara Membayarnya
    Tidak perlu membayar produk yang dibeli secara kontan, saat ini kamu bisa memanfaatkan paylater sebagai metode pembayaran. Mudah dan praktis, kan?