Pengertian Limited Edition adalah: Arti, Fungsi, dan Contoh

Penulis Ajar Pamungkas
05 March 2025

article thumbnail

Mungkin banyak dari kamu yang sebenarnya sudah sangat familier dengan pengertian limited edition, baik yang sekadar pengertian secara umum maupun yang sudah diterapkan sebagai sebuah strategi bisnis.

Yap, benar sekali. Limited edition sebenarnya bukan hanya sekadar gimmick semata, tetapi juga bisa menjadi sebuah strategi bisnis yang tepat untuk mendorong angka penjualan. Nah, bagi kamu yang belum tahu, langsung saja simak artikel berikut yang akan secara jelas membahas serba-serbi terkait limited edition, mulai dari artinya, fungsi yang dimilikinya, dan juga contoh langsung.

Siapa tahu, kan, dengan memahami limited edition secara tepat, kamu bisa mengambil inspirasi yang bisa diterapkan dalam pengelolaan bisnismu sendiri. Dengan demikian, potensi keuntungan bisnis pun dapat dimaksimalkan secara optimal. Sudah mulai penasaran dengan fungsi limited edition sebagai strategi bisnis? Langsung saja, yuk, kita simak bersama-sama penjabarannya secara lengkap dalam artikel ini!

Apa Itu Limited Edition?

Apa itu limited edition? Diambil dari bahasa Inggris, istilah yang satu ini umumnya diterjemahkan secara literal sebagai edisi terbatas. Artinya, kita membuat versi produk dan memasarkannya secara khusus dan terbatas. Umumnya, batasan ini dapat berupa batasan waktu maupun kuantitas.

Tergantung dari tujuan yang ingin dicapai, dan juga sifat produk itu sendiri, kamu bisa memilih untuk menempatkan batasan pada waktu maupun kuantitas. Untuk batasan waktu, artinya edisi produk tersebut hanya dapat dibeli pada waktu-waktu tertentu saja.

Banyak pelaku usaha yang memanfaatkan momen-momen khusus untuk mengeluarkan edisi terbatas ini. Misalnya saja, menjelang tahun baru imlek, tak sedikit pelaku usaha yang memasarkan produknya dengan kemasan khusus yang bertemakan imlek, misalnya dengan kemasan berwarna merah dan emas, disertai gambar maskot yang sesuai dengan tahun tersebut.

Dilihat dari sifat produknya, batasan menggunakan waktu ini juga bisa menjadi pilihan yang tepat, misalnya saja untuk produk film, waktu penayangannya bisa dibatasi hanya selama beberapa hari saja, atau hanya ditayangkan pada musim festival tertentu saja.

Selain batasan waktu, limited edition juga bisa dibatasi dengan kuantitasnya. Artinya, kuantitas produk yang beredar di pasaran dan dapat dibeli oleh pelanggan dibatasi hingga jumlah tertentu saja. Dengan strategi ini, produk yang diluncurkan pun dapat terasa lebih eksklusif sehingga dapat menarik perhatian pelanggan untuk membeli, sehingga angka penjualan pun dapat didorong secara optimal.

Apa Arti Limited Edition dalam Bisnis?

Setelah mengetahui apa itu limited edition, selanjutnya kita dapat mencoba memahami konsep atau arti limited edition dalam bisnis.

Sebenarnya, arti limited edition dalam bisnis tidak jauh berbeda dengan artinya secara umum. Pada dasarnya, dalam bisnis, strategi limited edition lebih sering diperlakukan sebagai strategi pemasaran, alih-alih sebagai strategi penjualan.

Dengan kata lain, strategi peluncuran produk-produk dengan edisi yang terbatas ini bisa jadi tidak berorientasi pada penjualan atau keuntungan secara langsung, tetapi juga bisa untuk membangun kesadaran terhadap suatu brand.

Alasan tersebut yang juga melatari banyak pelaku usaha untuk menerapkan strategi limited edition pada momen-momen khusus yang berkaitan dengan pengembangan bisnisnya, misalnya ketika meluncurkan lini produk baru atau saat membuka cabang baru. Melalui produk dengan edisi yang terbatas ini, pelaku usaha dapat lebih mudah membangun brand yang dimilikinya.

Hal yang sama juga dapat berlaku sebaliknya, yaitu edisi terbatas yang diluncurkan oleh sebuah brand yang sudah memiliki nama, sehingga tidak lagi membutuhkan brand awareness, tetapi ingin mengapresiasi pelanggan setianya dengan produk yang dikemas secara terbatas.

Dalam situasi-situasi tersebut, tentunya strategi limited edition ini tidak secara langsung mendorong angka penjualan, tetapi tetap memiliki biaya pemasaran yang perlu ditanggung. Jadi, pahami terlebih dahulu arti limited edition dalam bisnis sebelum mulai memutuskan untuk menerapkan strategi ini, ya!

Mengapa memahami pengertian limited edition penting dalam menyusun strategi?

Fungsi Limited Edition sebagai Strategi Bisnis

Apa, sih, sebenarnya fungsi limited edition sebagai strategi bisnis? Secara singkat, strategi ini berfungsi untuk menarik perhatian pelanggan melalui impact atau dampak yang besar.

Dengan adanya produk-produk yang dikeluarkan secara terbatas, nilai eksklusif produk tersebut pun akan semakin tinggi, sehingga pelanggan pun diharapkan melakukan pembelian dengan cepat.

Bagaimana, tidak, kan? Siapa, sih, yang tidak ingin memiliki produk yang dikeluarkan secara khusus dari brand yang memang disenangi? Ditambah dengan waktu atau kuantitasnya yang dibatasi, pelanggan pun akan merasa harus segera melakukan pembelian jika tidak ingin kehabisan edisi spesial tersebut.

Selain itu, salah satu fungsi limited edition sebagai strategi bisnis juga kerap dioptimalkan untuk membangun momen melalui kerja sama dengan brand lain atau yang sering disebut dengan kolaborasi.

Dalam kasus ini, strategi limited edition dimaksimalkan sebagai sebuah strategi pemasaran yang secara langsung mendorong angka penjualan. Dengan perjanjian kerja sama yang waktunya umumnya terbatas, secara otomatis produk kolaborasi yang dihasilkan pun akan menjadi sebuah limited edition karena hanya dapat dibeli atau dinikmati dalam waktu tertentu saja.

Kolaborasi-kolaborasi semacam ini biasanya menjadi daya tarik tersendiri, terlebih bila kedua brand yang berkolaborasi merupakan brand favorit, sehingga diharapkan dengan adanya kolaborasi tersebut, pelanggan setia dari brand yang diajak kerja sama bisa tertarik pula untuk mencoba produk kita.

Begini Strategi Promosi Limited Edition yang Tepat

Nah, setelah memahami konsep limited edition dalam bisnis, begini strategi promosi limited edition yang tepat dan efektif dalam mendorong angka penjualan. Eits, tidak boleh asal, ya! Perhatikan dengan baik sifat bisnis yang kamu kelola, sehingga strategi yang diterapkan pun bisa dengan baik mendorong angka penjualan.

Sebagai contoh, dibandingkan secara serampangan meluncurkan produk edisi terbatas tanpa ada tujuan yang jelas, analisis terlebih dahulu target yang ingin dicapai, apakah untuk membangun brand awareness? Sebagai apresiasi untuk pelanggan setia? Atau mungkin untuk menciptakan momen kolaborasi dengan brand lain?

Setelah memperoleh target yang jelas, strategi yang tepat pun bisa lebih mudah untuk disusun. Perhatikan pula waktu peluncuran produk dengan edisi khusus yang terbatas ini. Alih-alih menerapkan strategi limited edition secara acak, tak ada salahnya untuk menunggu atau menciptakan sendiri momen yang terbatas tersebut.

Pastikan agar limited edition yang diluncurkan memiliki impact sesuai dengan targetnya, dengan begini, strategi promosi limited edition pun memiliki ukuran keberhasilan yang jelas. Jangan lupa bahwa produk tersebut akan diluncurkan dalam kemasan atau edisi yang istimewa, sehingga waktu dan alasan peluncurannya pun harus istimewa pula. Jika tidak, strategi limited edition ini akan dilihat sebagai sebuah gimmick semata.

Contoh Brand Sukses Jadikan Limited Edition sebagai Strategi Bisnis

Apa saja, sih, contoh brand sukses jadikan limited edition sebagai strategi bisnis? TOMORO COFFEE yang meluncurkan limited edition cup melalui kolaborasinya dengan brand Jujutsu Kaisen bisa kamu jadikan inspirasi.

TOMORO COFFEE sebagai brand kopi kekinian mampu mencatatkan angka penjualan yang lumayan dengan memajang karakter Jujutsu Kaisen, sebuah judul manga serta anime yang memiliki banyak penggemar.

Melalui kolaborasi tersebut, banyak penggemar Jujutsu Kaisen yang berlomba-lomba membeli produk-produk TOMORO COFFEE karena ingin mengumpulkan cup dengan edisi terbatas yang memasang karakter-karakter kesayangannya. Kolaborasi ini menjadi salah satu contoh brand sukses jadikan limited edition sebagai strategi bisnis, karena TOMORO COFFEE berpeluang untuk menarik penggemar Jujutsu Kaisen menjadi pelanggannya.

Contoh lainnya yang tak kalah menarik adalah majalah Bobo yang mengeluarkan edisi terbatas perayaan ulang tahunnya yang kelima puluh. Melalui edisi terbatas tersebut, oplah Bobo pun meningkat drastis. Pasalnya, edisi khusus ini mampu memanfaatkan ulang tahun majalan anak-anak tersebut secara optimal sebagai momen yang tak kalah istimewa.

Bagaimana? Tertarik untuk menerapkan strategi limited edition ini setelah benar-benar memahami pengertian limited edition dan fungsinya dalam bisnis? Pastikan strategi bisnismu tersebut semakin efektif dan efisien dengan aplikasi majoo yang sudah dilengkapi dengan beragam fitur unggulan untuk mempermudah pengelolaan operasional harian bisnis.

Yuk, segeralah berlangganan layanan aplikasi majoo agar kamu bisa membuat bisnismu semakin maju dan berkembang!

Sumber: https://jubelio.com/arti-limited-edition-adalah/#:~:text=Fungsi%20Limited%20Edition%20sebagai%20Strategi%20Bisnis,-Limited%20edition%20artinya&text=Tujuannya%20untuk%20menarik%20perhatian%20dan,konsumen%20berlomba%20untuk%20bisa%20mendapatkannya.

Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
Selamat datang di majoo 👋 Hubungi konsultan kami untuk pertanyaan dan info penawaran menarik
whatsapp logo