Pentingnya Struk sebagai Bukti Pembayaran pada Bisnis Ritel

Ditulis oleh Dwi Ernanda

article thumbnail

Struk merupakan dokumen penting dalam transaksi bisnis


Struk merupakan dokumen penting dalam transaksi bisnis. Sebuah struk bisa berfungsi sebagai bukti pembayaran, perekam detail transaksi, dan alat yang efektif untuk manajemen bisnis. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara mendalam tentang struk, fungsi utamanya, dan mengapa peranannya sangat penting dalam dunia bisnis.


Struk adalah dokumen yang dikeluarkan oleh penjual kepada pembeli sebagai bukti bahwa transaksi telah terjadi. Struk biasanya berisi detail tentang barang atau jasa yang telah dibeli, harga per unit, jumlah total yang dibayar, dan waktu transaksi.

Fungsi Struk dalam Bisnis

Sebagai Bukti Transaksi

Struk membantu membuktikan bahwa suatu transaksi telah terjadi. Hal ini penting dalam situasi di mana ada perselisihan antara penjual dan pembeli mengenai barang atau jasa yang dibeli.

Sebagai Alat Pelaporan dan Akuntansi

Struk juga berfungsi sebagai alat pelaporan dan akuntansi. Dalam bisnis, struk dapat digunakan untuk melacak penjualan, menghitung pajak, dan membuat laporan keuangan.

Sebagai Sarana Promosi

Beberapa bisnis juga menggunakan struk sebagai sarana promosi. Misalnya, mereka mungkin mencetak kupon atau penawaran khusus di bagian belakang struk.


Baca Juga: Nota Kredit: Tujuan, Fungsi, dan Contoh

Pentingnya Struk dalam Bisnis