Apa Itu Permintaan Potensial? Yuk, Cari Tahu!

Ditulis oleh Dini N. Rizeki

article thumbnail

Apa itu permintaan potensial?

Jika kamu ingin lebih mengeksplorasi peluang bisnis yang menjanjikan, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan memahami pengertian permintaan potensial

Permintaan potensial merupakan gambaran teoritis tentang seberapa besar permintaan yang mungkin terjadi di pasar untuk suatu produk atau layanan. Dngan memahami mengenai permintaan potensial, kamu dapat merencanakan langkah-langkah yang tepat untuk memanfaatkan peluang dan mencapai pertumbuhan yang signifikan.

Apa Itu Permintaan Potensial?

Jadi, apa itu permintaan potensial? Permintaan potensial adalah jumlah permintaan terhadap barang atau jasa. Dengan kondisi masyarakat sebenarnya mampu untuk membeli, tapi belum melakukan proses pembelian hingga saat ini. 

Bisa juga diartikan bahwa permintaan potensial adalah jumlah produk atau layanan yang akan diminta oleh konsumen pada suatu tingkat harga tertentu, dengan asumsi bahwa faktor-faktor lain, seperti pendapatan dan preferensi konsumen, tetap konstan. 

Dalam istilah ekonomi, ini menggambarkan permintaan maksimum yang mungkin terjadi dalam suatu pasar untuk suatu produk atau layanan.

Permintaan potensial didasarkan pada asumsi bahwa semua konsumen yang potensial akan membeli produk atau layanan tersebut pada tingkat harga yang diberikan. Artinya tidak ada hambatan atau pembatasan lain yang memengaruhi keputusan pembelian konsumen, seperti keterbatasan pendapatan atau preferensi yang berbeda-beda.

Namun, dalam kenyataannya, faktor-faktor seperti harga, pendapatan, selera konsumen, preferensi, persaingan, dan hambatan lainnya dapat mempengaruhi permintaan sebenarnya dalam suatu pasar. 

Oleh karena itu, permintaan potensial seringkali dianggap sebagai suatu ukuran teoritis atau referensi yang membantu dalam memahami batas atas pasar potensial untuk suatu produk atau layanan.

Analisis permintaan potensial dapat memberikan informasi berharga kepada produsen atau penyedia layanan dalam perencanaan bisnis mereka. Dengan memahami sejauh mana pasar potensial dapat memperluas permintaan produk atau layanan mereka, produsen dapat mengambil langkah-langkah strategis untuk meningkatkan pemasaran, pengembangan produk, atau penetapan harga yang sesuai untuk mencapai pangsa pasar yang lebih besar.

Baca Juga: Kerjasama dalam Bisnis: Cara Meningkatkan Kolaborasi

Faktor-Faktor yang Memengaruhi Permintaan Potensial

Ada beberapa faktor yang dapat memengaruhi permintaan potensial. Beberapa faktor penting yang dapat memengaruhi tingkat permintaan potensial suatu produk antara lain:

Pendapatan Konsumen

Tingkat pendapatan konsumen merupakan faktor penting yang memengaruhi permintaan potensial. Semakin tinggi pendapatan konsumen, semakin besar kemampuan mereka untuk membeli produk atau layanan tertentu. 

Kenaikan pendapatan biasanya diikuti dengan peningkatan permintaan potensial, terutama untuk barang-barang mewah atau produk dengan harga tinggi.

Harga Produk atau Layanan

Harga suatu produk atau layanan juga memengaruhi permintaan potensial. Semakin rendah harga, ceteris paribus (asumsi lain konstan), semakin besar kemungkinan konsumen akan membeli produk atau layanan tersebut.

Dalam beberapa kasus, penurunan harga dapat mendorong konsumen yang sebelumnya tidak mampu membeli untuk menjadi konsumen potensial.

Preferensi Konsumen

Preferensi dan selera konsumen memainkan peran penting dalam permintaan potensial. Jika konsumen memiliki minat atau keinginan yang tinggi terhadap suatu produk atau layanan, permintaan potensial cenderung meningkat. 

Faktor-faktor seperti citra merek, kualitas produk, fitur, gaya hidup, dan tren mode pun ternyata dapat memengaruhi preferensi konsumen.

Faktor Demografis

Faktor demografis, seperti usia, jenis kelamin, status perkawinan, dan komposisi keluarga, dapat memengaruhi permintaan potensial. 

Misalnya, kelompok usia yang lebih tua cenderung memiliki permintaan potensial yang berbeda dari kelompok usia yang lebih muda. Demografi juga dapat berpengaruh pada preferensi konsumen dan pola pengeluaran mereka.

Faktor Ekonomi Makro

Faktor ekonomi makro, seperti tingkat pengangguran, tingkat inflasi, suku bunga, dan pertumbuhan ekonomi, juga dapat mempengaruhi permintaan potensial. 

Dalam kondisi ekonomi yang lemah atau tidak stabil, konsumen cenderung memiliki permintaan potensial yang lebih rendah karena kekhawatiran tentang masa depan dan keterbatasan keuangan.

Persaingan di Pasar

Tingkat persaingan di pasar juga memainkan peran penting dalam memengaruhi permintaan potensial. Jika ada banyak alternatif produk atau merek yang tersedia, konsumen memiliki lebih banyak pilihan dan kemungkinan terdistribusi di antara mereka. Persaingan yang kuat dapat membatasi permintaan potensial suatu produk atau layanan tertentu.

Faktor-faktor di atas saling berhubungan dan dapat saling memengaruhi. Analisis yang komprehensif dan pemahaman mendalam tentang faktor-faktor ini membantu dalam memprediksi dan memahami apa itu permintaan potensial. 

Contoh Permintaan Potensial

Berikut adalah beberapa contoh permintaan potensial yang mungkin sering kamu temui dalam kehidupan sehari-hari. 

Mobil Listrik

Dalam beberapa tahun terakhir, permintaan potensial untuk mobil listrik meningkat secara signifikan. Dengan meningkatnya kesadaran tentang isu lingkungan dan kekhawatiran terhadap harga bahan bakar fosil, banyak konsumen memiliki minat tinggi untuk beralih ke mobil listrik. 

Permintaan potensial dapat diukur berdasarkan jumlah rumah tangga yang mampu dan bersedia membeli mobil listrik pada tingkat harga tertentu.


Aplikasi Wirausaha

Penerbangan Antariksa Komersial

Dengan munculnya perusahaan seperti SpaceX, Blue Origin, dan Virgin Galactic, permintaan potensial untuk penerbangan antariksa komersial telah muncul. Banyak individu yang bermimpi untuk bisa mengalami pengalaman antariksa dan bersedia membayar harga yang tinggi untuk itu. 

Permintaan potensial diukur dengan mempertimbangkan jumlah orang yang bersedia membeli tiket penerbangan antariksa pada tingkat harga yang ditentukan.

Teknologi Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence - AI)

Perkembangan AI telah menciptakan permintaan potensial yang besar dalam berbagai industri. Misalnya, permintaan potensial untuk asisten virtual cerdas yang dapat melakukan tugas-tugas rumah tangga, sistem keamanan cerdas, atau robot pelayan dalam industri perhotelan. 

Permintaan potensial dalam hal ini dapat diukur berdasarkan jumlah konsumen atau perusahaan yang tertarik untuk mengadopsi solusi AI dalam operasional mereka.

Energi Terbarukan

Contoh permintaan potensial berikutnya adalah energi terbarukan. Dalam upaya untuk mengurangi dampak negatif perubahan iklim dan ketergantungan pada sumber energi fosil, permintaan potensial untuk energi terbarukan, seperti panel surya dan turbin angin, terus meningkat. 

Permintaan potensial dapat diukur dengan melihat jumlah rumah tangga, perusahaan, atau pemerintah yang bersedia beralih ke sumber energi terbarukan.

Baca Juga: Yuk, Kenalan dengan Analisis Keuangan YOY Growth!

Mengapa Permintaan Potensial Bisa Menjadi Peluang yang Menguntungkan?

Permintaan potensial adalah suatu hal yang dapat menjadi peluang menguntungkan bagi bisnis. Beberapa alasannya yaitu: 

Identifikasi Peluang Pasar

Memahami permintaan potensial membantu bisnis mengidentifikasi peluang pasar yang belum terpenuhi atau area saat permintaan melebihi penawaran saat ini. Dengan mengetahui pasar potensial yang ada, bisnis dapat mengembangkan strategi untuk memasuki pasar tersebut atau memperluas kehadirannya dengan menawarkan produk atau layanan yang sesuai.

Pertumbuhan dan Ekspansi

Permintaan potensial yang tinggi menawarkan peluang bagi bisnis untuk tumbuh dan berkembang. Dengan mengantisipasi permintaan potensial yang meningkat, bisnis dapat mengalokasikan sumber daya mereka dengan bijak untuk memenuhi permintaan tersebut. Baik melalui peningkatan produksi, pengembangan produk baru, atau ekspansi ke pasar yang lebih luas.

Keunggulan Kompetitif

Memahami permintaan potensial memberikan bisnis keunggulan kompetitif. Dengan mengidentifikasi segmen pasar yang memiliki permintaan potensial yang tinggi namun belum dilayani dengan baik oleh pesaing. Bisnis dapat menciptakan nilai tambah dan menarik pelanggan dengan menawarkan solusi yang memenuhi kebutuhan mereka dengan lebih baik.

Penetapan Harga yang Optimal

Permintaan potensial dapat membantu bisnis dalam menentukan strategi penetapan harga yang optimal. Dengan memahami sejauh mana konsumen bersedia membayar untuk suatu produk atau layanan pada tingkat permintaan potensial tertentu, bisnis dapat menetapkan harga yang menghasilkan keuntungan maksimal, sambil tetap kompetitif di pasar.

Jika kamu ingin memanfaatkan peluang dari permintaan potensial, sebaiknya melakukan analisis pasar yang cermat, riset pasar yang mendalam, dan mengadopsi strategi yang tepat. 

Dengan demikian, kamu dapat mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk memenuhi permintaan potensial, mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan, dan mendapatkan keuntungan yang signifikan.

Kesimpulan

Permintaan potensial adalah konsep penting dalam analisis pasar yang membantu kita memahami batas atas permintaan yang mungkin terjadi dalam suatu pasar untuk suatu produk atau layanan. Ini terjadi didasarkan pada asumsi bahwa faktor-faktor lain, seperti pendapatan dan preferensi konsumen, tetap konstan.

Dalam mencapai kesuksesan bisnis, penting bagi produsen atau penyedia layanan untuk mengidentifikasi dan memahami permintaan potensial dalam pasar mereka. Dengan pemahaman yang baik tentang permintaan potensial, produsen dapat mengambil langkah-langkah strategis dalam pemasaran, pengembangan produk, atau penetapan harga untuk mencapai pangsa pasar yang lebih besar.

Pemahaman yang baik tentang faktor-faktor yang memengaruhi permintaan potensial dan melalui analisis yang terus-menerus, bisa membantu kamu dan pebisnis lainnya untuk dapat mengidentifikasi peluang pasar yang menjanjikan.

Termasuk mengembangkan strategi yang tepat, dan meningkatkan posisi bisnis di pasar yang kompetitif. Permintaan potensial adalah alat penting yang membantu bisnis dalam mengambil keputusan yang tepat untuk mencapai kesuksesan jangka panjang.

Jika ternyata produk yang kamu hasilkan dari bisnis termasuk dalam jenis permintaan potensial, sebaiknya lakukan manajemen stok yang baik. Tujuannya untuk mencegah terjadinya penumpukan stok di gudang penyimpanan yang akan merusak atau menurunkan kualitas produk

Gunakan aplikasi inventori dari majoo yang bisa membantu kamu mengatur inventori secara detail dan real time. Kamu bisa mengatur semuanya hanya dari satu device. Menarik, kan? Coba pakai majoo, yuk! 



Sumber data:

https://www.akuntansilengkap.com/ekonomi/contoh-permintaan-potensial/

Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
whatsapp logo