Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    Yuk, Kenalan dengan Analisis Keuangan YOY Growth!

    YoY growth merupakan salah satu bentuk analisis keuangan.

    Menghitung pertumbuhan bisnis yang kamu jalankan dari tahun ke tahun atau year over year growth (YOY Growth) bisa menjadi cara yang efektif untuk menunjukkan kepada investor atau pemberi pinjaman seberapa sukses bisnismu bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya. 

    Sebuah bisnis atau perusahaan harus memiliki data yang akurat mengenai naik-turunnya profit bisnis dari tahun ke tahun. Data yang akurat ini nantinya dapat digunakan untuk menghitung ROI (return on investment)

    Return on investment adalah rasio yang menunjukkan hasil dari jumlah aktiva yang digunakan dalam perusahaan atau suatu ukuran tentang efisiensi manajemen. Dalam penghitungan ROI, nilai yang dicari adalah persentase keuntungan dari investasi berdasarkan laba keseluruhan dan biaya yang dikeluarkan. Dengan begitu, bisa diketahui dengan jelas tingkat profitabilitas dari suatu investasi.

    Baca Juga: Jangan Sampai Tertipu, Inilah Ciri-ciri Investasi Bodong!

    Apa itu YoY Growth?

    Secara bahasa, year over year growth (YOY growth) diartikan sebagai pertumbuhan tahun ke tahun. YOY growth adalah pertumbuhan tahun-ke-tahun sebagai sebuah solusi bagi kamu yang ingin membandingkan statistik kinerja bisnis dari bulan atau kuartal tertentu di tahun sebelumnya dengan kerangka waktu yang sama di tahun ini.

    Dengan melakukan perhitungan ini, akan membantu kamu untuk menentukan seberapa besar pertumbuhan perusahaan bila dibandingkan dengan periode tertentu pada tahun lalu. Pertumbuhan bisnis atau perusahaan dari tahun ke tahun, dapat dilakukan dengan membandingkan beberapa hal dalam statistik kinerja, misalnya:

    • Pendapatan
    • Jumlah pekerjaan/order
    • Tingkat pengiriman barang

    Statistik ini bukan hanya bisa membantu kamu mendapatkan perspektif yang lebih baik tentang kinerja perusahaan, tetapi juga untuk memberi tahu investor, pemberi pinjaman, atau mitra potensial mengenai seberapa baik kinerja perusahaanmu.

    Hal-hal yang Dibandingkan pada Perhitungan YOY Growth

    Hal-hal yang dapat dibandingkan pada penghitungan secara YOY antara lain: 

    Pendapatan Penjualan

    Umumnya, laporan keuangan pada sebuah perusahaan selalu mencantumkan nilai pendapatan dan penjualan setiap tahunnya. Dalam laporan tersebut, tercatat pula berapa banyak penjualan meningkat atau turun pada tahun ini. Kemudian membandingkannya dengan tahun sebelumnya.

    Biaya Barang Terjual

    Biaya merupakan komponen yang selalu dihitung secara YOY dan dibandingkan oleh sebuah perusahaan. Fungsinya adalah untuk mengetahui seberapa baik perusahaan mampu mengelola marjin kotornya.

    Penjualan Secara Umum dan Biaya Administrasi

    Jumlah penjualan yang telah dilakukan adalah komponen paling penting untuk mengukur kinerja suatu bisnis atau perusahaan. Perhitungan ini selalu dibandingkan setiap tahunnya untuk mengukur perusahaan tersebut mencapai penjualan baik dan pengelolaannya telah efisien.

    Laba Sebelum Penyusutan Bunga dan Amortisasi (EBITDA)

    Seringkali suatu perusahaan menggunakan perbandingan YOY growth untuk mengukur laba operasional dan produksi untuk arus kas

    • Laba Bersih

    Perbandingan YOY selalu digunakan perusahaan untuk mengukur kondisi bisnis setiap waktu. Ukuran perbandingan tiap tahun EBITDA sebagai tolak ukur profitabilitas keseluruhan antara perusahaan dan industri.

    • Laba per Saham

    Bagi investor perhitungan YOY atas laba yang diperoleh dalam bentuk saham, punya kegunaan untuk menganalisis bottom line pada saham dasar sebuah perusahaan. 

    Baca Juga: Serba-Serbi Rumus EBITDA yang Perlu Diketahui Pelaku Usaha

    Pertumbuhan Ekonomi 

    Selain untuk mengukur laporan keuangan, penggunaan YOY growth juga bisa digunakan sebagai indikator ekonomi sebuah negara. Gunanya, untuk mengetahui prospek, tingkat kesejahteraan dan kondisi ekonomi sebuah negara tersebut.

    Beda YOY dan YTD

    Perhitungan dengan membandingkan secara YOY tentunya berbeda dengan YTD. Year to Date atau yang dikenal dengan YTD adalah metode yang mengacu pada periode waktu yang dimulai dari hari pertama tahun kalender saat ini atau tahun fiskal hingga tanggal saat ini. 

    Beda YOY dan YTD bisa dilihat dari informasi atau data yang ada. Informasi dan data YTD umumnya berguna untuk menganalisis tren bisnis dari waktu ke waktu atau membandingkan data kinerja dengan pesaing atau rekan dalam industri yang sama. 

    Sementara, YOY menggunakan data dan informasi untuk membandingkan kinerja bisnis atau perusahaan dalam mencapai penjualan yang baik dan pengelolaannya yang efisien.

    Contohnya, jika sebuah perusahaan menuliskan laba tahun 2021 naik sebesar 10% YOY, itu artinya bila dibandingkan tahun 2020, laba perusahaan tersebut naik sebesar 10%. 

    Lain halnya kalau perusahaan tersebut menulis laba akhir Desember 2021 naik sebesar 10% YTD. Ini berarti bahwa bila dibandingkan pada awal pembukaan tahun (1 Januari 2021), laba perusahaan tersebut naik sebesar 10%. 

    Manfaat YOY Growth

    Manfaat YOY dalam menghitung dan menampilkan pertumbuhan bisnis perusahaan kamu dari tahun ke tahun, antara lain adalah:

    Memberikan Data yang Lebih Akurat untuk Bisnis Musiman

    Suatu bisnis yang sudah dijalankan dalam waktu lama tentunya akan lebih memilih untuk melacak hasil mereka dengan membandingkannya dengan hasil bulan atau kuartal pada tahun sebelumnya. 

    Sayangnya, hal ini tidak bisa dilakukan bagi bisnis musiman. Manfaat YOY growth bisa membandingkan statistik bisnis yang dijalankan pada musim yang sama tahun lalu untuk perbandingan kinerja yang lebih baik.

    Hasil Terlihat Lebih Jelas

    Pada dasarnya, pendapatan bisnis sebagai tolok ukur keberhasilan dapat bervariasi pada tiap bulannya. Dengan pertumbuhan dari tahun ke tahun, membandingkan bulan atau kuartal tertentu dapat memperlancar statistik dengan lebih baik dan membuatnya terlihat lebih andal bagi investor.

    Sebagai Metode Sederhana untuk Perhitungan 

    Sebagian besar statistik dan analitik bisnis dapat dihitung atau dilacak dengan menggunakan spreadsheet Microsoft Excel atau perangkat lunak data bisnis lainnya. Namun, metode ini tentunya tidak memakan waktu yang sedikit. Jadi, perhitungan dari tahun ke tahun bisa menjadi solusi yang tepat karena termasuk sederhana.

    Lebih Memahami Peningkatan yang Terjadi di Perusahaan 

    Manfaat YOY yang terakhir adalah dapat membantu pebisnis untuk lebih memahami peningkatan hasil di perusahaan. Sehingga kamu dapat melihat peningkatan spesifik yang terjadi di dalam perusahaan.

     Ada banyak manfaat YOY yang didapatkan pebisnis.

    Cara Menghitung dengan Rumus Year On Year Growth

    Kamu bisa melakukan cara menghitung YOY growth untuk bisnis dengan mengumpulkan statistik spesifik dan menggunakan rumus year on year untuk mendapatkan hasil yang tepat. 

    Rumus year on year:

    YoY = {(kinerja tahun ini-kinerja tahun sebelumnya) / kinerja tahun sebelumnya} X 100%

    *YOY akan ditulis dalam bentuk persentase.

    Langkah-Langkah Menghitung YOY Growth:

    1. Tentukan jangka waktu yang ingin dibandingkan

    Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menentukan periode waktu yang untuk dibandingkan. Jika kamu yakin baru saja menyelesaikan musim yang sukses, kamu dapat membandingkan kuartal sebelumnya dengan tahun lalu.

    2. Ambil data perusahaan dari tahun ini dan tahun sebelumnya

    Setelah itu, kamu sudah bisa mulai mengumpulkan hasil. Jika kamu tidak yakin mengenai hasilnya, kamu bisa memeriksa neraca perusahaan. 

    3. Kurangi angka tahun lalu dari tahun ini

    Jika kamu sudah memiliki kedua angka tersebut, kamu dapat mulai menemukan tingkat pertumbuhan dengan mengurangkan angka kinerja tahun lalu dari tahun ini. Karena angka ini sifatnya positif, artinya kamu memperoleh keuntungan dari tahun ke tahun, bukan kerugian dari tahun ke tahun. 

    4. Bagi total dengan angka tahun lalu

    Kemudian, ambil jumlah total dari persamaan sebelumnya dan bagi dengan angka tahun lalu. 

    5. Kalikan dengan 100 untuk mendapatkan persentase akhir

    Langkah terakhir untuk menemukan tingkat pertumbuhan tahun-ke-tahun adalah mengubah total ini menjadi persentase. Kamu dapat melakukannya dengan mengalikan jumlah total dengan 100. 

    6. Analisis dan evaluasi total keuntungan 

    Total hasil perhitungan YOY growth yang kamu dapatkan dapat menunjukkan kesuksesanmu kepada investor atau pemberi pinjaman. Kamu juga dapat menggunakan hasil tersebut untuk merinci rencana untuk melakukan tingkat pertumbuhan YOY yang lebih tinggi tahun depan.

    Baca Juga: 9 Tugas Admin Keuangan di Perusahaan

    Cara Menghitung YOY di Excel 

    Cara menghitung YOY di Excel adalah dengan menggunakan rumus dasar, yaitu:

    = ((Nilai Akhir / Nilai Awal) ^ (1 / Periode) -1

    Langkah-langkahnya:

    • Pilih sel kosong, misalnya Sel E3
    • Masukkan rumus di bawah ini ke dalamnya

    =(C12/C3)^(1/(10-1))-1

    • Tekan enter

    * Dalam rumus di atas, C12 adalah sel dengan nilai akhir, C3 adalah sel dengan nilai awal, 10-1 adalah periode antara nilai awal dan nilai akhir, dan kamu dapat mengubahnya sesuai kebutuhan.

    Dalam beberapa kasus, hasil kalkulasi cara menghitung YOY di excel mungkin tidak diformat sebagai persentase. Kamu bisa tetap memilih hasil perhitungan dengan cara:

    • Klik Gaya Persen tombol pada Beranda tab untuk mengubah angka ke format persentase
    • Ubah tempat desimalnya dengan mengklik Tingkatkan Desimal tombol or Kurangi Desimal tombol

    Mengapa YOY untuk Bisnis Sangat Penting?

    Mengapa YOY untuk bisnis dianggap memiliki peranan yang sangat penting? Berikut alasannya. 

    Sebagai Bahan Evaluasi Anggaran Produk Tertentu 

    Dengan mengetahui pertumbuhan dari tahun ke tahun, kamu bisa lebih memahami keberhasilan produk tertentu dalam bisnis. Contohnya, item produk fashion yang kita jual tidak baik penjualannya, kamu bisa mengubah anggaran item tersebut untuk dikurangi. 

    Mengetahui Efisiensi Bisnis 

    Seberapa cepat bisnis yang kamu jalankan mampu menyelesaikan proyek tertentu dapat dilihat dari statistik YOY growth. Misalnya, saat perusahaan mengirim barang, kamu jadi tahu jumlah yang sebaiknya dikirimkan di sepanjang bulan tahun ini dibanding sebelumnya.

    Melakukan Negosiasi Barang 

    Jika produk bisnis yang kamu jual ternyata sebagian besar berasal dari vendor, artinya perhitungan pertumbuhan dari tahun ke tahun ini bisa menjadi acuan harga. Pebisnis jadi bisa menentukan apakah pasokan barang tersebut harganya masuk akal atau tidak.

    Mengapa YOY Growth untuk Bisnis Musiman Juga Sangat Penting?

    Jika kamu menjalankan dan memiliki bisnis musiman, menggunakan perbandingan dasar dari bulan ke bulan dan kuartalan dapat membuat bisnismu terlihat kurang berhasil daripada yang sebenarnya. Perhitungan YOY growth merupakan metode yang lebih tepat untuk digunakan. 

    Misalnya, jika Anda memiliki toko ritel pakaian muslim, musim sukses dari bisnis ini mungkin adalah saat orang banyak berbelanja busana muslim, yang sering kali terjadi di bulan Ramadan. Artinya, jika kamu membandingkan penjualan di bulan normal dengan bulan Ramadan, mungkin membuat bisnismu terlihat tidak stabil.

    Sebaliknya, menggunakan statistik YOY growth dapat membandingkan kuartal atau bulan tertentu untuk menunjukkan seberapa baik kinerja bisnis yang kamu jalankan selama waktu yang sukses. 

    Bisa dikatakan, perhitungan dengan tingkat YOY growth adalah metode yang paling tepat dan cukup akurat untuk melihat hasil yang lebih stabil dari kinerja bisnis. 

    Kesimpulan

    YOY growth adalah istilah matematis yang digunakan untuk membandingkan data keuangan dan ekonomi pada suatu bisnis atau perusahaan dari suatu periode dengan periode yang sama di tahun sebelumnya.

    Informasi ini berguna bagi pebisnis juga investor. Jika kamu adalah seorang investor, kamu perlu memahami istilah-istilah seperti ini agar tidak salah menghitung dan menginterpretasikan data keuangan perusahaan dan data perkembangan harga aset investasi. 

    Dengan begitu, kamu juga bisa memutuskan mana aset dan perusahaan yang lebih baik untuk diberi dana investasi dan mana yang tidak. 

    Sebaliknya, jika kamu adalah seorang pebisnis, investasi merupakan suatu hal yang penting untuk membantu kamu dalam pengelolaan finansial. Investasi yang kamu lakukan sedikit banyak tentunya akan berpengaruh pada bisnis yang kamu jalankan, begitu juga sebaliknya. 

    Untuk mengelola bisnis dengan lancar, kamu bisa meminta bantuan dari aplikasi point of sales (POS) seperti majoo yang memiliki fitur lengkap mulai dari pengelolaan karyawan, perhitungan stok, pencatatan transaksi keuangan secara otomatis, sampai dengan integrasi dengan berbagai marketplace. Bisnis lancar, investasi pun lancar. Langganan sekarang, yuk! 

     

    Pertanyaan Terkait

    • Secara bahasa, year over year growth (YOY growth) diartikan sebagai pertumbuhan tahun ke tahun. YOY growth adalah pertumbuhan tahun-ke-tahun sebagai sebuah solusi bagi kamu yang ingin membandingkan statistik kinerja bisnis dari bulan atau kuartal tertentu di tahun sebelumnya dengan kerangka waktu yang sama di tahun ini.
    • Perhitungan dengan membandingkan secara YOY tentunya berbeda dengan YTD. Year to Date atau yang dikenal dengan YTD adalah metode yang mengacu pada periode waktu yang dimulai dari hari pertama tahun kalender saat ini atau tahun fiskal hingga tanggal saat ini. Perbedaan YOY dan YTD bisa dilihat dari informasi atau data yang ada. Informasi dan data YTD umumnya berguna untuk menganalisis tren bisnis dari waktu ke waktu atau membandingkan data kinerja dengan pesaing atau rekan dalam industri yang sama.

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Valuasi adalah: Pengertian dan Cara Menghitungnya
    Valuasi adalah perhitungan nilai sebuah perusahaan dengan mempertimbangkan berbagai faktor. Besar maupun kecil, valuasi menjadi hal yang sangat penting.
    Fair Value adalah: Tujuan dan Cara Menghitung
    Nilai Wajar atau Fair Value adalah alat yang sangat berguna untuk membantu pengguna memahami keuangan perusahaan, terutama situasi keuangan saat ini.
    Daftar UMKM Online: Syarat dan Manfaatnya
    Daftar UMKM online bisa dilakukan dengan praktis. Manfaatnya antara lain agar mudah mengembangkan usaha dan untuk mendapatkan bantuan dana dari pemerintah.
    9 Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Singkat
    Berikut beberapa contoh surat izin tidak masuk kerja yang dibuat secara singkat dan ringkas. Bisa digunakan sebagai referensi.