VLOOKUP menjadi salah satu fungsi yang memudahkan kamu dalam mengolah data di Excel. VLOOKUP dipakai ketika ingin mencari nilai tertentu yang terdapat dalam suatu tabel data. Misalnya, mencari nama karyawan dalam tabel ID karyawan di sebuah perusahaan.
Simak uraian berikut untuk lebih mengenal VLOOKUP dalam Excel:
Fungsi VLOOKUP
VLOOKUP dalam Excel berfungsi untuk mengambil atau mencari nilai dari tabel secara vertikal berdasarkan kata kunci tertentu. Fungsi VLOOKUP digunakan untuk mencari data pertama pada tabel referensi, lalu mencari nilai dari sel mana saja pada baris yang sama pada data tabel.
Baca juga: Ini Rumus Excel untuk Membuat Laporan Keuangan
Cara Menghitung VLOOKUP
Terdapat empat potongan informasi yang diperlukan untuk membangun sintaks VLOOKUP:
1. Nilai yang ingin Anda cari, juga disebut nilai pencarian atau lookup_value.
2. Rentang tempat nilai pencarian berada. Nilai pencarian harus selalu berada di kolom pertama dalam rentang agar VLOOKUP berfungsi dengan benar. Misalnya, jika nilai pencarian berada dalam sel B6, rentang Anda harus dimulai dengan B.
3. Nomor kolom dalam rentang yang berisi nilai kembali. Nilai kembali adalah nilai yang ingin ditampilkan setelah VLOOKUP menemukan kecocokan dengan nilai yang dicari (lookup value) dalam kolom pertama tabel yang ditentukan.
Misalnya, jika kamu menentukan C2:E11 sebagai rentang, Anda harus menghitung C sebagai kolom pertama, D sebagai yang kedua, dan seterusnya.
4 Secara opsional, Anda dapat menentukan TRUE jika menginginkan hasil yang mendekati atau FALSE jika menginginkan hasil yang sama persis dari nilai kembali. Jika Anda tidak menentukan apa pun, nilai default akan selalu menjadi TRUE atau hasil yang mendekati.
Sekarang, letakkan semua hal yang disebutkan di atas sebagai berikut:
=VLOOKUP(nilai pencarian, rentang yang berisi nilai pencarian, nomor kolom dalam rentang yang berisi nilai yang dikembalikan, Perkiraan kecocokan (TRUE) atau Kecocokan Persis (FALSE)).
Rumus VLOOKUP
Sederhananya, fungsi VLOOKUP adalah sebagai berikut:
=VLOOKUP(Apa yang ingin Anda cari, di mana Anda ingin mencarinya, nomor kolom dalam rentang yang berisi nilai yang akan dikembalikan, mengembalikan hasil yang Mendekati atau Persis – ditunjukkan sebagai 1/TRUE, atau 0/FALSE).
atau rumusnya:
=VLOOKUP(nilai_yang_dicari; range_tabel_referensi; nomor_kolom;[range_lookup]).
Keterangan:
nilai_yang_dicari adalah nilai yang dicari pada data di kolom pertama tabel, bisa berupa angka, teks, tanggal, atau nilai hasil rumus Excel lainnya.
range_tabel_referensi merupakan sebuah tabel data yang terdiri dari dua kolom atau lebih, nilai_yang_dicari berada di kolom pertama tabel ini.
nomor_kolom adalah nomor kolom dari tabel data refensi yang mengandung nilai dari data yang akan dicari, satu baris dengan nilai_yang_dicari pada kolom pertama.
range_Lookup diisi TRUE atau FALSE, yang menunjukkan tipe pencarian. Dengan mengisi True, maka akan muncul nilai_yang_dicari yang sama atau mendekati. -1/TRUE mengasumsikan kolom pertama dalam tabel diurutkan secara numerik atau alfabet, lalu akan mencari nilai terdekat. Ini juga metode default jika Anda tidak menentukannya.
Jika mengisi False, VLOOKUP akan menemukan nilai_yang_dicari pada tabel referensi pencarian yang sama persis saja. 0/FALSE mencari nilai yang tepat di kolom pertama.
Apabila tidak ada nilai yang ditemukan, akan muncul pesan error #NA!.
Contoh VLOOKUP
Sumber: Google Help
Sumber: Google Help
Sumber: Microsoft Support