Table of Content

    • Solusi
    • Fitur
    • Peran Penting SMS Blast pada Pemasaran Produk

    Peran Penting SMS Blast pada Pemasaran Produk

    SMS blast adalah salah satu bagian dari strategi marketing.

    Meskipun menjadi salah satu teknologi pesan instan yang akhir-akhir ini sudah lumayan jarang digunakan, namun beberapa penelitian menunjukkan bahwa SMS blast yang sifatnya memasarkan produk memiliki tingkat potensi untuk dibuka oleh target konsumen sampai 98%. 

    Bukan hanya itu, sebanyak 91% di antaranya dibuka dengan waktu kurang lebih 3 menit. Data ini menunjukkan bahwa SMS blast adalah salah satu media yang berperan penting dalam pemasaran produk. 

    Pada dasarnya, SMS bersifat personal yang lebih tinggi, sehingga setiap penerimanya akan merasa SMS tersebut memang ditujukan khusus untuk mereka. Lantaran itulah, sebagai media promosi, SMS blast dianggap efektif karena pesan yang ingin disampaikan akan lebih sesuai dengan target konsumen.

    Pengertian SMS Blast 

    SMS blast sebenarnya bukanlah barang baru yang baru saja naik daun, tetapi sudah muncul sejak lama karena dianggap efektif dalam menyampaikan informasi produk, khususnya yang berkaitan dengan program promo atau semacamnya.

    SMS blast adalah salah satu bentuk pengiriman SMS yang nama pengirimnya adalah suatu perusahaan. Nantinya, pesan yang akan terlihat oleh penerima SMS bukanlah berbentuk nomor handphone pada umumnya, namun sudah berbentuk nama perusahaan pengirim SMS.

    Pengertian lain dari SMS blast adalah broadcast SMS. Broadcast SMS sangat sesuai untuk digunakan oleh perusahaan yang menerapkan bisnis B2B atau B2C, karena strategi pemasaran jasa atau produknya adalah dengan cara memberikan informasi kepada konsumen aktif yang memanfaatkan ponsel.

    Strategi ini juga diklaim lebih efisien dan juga tepat sasaran untuk ditujukan langsung ke para konsumen. Meskipun broadcast SMS ini bisa dikatakan sebagai salah satu strategi pemasaran yang kuno, tapi nyatanya strategi ini masih bisa kamu gunakan memasarkan produkmu. 

    Bukan hanya digunakan oleh perusahaan skala kecil, bahkan provider nomor seluler pun menggunakan metode ini, yang biasa disebut dengan SMS blast provider. Dengan fungsi yang hampir sama, para perusahaan provider ini biasanya memberikan informasi atau pengumuman promosi melalui media SMS blast. Kamu juga pasti sering kan menerima SMS seperti ini? 

    Baca Juga: SMS Blast, Pahlawan Potensial untuk Informasi Produk

    Fungsi SMS Blast

    Fungsi SMS blast pun ternyata ada banyak, antara lain:

    • Sebagai media informasi
    • Sebagai media pemasaran produk
    • Sebagai media promosi
    • Sebagai media kampanye
    • Sebagai penyampai pengumuman
    • Sebagai media layanan pelanggan 

    Hal yang Harus Diperhatikan Saat Menerapkan SMS Blast

    Sebelum menerapkan SMS blast untuk keperluan promosi, maka ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan terlebih dahulu. Berbagai hal tersebut adalah:

    Pengelolaan Bersama

    Strategi SMS Blast tidak bisa dilakukan oleh satu orang saja. Strategi ini harus bisa didiskusikan terlebih dahulu agar bisa mencapai tujuan yang lebih spesifik.

    Tentukan Isi Pesan yang Jelas 

    Buatlah sebuah pesan yang mampu menarik perhatian konsumen agar mereka mau melakukan tindakan pada produk atau layanan yang kamu tawarkan. Isi pesan tersebut juga harus jelas dan memancing rasa ingin untuk berlangganan jasa atau membeli produk. 

    Hindari isi pesan yang membuat setiap penerima merasa bosan dan ingin menghapus pesan tersebut dari pesan masuknya. Dalam hal ini kamu harus bisa memperhatikan kata kunci yang terdapat di dalam isi pesan yang kamu buat. 

    Hindari pula membuat kalimat yang kaku atau berbelit-belit. Buatlah isi pesan yang unik dan perhatikan juga target pasar, sesuai dengan produk atau layanan yang kamu tawarkan atau tidak.

    Meminta Izin Terlebih Dahulu pada Konsumen

    Sebelum menerapkan strategi SMS Blast, ada baiknya kamu meminta izin terlebih dahulu dari para konsumen. Meskipun nyatanya, tidak semua SMS Blast harus mendapatkan izin dari setiap konsumen, misalnya seperti SMS yang dikirim oleh pihak penyedia jaringan telepon/SMS blast provider.

    Biasanya penyedia jaringan tersebut akan memberikan suatu kode yang berisi pertanyaan kepada konsumen terkait ketertarikannya menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan.

    Konsisten

    Dalam menerapkan SMS blast, kamu harus memiliki ciri khas tertentu yang hanya ada di dalam strategi pemasaran bisnis milikmu. Agar bisa memperoleh ciri khas tersebut, tentunya kamu memerlukan konsistensi dalam mengirim pesan pemasaran dalam kurun waktu tertentu.

    Cobalah untuk mengirim pesan promosi minimal seminggu sekali agar meyakinkan konsumen bahwa kamu adalah pebisnis yang serius dalam menjalankan produk atau jasa layanan. Nantinya hal ini juga akan meningkatkan rasa ingin mencoba bagi para konsumen pada produk atau layanan yang kamu tawarkan.

    Integrasi Saluran Media

    Cara ini akan membantu kamu dalam memperoleh informasi dari media lain konsumen yang bisa dijadikan sebagai alat promosi produk ataupun jasa. Bila konsumen membalas pesan yang kamu kirim, artinya kamu bisa memperoleh media lainnya dari konsumen, seperti email akun media sosial ataupun blog konsumen.

    Hindari Pengiriman Pesan Singkat yang Intrusif

    Menyampaikan informasi produk kepada pelanggan tentu dapat meningkatkan minat pelanggan tersebut untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan. Namun, situasi yang sebaliknya juga dapat terjadi. 

    Bila ternyata seorang calon pelanggan tidak membutuhkan informasi terkait suatu produk maupun jasa, atau apabila pelanggan tersebut merasa dipaksa untuk menerima pesan sejenis, pelanggan akan merasa terganggu dengan pesan yang diterimanya.

    Apabila pelanggan merasa terganggu dengan pesan singkat yang diterimanya, terlebih yang memang dilakukan dengan metode hard selling, pesan singkat tersebut justru akan menimbulkan efek yang negatif di mana pelanggan menjadi malas untuk berurusan dengan merek yang secara sembarangan mengirimkan pesan singkat.

    Baca Juga: Contoh Kalimat Promosi Kreatif yang Bisa Diterapkan!

    Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mengirim SMS blast.

    Pahami Tujuan SMS Blast 

    Sebelum menerapkan SMS blast, sebaiknya lakukan peninjauan yang lebih mendasar dan juga komprehensif. Cara ini bisa membantu kamu dalam menargetkan konsumen secara jelas dan agar kampanye SMS Blast kamu bisa berjalan dengan sukses.

    Ketahui Peraturan dan Ketentuan SMS Blast

    Salah satu hal penting yang sering terlewat dalam penerapan SMS blast adalah kurang pahamnya pihak pengirim mengenai peraturan dan ketentuan yang berlaku. 

    Berbagai dasar hukum terkait hal tersebut sudah ditetapkan di dalam Undang-undang yang di dalamnya terdiri dari dua bagian, yakni pelaksana dan pelanggan.

    Kamu bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan jasa konsultan yang berasal dar lembaga telekomunikasi di Indonesia agar bisa melakukan SMS blast dengan aman dan tidak merugikan pihak pelanggan dan bisnismu. 

    Kamu juga bisa coba untuk mencari referensi yang terpercaya dan berasal dari lembaga regulasi yang resmi, seperti dari Badan Regulasi Telekomunikasi di Indonesia. 

    Kirimkan Hanya Pada Pelanggan yang Terdaftar

    Ada baiknya sasaran dari SMS blast adalah orang-orang yang memang bersedia memberikan nomor teleponnya pada bisnismu. Bila kamu memiliki database sendiri dari program loyalitas, pastikanlah kamu mengirimkan SMS blast sesuai dengan kontak yang terdapat di dalam database tersebut.

    Batasi Karakter dalam Pesan

    Pastikanlah karakter teks yang kamu kirim hanya 160 karakter. Hal ini dilakukan agar bisa mencegah konten SMS bisa terlihat secara penuh dan tidak terpisah menjadi dua bagian.

    Hal ini dikarenakan SMS memang digunakan untuk mengirim pesan secara singkat saja. Pesan teks yang panjang tentunya akan mengganggu setiap pelanggan dalam menerima pesan dari kamu.

    Perhatikan Timing

    Jangan pernah sekalipun mengirim SMS terkait promo ataupun pembukaan di hari sebelumnya. Kenapa? karena ada kemungkinan besar pembaca SMS lupa dengan konten SMS yang kamu kirim. 

    Disarankan untuk mengirim SMS pada waktu yang sama, sehingga setiap penerima bisa membuka pesan tersebut secara langsung.

    Sisipkan URL atau CTA

    Tingkat kesuksesan suatu kampanye pemasaran akan sangat bergantung pada penyisipan CTA atau call to action. Kamu bisa menyisipkan CTA pada teks yang kamu kirim. Salah satu cara yang banyak digunakan adalah dengan menyisipkan nomor telepon ataupun link di akhir teks pesan.

    Baca Juga: Call to Action Adalah: Pengertian, Jenis, dan Contohnya

    Jasa SMS Blast

    Jasa SMS blast adalah jasa pengiriman SMS ke banyak nomor sekaligus, biasanya berisi penawaran sebuah produk, promo, pemberitahuan (notification), kampanye, dll. 

    Jasa SMS blast cocok bagi pelanggan yang tidak ingin direpotkan masalah teknis seperti penyediaan server SMS blast, tidak memiliki waktu untuk mengerjakan  karena fokus di pemasaran, tidak memiliki sumber daya manusia yang ahli dan memadai serta tidak memiliki database nomor aktif sebagai target untuk SMS Blast

    Sebagai gantinya pemilik bisnis atau perusahaan yang ingin menerapkan SMS blast bisa menyerahkan pengerjaan operasional sms blast kepada beberapa penyedia jasa SMS blast

    Tentu saja ada banyak penyedia jasa seperti ini, salah satu di antaranya adalah majoo digiads. Dengan menggunakan fitur layanan ini, kamu bisa mendapatkan layanan jasa kirim pesan promo, diskon, produk baru, dan informasi lain ke nomor pelanggan atau email yang tersimpan di daftar pelanggan.

    Selain itu, kamu juga bisa memilih berbagai jenis pilihan kampanye digital yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnismu. 

    Sesuaikan sendiri kampanye digital yang kamu butuhkan hanya dengan berlangganan majoo dari sekarang! 

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Surat Keterangan Usaha (SKU): Syarat dan Perbedaannya dengan SIUP/NIB/IUMK
    Sebelum ada NIB dan IUMK, SKU adalah syarat awal bagi para pelaku usaha melengkapi dokumen izin usaha. Bagaimana perubahan itu memengaruhi legalitas usaha?
    Pahami! Perbedaan Biaya (Cost) dan Beban (Expense)
    Orang awam banyak menyebutkan bahwa biaya dan beban itu sama. Padahal, dua istilah akuntansi ini berbeda. Lalu apa perbedaan, pengertian, contoh cost dan expense?
    Pengertian Kebutuhan Sekunder: Faktor dan Contohnya
    Kebutuhan sekunder adalah hal-hal yang termasuk dalam barang penunjang hidup manusia setelah adanya kebutuhan primer.
    Cara Menghitung Laba Rugi Bisnis dengan Laporan Laba Rugi
    Akuntansi adalah sebuah sistem atau proses yang dapat membantu pelaku usaha dalam mengembangkan bisnis secara tepat. Bagaimana caranya?