Split Bill: Solusi Bayar Bersama yang Efektif untuk Bisnis

Ditulis oleh Dwi Ernanda

article thumbnail

Fitur Split Bill adalah konsep yang mengizinkan pelanggan untuk membagi tagihan mereka menjadi beberapa bagian

Fitur Split Bill adalah konsep yang mengizinkan pelanggan untuk membagi tagihan mereka menjadi beberapa bagian. Ini sangat berguna jika sekelompok orang ingin membayar secara terpisah untuk makanan atau minuman yang mereka konsumsi. Dengan fitur ini, tidak ada lagi perdebatan tentang siapa yang harus membayar apa, dan hal ini secara signifikan meningkatkan kepuasan pelanggan.

Asal Mula Adanya Fitur Split Bill

Fitur Split Bill telah menjadi bagian integral dari banyak bisnis F&B saat ini, namun apakah kamu tahu asal mula fitur ini? Berikut adalah penjelasannya.

Akar Tradisi Pembagian Tagihan

Konsep pembagian tagihan, yang merupakan dasar dari fitur Split Bill, telah ada sejak lama. Tradisi ini biasanya terjadi ketika sekelompok orang makan bersama dan setiap individu membayar bagian mereka sendiri. Ini biasanya dilakukan secara manual, dengan setiap orang menghitung bagian mereka sendiri atau seseorang menghitung dan membagikannya ke yang lain.

Fitur Split Bill Sebagai Solusi Teknologi

Dengan perkembangan teknologi dan bisnis restoran, muncul kebutuhan untuk proses yang lebih efisien dan transparan dalam membagi tagihan. Sebagai solusi, fitur Split Bill diperkenalkan ke dalam sistem Point of Sale (POS) modern. Fitur ini memungkinkan pelayan untuk dengan mudah membagi tagihan berdasarkan pesanan atau jumlah orang, membuat proses pembayaran lebih cepat dan lebih mudah.

Adopsi Fitur Split Bill oleh Bisnis F&B

Sejak diperkenalkan, fitur Split Bill telah diterima dengan baik oleh bisnis F&B dan pelanggan. Banyak restoran, kafe, dan bisnis F&B lainnya telah mengadopsi fitur ini, dan banyak pelanggan yang menghargai kemudahan dan transparansi yang ditawarkan.


Fitur Split Bill mungkin tampak seperti konsep baru, tetapi sebenarnya berakar dari tradisi lama membagi tagihan. Dengan perkembangan teknologi, fitur ini telah dikembangkan dan diadopsi oleh banyak bisnis F&B, membantu meningkatkan efisiensi dan kepuasan pelanggan. Meski begitu, fitur ini masih terus berevolusi untuk memenuhi kebutuhan dan harapan pelanggan yang terus berubah.

Cara Kerja Fitur Split Bill

Fitur Split Bill dalam bisnis F&B memang menjadi solusi modern yang memudahkan proses pembayaran, terutama saat bertransaksi bersama

Fitur Split Bill dalam bisnis F&B memang menjadi solusi modern yang memudahkan proses pembayaran, terutama saat bertransaksi bersama. Lalu, bagaimanakah mekanisme kerja dari fitur yang satu ini?

Permintaan Pelanggan

Setelah menikmati pesanan, biasanya pelanggan akan meminta tagihan kepada pelayan. Di sinilah fitur Split Bill mulai berperan. Pelanggan dapat meminta tagihan mereka dibagi atau displit berdasarkan jumlah orang atau berdasarkan apa yang telah mereka konsumsi. Pelayan yang menerima permintaan ini akan memasukkan informasi ini ke dalam sistem kasir atau Point of Sales (POS).

Tingkatkan hubungan yang kuat dengan pelangganmu melalui aplikasi CRM Majoo! Kamu dapat mengelola informasi pelanggan, memantau interaksi, dan mengembangkan strategi pemasaran yang efektif bersama Majoo!

Pembagian Tagihan: Persamaan dan Perbedaan

Ada dua cara utama dalam fitur Split Bill, yaitu pembagian secara rata dan pembagian berdasarkan konsumsi.

Pembagian Secara Rata

Pada model ini, total tagihan akan dibagi secara rata untuk semua orang dalam satu meja, tanpa memandang jumlah dan jenis pesanan yang mereka konsumsi. Misalnya, jika total tagihan adalah Rp1.000.000 dan terdapat 5 orang di meja tersebut, maka setiap orang akan mendapat tagihan sebesar Rp200.000.

Pembagian Berdasarkan Konsumsi

Model ini sedikit lebih kompleks, karena setiap item yang dipesan akan ditagihkan pada individu yang memesannya. Misalnya, jika kamu memesan steak dan saya memesan salad, saya akan membayar untuk salad dan kamu akan membayar untuk steak.

Proses Pembayaran

Setelah tagihan dibagi sesuai dengan permintaan, maka tagihan siap untuk dibayar. Masing-masing individu dapat melakukan pembayaran sesuai dengan bagian mereka, baik itu melalui cash, kartu debit, kartu kredit, atau metode pembayaran digital lainnya. Sebagian besar sistem kasir modern sudah dapat mendukung berbagai metode pembayaran ini.

Membantu Efisiensi Bisnis

Fitur Split Bill pada dasarnya diciptakan untuk memberikan kemudahan kepada pelanggan dalam membayar tagihan mereka. Dengan begitu, waktu yang seharusnya dihabiskan untuk menghitung dan membagi tagihan dapat dialokasikan untuk hal lain yang lebih produktif. Sementara itu, dari segi bisnis, fitur ini tentunya menjadi nilai tambah yang menarik dan dapat meningkatkan kepuasan pelanggan.


Fitur Split Bill merupakan inovasi yang membantu bisnis F&B menjadi lebih efisien dan modern. Dengan memahami mekanismenya, diharapkan kamu dapat mengimplementasikan fitur ini dengan lebih baik dalam bisnis kamu.

Keuntungan Menggunakan Fitur Split Bill pada Bisnis F&B

Fitur Split Bill atau pembagian tagihan telah menjadi fenomena yang mengubah cara kita bertransaksi di bisnis F&B.

Fitur Split Bill atau pembagian tagihan telah menjadi fenomena yang mengubah cara kita bertransaksi di bisnis F&B. Tapi apa sebenarnya keuntungan dari fitur ini? Berikut adalah beberapa poin yang dapat menjelaskan hal tersebut.

Transparansi dan Kepastian

Fitur Split Bill memberikan transparansi dan kepastian kepada pelanggan. Mereka yang datang berkelompok tidak perlu lagi merasa khawatir atau tidak nyaman dengan pembagian tagihan, karena setiap individu hanya perlu membayar sesuai dengan konsumsinya. Hal ini dapat membantu meningkatkan kepuasan pelanggan dan membantu menciptakan pengalaman makan yang lebih baik.

Meningkatkan Efisiensi Staf

Fitur ini juga membantu dalam meningkatkan efisiensi staf. Dengan fitur Split Bill, pelayan tidak perlu lagi menghabiskan waktu mereka untuk membantu pelanggan membagi tagihan. Mereka dapat fokus pada pekerjaan lainnya yang juga penting, seperti melayani pelanggan lain atau membersihkan meja.

Meningkatkan Transaksi Kelompok

Fitur Split Bill dapat mendorong lebih banyak transaksi kelompok. Ketika pelanggan tahu bahwa mereka dapat membagi tagihan dengan mudah, mereka mungkin lebih cenderung untuk makan bersama teman atau keluarga. Ini tentunya dapat membantu meningkatkan pendapatan.

Menambah Keunggulan Kompetitif

Dengan menawarkan fitur Split Bill, bisnismu dapat menonjol di antara pesaing. Fitur ini menunjukkan bahwa bisnismu mengikuti perkembangan teknologi dan peduli terhadap kepuasan pelanggan. Hal ini tentunya dapat membantu menarik lebih banyak pelanggan.


Dengan berbagai keuntungan yang ditawarkan, tidak ada alasan bagi bisnis F&B untuk tidak mengimplementasikan fitur Split Bill. Mulai dari peningkatan kepuasan pelanggan, efisiensi operasional, hingga peningkatan transaksi, fitur ini merupakan alat yang efektif untuk membantu bisnismu tumbuh dan berkembang. Jadi, jika kamu memiliki bisnis F&B, pertimbangkanlah untuk mengimplementasikan fitur Split Bill dan rasakan manfaatnya.

Penerapan Fitur Split Bill pada Bisnis F&B

Penerapan fitur Split Bill dalam bisnis F&B tidak hanya menguntungkan pelanggan, tetapi juga bisnis itu sendiri. Namun, bagaimana cara menerapkan fitur ini dalam operasional bisnis?

Memilih Sistem POS yang Tepat

Langkah pertama dalam penerapan fitur Split Bill adalah memastikan bahwa sistem POS (Point of Sale) kamu mendukung fitur ini. Beberapa sistem modern sudah dilengkapi dengan fitur ini secara default. Jika sistemmu saat ini tidak mendukung, kamu mungkin perlu mempertimbangkan untuk melakukan upgrade atau beralih ke sistem yang mendukung fitur Split Bill.

Mengedukasi Staf tentang Fitur Split Bill

Setelah sistem mendukung fitur Split Bill, langkah selanjutnya adalah melakukan pelatihan kepada stafmu. Pastikan mereka memahami cara kerja fitur ini dan bagaimana menerapkannya dalam situasi nyata. Staf yang terlatih dengan baik akan mampu memberikan layanan yang lebih baik kepada pelanggan dan dapat memaksimalkan keuntungan dari fitur ini.

Menginformasikan Fitur Split Bill kepada Pelanggan

Langkah terakhir adalah memberi tahu pelangganmu tentang fitur ini. Kamu bisa menggunakan berbagai metode untuk melakukan ini, seperti melalui media sosial, email, atau bahkan secara langsung saat mereka datang ke tempat kamu. Dengan mempromosikan fitur ini, kamu dapat menarik lebih banyak pelanggan dan memberikan mereka pengalaman yang lebih baik.

FAQ Seputar Fitur Split Bill: Menjawab Keraguanmu

Fitur Split Bill memang memberikan banyak keuntungan bagi bisnis F&B dan pelanggannya. Namun, masih banyak yang bertanya-tanya tentang fitur ini. Untuk itu, berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan seputar fitur Split Bill beserta jawabannya.

Apa itu Fitur Split Bill?

Fitur Split Bill adalah fitur pada sistem POS (Point of Sale) yang memungkinkan tagihan untuk dibagi menjadi beberapa bagian sesuai permintaan pelanggan. Ini dapat membantu pelanggan yang datang berkelompok untuk membagi biaya makan mereka dengan lebih mudah dan adil.

Bagaimana Cara Kerja Fitur Split Bill?

Fitur Split Bill bekerja dengan membagi total tagihan menjadi beberapa bagian berdasarkan permintaan pelanggan. Bisa berdasarkan jumlah orang atau berdasarkan item yang dipesan. Setelah itu, pelanggan dapat membayar bagian mereka masing-masing menggunakan metode pembayaran yang mereka pilih.

Apa Keuntungan Menggunakan Fitur Split Bill?

Fitur Split Bill memiliki banyak keuntungan, termasuk peningkatan kepuasan pelanggan, efisiensi operasional, peningkatan transaksi kelompok, dan keunggulan kompetitif. Dengan fitur ini, pelanggan dapat membayar dengan lebih mudah dan adil, sementara bisnis dapat meningkatkan pendapatannya.

Bagaimana Cara Menerapkan Fitur Split Bill?

Untuk menerapkan fitur Split Bill, kamu perlu memilih sistem POS yang mendukung fitur ini, melatih stafmu tentang cara kerja fitur ini, dan memberi tahu pelangganmu tentang keberadaan fitur ini.


Fitur Split Bill merupakan inovasi yang dapat membantu bisnis F&B menjadi lebih modern dan efisien. Dengan memahami FAQ ini, diharapkan kamu dapat memanfaatkan fitur ini dengan maksimal dalam bisnismu.

Etika Menerapkan Fitur Split Bill

Meskipun fitur Split Bill dapat memberikan banyak keuntungan bagi bisnis F&B dan pelanggan, penting untuk selalu mempertahankan etika dan profesionalisme saat menerapkannya. Berikut adalah beberapa etika yang harus diingat saat menerapkan fitur Split Bill.

Menghargai Keputusan Pelanggan

Fitur Split Bill ditujukan untuk memudahkan pelanggan, dan oleh karena itu, keputusan untuk membagi tagihan harus selalu ada di tangan pelanggan. stafmu harus selalu menanyakan apakah pelanggan ingin membagi tagihan atau tidak, dan menghormati keputusan mereka, apa pun itu.

Kualitas Pelayanan Harus Tetap Terjaga

Menerapkan fitur Split Bill tidak boleh mengurangi kualitas pelayanan yang kamu berikan kepada pelanggan. Jika pelanggan memutuskan untuk membagi tagihan, stafmu harus tetap memberikan pelayanan yang sama seperti yang mereka berikan kepada pelanggan lain.

Fitur Split Bill Sebagai Fasilitas, Bukan Sumber Keuntungan

Fitur Split Bill seharusnya digunakan sebagai alat untuk meningkatkan kepuasan pelanggan, bukan sebagai cara untuk menghasilkan keuntungan tambahan. Jangan pernah menambahkan biaya tambahan untuk pelanggan yang memutuskan untuk membagi tagihan.

Proses Cepat dan Mudah Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Proses pembagian tagihan seharusnya mudah dan cepat. Jangan biarkan pelanggan menunggu terlalu lama hanya untuk membagi tagihan mereka. Ini dapat menurunkan kepuasan pelanggan dan merusak reputasi bisnismu.


Fitur Split Bill dapat menjadi alat yang sangat berguna dalam bisnis F&B, tetapi penting untuk selalu mempertahankan etika saat menerapkannya. Dengan melakukan ini, kamu tidak hanya akan meningkatkan kepuasan pelanggan, tetapi juga meningkatkan reputasi dan kredibilitas bisnismu.


Penerapan fitur Split Bill pada bisnis F&B membutuhkan beberapa langkah penting, termasuk memilih sistem POS yang mendukung, melatih staf, dan memberi tahu pelanggan tentang fitur ini. Meskipun mungkin membutuhkan investasi waktu dan sumber daya di awal, manfaat jangka panjang yang ditawarkan oleh fitur ini dapat membuatnya sangat berharga. Jadi, jika kamu memiliki bisnis F&B dan belum menggunakan fitur Split Bill, sekarang adalah waktu yang tepat untuk mulai mempertimbangkannya.


Sumber Data:

  • https://idmetafora.com/news/read/3111/Split-Bill-Pengertian-Manfaat-Menggunakan-Split-Bill-Cara-Melakukan-Split-bill-Contoh-Split-bill.html
  • https://www.ocbcnisp.com/id/article/2022/06/14/split-bills-adalah
  • https://unsplash.com/s/photos/gathering

Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
whatsapp logo