Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    • Solusi
    • Fitur
    • Kenali Apa Itu Split Payment Beserta Contohnya

    Kenali Apa Itu Split Payment Beserta Contohnya

    Beragam metode pembayaran yang disediakan pemilik usaha untuk mempermudah transaksi

    Saat ini, layanan dan aplikasi teknologi keuangan telah membantu proses transaksi menjadi lebih mudah. Sistem inovatif, seperti split payment, hadir untuk merespon kebutuhan orang yang membutuhkan pembayaran dengan lebih dari satu metode.

    Cara ini sudah banyak diterapkan di berbagai platform, terutama yang sudah dilengkapi dengan sistem pembayaran digital seperti e-commerce

    Selain itu, sistem ini juga dibuat untuk memfasilitasi pengguna yang memiliki lebih dari satu rekening atau dompet digital. Lantas, apa itu split payment? Bagaimana sistem dan apa saja manfaatnya? Begini penjelasannya.

    Definisi Split Payment

    Secara umum, split payment adalah suatu pembagian cara bayar yang menggunakan lebih dari satu cara atau sumber pembayaran.

    Split payment adalah bentuk pembayaran terpisah melibatkan penggunaan beberapa sumber pembayaran untuk menyelesaikan seluruh biaya dari satu transaksi.

    Split payment melibatkan penggunaan beberapa sumber pembayaran untuk menyelesaikan satu transaksi yang sama. Metode ini bisa memungkinkan beberapa individu untuk bersama-sama melakukan proses pembayaran atas satu transaksi yang sama.

    Maksudnya adalah kamu bisa melakukan pembayaran untuk satu produk dengan beberapa metode pembayaran yang berbeda. Sehingga, akan memudahkan kamu ketika tidak membawa uang cash yang cukup. 

    Atau kamu juga tetap bisa menggunakan sebagian dari kartu kredit untuk melengkapi proses pembayaran dari barang yang sebelumnya kamu beli secara tunai.

    Baca juga: Bedah Fitur e-Wallet majoo yang Dapat Diandalkan

    Cara Split Payment

    Setiap merchant atau toko memiliki kebijakan masing-masing untuk dapat menerima metode pembayaran seperti ini. Umumnya, ini disesuaikan dengan keadaan dari merchant tersebut. 

    Beberapa tempat bisa menerima split payment dengan kredit dan cash atau transfer dengan cash. Namun ini dikembalikan dengan sistem yang sudah terintegrasi yang mereka miliki. 

    Oleh karena itu, penting untuk kamu membaca dan memahami ketentuan dari masing-masing merchant sebelum memutuskan untuk melakukan transaksi di tempat tersebut.

    Contoh Split Payment

    Ada banyak cara untuk melakukan transaksi, salah satu yang banyak dipilih adalah menggunakan split payment. Baik penjual maupun pembeli memiliki sudut pandang mengenai kemudahan yang dihasilkan dari adanya split payment bagi keduanya, seperti:

    1. Contoh split payment dari sudut pembeli

    Nurul adalah seorang mahasiswi di Surabaya. Saat ini, Nurul sedang membutuhkan laptop baru untuk mengerjakan tugas-tugasnya. Namun, saat ini keuangan Nurul belum mencukupi untuk bisa membeli laptop secara tunai.

    Setelah sempat survei ke beberapa toko, akhirnya Nurul menemukan salah satu toko yang menerima beberapa metode pembayaran selain tunai.

    Toko tersebut memberi penawaran kepada Nurul untuk menggunakan metode split payment. Laptop seharga 7 juta rupiah bisa Nurul miliki dengan membayarkan secara tunai sebesar 4 juta rupiah dan 3 juta rupiah lagi dicicil dalam jangka waktu yang sudah disepakati.

    2. Contoh split payment dari sudut penjual

    Burhan merupakan seorang penjual alat elektronik di e-commerce. Burhan mengaku beberapa kali menerima pertanyaan terkait pilihan metode pembayarannya. 

    Ketika customer menanyakan metode yang belum dimiliki oleh toko Burhan, dia gagal menjual barang elektronik yang sudah diinginkan oleh customer tersebut, sehingga penjualannya pun menurun.

    Ketika Burhan mulai mengintegrasikan toko onlinenya dengan metode pembayaran lain seperti split payment, dia merasakan manfaatnya dalam waktu yang cukup cepat. Salah satunya adalah peningkatan penjualan barang elektronik miliknya.

    Ini disebabkan oleh meningkatnya ketertarikan customer terhadap toko onlinenya karena metode pembayaran yang beragam. Customer tidak harus membayar utuh secara langsung, namun bisa membayar dalam dua cara. Sebagian tunai, dan sebagian lainnya secara kredit dalam waktu tertentu.

     Split payment meningkatkan penjualan karena mempermudah pembayaran

    Baca juga: Metode Pembayaran QRIS, Inilah Kelebihannya

    Manfaat Split Payment

    Manfaat split payment tidak hanya dirasakan oleh pembeli tapi juga bisa dinikmati oleh penjualnya. Beberapa manfaatnya yang bisa dirasakan dari kemudahan sistem pembayaran ini adalah.

    1. Manfaat bagi Pembeli

    • Mengatur keuangan dengan lebih mudah

    Dengan banyaknya pilihan penyimpanan uang, kebanyakan dari pembeli sudah mengalokasikan dana yang khusus di setiap rekening atau dompet digital yang dimiliki.

    Ketika uang yang digunakan untuk transaksi dari rekening A tidak mencukupi, maka kamu bisa melunasinya dengan menggunakan metode split payment dengan rekening B dan rekening A.

    • Transaksi bisa dicicil

    Apabila kamu pengguna kartu kredit, kamu akan lebih mudah menggunakan metode ini untuk mencicil sebagian harga barangnya.

    Misalnya, jika kamu ingin membeli sepatu dengan harga 2,3 juta rupiah. Tapi, uang yang kamu miliki saat ini hanya 1 juta rupiah. Karena kamu mempunyai kartu kredit, maka kamu bisa membayar sisanya dengan cara mencicil.

    • Mendapatkan barang yang diinginkan

    Metode ini bisa membantu kamu untuk melakukan transaksi pembayaran. Split payment akan membagi pembayarannya dengan lebih dari satu metode atau sumber dananya. Hal ini tentunya akan memudahkan kamu memiliki barang impianmu.

    • Pembayaran ditanggung bersama

    Split payment juga bisa digunakan untuk membagi sumber dana yang digunakan untuk bertransaksi kepada lebih dari satu orang. Tentu saja hal ini dilakukan berdasarkan kesepakatan dari pemilik dana.

    Misalnya, ketika kamu sedang makan bersama teman atau keluarga, atau membeli kado untuk diberikan kepada salah satu anggota keluarga lainnya. 

    2. Manfaat bagi Penjual

    Sistem pembayaran split payment tentunya akan sangat membantu mitra bisnis online shop seperti para distributor ataupun reseller yang dimiliki.

    • Meningkatkan angka penjualan

    Apabila kamu sebagai penyedia layanan memberikan pilihan pembayaran ini, tentu akan membuka peluang untuk meningkatkan penjualan yang besar.

    Sebab, pembeli pun akan memilih toko yang tidak akan mempersulit mereka untuk bertransaksi baik secara online maupun offline, salah satunya dengan metode split payment ini.

    Sistem split payment ini juga dapat membantu dalam proses pengarsipan dari pembayaran yang telah dilakukan. Dengan adanya sistem tersebut, nominal pembayaran akan muncul secara instan dan dapat meminimalisir tingkat kesalahan perhitungan.

    Selain itu, ada beberapa manfaat lain yang dapat dirasakan dengan fasilitas split payment ini, seperti:

    • Mendukung berbagai model bisnis online

    Split payment sangat ideal digunakan untuk platform online yang mencantumkan produk atau layanannya dari berbagai pedagang dan bisnis dengan model yang berbasis komisi atau biaya.

    • Tentukan jumlah pembayaran yang dipisah

    Setiap pembayaran online yang diterima, kamu bisa menentukan berapa banyak yang akan kamu bayarkan lebih dulu, dan berapa banyak persentase untuk ditagihkan setiap bulannya.

    • Menjaga batas limit pembayaran

    Split payment ini juga merupakan mekanisme yang nyaman untuk digunakan ketika kamu tidak ingin menggunakan kartu kredit melewati batas harian yang kamu tetapkan.

    • Pisahkan pembayaran berulang

    Apabila kamu memiliki integrasi pembayaran berulang yang khusus, misalnya sistem auto debet pada nomor rekening kamu. Akan sangat membantu pengalokasian pembayaran bulanan secara otomatis.

    Baca juga: Mengapa Integrasi E-Commerce dan Aplikasi POS Diperlukan?

    Split Payment Tokopedia

    Split payment ini juga bisa diintegrasikan dengan dengan e-commerce seperti Tokopedia. Pada metode split payment Tokopedia misalnya, kamu bisa melakukan proses pembayaran dengan menggunakan TokoCash dan metode pembayaran lain apabila saldo TokoCash kamu tidak mencukupi.

    Contohnya ketika membeli token, pulsa, atau membayar BPJS di Tokopedia menggunakan TokoCash. Tetapi, saldo yang kamu miliki hanya tersisa 30 ribu rupiah, sedangkan tagihan yang harus kamu bayarkan sebesar 90 ribu rupiah. 

    Maka, kekurangan sebesar 60 ribu rupiah tersebut bisa kamu bayarkan menggunakan metode pembayaran yang berbeda. 

    Split Payment Shopee

    Split payment shopee adalah salah satu kemudahan yang diberikan oleh penjual yang membuka tokonya pada e-commerce ini. Umumnya, penjual akan memberi keterangan pada barang yang dijualnya apabila barang tersebut bisa dibeli secara split payment.

    Untuk setiap toko, memiliki kebijakan yang berbeda-beda. Sehingga, kamu perlu benar-benar membaca dan memahami dengan baik keterangan yang tercatat pada setiap tokonya.

    Salah satu toko yang menyediakan pilihan split payment ini menentukan transaksi seperti apa yang digunakan pada toko tersebut. Misalnya, toko A menerima bentuk split payment dengan dua cara. 

    Pertama adalah pembayaran dilakukan dengan transfer, kemudian sisa tagihannya bisa dibayarkan melalui cash, atau pembayaran pertama menggunakan shopeepay kemudian sisanya melalui transfer.

    Kesimpulan

    Dengan banyaknya kemudahan yang diberikan dari pilihan metode pembayaran seperti split payment ini, menjembatani penggunanya untuk bisa merealisasikan kebutuhan dan keinginannya menjadi lebih mudah.

    Selain pengguna, adanya pilihan metode pembayaran ini pun meningkatkan ketertarikan pembeli pada barang-barang yang dijual oleh sebuah toko. Toko yang memiliki metode pembayaran lain seperti ini, menjadi pilihan yang akan dikunjungi oleh customer yang membutuhkan suatu barang.

    Inovasi sistem ini sangat memberikan dampak bagi penjual maupun pembelinya. Banyak manfaat yang dirasakan dari adanya metode pembayaran seperti ini. Cara menggunakannya pun mudah, cepat, dan terpercaya. 

    Agar kamu tidak lagi kerepotan gunakanlah aplikasi kasir seperti aplikasi majoo yang dapat mempermudah segalanya. Jadi, kamu tidak perlu lagi menghitung secara manual transaksi yang ingin dibayarkan secara terpisah. 

    Karena di aplikasi ini, sudah tersedia pilihan split payment yang bisa digunakan kapanpun untuk setiap transaksi yang ingin dibayarkan. Prosesnya pun tidak membutuhkan waktu lama untuk bisa mendapatkan hasil dari tagihan yang akan dipisah. Mudah bukan? Daftarkan segera tokomu sekarang, dan rasakan kemudahan bertransaksinya! 

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    10 Karakter Wirausaha untuk Meraih Kesuksesan Bisnis
    Menjadi seorang wirausahawan membutuhkan karakter wirausaha yang kuat agar bisa menjalankan bisnis dengan lancar sampai bisa meraih kesuksesan besar.
    Macam-Macam E-Wallet, Definisi, Kelebihan, dan Kekurangannya
    E-Wallet adalah suatu layanan elektronik yang berfungsi sebagai tempat menampung dana dan instrumen pembayaran digital untuk memudahkan segala transaksi.
    Vendor adalah: Jenis-Jenis Vendor dan Fungsinya dalam Bisnis
    Apa itu vendor? Tentu banyak yang sudah bisa menjawab. Namun, ada berapa jenis vendor dan apa saja fungsinya di dalam bisnis? Nah, simak artikel berikut!
    Pre Order adalah: Pengertian, Sistem, hingga Keuntungannya
    Pre order adalah aktivitas jual beli antara customer dan seller, yang mana customer memesanan dan membayar produk di awal, dengan estimasi waktu tertentu.