Table of Content

    Mempertahankan Bisnis dengan Memanfaatkan e-Marketplace

    Di musim pandemi COVID-19 yang sedang terjadi saat ini, banyak sekali bisnis yang beralih ke platform penjualan digital. Berbagai e-Marketplace pun berlomba memberikan dukungan di platform mereka untuk pebisnis, dengan harapan agar ekonomi tetap bergerak.

     

    Jika bisnismu saat ini juga menggunakan e-Marketplace sebagai salah satu kanal penjualan, beberapa program dari penyedia platform berikut ini mungkin bisa kamu manfaatkan.

     

    Shopee

    Shopee meluncurkan berbagai program dukungan untuk pebisnis yang menggunakan platform ini untuk membantu keberlangsungan bisnis di tengah pandemi.

     

    Beberapa keuntungan yang ditawarkan di antaranya: gratis modal usaha, bebas biaya layanan gratis ongkir xtra selama 2 minggu, diskon 30% biaya layanan cashback xtra dan gratis ongkir xtra, diskon 30% biaya admin star seller, gratis layanan fulfilment service by Shopee, hingga gratis biaya admin Shopee Mall untuk kategori kebutuhan utama.

     

    Selain itu, Shopee juga menawarkan program berikut ini untuk penjual baru yaitu bonus saldo iklanku senilai Rp150.000 dan bantuan untuk mendaftarkan produk.

     

    Tokopedia

    Pandemi COVID-19 tentu berimbas pada kecepatan penjual dalam memproses pesanan dari pembeli. Atas alasan itu, Tokopedia memberikan program kemudahan untuk penjual dapat memperpanjang batas waktu konfirmasi pengiriman barang (waktu untuk menginformasikan resi pengiriman) dari yang semula 48 jam, menjadi 72 jam sejak pesanan diterima. Perpanjangan waktu ini berlaku untuk pengiriman konvensional (Reguler, Next Day, Kargo, dan Ekonomi).  Perubahan ini berlaku hingga waktu yang belum ditentukan.

     

    Sementara itu, layanan pesanan Instant dan Same Day tidak mengalami perubahan batas konfirmasi pengiriman, karena itu jika bisnismu tidak siap untuk memproses pesanan Instant dan Same Day, Tokopedia menyarankan untuk menonaktifkan layanan pengiriman tersebut.

     

     

    Bukalapak

    Mulai bulan Februari 2020, Bukalapak menawarkan 3 paket berbeda untuk program Super Seller-nya, Bronze, Silver, dan Gold. Super Seller adalah program terbaru dari Bukalapak yang bisa kamu manfaatkan untuk memaksimalkan penjualanmu di platform ini.

     

    Masing-masing paket memiliki keuntungan yang berbeda-beda. Besar biaya layanan Super Seller yang dibebankan oleh Bukalapak berkisar antara 2-6%, tergantung kategori barang yang dijual. Penjual yang mengikuti program ini akan otomatis membayar biaya layanan di setiap transaksi penjualan.

     

    Yang menarik adalah, selama periode 20 April 2020 hingga 31 Mei 2020, Bukalapak menawarkan cashback untuk biaya layanan paket Super Seller tersebut sebesar 1,1%.

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Marketplace Indonesia Ini Turut Dorong Pertumbuhan UMKM Lho!
    Marketplace Indonesia memegang peranan besar dalam mendukung perkembangan UMKM. Apa saja marketplace karya anak bangsa tersebut? Simak daftarnya di sini!
    4 Bidang UMKM yang Meraih Sukses Sepanjang Tahun 2021
    Sepanjang tahun 2021, 4 bidang yang digerakkan UMKM ini bisa menyandang status sebagai bisnis sukses dan mampu bertahan. Apa saja bidang UMKM ini?
    Melayani Pelanggan Setia Melalui Sistem Keanggotaan
    Bagaimana melayani pelanggan setia secara maksimal, tetapi juga tidak merepotkan? Mungkin program pelanggan setia bisa menjadi solusi yang patut dicoba!
    Promosi Digital untuk Pemasaran Produk dan Jasa
    Ada berbagai cara dalam melakukan kegiatan pemasaran produk dan jasa, salah satunya dengan memanfaatkan platform digital seperti media sosial.