Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    Mempertahankan Bisnis dengan Memanfaatkan e-Marketplace

    Di musim pandemi COVID-19 yang sedang terjadi saat ini, banyak sekali bisnis yang beralih ke platform penjualan digital. Berbagai e-Marketplace pun berlomba memberikan dukungan di platform mereka untuk pebisnis, dengan harapan agar ekonomi tetap bergerak.

     

    Jika bisnismu saat ini juga menggunakan e-Marketplace sebagai salah satu kanal penjualan, beberapa program dari penyedia platform berikut ini mungkin bisa kamu manfaatkan.

     

    Shopee

    Shopee meluncurkan berbagai program dukungan untuk pebisnis yang menggunakan platform ini untuk membantu keberlangsungan bisnis di tengah pandemi.

     

    Beberapa keuntungan yang ditawarkan di antaranya: gratis modal usaha, bebas biaya layanan gratis ongkir xtra selama 2 minggu, diskon 30% biaya layanan cashback xtra dan gratis ongkir xtra, diskon 30% biaya admin star seller, gratis layanan fulfilment service by Shopee, hingga gratis biaya admin Shopee Mall untuk kategori kebutuhan utama.

     

    Selain itu, Shopee juga menawarkan program berikut ini untuk penjual baru yaitu bonus saldo iklanku senilai Rp150.000 dan bantuan untuk mendaftarkan produk.

     

    Tokopedia

    Pandemi COVID-19 tentu berimbas pada kecepatan penjual dalam memproses pesanan dari pembeli. Atas alasan itu, Tokopedia memberikan program kemudahan untuk penjual dapat memperpanjang batas waktu konfirmasi pengiriman barang (waktu untuk menginformasikan resi pengiriman) dari yang semula 48 jam, menjadi 72 jam sejak pesanan diterima. Perpanjangan waktu ini berlaku untuk pengiriman konvensional (Reguler, Next Day, Kargo, dan Ekonomi).  Perubahan ini berlaku hingga waktu yang belum ditentukan.

     

    Sementara itu, layanan pesanan Instant dan Same Day tidak mengalami perubahan batas konfirmasi pengiriman, karena itu jika bisnismu tidak siap untuk memproses pesanan Instant dan Same Day, Tokopedia menyarankan untuk menonaktifkan layanan pengiriman tersebut.

     

     

    Bukalapak

    Mulai bulan Februari 2020, Bukalapak menawarkan 3 paket berbeda untuk program Super Seller-nya, Bronze, Silver, dan Gold. Super Seller adalah program terbaru dari Bukalapak yang bisa kamu manfaatkan untuk memaksimalkan penjualanmu di platform ini.

     

    Masing-masing paket memiliki keuntungan yang berbeda-beda. Besar biaya layanan Super Seller yang dibebankan oleh Bukalapak berkisar antara 2-6%, tergantung kategori barang yang dijual. Penjual yang mengikuti program ini akan otomatis membayar biaya layanan di setiap transaksi penjualan.

     

    Yang menarik adalah, selama periode 20 April 2020 hingga 31 Mei 2020, Bukalapak menawarkan cashback untuk biaya layanan paket Super Seller tersebut sebesar 1,1%.

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    4 Alasan Membagikan Data KTP Penting untuk Keamanan Akun majoo Kamu
    Majoo berkomitmen memberi pelayanan terbaik dan jaminan keamanan kepada setiap pengguna, dan memastikan kamu bisa mengelola bisnis dengan aman dan nyaman.
    5 Daerah Penghasil Biji Kopi Terbaik di Indonesia
    Indonesia berada di urutan nomor 4 negara penghasil kopi terbanyak di dunia. Di daerah mana saja hadir biji kopi terbaik dari Indonesia?
    Toko Furniture Lokal, Jawaban Kebutuhan Interior Bisnis
    Kebutuhan interior untuk kantor, kafe, atau ruang bisnis lainnya kini sudah bisa dipenuhi dengan produk dari toko furniture lokal.
    Hal yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Inovasi Produk, Dari A-Z
    Untuk bisa bertahan dan maju di tengah persaingan, kamu perlu melakukan inovasi produk, baik meluncurkan produk baru maupun menambahkan fitur.