Mempertahankan Bisnis dengan Memanfaatkan e-Marketplace

Ditulis oleh Akidna Rahma

article thumbnail

Di musim pandemi COVID-19 yang sedang terjadi saat ini, banyak sekali bisnis yang beralih ke platform penjualan digital. Berbagai e-Marketplace pun berlomba memberikan dukungan di platform mereka untuk pebisnis, dengan harapan agar ekonomi tetap bergerak.

 

Jika bisnismu saat ini juga menggunakan e-Marketplace sebagai salah satu kanal penjualan, beberapa program dari penyedia platform berikut ini mungkin bisa kamu manfaatkan.

 

Shopee

Shopee meluncurkan berbagai program dukungan untuk pebisnis yang menggunakan platform ini untuk membantu keberlangsungan bisnis di tengah pandemi.

 

Beberapa keuntungan yang ditawarkan di antaranya: gratis modal usaha, bebas biaya layanan gratis ongkir xtra selama 2 minggu, diskon 30% biaya layanan cashback xtra dan gratis ongkir xtra, diskon 30% biaya admin star seller, gratis layanan fulfilment service by Shopee, hingga gratis biaya admin Shopee Mall untuk kategori kebutuhan utama.

 

Selain itu, Shopee juga menawarkan program berikut ini untuk penjual baru yaitu bonus saldo iklanku senilai Rp150.000 dan bantuan untuk mendaftarkan produk.

 

Tokopedia

Pandemi COVID-19 tentu berimbas pada kecepatan penjual dalam memproses pesanan dari pembeli. Atas alasan itu, Tokopedia memberikan program kemudahan untuk penjual dapat memperpanjang batas waktu konfirmasi pengiriman barang (waktu untuk menginformasikan resi pengiriman) dari yang semula 48 jam, menjadi 72 jam sejak pesanan diterima. Perpanjangan waktu ini berlaku untuk pengiriman konvensional (Reguler, Next Day, Kargo, dan Ekonomi).  Perubahan ini berlaku hingga waktu yang belum ditentukan.

 

Sementara itu, layanan pesanan Instant dan Same Day tidak mengalami perubahan batas konfirmasi pengiriman, karena itu jika bisnismu tidak siap untuk memproses pesanan Instant dan Same Day, Tokopedia menyarankan untuk menonaktifkan layanan pengiriman tersebut.

 

 

Bukalapak

Mulai bulan Februari 2020, Bukalapak menawarkan 3 paket berbeda untuk program Super Seller-nya, Bronze, Silver, dan Gold. Super Seller adalah program terbaru dari Bukalapak yang bisa kamu manfaatkan untuk memaksimalkan penjualanmu di platform ini.

 

Masing-masing paket memiliki keuntungan yang berbeda-beda. Besar biaya layanan Super Seller yang dibebankan oleh Bukalapak berkisar antara 2-6%, tergantung kategori barang yang dijual. Penjual yang mengikuti program ini akan otomatis membayar biaya layanan di setiap transaksi penjualan.

 

Yang menarik adalah, selama periode 20 April 2020 hingga 31 Mei 2020, Bukalapak menawarkan cashback untuk biaya layanan paket Super Seller tersebut sebesar 1,1%.

Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
Selamat datang di majoo 👋 Hubungi konsultan kami untuk pertanyaan dan info penawaran menarik
whatsapp logo