• majoo blog
  • Tips
  • 3 Tips Memilih Lokasi Coffee Shop yang Perlu Kamu Ketahui

3 Tips Memilih Lokasi Coffee Shop yang Perlu Kamu Ketahui


Bila kamu sudah memutuskan untuk membuka coffee shop, selamat! Tapi, sudahkah kamu memutuskan di mana bisnis baru ini akan dijalankan?

Kecuali kamu telah memiliki lokasi tertentu yang diincar, kemungkinan besar kamu sedang dalam posisi mencari-cari tempat yang tepat atau potensial. Jika demikian, berarti kamu sudah ada di jalur yang benar.

Namun, ada beberapa hal yang perlu diingat saat kamu akan memilih lokasi untuk kedai kopi. Sebab konsep yang unik dan menarik, serta rencana bisnis yang matang, tidak akan berjalan baik bila lokasi yang kamu pilih kurang cocok.

Untuk membantumu, di bawah ini beberapa tips yang bisa kamu lakukan dalam memilih lokasi terbaik untuk coffee shop milikmu.

1. Di area yang banyak dilalui orang dan mudah terlihat

Seperti kebanyakan bisnis, salah satu kunci dalam membuka kedai kopi adalah lokasi. Dan hal ini bukan soal di kota mana bisnis itu berada, walau hal ini juga penting. Tapi, kali ini mari kita pikirkan tentang bagaimana lingkungan sekitar lokasi tersebut.

Lalu lintas kendaraan dan pejalan kaki harus menjadi salah satu pertimbangan utama. Jadi, memilih lokasi di kawasan bisnis, pusat perbelanjaan, atau kampus, selalu menjadi pilihan yang baik.

Hal yang penting untuk kamu ingat, sebaiknya tidak mengandalkan kata-kata orang lain. Artinya, luangkanlah waktu di area tersebut, bahkan bila mungkin hitunglah jumlah mobil dan orang yang melewati lokasi tersebut. Pastikan jumlah kendaraan dan orang yang melewati lokasi tersebut akan cukup untuk membuat bisnis kedai kopi yang akan kamu buka bertahan lama.

Penting juga untuk memastikan bisnismu mudah dilihat. Sebagai contoh, bila kedai kopi kamu berada di ujung gang sempit, di mana orang tidak akan mudah melihatnya, meski lokasinya dekat dengan kampus misalnya, tidak akan berpengaruh baik untuk bisnis. Maka, pilihlah lokasi yang mudah terlihat.

Bila kamu terpaksa mengambil lokasi yang tidak mudah terlihat, karena itu yang sesuai dengan bujet misalnya, manfaatkanlah signage. Semakin besar dan semakin menarik signage yang kamu pasang, semakin baik.

2. Pertimbangkan area dengan kebiasaan orang minum kopi di luar rumah

Ketika berbicara kedai kopi, mungkin kamu akan terpikir Yogyakarta. Tapi, area Yogyakarta yang mana? Misal bila berbicara kedai kopi di Yogyakarta, mungkin akan terpikir area seperti Seturan, Demangan, atau Jalan Kaliurang.

Atau jika teringat Bali, mungkin akan teringat area Ubud dengan beberapa kedai kopi legendarisnya. Bisa juga terpikir area seperti Tebet atau Senopati di Jakarta.

Sebelum memutuskan di kota mana dan area mana kamu akan membuka kedai kopi, pertimbangkanlah untuk melakukan riset mendalam. Terutama mengenai kebiasaan orang dalam minum kopi di area tersebut. Apakah mereka cenderung lebih suka minum kopi di rumah atau di kedai kopi? Cari tahu juga terkait pendapatan rata-rata orang dan berapa banyak mereka bersedia mengeluarkan uang untuk minum kopi di luar rumah.

Kamu juga bisa mulai mencari data-data statistik yang penting, seperti tentang jumlah konsumsi kopi per kapita. Data seperti ini bisa coba kamu cari di situs Badan Pusat Statistik.

3. Jangan berusaha menyenangkan semua orang

Apakah kamu pernah mendengar ungkapan, kamu tidak akan bisa menyenangkan semua orang?

Ungkapan tersebut tepat sekali, termasuk untuk bisnis kedai kopi. Karena kamu dapat menyewa tempat yang bagus dan dekat dengan gedung perkantoran serta kampus, tidak berarti kamu harus menyasar kedua pasar tersebut. Ingatlah hal yang dicari oleh mahasiswa berusia belasan hingga dua puluhan awal akan berbeda dengan kebutuhan seorang pekerja kantoran profesional.

Akan baik sekali untukmu bila fokus pada hal tertentu yang ingin ditawarkan dan melakukannya dengan sangat baik. Apakah kamu ingin dikenal sebagai kedai kopi yang menyediakan kopi berkualitas dengan kombinasi berbagai minuman yang menarik? Bagus, taklukanlah tantangan tersebut! Kamu akan dapat menarik perhatian kelompok anak muda yang merasa kebutuhannya terpenuhi.

Tapi, bila kamu ingin memenuhi kebutuhan orang yang ingin menikmati makanan lezat, fokuslah pada hal tersebut. Kamu tetap bisa menyediakan kopi berkualitas, hanya saja mungkin dengan variasi yang terbatas.

Hal yang ingin kamu fokuskan ini bisa menjadi salah satu acuan dalam memilih lokasi. Sebab sangat erat kaitannya dengan target pasar yang ingin kamu sasar.

Informasi di atas mungkin akan terdengar cukup rumit, tapi kamu perlu memahami bahwa lokasi dari kedai kopi bukan hanya akan memengaruhi pendapatan dan keuntungan, tetapi juga akan memengaruhi keseluruhan citra bisnismu.

Pemilihan lokasi ini tentu saja bukan hal yang dapat kamu putuskan dalam semalam. Solusi untuk mendapat lokasi yang benar-benar tepat untuk bisnismu adalah melakukan banyak riset. Semakin banyak upaya dan waktu yang kamu investasikan dalam memilih lokasi akan semakin baik dampaknya untuk bisnis dalam jangka panjang.

Nah, sekarang kamu telah mempelajari poin-poin penting dalam pemilihan lokasi untuk kedai kopi milikmu. Jadi, kira-kira di mana kamu akan membuka kedai kopi?


Related Article

post-thumbnail

5 Tips Menjaga Kesehatan Mental Pengusaha

Menjadi pengusaha seringkali menghadirkan tuntutan yang lebih berat daripada menjadi karyawan biasa. Menjalankan bisnismu sendiri seringkali berdampak pada kesehatanmu secara umum, dan juga kesehatan mentalmu.
post-thumbnail

Tips Cara Edukasi Karyawan tentang Pandemi Coronavirus

Di tengah situasi pandemi seperti ini, sebagai pemilik bisnis penting bagi kamu untuk mengambil peran dalam menjaga situasi internal bisnismu agar tetap kondusif dan memastikan karyawan teredukasi dengan baik.
post-thumbnail

Tips Mengelola Bisnis Agar Bertahan di Tengah Wabah Coronavirus

Selama berhadapan dengan wabah coronavirus, setiap orang perlu mengedepankan kesehatan dan keselamatan, meski artinya harus menutup operasional bisnis sementara. Inilah tips mengelola bisnis agar bertahan, meski harus tutup sementara.
post-thumbnail

Menghindari Panic Buying, Menekan Dampak Coronavirus

Coronavirus yang menyebabkan COVID-19 tidak hanya meninggalkan masalah kesehatan saja, tetapi juga masalah sosioekonomi seperti panic buying atau penimbunan barang kebutuhan sehari-hari. Apa yang bisa dilakukan oleh para pelaku usaha untuk menekan dampak-

Pakai majoo sekarang

Tinggalkan cara lama dan mulai #langkahmajoo mu

Coba Gratis Hubungi Sales
instagram Klik untuk follow majoo.indonesia Banyak inspirasi harian wirausaha dan games seru ×
Whatsapp