Table of Content

    4 Bidang UMKM yang Meraih Sukses Sepanjang Tahun 2021


    Food and beverages adalah salah satu bidang usaha yang meraih sukses di sepanjang tahun 2021.

    Di tahun 2021 masih merupakan lanjutan dari episode krisis akibat pandemi yang dialami di berbagai negara, termasuk Indonesia. Dari segi bisnis, ada banyak sekali bidang usaha yang mengalami penurunan dan akhirnya terpaksa gulung tikar. Bisa dimaklumi karena berbagai batasan yang muncul mengakibatkan ruang gerak para pebisnis menjadi terbatas. 


    Namun, di Indonesia ternyata masih ada beberapa bidang usaha UMKM yang mampu mempertahankan jalannya. Bahkan ada juga yang malah mendulang kesuksesan luar biasa. Hal ini bisa terjadi dikarenakan peran berbagai faktor, seperti kegigihan pemilik bisnisnya, inovasi bisnis yang diterapkan, strategi marketing yang mampu beradaptasi di segala kondisi, dan sebagainya. 


    Bidang UMKM apa saja yang bisa disebut sebagai bisnis yang mendulang kesuksesan di sepanjang tahun 2021? 


    Pertama, bidang food and beverages. Bisa dibilang bahwa bidang yang satu ini memang semakin kuat berdiri di sepanjang tahun 2021. Pembatasan dan berbagai aturan yang melarang kita untuk terlalu sering berada di luar rumah, ternyata juga tidak menyurutkan usaha di bidang food and beverages ini. Semuanya terjadi berkat dukungan digitalisasi bisnis. Dengan mengandalkan order online, layanan yang dulunya lebih banyak mengandalkan dine in, beralih menjadi layanan pesan-antar. 


    Memang, ada beberapa usaha yang angka penjualannya mengalami penurunan, namun selama mereka masih bisa beradaptasi dengan baik, hal itu sepertinya tidak menjadi masalah besar. Terbukti, usaha di bidang makanan dan minuman sehat juga mengalami peningkatan. 


    Tanaman artificial menjadi salah satu hal yang digemari oleh masyarakat sepanjang tahun 2021.


    Kedua, bisnis sukses sepanjang tahun 2021 adalah di bidang tanaman. Dalam hal ini, baik tanaman hidup, kering, maupun artificial sama-sama merasakan peningkatan angka penjualan. Hal ini terjadi akibat seringnya kita berada di rumah dan merasa bahwa menata rumah adalah suatu hal yang bisa menghilangkan kebosanan. Maka, membeli tanaman pun menjadi solusinya. 


    Menjadi pebisnis tanaman ternyata tidak selalu membutuhkan modal besar, banyak contoh bisnis sukses di bidang ini yang ternyata berawal dari hobi dengan modal yang minim. Kemampuan untuk memasarkan dan mengelola bisnis dengan baik menjadi salah satu faktor penentunya. 


    Ketiga, usaha yang menawarkan dan menjual alat kesehatan seperti masker, antiseptik, atau hand sanitizer pun menjadi sangat dicari dan digemari oleh masyarakat. Semakin banyak orang yang menyadari akan pentingnya hal-hal tersebut, maka peluang untuk meraih kesuksesan menjadi semakin besar. 


    Bukan hanya masker buatan pabrik, para penjahit pun memanfaatkan kesempatan ini dengan memproduksi masker kain beraneka motif dan bahan. Memang tidak bisa dipungkiri ya, bahwa masker sudah menjadi salah satu atribut fashion saat ini. 


    Keempat, home decor alias dekorasi rumah. Sama seperti di bidang tanaman, pembatasan ruang gerak di masa pandemi menjadikan masyarakat menggemari penataan dekorasi rumah. Hal ini terjadi karena sepanjang tahun 2021 memang lebih banyak waktu yang dihabiskan di rumah. 


    Home decor dengan tema estetik minimalis atau ala Scandinavian memang sedang sangat digemari. Lantaran itulah beragam hiasan rumah mulai dari gorden, taplak meja, wall decor, sampai furniture yang dibuat menyesuaikan dengan tema seperti itu grafik permintaannya meningkat dengan pesat. Bukan hanya pegiat UMKM sebagai penjual yang mendapatkan keuntungan dari bisnis sukses ini, para produsennya pun merasakan dampak positifnya. 


    4 bidang usaha yang mengalami kesuksesan di atas, bukan berarti tidak mengalami pasang surut dalam dunia bisnis. Namun, mereka berhasil membuktikan bahwa mereka mampu bertahan di tengah kondisi seperti ini. 


    Keberhasilan itu pun tidak serta merta datang begitu saja. Banyak strategi yang mereka terapkan, banyak ide, pemikiran, inovasi dan bentuk kreativitas yang mungkin sudah mereka coba sampai akhirnya menemukan formula yang tepat untuk bisnis yang mereka jalankan. 


    Satu hal yang juga dilakukan adalah berani mengambil keputusan untuk beralih ke bisnis digital. Keempat bisnis sukses di atas adalah UMKM yang menerapkan digitalisasi bisnis sebagai salah satu strateginya. Jadi, mereka bukan hanya sekadar mengandalkan penjualan dan pemasaran dengan cara konvensional atau offline melalui gerai/outlet, namun memaksimalkannya dengan cara penjualan online


    Nah, di tahun 2022 yang akan segera datang ini, kira-kira bisnis apa ya yang akan sukses? Kamu dan bisnismu sudah siap mengalami kesuksesan? 


    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Mempertahankan Bisnis dengan Memanfaatkan e-Marketplace
    Berbagai e-Marketplace berlomba memberikan dukungan di platform mereka untuk pebisnis, dengan harapan agar ekonomi tetap bergerak di masa pandemi COVID-19.
    Online Shop: Bisnis Paling Tepat di Masa Pandemi
    Di masa pandemi, saat semuanya dibatasi, membuka atau mengalihkan bisnis menjadi online shop dianggap sebagai sebuah strategi bisnis yang tepat.
    Belajar dari Pandemi: 5 Catatan Penting untuk Pemilik Usaha
    Meski sulit, ada pelajaran berharga yang dapat diambil selama pandemi. Dengan memahami ini, pemilik usaha dapat bertahan dan bergerak maju.
    Marketplace Indonesia Ini Turut Dorong Pertumbuhan UMKM Lho!
    Marketplace Indonesia memegang peranan besar dalam mendukung perkembangan UMKM. Apa saja marketplace karya anak bangsa tersebut? Simak daftarnya di sini!