Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    • majoo blog
    • Tips
    • 4 Langkah yang Perlu Dilakukan UMKM dalam Menentukan Target

    4 Langkah yang Perlu Dilakukan UMKM dalam Menentukan Target


    Menentukan target adalah hal yang lumrah di dalam organisasi bisnis. Meskipun kamu merasa skala bisnismu belum besar, kamu tetap perlu memiliki business goal. Jadi, bukan hanya perusahaan besar saja yang perlu membuat target, melainkan UMKM juga perlu melakukannya.

     

    Namun, kamu mungkin saja menetapkan business goal dengan batasan yang kurang jelas karena belum memahami cara menetapkan tujuan dan kepemimpinan. Nah, supaya kamu bisa menentukan target yang terukur dan masuk akal, cobalah langkah-langkah di bawah ini.

     

    Tentukan target yang spesifik dan bisa dihitung

    Langkah awal dalam penentuan business goal adalah menetapkan hal yang ingin kamu capai. Pastikan tujuan yang ingin kamu capai memang layak untuk dikejar. Kamu perlu membayangkan bagaimana tujuan tersebut akan dirancang jika kamu yakin hal tersebut pasti tercapai. Sebaliknya, kamu juga perlu memikirkan rancangan tujuan tersebut bila ini merupakan kesempatan terakhirmu.


    Artinya, penting sekali untuk menentukan tujuan yang jelas. Kamu perlu memahami ke mana arah bisnismu bergerak dan berkomitmen dengan hal tersebut. Dengan demikian, kamu perlu membuat business goal dengan sangat spesifik sehingga kamu dapat mengetahui kapan target tersebut akan tercapai.

     

    Tujuan yang spesifik juga akan memudahkan kamu untuk menerjemahkannya ke dalam action plan. Dengan kata lain, kamu bukan hanya perlu menentukan tujuan, melainkan juga membuat peta tentang cara mencapainya.


    Berkomitmen terhadap tujuan

    Setelah membuat business goal yang spesifik, kamu perlu berkomitmen terhadap tujuan tersebut. Saat berbicara tentang berkomitmen berarti kamu fokus menjalankan rencana sesuai dengan peta yang telah disusun sebelumnya.

     

    Untuk mencapai tujuan-tujuan besar, kamu perlu menyadari tidak ada waktu untuk menunda atau ragu-ragu. Teruslah bergerak sampai tujuan tersebut tercapai. Meskipun demikian, jangan lupa untuk menikmati setiap tahap prosesnya.

     

    Umumkan target yang ingin kamu capai

    Salah satu cara yang sangat efektif untuk mendorong pencapaian target dalam bisnis adalah dengan mengumumkannya. Kamu tidak harus mengumumkan tujuan kepada pihak luar, tetapi sampaikan tujuan tersebut kepada seluruh tim dalam bisnis.

     

    Dengan cara tersebut, kamu dan tim bisa lebih termotivasi. Terlebih bagi UMKM dengan jumlah staf yang tidak terlalu banyak, dukungan satu sama lain sangatlah penting bagi kemajuan bisnis.

     

    Tetapkan deadline

    Deadline merupakan faktor krusial dalam pencapaian tujuan. Apabila kamu tidak menetapkan batas waktu, kecil kemungkinan tujuan tersebut akan tercapai. Penetapan tenggat waktu juga menunjukkan komitmenmu terhadap tujuan tersebut.

     

    Menempatkannya ke dalam deadline membuat tujuan memiliki konteks yang lebih jelas. Maka dari itu, tetapkanlah tanggal, bulan atau tahun sebagai tenggat waktu tujuan bisnis harus tercapai. Perlu diingat, deadline yang kamu pilih sebaiknya tidak terlalu agresif dan tidak terlalu lambat.

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Meningkatkan Brand Exposure Online Shop Tanpa Gagal
    Brand exposure merupakan salah satu kegiatan dalam hal branding. Bagaimana cara meningkatkan brand exposure pada online shop?
    Wajib Tahu, 5 Trik Agar Bisnismu Gak Ambruk di Tengah Jalan!
    Memulai sebuah bisnis membutuhkan sumber daya yang tidak sedikit. Tapi ngomongin soal mengelola bisnis? Wah, ini sudah another level sih!
    Ingin Mulai Bisnis Kuliner? Ini 5 Perlengkapan yang Wajib Kamu Punya!
    Bisnis kuliner belakangan makin jadi primadona, apalagi di tengah populernya platform penjualan online.
    5 Trik Tingkatkan Jualan Laris di eCommerce, Anti Gagal!
    Buat kamu yang sedang mempertimbangkan untuk melakukan ekspansi usaha dengan coba berjualan di marketplace, majoo punya beberapa tips ampuh yang bisa kamu coba. Yuk, simak!