Table of Content

    4 Rekomendasi Buku untuk Mencapai Kebebasan Berwirausaha

    Wirausahawan bisa disebut sukses dan maju jika sudah mencapai empat poin kebebasan berwirausaha yaitu kebebasan waktu, uang, berelasi, dan tujuan. Untuk mencapainya apakah bisa bila hanya mengandalkan faktor keberuntungan? Tidak. Kamu harus bisa menyerap semua ilmu yang ada. Bisa dari pengalamanmu sendiri, pengalaman orang lain, mengikuti kelas bisnis, dan juga buku.

     

    Buku bisa dikatakan menjadi sumber yang paling mudah diakses. Dari berbagai buku, kamu bisa mendapatkan pembelajaran dari kisah-kisah para wirausahawan lain yang sudah lebih dulu memulai bisnisnya. Dari buku jugalah kamu bisa mendapatkan berbagai informasi dan ilmu. Tapi sebaiknya jangan ditelan mentah-mentah. Tidak semua yang cocok untuk bisnis orang lain akan cocok juga bila diterapkan dalam bisnismu. Kamu harus bisa menyaring mana yang kamu butuhkan untuk bisnismu dan mana yang tidak. Berikut adalah 4 rekomendasi buku untuk kamu yang ingin segera mencapai titik kebebasan berwirausaha.

     

    1.  Employee to Entrepreneur: How to Earn Your Freedom and Do Work that Matters

     

    Employe to Entrepreneur - Steve Glaveski

    Buku karya Steve Glaveski ini berisi tentang pengalaman pribadi Glaveski mulai dari pengalamannya bekerja sebagai seorang karyawan sampai berani memutuskan untuk memulai usaha bisnisnya. Glaveski memperlihatkan berbagai usahanya untuk mencapai kebebasan yang dia inginkan sebagai seorang wirausahawan.

     

    Dari cerita Glaveski, kamu akan belajar langkah demi langkah dalam menjelajahi dan memanfaatkan kewirausahaan secara efektif untuk mendapatkan kebebasan, kepuasan, dan keamanan finansial.

     

    2. Fortune and Freedom: The Entrepreneur's Guide to Success

     

    Fortune and Freedom - Jim Hirshfield

    Apakah kebebasan dan kesempatan menjadi wirausaha lebih penting daripada keamanan dan kenyamanan saat menjadi seorang karyawan? Hal inilah yang coba dijawab oleh Jim Hirshfield dalam buku ini.

     

    Dengan pengalaman pribadinya selama tiga puluh tahun menjadi pebisnis, Hirshfield akan memberitahumu bahwa aset paling berharga yang kamu miliki adalah waktu. Karena waktu adalah sesuatu yang tidak bisa digantikan oleh apa pun. Hirshfield membuatmu sadar bahwa menghabiskan lebih banyak waktu bersama keluarga adalah hal yang membahagiakan.

     

    3. The Suitcase Entrepreneur: Create Freedom in Business and Adventure in Life

     

    The Suitcase Entrepreneur - Natalie Sisson

    Buku karya Natalie Sisson ini adalah seri ketiga dari The Suitcase Entrepreneur. Buku ini mengajarimu cara mengemas dan menjual keterampilan untuk mendapatkan cukup uang agar dapat bekerja dan tinggal di mana saja serta menjalani hidup sesuai keinginan kamu.

     

    Dalam The Suitcase Entrepreneur, kamu juga akan mempelajari cara membangun bisnis online, menjangkau audiens sampai mendunia, dan membangun tim virtual yang nantinya akan memberimu lebih banyak kebebasan dalam waktu luang, uang, dan relasi.

     

    "Saya memilih kebebasan sebagai nilai tertinggi saya dalam hidup. Saya melakukan segala daya saya untuk mendapatkan lebih banyak dari itu. Ini berarti bahwa setiap keputusan yang saya buat didasarkan pada tetap setia pada nilai ini. Jika tidak cocok, saya tidak melakukannya." - Natalie Sisson -

     

     

    4.  The Amazing Race to Entrepreneurial Freedom

     

    The Amazing Race to Entrepreneurial Freedom - Georgina Terry

    The Amazing Race to Entrepreneurial Freedom ditulis oleh Georgina Terry yang sudah berpengalaman dalam jasa konsultan keuangan, mentoring, dan pelatihan bisnis selama kurang lebih dua puluh tahun.

     

    Buku ini dimaksudkan untuk membantu para wirausahawan dalam menghadapi beberapa hal untuk mencapai kebebasan berwirausaha. Antara lain: menghindari kesalahan memulai bisnis yang dengan modal yang terlalu besar, menjalani perubahan dari hidup sebagai karyawan menjadi pengusaha dengan pemenuhan kebutuhan hidup yang tetap memadai, membuat rencana bisnis untuk mengubah minat atau hobi kamu menjadi sumber keuntungan. Semuanya ini untuk membantu mendapatkan kebebasan berwirausaha yang kamu inginkan.

     

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Mempertahankan Bisnis dengan Memanfaatkan e-Marketplace
    Berbagai e-Marketplace berlomba memberikan dukungan di platform mereka untuk pebisnis, dengan harapan agar ekonomi tetap bergerak di masa pandemi COVID-19.
    Online Shop: Bisnis Paling Tepat di Masa Pandemi
    Di masa pandemi, saat semuanya dibatasi, membuka atau mengalihkan bisnis menjadi online shop dianggap sebagai sebuah strategi bisnis yang tepat.
    Belajar dari Pandemi: 5 Catatan Penting untuk Pemilik Usaha
    Meski sulit, ada pelajaran berharga yang dapat diambil selama pandemi. Dengan memahami ini, pemilik usaha dapat bertahan dan bergerak maju.
    Marketplace Indonesia Ini Turut Dorong Pertumbuhan UMKM Lho!
    Marketplace Indonesia memegang peranan besar dalam mendukung perkembangan UMKM. Apa saja marketplace karya anak bangsa tersebut? Simak daftarnya di sini!