5 Cara Menjaga Motivasi Pengusaha Tetap Tinggi


Sebagai seorang pengusaha, kamu adalah satu-satunya orang yang bertanggung jawab atas penentuan target dan menjaga disiplin diri sendiri. Tidak ada jabatan yang lebih tinggi darimu yang bertanggung jawab atas progress, penentuan target, dan kinerjamu. Semua tergantung pada dirimu sendiri. Banyak pengusaha, terutama yang baru, mengalami kesulitan dalam hal-hal tersebut.


Saat kamu memulai mimpimu sebagai pengusaha dan memulai bisnismu sendiri, motivasi tidak pernah jadi masalah. Tapi sesudah bisnismu mulai berjalan dan kamu mulai disibukkan dengan pekerjaan, lama kelamaan motivasimu juga mungkin akan menyusut. Jika kamu tidak disiplin dan memiliki motivasi tinggi, kegagalan akan selalu mengintaimu.

 

Menjaga motivasi sebagai pengusaha seringkali lebih gampang dikatakan daripada dilakukan, padahal ini adalah hal paling esensial bagi kemajuan bisnismu. Menjaga motivasimu tidak hanya seperti menjaga api di dalam dirimu sendiri, tapi juga menyalakan semangat mereka yang bekerja untukmu. Menjaga motivasimu sebagai pengusaha akan membantumu tak hanya di dunia kerja, tapi di berbagai aspek kehidupanmu lainnya.

 

Jika kamu merasa dirimu kurang fokus, inilah saatnya untuk memberi dirimu sendiri motivasi untuk mencapai targetmu sebagai seorang pengusaha. Gunakan lima cara berikut ini untuk menjagamu tetap termotivasi dalam mengejar kesuksesan.

Rayakan Kemenangan Kecil

Memilih untuk tidak berkarier di korporasi atau untuk orang lain dan memulai perjalanan sebagai bos bagi dirimu sendiri sebenarnya sudah merupakan bentuk kemenangan. Merayakan kemenangan-kemenangan kecil di sepanjang langkahmu sebagai pengusaha penting bagi kesuksesanmu dalam jangka panjang.

 

Tentu saja, kesuksesan besar adalah sesuatu yang luar biasa dan patut dirayakan, tapi biasanya tidak terlalu sering terjadi. Justru sukses-sukses kecil lah yang akan memacumu untuk mengejar kesuksesan yang lebih besar lagi.

 

Mungkin kesuksesan kecil ini sekadar bisa mendapatkan kontak klien yang potensial atau berhasil menjual satu saja barang yang sudah lama mengendap di gudang. Meluangkan waktu untuk merayakan kemenangan kecil seperti ini akan membantumu menikmati hidup sebagai seorang pengusaha.

Hadiahi Diri Sendiri

Bekerja tanpa pernah memberikan hadiah untuk dirimu sendiri akan membuatmu mulai mempertanyakan mengapa kamu memilih memulai usaha ini pada awalnya. Hal ini bisa memadamkan motivasimu dan menjadi penyebab kegagalan.

 

Pada kodratnya, manusia senang menerima hadiah, jadi manfaatkan hal ini untuk kebaikanmu sendiri. Tidak perlu menghamburkan uang banyak untuk hadiah ini. Kamu bisa menikmati hadiah-hadiah kecil untuk membantumu tetap fokus.

 

Sesuatu sesederhana makan malam dengan menu favoritmu, atau datang ke konser musisi yang kamu sukai, saat kamu berhasil mencapai target spesifik yang sudah kamu tentukan, misalnya. Temukan sesuatu yang membuatmu senang dan sesekali merasa dimanjakan. Hadiah-hadiah kecil ini yang akan membantu motivasimu untuk terus maju.

Ciptakan Rutinitas

Jika kamu menjalankan bisnismu sendiri dan bekerja dari rumah, mungkin kamu akan merasakan kesulitan untuk memulai harimu. Yang dapat membantumu mengatasi hal ini adalah menciptakan rutinitas untukmu sendiri.

 

Setiap orang punya rutinitas berbeda yang efektif membantu mereka untuk memulai pekerjaan dengan tingkat energi dan antusias yang akan bertahan sepanjang hari. Ada orang yang meluangkan waktu 30 menit setiap pagi untuk membaca tanpa terganggu hal lain. Beberapa pengusaha mungkin mengawali pagi dengan olahraga, karena satu jam olahraga fisik sesudah bangun pagi adalah dorongan yang mereka butuhkan untuk menjaga energi tetap tinggi.

 

Kamu juga bisa mencoba untuk memulai harimu dengan mandi dan ganti baju, lalu seduhlah secangkir kopi sebelum mulai melakukan pekerjaan. Intinya adalah, menciptakan rutinitas bisa membantumu menjalani pekerjaan sepanjang hari dengan lebih baik.

Tidur Malam Yang Cukup

Banyak pengusaha yang suka membanggakan diri atas fakta bahwa mereka bekerja 17 jam setiap hari dan tidak terlalu banyak tidur. Padahal, istirahat yang kurang pada akhirnya akan berujung pada kelelahan. Apa gunanya kamu bekerja 17 jam sehari kalau sebagian besar waktunya tidak maksimal karena kamu kelelahan? Sama saja tidak produktif!

 

Kebutuhan tubuh setiap orang berbeda-beda, tetapi berbagai penelitian cenderung menunjukkan bahwa tidur delapan jam adalah waktu yang ideal. Tidak cukup tidur akan memengaruhi suasana hatimu, kemampuan untuk fokus, dan kesehatanmu secara keseluruhan. Akan sulit bagimu untuk tetap memiliki motivasi yang tinggi dalam memajukan bisnismu jika kamu tidak fokus. Dengan istirahat yang cukup, kamu bisa memulai hari dengan energi penuh dan akan jadi lebih produktif.

Temukan Orang-Orang Dengan Semangat Sama

Menjadi pengusaha bukan untuk semua orang, dan akan selalu ada orang-orang yang tidak paham tentang apa yang kamu lakukan dan perjuangkan, dan juga yang meragukan apa yang ingin kamu capai. Dan sayangnya, mereka inilah yang akan berpotensi melemahkan semangatmu. Tidak ada orang yang bisa sukses jika bergaul dengan orang yang berpemikiran pendek dan negatif, jadi, jangan pedulikan mereka.

 

Pastikan kamu menjalin relasi dengan pengusaha-pengusaha lain yang memiliki semangat yang sama untuk maju seperti denganmu. Dekatkan dirimu dengan mereka, misalnya dengan cara:

  • Bergabung dengan komunitas pengusaha di kotamu

  • Ikut seminar lokal dengan orang-orang yang bergelut di industri yang sama

  • Bergabung dengan komunitas pengusaha di industrimu secara online

 

Untuk menjaga motivasimu tetap tinggi, kamu perlu orang-orang yang mau bersorak untukmu, mendukung perjuanganmu, merayakan keberhasilanmu, dan mungkin bahkan belajar bersamamu. Temukanlah orang-orang yang seperti itu!

Upcoming Event

Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

Lihat semua event

Download Majalah

Cover majalah wirausaha Indonesia
Lihat semua edisi

Related Article

Tips Memastikan Pinjaman Modal Untuk Pengembangan Bisnis
Pinjaman modal untuk pengembangan bisnis akan dilakukan para pebisnis supaya bisnisnya maju dan mendapatkan keuntungan.
Menyusun Strategi Pemasaran 2022 dalam 5 Langkah Mudah
Strategi pemasaran idealnya menjadi blue print bagi keputusan bisnis pada tahun mendatang. Hal ini perlu menjadi perhatian setiap bisnis, terlebih UMKM.
Beberapa Langkah Penting Menjaga Retensi Pelanggan
Menjaga retensi dan kepuasan pelanggan bisa menjadi kunci utama dalam memastikan bisnis tetap bertahan di tengah terpaan pandemi Covid-19.
Tips Meraih Kemajuan Bisnis Melalui Penggunaan Instagram
Saat ini Instagram banyak digunakan oleh para pebisnis sebagai salah satu strategi marketing. Ini tipsnya agar strategi tersebut bisa lebih optimal.