Table of Content

    • majoo blog
    • Tips
    • 5 Pola Pikir Ini Akan Mengantar Kamu Jadi Pebisnis Sukses

    5 Pola Pikir Ini Akan Mengantar Kamu Jadi Pebisnis Sukses

    Ketika berbicara tentang cara sukses berbisnis, cukup banyak orang yang hanya fokus pada kiat-kiat teknis: cara mencapai target penjualan, cara menemukan talent yang tepat, dan topik sejenis lainnya. Bukan berarti hal tersebut tidak penting, hanya saja ada hal penting lain yang kadang terlewat dalam obrolan kiat menjadi pebisnis sukses ini. 


    Dengan keterbukaan informasi seperti saat ini, hal-hal teknis seperti di atas sangat mudah ditemui, baik melalui buku maupun internet. Namun, memiliki pengetahuan teknis untuk sukses berbisnis saja tidak cukup. 


    Kita tahu bahwa orang-orang yang sukses selalu memiliki cara tersendiri dalam menghadapi tantangan dan kesalahan. Mereka juga sangat menyadari kebutuhan untuk terus meningkatkan wawasan dan keterampilan. Selain itu, keinginan untuk mencoba dan mencoba lagi membuat mereka tiba pada titik kesuksesan. Artinya, menjadi pebisnis sukses dimulai dari pola pikir


    Ayo belajar dari orang-orang sukses dengan meniru lima cara berpikir mereka di bawah ini!


    Percaya Pada Tujuanmu

    Jika kamu mengikuti kisah orang-orang sukses, hampir sebagian besar dari mereka memiliki visi atau tujuan. Beberapa orang menyebutnya impian. Tak masalah kamu menyebutnya apa, yang terpenting kamu memilikinya. 


    Kisah sukses kamu dimulai dari pikiranmu dan tujuan-tujuan besar di dalamnya. Seperti yang dikatakan Steve Jobs, “...orang-orang yang cukup gila untuk berpikir bahwa mereka dapat mengubah dunia adalah orang-orang yang bisa melakukannya.” 


    Jadi, penting sekali untuk memiliki tujuan dan percaya hal itu akan tercapai. Walaupun mungkin banyak orang di sekitar yang meragukan kamu.


    Dalam menjalankan bisnis, keraguan kadang tidak hanya muncul  dari orang sekitar, tetapi juga dari dalam diri kita. Kadang muncul juga perasaan stagnan. Jika kamu mengalami hal itu, mungkin kamu sedang lupa tentang mengapa kamu melakukan yang kamu lakukan. Sehingga kamu perlu menyediakan waktu setiap harinya untuk mengingat kembali apa tujuan kamu. 


    Bertindak Wujudkan Tujuanmu

    Tujuan yang kamu miliki idealnya menjadi energi untuk terus bergerak, sekaligus menjadi kompas. Karena tujuan yang jelas memungkinkan kamu untuk menyusun prioritas dengan baik serta bertindak sesuai skala prioritas tersebut. 


    Dengan demikian, kamu akan selalu fokus pada tujuan dan cara mewujudkannya. Mewujudkannya adalah kunci. Sebab sebaik atau setinggi apa pun tujuan kamu, serapi apa pun kamu menyusun prioritas dan rencana-rencana, tidak berarti apa-apa jika tidak diwujudkan, bukan?


    Dan mereka yang sukses tidak akan berhenti sebelum tujuannya tercapai.


    Jadikan Tantangan sebagai Kawan Perjalanan

    Sebagai pebisnis, kamu pasti akan menghadapi tantangan baru setiap hari. Tapi, ini bukan alasan bagi kamu untuk merasa takut. Jika kamu memiliki pola pikir pengusaha sukses, kamu justru akan menyukai tantangan. 


    Orang-orang sukses tidak pernah melihat tantangan sebagai hambatan mereka untuk maju. Sebaliknya, tantangan adalah peluang yang baik untuk belajar menyelesaikan persoalan. Beberapa orang bahkan sengaja menempatkan diri mereka dalam situasi menantang sebagai salah satu upaya meningkatkan kapasitas diri mereka. 


    Semakin banyak situasi menantang yang kamu hadapi, kamu akan semakin tahu cara untuk menghadapi tantangan tersebut. Kamu akan membekali diri kamu dengan keterampilan untuk menghadapi berbagai tantangan. Dan kamu akan semakin percaya pada kemampuanmu untuk sukses dari keberhasilan-keberhasilan kecilmu mengatasi setiap tantangan. 


    Kegagalan Atau Kesalahan Itu Biasa

    Berbisnis itu sebagian besar tentang mencoba dan gagal. Kesalahan adalah hasil alami dari proses tersebut. Tapi, orang yang sukses tahu bahwa kesalahan juga merupakan  kesempatan untuk bertumbuh. 


    Tiap kesalahan yang terjadi akan menimbulkan masalah dalam aktivitas bisnis. Kamu bisa memilih untuk memusatkan pikiran pada masalah atau bertindak layaknya orang-orang sukses, yaitu berusaha mencari solusi. 


    Berbeda dengan kebanyakan orang, orang sukses tidak sempat larut menyesali kesalahan sebab mereka sibuk berpikir untuk mendapat solusi yang inovatif. Mereka akan melihat masalah dari berbagai sisi dan hadir dengan solusi terbaik. 


    Jika kesalahan yang dilakukan demikian fatal hingga berujung kegagalan, kamu tidak perlu menyesal. Sebab alih-alih menyesal, pribadi yang sukses akan melihat kegagalan sebagai peluang untuk memulai dengan lebih baik. 


    Keyakinan pada tujuan membuat mereka yang sukses selalu mencoba lagi dan lagi, tiap kali berhadapan dengan kegagalan. Tentu saja kali ini melakukannya dengan cara berbeda. 


    Belajar Lagi, Belajar Terus

    Pengusaha yang sukses adalah mereka yang tidak mudah merasa puas. Perasaan itu juga yang menggerakan mereka untuk menciptakan sesuatu pada mulanya. Ketika mereka tidak puas dengan suatu keadaan, mengeluh bukan jalan yang ditempuh. Orang sukses sibuk memikirkan solusi untuk memperbaiki keadaan melalui bisnis yang mereka ciptakan. 


    Dan hal ini berlaku juga bagi wawasan dan keterampilan dirinya. Sederhananya, orang sukses selalu mencari cara untuk meningkatkan kapasitas dirinya. 


    Kamu bisa meningkatkan kapasitas dirimu dengan membaca buku setiap hari sebagai bentuk komitmen untuk menjadi lebih baik. Mengapa hal itu perlu dilakukan? Sebab kamu akan menghadapi tantangan setiap hari. Tantangan baru tidak akan bisa diselesaikan dengan wawasan dan keterampilan lama. 


    Orang yang sukses juga menyukai kritik dan saran yang membangun. Mereka terbuka menerima masukan serta menghargai setiap bagian perjalanan hidup dan bisnis sebab selalu ada pelajaran di dalamnya. 


    Menjadi pebisnis sukses adalah tentang berkomitmen pada tujuan, tak peduli seberapa banyak tantangan dan hambatan menghadang. Tentang melihat kesalahan sebagai peluang untuk bertumbuh, bukan sebagai sesuatu yang ditakuti. Juga tentang melihat masalah dari berbagai perspektif dan menemukan solusinya. 


    Dengan memiliki pola pikir tersebut, kamu sudah memiliki alat paling penting untuk menjadi seorang pengusaha sukses. 


    Namun, jika cara berpikir para pengusaha sukses sudah kamu miliki, menjalankan bisnis dengan tekun dan kerja keras sudah kamu lakukan, tetapi kompetitormu masih saja tetap lebih unggul, maka kamu perlu melakukan evaluasi. Kamu bisa mempelajari rahasia menghadapi kompetisi dalam artikel ini.

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    5 Trik Tingkatkan Jualan Laris di eCommerce, Anti Gagal!
    Buat kamu yang sedang mempertimbangkan untuk melakukan ekspansi usaha dengan coba berjualan di marketplace, majoo punya beberapa tips ampuh yang bisa kamu coba. Yuk, simak!
    5 Cara Mudah Dapatkan Modal untuk Pengembangan Bisnis
    Dibandingkan dengan pengajuan modal konvensional melalui bank, pendanaan online lebih unggul dari segi kepraktisan.
    5 Taktik Jitu Memulai Bisnis Kuliner Online
    Apakah kamu tertarik memulai bisnis kuliner online? Kami siapkan lima taktik jitu untuk kamu simak!
    5 Alasan Mengapa Kamu Wajib Jualan di Instagram dan Tiktok Sekarang Juga!
    5 alasan mengapa bisnis kamu harus mencoba strategi pemasaran digital marketing platform Instagram dan Tiktok sekarang juga.