Table of Content

    5 Tips Menjaga Kesehatan Mental Pengusaha

    Banyak orang percaya bahwa menjadi pengusaha akan memberikan mereka kebebasan yang tidak bisa mereka peroleh dengan menjadi pekerja kantoran. Meskipun dalam beberapa kasus, hal tersebut benar, tapi kenyataannya, pilihan menjadi pengusaha seringkali menghadirkan tuntutan yang lebih berat daripada menjadi karyawan biasa. Menjalankan bisnismu sendiri seringkali berdampak pada kesehatanmu secara umum, dan juga kesehatan mentalmu.

     

    Penelitian yang dilakukan oleh Dr. Michael Freeman, psikiater yang memiliki spesialisasi menangani masalah kesehatan dan penyakit mental dalam dunia bisnis dan kewirausahaan, menunjukkan bahwa 49 persen dari 242 pengusaha menyatakan memiliki satu atau lebih kondisi kesehatan mental seumur hidup. Selain itu, pengusaha juga memiliki kemungkinan lebih tinggi menyatakan mengalami depresi seumur hidup (30 persen), gangguan defisit hiperaktif (29 persen), gangguan spektrum bipolar (12 persen), dan penyalahgunaan zat terlarang (11 persen).

     

    Hasil penelitian Freeman saja harusnya membuat kita secara sadar untuk melakukan perbaikan kesehatan mental kita. Kombinasi dari sifat dan kebiasaan yang akan mendorongmu ke puncak juga dapat menjerumuskanmu ke dalam kegelapan. Semakin tinggi kamu mendaki, semakin dalam kamu mungkin akan jatuh.

     

    Kamu adalah aset utama bisnismu. Hanya kamu yang punya kemampuan untuk terlibat dalam strategi meningkatkan kesehatan mentalmu, dan membantumu memenuhi tantangan dalam memimpin bisnis dan/atau timmu menuju sukses.

     

    Jangan Terlalu Mengagungkan Kesibukan

    Ingat lagi, berapa kali kamu mengatakan kamu sibuk. Sudahkah kamu berusaha mengurangi kesibukan? Atau, jangan-jangan itu semua terjadi karena kamu memberi dirimu sendiri terlalu banyak pekerjaan?

     

    Dalam budaya startup dan wirausaha, punya kesibukan yang berlebihan seringkali diagung-agungkan dan dianggap keren, padahal itu tidak selalu baik. Coba lakukan pendelegasian. Tidak semua beban harus ada di pundakmu.

     

    Memecah Pekerjaan

    Kita semua punya banyak tujuan dalam bisnis yang ingin kita capai, dan ada banyak langkah untuk mencapainya. Pikiranmu mungkin sering terasa berantakan, dan ini adalah salah satu alasan banyak orang mengalami kecemasan saat menjalankan bisnis sendiri.

     

    Salah satu strategi yang bisa kamu lakukan untuk membuat pikiranmu tetap teratur adalah dengan memecah-mecah pekerjaan. Misalnya, ketika kamu sedang mengerjakan sebuah pekerjaan, fokuslah pada hal itu saja dalam periode tertentu, misalnya satu hari, satu minggu, atau satu bulan.

     

    Sempatkan Istirahat

    Waktu istirahat, misalnya tidur, adalah hal penting yang dibutuhkan tubuhmu, terutama pikiranmu. Manfaatnya bukan hanya kamu bisa menjalani hidup yang lebih seimbang, tetapi juga memicu ide-ide segar.

     

    Beristirahatlah sebentar secara berkala di sepanjang hari. Ambillah waktu libur setidaknya seminggu sekali. Beristirahat bukanlah kegiatan yang buang-buang waktu, karena jika kamu istirahat secara cukup, kamu akan lebih produktif dan mampu menggunakan waktumu lebih baik lagi.

     

     

    Jaga Kesehatan Jiwa

    Lakukan perawatan tubuh dari dalam secara teratur untuk mengelola stres, kecemasan, dan kesehatan mentalmu. Beberapa hal yang bisa kamu lakukan misalnya, meditasi, yoga, atau menulis jurnal.

     

    Meditasi adalah salah satu cara untuk meredakan stres, kecemasan, dan secama umum meningkatkan kesehatan mental dan emosionalmu. Saat melakukan meditasi, pikiranmu menjadi lebih tenang. Ini yang akan membuka lebih banyak ruang untuk ide-ide cemerlang. Yoga juga bisa menjadi alternatif yang lain untuk menenangkan kecemasan dan sekaligus merasa sehat dan bahagia sesudahnya.

     

    Redakan Stres Setiap Hari

    Jangan menunggu stres menumpuk hingga meledak suatu hari nanti. Usahakan untuk meredakannya setiap hari. Pilihlah hobi yang kamu bisa nikmati dan dan cobalah melakukannya di malam hari, dan jadikan bagian rutinitasmu sesudah selesai berkutat dengan urusan bisnis setiap harinya. Misalnya menonton film, bermain musik, mewarnai pola, belajar menyulam, atau apa saja yang bisa membantu melepaskan pikiranmu dari urusan pekerjaan.

     

    Sebagai pengusaha, sangat mudah untuk larut dalam kesibukan bisnis dan mengesampingkan kesehatan mentalmu. Padahal dengan begitu, kamu akan kehilangan kesempatan mengembangkan bisnis lebih dari imajinasimu.

     

     

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Meningkatkan Brand Exposure Online Shop Tanpa Gagal
    Brand exposure merupakan salah satu kegiatan dalam hal branding. Bagaimana cara meningkatkan brand exposure pada online shop?
    Wajib Tahu, 5 Trik Agar Bisnismu Gak Ambruk di Tengah Jalan!
    Memulai sebuah bisnis membutuhkan sumber daya yang tidak sedikit. Tapi ngomongin soal mengelola bisnis? Wah, ini sudah another level sih!
    Ingin Mulai Bisnis Kuliner? Ini 5 Perlengkapan yang Wajib Kamu Punya!
    Bisnis kuliner belakangan makin jadi primadona, apalagi di tengah populernya platform penjualan online.
    5 Trik Tingkatkan Jualan Laris di eCommerce, Anti Gagal!
    Buat kamu yang sedang mempertimbangkan untuk melakukan ekspansi usaha dengan coba berjualan di marketplace, majoo punya beberapa tips ampuh yang bisa kamu coba. Yuk, simak!