Table of Content

    • majoo blog
    • Tips
    • 6 Aplikasi Wirausaha Yang Harus Dimiliki Agar Bisnis Maju

    6 Aplikasi Wirausaha Yang Harus Dimiliki Agar Bisnis Maju

    Menjadi wirausaha adalah pengalaman yang luar biasa. Kamu memiliki banyak sekali tugas yang harus dikerjakan dan banyak persoalan yang harus diselesaikan. Kamu perlu melakukan riset yang mendalam, mengelola sumber daya, memelihara komunikasi, melacak seluruh aktivitas bisnis, dan masih banyak lagi. Dengan banyaknya hal yang harus diselesaikan, tidak menutup kemungkinan tugas-tugas tersebut kadang terasa membingungkan.

    Saat ini, banyak orang menggunakan aplikasi sebagai solusi untuk berbagai kebutuhan atau membantu mengatasi persoalan-persoalan seperti di atas. Orang memenuhi gawainya dengan berbagai aplikasi sampai kadang memori penyimpanan tidak cukup lagi. Itu yang dilakukan kebanyakan orang. Namun bila kamu seorang wirausaha, sebaiknya kamu selektif dalam memilih aplikasi yang akan disimpan dalam gawai.

    Aplikasi memang sangat bermanfaat dan sering kali membantumu menghemat waktu, tapi bila keliru memilih yang terjadi bisa sebaliknya: menjadi distraksi dan membuang waktu. Itulah mengapa seorang wirausaha perlu bijak dalam memilih aplikasi yang akan digunakan.

    Dan kebanyakan wirausaha memang memanfaatkan gawai mereka untuk penggunaan aplikasi yang benar-benar bisa membuat bisnis maju. Berikut ini 7 aplikasi wirausaha yang perlu kamu miliki.

    1. Aplikasi yang menunjang produktivitas

    Menjalankan usaha bukan tentang seberapa sibuk, tetapi seberapa produktif kamu. Sebagai wirausaha, hal itu yang perlu kamu fokuskan.

    Pemilik bisnis atau wirausaha sering kali harus melakukan banyak hal dalam batas waktu tertentu, dan aplikasi terkait produktivitas dapat membantu. Sebagai alat bantu untuk menghemat dan memanfaatkan waktu dengan tepat.

    Aplikasi jenis ini dapat membantu untuk melacak pekerjaan dan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikannya. Bila ingin meningkatkan produktivitas, yang pertama harus dilakukan adalah mengukurnya.

    Productivity apps akan membantumu untuk mengukur dan meningkatkan produktivitas sebab aplikasi ini memungkinkan kamu untuk menyelesaikan pekerjaan dalam waktu lebih singkat.

    2. Team Collaboration Apps

    Team collaboration apps atau aplikasi kolaborasi tim merupakan jenis aplikasi wirausaha yang dibutuhkan untuk memastikan seluruh tim yang kamu miliki bekerja dengan baik. Kadang agak sulit untuk menemui setiap orang dalam tim, mengadakan rapat, dan menindaklanjuti pekerjaan secara terpisah. Di sinilah team collaboration apps memainkan peran.

    Dengan bantuan aplikasi tersebut, kamu bisa mengelola proyek secara sederhana dan mudah. Serta bisa dilakukan dari jarak jauh atau remote. Umumnya aplikasi jenis ini memungkinkan kamu untuk terhubung dengan tim, berkomunikasi dengan mereka, membuat grup chat, melakukan telekonferensi, atau bahkan berbagi berkas pekerjaan.

    3. Aplikasi Keamanan

    Bila kamu seorang wirausaha sukses dan populer, maka sangat mungkin kamu menjadi target cyber attack. Itu mengapa aplikasi keamanan penting untukmu. Meskipun kamu merasa tidak ada ancaman, tetap penting untuk menjaga keamanan data di dunia maya dengan aplikasi keamanan.

    Ada data-data sensitif, seperti kontak dan informasi bisnis, atau data pribadi sekali pun yang bisa menjadi berbahaya bila jatuh ke tangan pihak yang tidak tepat. Aplikasi keamanan berguna untuk melindungi data tersebut dan mencegah penyalahgunaan.

    4. Aplikasi Catatan

    Meskipun terlihat remeh, namun aplikasi catatan penting untuk dimiliki. Apalagi bila kamu adalah wirausaha yang banyak melakukan perjalanan bisnis dan ada kemungkinan harus menunda pekerjaan tertentu.

    Dengan bantuan aplikasi catatan kamu bisa menyimpan catatan dan mengaksesnya dari berbagai gawai, kapan saja dan di mana saja. Dengan demikian kamu bisa mencegah adanya kemungkinan tugas yang terlewat untuk dikerjakan sebab semua detail penting tercatat dalam aplikasi.

    Ada pepatah mengatakan bahwa ide terbaik kadang datang di waktu yang tidak tepat. Dengan aplikasi catatan, tidak akan ada ide yang terlewat sebab kamu bisa mencatatnya terlebih dahulu dan mengubahnya menjadi langkah nyata untuk membuat bisnis maju kemudian.

    5. Knowledge Apps

    Belajar hal baru dan bertumbuh adalah proses yang harus terus berlanjut. Wawasan atau pengetahuan yang membuat seorang wirausaha bisa terus menjadi yang terdepan. Maka, memiliki knowledge apps dalam gawai di tanganmu merupakan kebutuhan. Sehingga wawasanmu bisa terus bertambah.

    Aplikasi jenis ini membuat wawasanmu tentang fakta sejarah, tren terbaru, atau berita terkini terus bertambah. Sebagai wirausaha tentu kamu menyadari bahwa kamu perlu berhadapan dengan banyak orang dari berbagai jenis industri, melakukan banyak pertemuan dan memberikan presentasi bisnis, untuk dapat melakukannya dengan baik, tentu kamu perlu pengetahuan yang memadai.

    6. Aplikasi Point Of Sale

    Aplikasi wirausaha yang terakhir ini merupakan aplikasi yang berhubungan langsung dengan teknis operasional bisnis harian. Untuk menghadapi tantangan bisnis hari ini, sudah pasti kamu sangat membutuhkannya. Sebab aplikasi ini bisa membantumu menjalankan operasional bisnis secara efektif dan efisien.

    Umumnya aplikasi point of sale mencakup kasir online, keuangan, loyalti pelanggan, manajemen karyawan, bahkan inventori. Di mana penerapannya dalam bisnismu dapat memaksimalkan proses operasional dan meminimalisasi biaya. Baik untuk bisnis yang menyediakan produk maupun jasa.

    Bila kamu belum familier dengan aplikasi wirausaha ini, kamu bisa mempelajari selengkapnya dalam artikel ini. Artikel tersebut akan memberikan panduan lengkap, sehingga kamu bisa memilih aplikasi yang tepat untuk bisnismu.

    Bila kamu seorang wirausaha atau sedang berencana menjadi wirausaha, kamu bisa mulai mencoba mencari aplikasi-aplikasi di atas. Pilihlah yang menurutmu paling tepat dan nyaman digunakan!

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Ingin Memaksimalkan Layanan Food Order Online? Coba Trik Ini!
    Usaha kuliner yang menerapkan order online tidak mudah untuk dikelola. Beberapa cara untuk memaksimalkan food order online ini bisa membantu.
    5 Taktik Jitu Memulai Bisnis Kuliner Online
    Apakah kamu tertarik memulai bisnis kuliner online? Kami siapkan lima taktik jitu untuk kamu simak!
    4 Cara Meningkatkan Produktivitas Karyawan Dalam Bisnis UMKM
    Produktivitas‌ ‌adalah‌ ‌hal‌ ‌vital‌ ‌untuk‌ ‌bisnis‌ ‌besar‌ ‌maupun‌ ‌kecil,‌ ‌seperti‌ ‌ UMKM‌.‌ ‌Simak‌ ‌‌cara‌ ‌meningkatkan‌ ‌produktivitas‌ ‌karyawan‌ ‌agar‌ ‌keuntungan‌ ‌juga‌ ‌ meningkat.‌
    Tips n Trick Foto Produk yang Menggugah Selera Pelanggan
    Foto produk yang menarik tentu akan meningkatkan potensi pelanggan dalam melakukan pembelian. Apa saja tips n trick untuk menghasilkannya?