Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    Pelanggan adalah Teman! 5 Alasan Bisnismu Wajib Punya CRM

    Dari sekian banyak faktor krusial yang menentukan kesuksesan sebuah UMKM, pelanggan kerap jadi salah satu hal yang terlupakan atau cenderung disepelekan lho. Padahal, memiliki basis customer yang loyal merupakan kunci penting untuk membuat bisnis kita terdepan di antara pesaing. Dan ingat, menjalin hubungan baik dengan pelanggan bukan cuma soal pelayanan yang ramah, tapi juga cara menunjukkan bahwa kita benar-benar care terhadap customer, bagaikan seorang teman! 

    Inilah salah satu alasan utama bisnismu wajib mengadopsi CRM alias customer relationship management. Dengan memiliki dan menjalankan sistem CRM, kamu akan tahu persis strategi apa saja yang harus diambil untuk membuat para customer makin betah berbisnis denganmu dan enggan pindah ke lain hati! Yuk, sama-sama kita simak lima manfaat penting CRM untuk UMKM!

    Mengelola Kontak

    Memiliki CRM akan membantumu dalam mengelola data kontak pelanggan, mulai dari alamat email, nomor Whatsapp, alamat, hingga nomor telepon. Data-data ini nantinya akan sangat berharga dalam melancarkan proses penjualan, karena kamu bakal tahu persis bagaimana dan di mana bisa menghubungi customer tertentu. Beberapa manajemen CRM bahkan menawarkan fungsi untuk mencatat riwayat percakapan dan siapa orang yang bertanggung jawab atas pelanggan tersebut. 

    Menjaga Hubungan

    Data-data yang tersimpan di CRM akan jadi modal berharga untuk menjalin keterikatan yang lebih meaningful dengan para pelangganmu. Ambil contoh, melalui data tanggal lahir dan email customer, kamu bisa mengirimkan pesan ucapan selamat tahun melalui surel atau bahkan memberikannya promo khusus! Sentuhan kecil namun impactful semacam inilah yang membuat seorang pelanggan perlahan menjadi customer loyal dan menjadi tambahan berharga untuk memperkuat pondasi bisnismu. 

    Menciptakan Loyalitas Pelanggan

    Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, CRM adalah salah satu tools efektif untuk menciptakan basis pelanggan yang loyal. Lewat bank informasi yang ada di CRM, kamu akan bisa mengelola customer dengan lebih efektif hingga akhirnya menciptakan banyak customer setia. Selain itu, jangan lupa untuk memanfaatkan platform seperti media sosial dan call center untuk memberikan pelayanan dan informasi dengan lebih maksimal. Lakukan semua upaya tersebut secara konsisten, agar pelanggan tak ragu untuk terus kembali berbisnis denganmu. 

    Efisiensi Bisnis

    Bisnis yang ditopang dengan CRM akan bisa dijalankan dengan lebih efisien. Pasalnya, kamu bisa melihat pelanggan mana yang sering melakukan transaksi atau customer mana yang mungkin membutuhkan perhatian lebih. Dengan demikian, kamu takkan menyia-nyiakan waktu dan usaha untuk melakukan approach pada pelanggan yang memang tidak membutuhkannya. Operasional bisnis menjadi lebih efektif dan tentunya hemat biaya! 

    Meningkatkan Penjualan

    Seluruh manfaat yang disebutkan di atas pada gilirannya akan membantu mendongrak penjualan (atau bahkan keuntungan) di bisnis yang sedang kamu jalankan. Pasalnya, budget yang kamu keluarkan untuk upaya pemasaran akan menjadi lebih hemat, sementara para customer loyal yang berhasil kamu bentuk takkan ragu untuk terus-menerus membelanjakan uang mereka di outlet-mu. 

    Mudahnya Menggunakan Aplikasi CRM majoo

    Menerapkan CRM sama sekali bukan sesuatu yang rumit lho, terutama buat kamu yang sudah menggunakan aplikasi wirausaha majoo. Cukup dengan membuka menu Pelanggan di dashboard (Penjualan > Pelanggan), kamu sudah bisa mengakses tiga fitur keren: 

    • Daftar Pelanggan: Database khusus berisi data setiap pelanggan yang telah berbelanja di outlet-mu, lengkap dengan jumlah poin, saldo deposit, data alamat, dan nomor handphone. Kamu bahkan bisa men-download data-data di halaman ini dalam format Excel untuk kebutuhan lainnya;
    • Group Pelanggan: Ciptakan grup pelanggan berdasarkan kesamaan profil mereka. Misalnya, Grup pelanggan dari Grup Cyclist, Komunitas Motor, dan masih banyak lagi. Hal ini akan memudahkan kamu dalam mengelola customer dalam jumlah besar;
    • Group Harga Spesial: Ciptakan grup pelanggan yang akan otomatis menerima potongan harga khusus, setiap mereka melakukan transaksi. Kamu bisa manfaatkan fitur ini untuk menjalin partnership khusus dengan komunitas gamers, penggemar klub sepakbola, maupun lainnya. Mulai bangun basis pelanggan loyalmu sekarang juga! 

    Jika itu belum cukup, kamu juga bisa membuka menu Promosi (Penjualan > Promo) untuk menciptakan promo, kupon, maupun poin reward. Gunakan ketiganya untuk memancing customer agar terus-terusan melakukan transaksi di outlet-mu!

    Tertarik untuk mengetahui lebih lanjut mengenai kemudahan menggunakan aplikasi CRM majoo dan fitur-fitur terkait lainnya? Kamu bisa klik di sini untuk menanyakan semuanya lebih lanjut! 

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Menilik Kaitan Barista Cakep dengan Penjualan Coffee Shop
    Barista yang cakep mungkin jadi salah satu alasan konsumen datang ke coffee shop. Namun, hal ini bukanlah satu-satunya cara meningkatkan penjualan.
    Ide Promosi Tahun Baru sebagai Customer Loyalty Program
    Memberikan promosi tahun baru adalah hal yang sudah biasa dilakukan pebisnis. Bagaimana bila ide tersebut digabungkan dengan customer loyalty program?
    dr. Tirta, Sosok di Balik Cemerlangnya Bisnis Shoes and Care
    Tahukah kamu, dr. Tirta mengawali bisnis Shoes and Care dari sepetak kamar kos? Kini usaha tersebut sudah meraup omzet miliaran rupiah.
    Bikin Konten Bisnis untuk Tingkatkan Omzet Usaha? Hayuk!
    Konten bisnis seperti apa yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan omzet usaha? Platform apa yang sebaiknya dipilih untuk melakukannya?