Table of Content

    Pelanggan adalah Teman! 5 Alasan Bisnismu Wajib Punya CRM

    Dari sekian banyak faktor krusial yang menentukan kesuksesan sebuah UMKM, pelanggan kerap jadi salah satu hal yang terlupakan atau cenderung disepelekan lho. Padahal, memiliki basis customer yang loyal merupakan kunci penting untuk membuat bisnis kita terdepan di antara pesaing. Dan ingat, menjalin hubungan baik dengan pelanggan bukan cuma soal pelayanan yang ramah, tapi juga cara menunjukkan bahwa kita benar-benar care terhadap customer, bagaikan seorang teman! 

    Inilah salah satu alasan utama bisnismu wajib mengadopsi CRM alias customer relationship management. Dengan memiliki dan menjalankan sistem CRM, kamu akan tahu persis strategi apa saja yang harus diambil untuk membuat para customer makin betah berbisnis denganmu dan enggan pindah ke lain hati! Yuk, sama-sama kita simak lima manfaat penting CRM untuk UMKM!

    Mengelola Kontak

    Memiliki CRM akan membantumu dalam mengelola data kontak pelanggan, mulai dari alamat email, nomor Whatsapp, alamat, hingga nomor telepon. Data-data ini nantinya akan sangat berharga dalam melancarkan proses penjualan, karena kamu bakal tahu persis bagaimana dan di mana bisa menghubungi customer tertentu. Beberapa manajemen CRM bahkan menawarkan fungsi untuk mencatat riwayat percakapan dan siapa orang yang bertanggung jawab atas pelanggan tersebut. 

    Menjaga Hubungan

    Data-data yang tersimpan di CRM akan jadi modal berharga untuk menjalin keterikatan yang lebih meaningful dengan para pelangganmu. Ambil contoh, melalui data tanggal lahir dan email customer, kamu bisa mengirimkan pesan ucapan selamat tahun melalui surel atau bahkan memberikannya promo khusus! Sentuhan kecil namun impactful semacam inilah yang membuat seorang pelanggan perlahan menjadi customer loyal dan menjadi tambahan berharga untuk memperkuat pondasi bisnismu. 

    Menciptakan Loyalitas Pelanggan

    Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, CRM adalah salah satu tools efektif untuk menciptakan basis pelanggan yang loyal. Lewat bank informasi yang ada di CRM, kamu akan bisa mengelola customer dengan lebih efektif hingga akhirnya menciptakan banyak customer setia. Selain itu, jangan lupa untuk memanfaatkan platform seperti media sosial dan call center untuk memberikan pelayanan dan informasi dengan lebih maksimal. Lakukan semua upaya tersebut secara konsisten, agar pelanggan tak ragu untuk terus kembali berbisnis denganmu. 

    Efisiensi Bisnis

    Bisnis yang ditopang dengan CRM akan bisa dijalankan dengan lebih efisien. Pasalnya, kamu bisa melihat pelanggan mana yang sering melakukan transaksi atau customer mana yang mungkin membutuhkan perhatian lebih. Dengan demikian, kamu takkan menyia-nyiakan waktu dan usaha untuk melakukan approach pada pelanggan yang memang tidak membutuhkannya. Operasional bisnis menjadi lebih efektif dan tentunya hemat biaya! 

    Meningkatkan Penjualan

    Seluruh manfaat yang disebutkan di atas pada gilirannya akan membantu mendongrak penjualan (atau bahkan keuntungan) di bisnis yang sedang kamu jalankan. Pasalnya, budget yang kamu keluarkan untuk upaya pemasaran akan menjadi lebih hemat, sementara para customer loyal yang berhasil kamu bentuk takkan ragu untuk terus-menerus membelanjakan uang mereka di outlet-mu. 

    Mudahnya Menggunakan Aplikasi CRM majoo

    Menerapkan CRM sama sekali bukan sesuatu yang rumit lho, terutama buat kamu yang sudah menggunakan aplikasi wirausaha majoo. Cukup dengan membuka menu Pelanggan di dashboard (Penjualan > Pelanggan), kamu sudah bisa mengakses tiga fitur keren: 

    • Daftar Pelanggan: Database khusus berisi data setiap pelanggan yang telah berbelanja di outlet-mu, lengkap dengan jumlah poin, saldo deposit, data alamat, dan nomor handphone. Kamu bahkan bisa men-download data-data di halaman ini dalam format Excel untuk kebutuhan lainnya;
    • Group Pelanggan: Ciptakan grup pelanggan berdasarkan kesamaan profil mereka. Misalnya, Grup pelanggan dari Grup Cyclist, Komunitas Motor, dan masih banyak lagi. Hal ini akan memudahkan kamu dalam mengelola customer dalam jumlah besar;
    • Group Harga Spesial: Ciptakan grup pelanggan yang akan otomatis menerima potongan harga khusus, setiap mereka melakukan transaksi. Kamu bisa manfaatkan fitur ini untuk menjalin partnership khusus dengan komunitas gamers, penggemar klub sepakbola, maupun lainnya. Mulai bangun basis pelanggan loyalmu sekarang juga! 

    Jika itu belum cukup, kamu juga bisa membuka menu Promosi (Penjualan > Promo) untuk menciptakan promo, kupon, maupun poin reward. Gunakan ketiganya untuk memancing customer agar terus-terusan melakukan transaksi di outlet-mu!

    Tertarik untuk mengetahui lebih lanjut mengenai kemudahan menggunakan aplikasi CRM majoo dan fitur-fitur terkait lainnya? Kamu bisa klik di sini untuk menanyakan semuanya lebih lanjut! 

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Riset Pasar, Kunci Bisnis Maju Ala Kopi Tuku
    Riset pasar adalah salah satu kunci bisnis maju. Yuk lihat yang dilakukan Kopi Tuku hingga bisa seperti sekarang!
    Pelanggan adalah Teman! 5 Alasan Bisnismu Wajib Punya CRM
    Dengan memiliki dan menjalankan sistem CRM, kamu akan tahu persis strategi apa yang harus diambil untuk membuat para customer makin betah berbisnis denganmu
    Menjajaki Bisnis Laundromat yang Sedang Naik Daun
    Bisnis laundromat sedang naik daun belakangan ini. Apa yang membuat pelanggan beralih dari laundry kiloan? Apakah bisnis laundry koin ini menguntungkan?
    Inilah 7 Keuntungan Menggunakan Strategi Omnichannel!
    Setiap bisnis tidak bisa lagi mengabaikan revolusi digital sehingga sudah saatnya bisnis menerapkan strategi omnichannel.