Apa Saja Manfaat Aplikasi Kasir untuk Bisnis Kita?

Pada saat kamu membuka usaha, kamu pasti sudah mempertimbangkan cara pencatatan transaksi usahamu. Siapa yang akan kamu serahi tanggung jawab, alur koordinasi dan pelaporannya, bahkan cara pencatatannya. Baik usahamu bergerak dalam bidang jasa maupun penjualan barang, kasir adalah posisi yang tidak bisa kamu tiadakan.

Kebanyakan kasir yang ada di usaha konvensional mencatat transaksi secara tradisional. Pada usaha yang bergerak dalam penjualan barang dan jasa langsung ke konsumen, biasanya kasir akan menggunakan mesin kasir yang disebut juga cash register. Pada usaha yang berskala lebih besar, atau yang menjadi supplier ke bisnis lain, kasir biasanya menggunakan bantuan komputer. Mereka memanfaatkan spreadsheet untuk mencatat transaksi.

Tahapan pencatatan transaksi secara konvensional ini masih dilakukan oleh banyak pengusaha, terutama karena mereka masih mengandalkan faktor manusia untuk memeriksa setiap transaksi.

Di era digital ini, kamu sudah bisa meninggalkan pencatatan transaksi secara konvensional. Kamu bisa memanfaatkan aplikasi kasir, yang terintegrasi dengan aplikasi wirausahamu. Apa manfaat aplikasi kasir online?

Bisa Disesuaikan dengan Jenis Usahamu

Apa pun jenis usahamu, aplikasi kasir online bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu. Untuk jenis usaha kafe dan restoran, misalnya, aplikasi kasir bisa menampilkan layout meja, yang memberitahukan pesanan masing-masing meja, sudah diantar atau belum, dan jumlah konsumen di suatu meja.

Untuk usaha laundry, aplikasi kasir online bisa mencatat tanggal penerimaan cucian, tanggal selesai, dan juga mencatat siapa yang mengambil hasil cucian.

Kirim Struk Belanja ke Email Konsumen

Aplikasi kasir online biasanya juga dilengkapi fitur struk belanja lewat email. Dalam upaya memastikan bisnis kita ramah lingkungan, kamu bisa memberi pilihan kepada konsumenmu, apakah mereka mau struk yang dicetak, atau dikirim langsung ke email mereka.

Konsumen bisa langsung memberi rating

Pada struk yang langsung dikirim ke email konsumen, konsumen juga bisa memberi rating atas pelayanan usaha kita. Kalau mereka memiliki saran atau masukan, bahkan pujian, mereka bisa langsung menuliskan review mereka.

Fitur ini sangat memudahkan bagi konsumen yang ingin menuliskan review atas layanan usahamu. Mereka tidak perlu bersusah payah mencari bisnismu di internet untuk mengirim review di sana. Mereka langsung mendapatkan linknya pada email yang kamu kirimkan lewat aplikasi kasir. Bisnismu pun diuntungkan karena memperbesar kemungkinan konsumen menulis review.

Dapat Digunakan Tanpa Koneksi Internet

Salah satu kekhawatiran paling umum ketika kita menggunakan aplikasi yang terkoneksi satu sama lain lewat internet adalah ketika koneksi internet tiba-tiba putus. Aplikasi kasir seperti majoo.id, tidak terhubung secara terus menerus ke internet, sehingga tetap bisa digunakan meskipun tidak ada koneksi internet. Aplikasi ini hanya akan terhubung ke internet pada saat ada transaksi baru. Saat itulah aplikasi ini perlu memutakhirkan data di aplikasi lainnya yang terintegrasi.

Jadi, meskipun tidak ada internet, aplikasi ini akan menyimpan semua data di dalam aplikasinya. Nanti, begitu koneksi internet sudah kembali, baru aplikasi ini mengupdate datanya lewat internet.

Dilengkapi Fitur Pemantauan Proses

Khusus untuk bidang usaha jasa, seperti laundry, aplikasi kasir pada umumnya dilengkapi dengan fitur pemantauan proses, dan bisa mengirim update proses ke konsumen melalui email. Begitu pesanan diterima dan sudah dientri oleh kasir, konsumen akan langsung mendapatkan pemberitahuan melalui email. Begitu pula halnya ketika proses sudah selesai, konsumen akan menerima pemberitahuan lewat email dari aplikasi ini.

Fitur ini sangat memudahkan kegiatan harian usahamu, karena kasirmu tidak perlu menelepon atau mengirim SMS satu per satu ke semua konsumen yang proses pengerjaan ordernya sudah selesai.

Fasilitas Kas Kecil dan Buka Tutup Kasir

Kasir biasanya dibekali dengan kas kecil untuk pengeluaran-pengeluaran kecil harian yang biasa terjadi. Aplikasi ini juga memiliki fasilitas tersebut, sehingga kasir tidak perlu memiliki buku terpisah untuk mencatatnya.

Selain itu, kasir bisa memasukkan modal awal harian yang ada di mesin kasir pada awal shiftnya, dan pada saat tutup kasir di penghujung hari, aplikasi ini dapat menunjukkan saldo kas akhir.

Kustomisasi Jenis Order dan Jenis Pembayaran

Dengan kemajuan teknologi dalam bisnis saat ini, kamu harus berhadapan dengan banyak sekali metode pembayaran. Aplikasi kasir online sudah mengantisipasi ini, sehingga kamu bisa mencatat pembayaran dengan metode apa pun, entah itu tunai, kartu debit atau kartu kredit, bahkan dengan uang virtual yang sedang populer saat ini.

Aplikasi kasir juga memberi keleluasaan pilihan jenis order, dari makan di tempat, bungkus, atau pesan antar. Dengan dua fitur jenis order dan pembayaran ini, kamu pun bisa menganalisa penjualan di outletmu untuk meningkatkan volume penjualan dan efisiensi biaya.

Fitur Pisah Bayar

Fitur ini sangat menarik. Ketika sekelompok konsumen duduk di satu meja, dan melakukan beberapa kali order, metode yang konvensional akan mencatat pesanan berdasarkan batch. Pesanan batch pertama di satu nota pesanan, batch kedua di nota yang berbeda. Pada saat pembayaran, kasir harus bolak-balik memeriksa dan menandai siapa yang akan membayar apa ketika sekelompok konsumen tadi ingin membayar secara terpisah. Selain perlu waktu, kasir pun harus sangat teliti agar tidak ada yang double billed, atau bahkan terlewat.

 

Dengan fitur ini, kasir akan dengan mudah menanyai masing-masing anggota kelompok, apa saja pesanan mereka. Secara otomatis, aplikasi ini akan membuat nota penjualan terpisah, yang artinya masing-masing konsumen pun masih bisa melakukan pembayaran dengan cara yang berbeda satu sama lain.

Tidak hanya itu. kasir online juga dilengkapi dengan fitur pisah meja dan gabung meja. Fitur ini akan sangat bermanfaat ketika banyak konsumen yang datang berkelompok dan semuanya ingin membayar pada waktu yang hampir bersamaan.

Dilengkapi Perangkat Pendukung

Aplikasi kasir online biasanya juga dilengkapi dengan perangkat pendukung yang membuat pembayaran menjadi lebih ringkas, cepat, dan mudah. Selain tablet khusus untuk kasir, aplikasi ini bisa digunakan dengan printer, barcode scanner, dan juga cashdrawer yang hanya akan terbuka pada saat ada transaksi tunai.

Masih ada banyak manfaat aplikasi kasir yang akan menguntungkan dan memudahkan usahamu. Aplikasi ini bisa terintegrasi dengan aplikasi persediaan bahan baku, yang secara otomatis akan mengurangi persediaanmu begitu menu tertentu terjual. Manfaatnya sangat banyak untuk membantu bisnismu semakin maju. Jadi jika sekarang bisnismu belum memanfaatkannya, tidak perlu pikir panjang lagi, pakai sekarang juga!

Upcoming Event

Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

21 Januari 2022
SDM Kompeten, UMKM Kian Paten
Online
Lihat semua event

Download Majalah

Cover majalah wirausaha Indonesia
Lihat semua edisi

Related Article

Tips Memastikan Pinjaman Modal Untuk Pengembangan Bisnis
Pinjaman modal untuk pengembangan bisnis akan dilakukan para pebisnis supaya bisnisnya maju dan mendapatkan keuntungan.
Menyusun Strategi Pemasaran 2022 dalam 5 Langkah Mudah
Strategi pemasaran idealnya menjadi blue print bagi keputusan bisnis pada tahun mendatang. Hal ini perlu menjadi perhatian setiap bisnis, terlebih UMKM.
Beberapa Langkah Penting Menjaga Retensi Pelanggan
Menjaga retensi dan kepuasan pelanggan bisa menjadi kunci utama dalam memastikan bisnis tetap bertahan di tengah terpaan pandemi Covid-19.
Tips Meraih Kemajuan Bisnis Melalui Penggunaan Instagram
Saat ini Instagram banyak digunakan oleh para pebisnis sebagai salah satu strategi marketing. Ini tipsnya agar strategi tersebut bisa lebih optimal.