Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    #BebasMelangkahmajoo Ala Bumi Laundry Express

    Bumi Laundry Express memberikan promosi besar-besaran saat opening agar orang tertarik masuk ke gerai Bumi.

    Tren laundry express kian marak beberapa tahun belakangan ini, terutama di kota-kota besar. Tak heran bila dari bisnis ini muncul banyak kisah sukses wirausaha.

    Nah, Bumi Laundry Express termasuk yang tidak ingin melewatkan peluang ini. Apa saja langkah yang diambil oleh Achmad Fadilah sang pemilik dalam mengembangkan bisnis laundry ini? Mari simak kisah lengkapnya di bawah ini!

    Baca juga: Menjajaki Bisnis Laundromat yang Sedang Naik Daun

    Jeli Menangkap Peluang

    Suatu ketika, Achmad Fadilah diajak melihat bisnis laundry milik temannya, yaitu Bhinneka Laundry. Saat melihat bisnis laundry kilat tersebut, Achmad Fadilah melihat bahwa model dan pendekatan bisnis tersebut potensial.

    Achmad sendiri mengenal laundry umumnya hadir dengan kios sempit, bahkan tak jarang sedikit kumuh. Konsumen juga tidak tahu treatment yang dilakukan atas pakaian mereka, misalnya sabun yang digunakan, sumber air, dan aspek lainnya tidak transparan.

    Jika banyak orang berpikir serupa, Achmad melihat kehadiran laundry dengan tampilan bangunan luas, bersih, dan proses pengerjaan yang terbuka merupakan problem solving.

    Konsumen dapat melihat langsung proses pencucian atau memilih mengerjakannya sendiri, lebih transparan. Karena memiliki pendekatan yang berbeda dengan laundry konvensional, Achmad pun menganggap ini peluang yang tak boleh dilewatkan.

    Kemudian Achmad hadir dengan Bumi Laundry Express di sebuah Jl. Aria Surialaga, jalan yang memang dipadati oleh usaha laundry. Lagi-lagi, langkah ini diambil Achmad bukan tanpa alasan. 

    Menurut Achmad, membuka laundry di daerah yang sudah banyak bisnis serupa sebelumnya memberikan sebuah jaminan, yaitu ada pasar potensial di area tersebut.

    Menurut Achmad, membuka laundry di daerah yang sudah banyak bisnis serupa sebelumnya memberikan sebuah jaminan adanya pasar yang potensial.

    Berani Melangkah, Sebuah Awal Kesuksesan

    Memiliki perhitungan matang, visi ke depan, serta strategi agar bisnis bertahan merupakan langkah penting sebelum memulai bisnis.

    Baca juga: Memulai Bisnis Rumahan dalam 5 Langkah Mudah

    Namun, menurut Achmad, ada hal lain yang tidak kalah penting, yaitu keberanian. Tanpa adanya keberanian melangkah, ide secemerlang apa pun tak akan bisa berkembang. 

    Dari segi mental, Achmad menyampaikan bahwa pemilik usaha harus siap menghadapi risiko sebab bisnis pasti fluktuatif, terlepas dari sebaik apa pun rencana yang kita susun.

    Mungkin terjadi bencana alam atau kondisi ekonomi global tiba-tiba lumpuh. Pandemi yang terjadi secara global merupakan contoh nyata dari pernyataan Achmad Fadilah tersebut.

    Karena itu, para pemilik usaha perlu terus melatih mental agar sanggup menghadapi berbagai hal tak terduga dan fokus mengembangkan bisnis secara konsisten. Ini behind the scene kesuksesan bisnis yang banyak orang enggak tahu, pungkas Achmad.

    Susun Strategi dengan Promosi dan Tools yang Mumpuni 

    Situasi yang serba tidak pasti mengharuskan pemilik usaha bijak dalam melangkah. Di satu sisi, pemilik usaha bebas berkreasi dan berinovasi dalam bisnisnya. Namun, Achmad meyakini bahwa kebebasan ini harus ditanggapi secara strategis.

    Sebut saja, pemilik usaha bebas menerapkan aneka program promosi, terlebih masyarakat Indonesia memang sangat tertarik dengan diskon atau promo. Akan tetapi, pemilik usaha juga perlu menerapkan program promosi yang tepat sasaran.

    Bumi Laundry Express sendiri pernah memberikan promosi besar-besaran saat opening, yakni konsumen bebas cuci sepuasnya selama satu minggu pertama. Target dari promosi ini adalah mengundang orang agar tertarik masuk ke gerai Bumi.

    Di luar itu, Achmad menerapkan promosi sesuai dengan momentum, misalnya promo Agustusan dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Indonesia.

    Tak hanya promosi, pemilihan tim pun perlu dilakukan secara strategis. Achmad berpendapat bahwa bisnis hanya menawarkan kebebasan jika kita bekerja dengan orang yang dapat dipercaya.

    Beruntungnya, Achmad memiliki staf yang dapat dipercaya sehingga tidak harus in charge setiap hari dalam pengelolaan operasional bisnis. Meskipun begitu, Achmad tentu tetap melakukan pemantauan perputaran uang di bisnisnya.

    Pemantauan bisnis ini bisa dilakukan dengan lebih mudah bila kamu menggunakan alat bantu yang tepat seperti majoo.

    majoo adalah aplikasi point of sale lengkap yang menawarkan berbagai fitur dan layanan yang akan memudahkan pemilik usaha dalam mengembangkan bisnisnya.

    Salah satu fitur penting yang majoo tawarkan ialah aplikasi Owner. Dengan fitur ini, pemilik usaha bisa memantau bisnis lebih mudah, kapan saja dan dari mana saja. Mau tahu lebih lanjut? Klik tautan berikut ini!

    Dengan cermat melihat peluang, berani memutuskan, serta menerapkan strategi dan memanfaatkan alat bantu yang tepat, bisnis milik Achmad Fadilah sudah bertahan selama satu tahun. Padahal, bisnis ini dibuka di tengah pandemi.

    Setelah melihat kisah sukses wirausaha di atas, apakah kamu sudah siap untuk #SelangkahLebihBebas dan memulai bisnis sekarang? Yuk, mulai bisnismu bersama majoo!

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Warkop Naik Kelas Hagios: Tantangan Jadi Semangat untuk Maju
    Warkop Naik Kelas Hagios lahir dari upaya mengubah tantangan sebagai bahan bakar untuk maju. Mau tahu kisah sukses coffee shop ini? Yuk, baca di sini!
    Bagi Ngopisore, Manajemen Bisnis Lebih Mudah dengan majoo
    Aplikasi majoo membuat manajemen bisnis Ngopisore jadi lebih mudah, tapi tetap hemat.
    Majoo Bikin Laporan Bisnis Tikum Bike Jadi Praktis
    Cerita dari Tikum Bike, spesialis service dan penjualan sepeda Brompton. Setelah mengambil #langkahmajoo, laporan bisnis jadi lebih praktis.
    Enzo Pet Shop: Fitur majoo, Memudahkan Operasional Bisnis
    Enzo Petshop and Clinic adalah bisnis jasa kesehatan hewan yang operasional bisnisnya terbantu dengan menggunakan fitur majoo.