Table of Content

    • majoo blog
    • Trivia
    • Belajar Perencanaan Bisnis Dari 2 Perusahaan Besar Indonesia

    Belajar Perencanaan Bisnis Dari 2 Perusahaan Besar Indonesia


    Perencanaan bisnis atau business plan berperan sangat penting dalam kemajuan sebuah bisnis yang kamu jalankan. Perencanaan bisnis terdiri dari perhitungan modal, penentuan target pasar, teknik pemasaran, sampai ke pelayanan konsumen. 


    Di Indonesia sendiri, sebenarnya ada banyak perusahaan yang dikenal karena perencanaan bisnisnya yang matang dan konsisten sejak berdirinya perusahaan sampai sekarang. Kematangan dalam perencanaan inilah yang menyebabkan perusahaan-perusahaan ini seringkali mendapat gelar perusahaan terbaik baik dari dalam negeri maupun kancah internasional. 


    1. Gudang Garam

    Berdiri pada tahun 1958 menjadikan Gudang Garam dikenal sebagai perusahaan kretek tertua dan terbesar di Indonesia. Gudang Garam tentu tidak serta merta mendapatkan kesuksesannya secara instan. Semuanya dimulai dari langkah kecil yang berani dari pendirinya, Surya Wonowidjoyo. 


    Bukan hanya berani memulai bisnis baru, Surya juga menggerakkan seluruh stafnya untuk selalu berani berinovasi, menciptakan produk baru, menilai mana kemauan pasar yang bisa dituruti dan mana yang tidak. Bagi mereka inovasi adalah segalanya. Tanpa inovasi kemauan mengikuti perubahan atau perkembangan zaman, sebuah bisnis lambat laun tidak akan mampu bertahan dan mati. Kecuali bisnis yang mau berbenah maupun beradaptasi, akan dapat bersaing dengan yang lain. Jadi kalau kamu ingin merintis usaha baik kecil maupun besar, jangan pernah berhenti berinovasi.


    Gudang Garam pun mulai berani merambah lantai bursa efek sebagai wujud dari matangnya perhitungan modal yang mereka miliki. 


    Tak hanya itu, etos kerja yang baik dari semua karyawannya menjadikan Gudang Garam memiliki konsep produksi dan pemasaran yang sangat matang. Hal ini dibuktikan dengan terus bertambahnya titik distribusi Gudang Garam yang tersebar di seluruh Indonesia. 


    2. BNI

    Sebagai salah satu perusahaan yang bergerak di bidang perbankan dan keuangan, BNI tidak bisa dianggap remeh. Beberapa kali BNI pernah mendapat predikat sebagai perusahaan terbaik pula. 


    Kunci dari kesuksesan itu adalah dengan sesuainya target pasar yang mereka tuju. BNI bisa masuk ke semua kalangan masyarakat dan memberikan apa yang diinginkan dan dibutuhkan oleh pasar. Pasar ekonomi kelas atas menginginkan produk deposito bernilai tinggi, BNI mampu mengadakan. Pasar ekonomi menengah dan menengah ke bawah menginginkan bantuan modal, BNI pun menciptakan peluang tersebut.


    Ditunjang dengan pelayanan kelas satu bagi para nasabahnya, BNI dikenal sebagai salah satu bank yang sangat memanjakan nasabah karena tidak ingin kehilangan kepercayaan dari mereka. Untuk itulah seluruh karyawannya tak segan mengucapkan terima kasih pada nasabahnya walau hanya untuk hal kecil. Perencanaan bisnis seperti inilah yang garis besarnya bisa kamu tiru dan terapkan dalam bisnismu. 

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Mempertahankan Bisnis dengan Memanfaatkan e-Marketplace
    Berbagai e-Marketplace berlomba memberikan dukungan di platform mereka untuk pebisnis, dengan harapan agar ekonomi tetap bergerak di masa pandemi COVID-19.
    Online Shop: Bisnis Paling Tepat di Masa Pandemi
    Di masa pandemi, saat semuanya dibatasi, membuka atau mengalihkan bisnis menjadi online shop dianggap sebagai sebuah strategi bisnis yang tepat.
    Belajar dari Pandemi: 5 Catatan Penting untuk Pemilik Usaha
    Meski sulit, ada pelajaran berharga yang dapat diambil selama pandemi. Dengan memahami ini, pemilik usaha dapat bertahan dan bergerak maju.
    Marketplace Indonesia Ini Turut Dorong Pertumbuhan UMKM Lho!
    Marketplace Indonesia memegang peranan besar dalam mendukung perkembangan UMKM. Apa saja marketplace karya anak bangsa tersebut? Simak daftarnya di sini!