• majoo blog
  • Trivia
  • Belajar Perencanaan Bisnis Dari 2 Perusahaan Besar Indonesia

Belajar Perencanaan Bisnis Dari 2 Perusahaan Besar Indonesia


Perencanaan bisnis atau business plan berperan sangat penting dalam kemajuan sebuah bisnis yang kamu jalankan. Perencanaan bisnis terdiri dari perhitungan modal, penentuan target pasar, teknik pemasaran, sampai ke pelayanan konsumen. 


Di Indonesia sendiri, sebenarnya ada banyak perusahaan yang dikenal karena perencanaan bisnisnya yang matang dan konsisten sejak berdirinya perusahaan sampai sekarang. Kematangan dalam perencanaan inilah yang menyebabkan perusahaan-perusahaan ini seringkali mendapat gelar perusahaan terbaik baik dari dalam negeri maupun kancah internasional. 


1. Gudang Garam

Berdiri pada tahun 1958 menjadikan Gudang Garam dikenal sebagai perusahaan kretek tertua dan terbesar di Indonesia. Gudang Garam tentu tidak serta merta mendapatkan kesuksesannya secara instan. Semuanya dimulai dari langkah kecil yang berani dari pendirinya, Surya Wonowidjoyo. 


Bukan hanya berani memulai bisnis baru, Surya juga menggerakkan seluruh stafnya untuk selalu berani berinovasi, menciptakan produk baru, menilai mana kemauan pasar yang bisa dituruti dan mana yang tidak. Bagi mereka inovasi adalah segalanya. Tanpa inovasi kemauan mengikuti perubahan atau perkembangan zaman, sebuah bisnis lambat laun tidak akan mampu bertahan dan mati. Kecuali bisnis yang mau berbenah maupun beradaptasi, akan dapat bersaing dengan yang lain. Jadi kalau kamu ingin merintis usaha baik kecil maupun besar, jangan pernah berhenti berinovasi.


Gudang Garam pun mulai berani merambah lantai bursa efek sebagai wujud dari matangnya perhitungan modal yang mereka miliki. 


Tak hanya itu, etos kerja yang baik dari semua karyawannya menjadikan Gudang Garam memiliki konsep produksi dan pemasaran yang sangat matang. Hal ini dibuktikan dengan terus bertambahnya titik distribusi Gudang Garam yang tersebar di seluruh Indonesia. 


2. BNI

Sebagai salah satu perusahaan yang bergerak di bidang perbankan dan keuangan, BNI tidak bisa dianggap remeh. Beberapa kali BNI pernah mendapat predikat sebagai perusahaan terbaik pula. 


Kunci dari kesuksesan itu adalah dengan sesuainya target pasar yang mereka tuju. BNI bisa masuk ke semua kalangan masyarakat dan memberikan apa yang diinginkan dan dibutuhkan oleh pasar. Pasar ekonomi kelas atas menginginkan produk deposito bernilai tinggi, BNI mampu mengadakan. Pasar ekonomi menengah dan menengah ke bawah menginginkan bantuan modal, BNI pun menciptakan peluang tersebut.


Ditunjang dengan pelayanan kelas satu bagi para nasabahnya, BNI dikenal sebagai salah satu bank yang sangat memanjakan nasabah karena tidak ingin kehilangan kepercayaan dari mereka. Untuk itulah seluruh karyawannya tak segan mengucapkan terima kasih pada nasabahnya walau hanya untuk hal kecil. Perencanaan bisnis seperti inilah yang garis besarnya bisa kamu tiru dan terapkan dalam bisnismu. 

Upcoming Event

Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

21 Januari 2022
SDM Kompeten, UMKM Kian Paten
Online
Lihat semua event

Download Majalah

Cover majalah wirausaha Indonesia
Lihat semua edisi

Related Article

4 Bidang UMKM yang Meraih Sukses Sepanjang Tahun 2021
Sepanjang tahun 2021, 4 bidang yang digerakkan UMKM ini bisa menyandang status sebagai bisnis sukses dan mampu bertahan. Apa saja bidang UMKM ini?
Melayani Pelanggan Setia Melalui Sistem Keanggotaan
Bagaimana melayani pelanggan setia secara maksimal, tetapi juga tidak merepotkan? Mungkin program pelanggan setia bisa menjadi solusi yang patut dicoba!
Promosi Digital untuk Pemasaran Produk dan Jasa
Ada berbagai cara dalam melakukan kegiatan pemasaran produk dan jasa, salah satunya dengan memanfaatkan platform digital seperti media sosial.
Metode Pembayaran QRIS, Inilah Kelebihannya
Metode pembayaran dengan menggunakan QRIS bisa dipilih untuk menjaga jarak aman selama pandemi. Selain itu, cara ini juga lebih menguntungkan bagi bisnis.