Table of Content

    Bisnis Andalan di Masa Pandemi: Fitur Pesan-Antar


    Dipicu oleh pandemi Covid-19, belakangan ini mulai banyak pelaku usaha yang melirik integrasi fitur pesan-antar bagi bisnisnya. Beberapa di antara mereka bahkan tak hanya sekadar menambahkan fitur ini ke dalam bisnis yang tengah dilakoni, tetapi justru secara serius menggarap model bisnis pesan-antar sebagai sebuah peluang yang menjanjikan. Sebenarnya, apa yang membuat bisnis yang satu ini menjadi begitu unggul di kala pandemi?

    1. Bisnis pesan-antar dapat memenuhi protokol kesehatan yang direkomendasikan

    Coronavirus yang menjadi penyebab pandemi Covid-19 diyakini merupakan virus yang bersifat airborne, sehingga pandemi mudah menyebar di tempat di mana banyak orang berkumpul, khususnya jika tempat tersebut tidak dilengkapi dengan sistem sirkulasi udara yang baik. Sayangnya, kebanyakan tempat usaha umumnya memenuhi syarat ini: menjadi tempat berkumpul banyak orang dalam satu waktu dan sering kali dilakukan dalam tempat tertutup. Oleh karena itu, pemerintah di beberapa daerah menganjurkan masyarakat untuk tetap di rumah jika tidak ada keperluan yang mendesak. Dengan demikian, layanan pesan-antar yang memungkinkan pelanggan untuk tetap memenuhi kebutuhan hariannya tanpa perlu keluar rumah menjadi jawaban yang solutif.

    2. Kepercayaan terhadap transaksi digital yang terus tumbuh

    Sejak beberapa tahun terakhir, tingkat kepercayaan masyarakat terhadap transaksi digital terus meningkat. Situasi ini pun semakin dipercepat dengan adanya pandemi yang memaksa banyak orang untuk mengurangi peluang bertemu secara tatap muka dengan orang lain, dan memilih untuk bertransaksi secara digital jika diperlukan. Untungnya, bisnis pesan-antar dapat memfasilitasi situasi ini dengan baik di mana pelanggan dapat menyelesaikan pembelian secara digital tanpa perlu bertatap muka, dan hanya perlu menunggu di rumah hingga pesanan diantarkan. Namun, mengingat belum seluruh pelanggan mengadopsi transaksi digital secara maksimal, layanan pesan-antar biasanya juga tidak menghilangkan pembayaran pesanan secara konvensional, hanya saja pembayaran umumnya tetap diselesaikan secara COD atau cash on delivery ketika pelanggan menerima pesanan.

    3. Menawarkan kemudahan bagi pelanggan

    Bisnis selalu berkembang dengan kemudahan pelanggan sebagai porosnya, tak terkecuali bisnis pesan-antar. Dengan adanya layanan pesan-antar, pelanggan memiliki seluruh kemudahan transaksi yang juga membantu menekan pengeluaran maupun operasional bisnis. Pelanggan dapat melakukan pembelian dari mana pun mereka berada tanpa perlu membuang waktu dan biaya untuk mendatangi tempat usaha secara langsung. Kemudahan yang ditawarkan ini membuat pesan-antar menjadi sangat digemari, khususnya di masa pandemi yang menempatkan banyak batasan dalam ruang gerak masyarakat seperti yang saat ini kita rasakan.

    Dengan alasan-alasan di atas, tak heran jika pesan-antar dianggap memiliki daya tarik yang sulit untuk ditolak. Aplikasi majoo pun kini sudah dilengkapi fitur pesan-antar yang memudahkan pelaku usaha untuk mengirimkan paket atau parsel sesuai pesanan ke alamat yang dituju. Operasional bisnis pun bisa lebih mudah dilakukan ketika fitur ini digabungkan dengan fitur keanggotaan yang memungkinkan bisnis mencatat alamat pelanggan secara akurat. Menarik untuk dicoba juga, bukan?

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Mempertahankan Bisnis dengan Memanfaatkan e-Marketplace
    Berbagai e-Marketplace berlomba memberikan dukungan di platform mereka untuk pebisnis, dengan harapan agar ekonomi tetap bergerak di masa pandemi COVID-19.
    Online Shop: Bisnis Paling Tepat di Masa Pandemi
    Di masa pandemi, saat semuanya dibatasi, membuka atau mengalihkan bisnis menjadi online shop dianggap sebagai sebuah strategi bisnis yang tepat.
    Belajar dari Pandemi: 5 Catatan Penting untuk Pemilik Usaha
    Meski sulit, ada pelajaran berharga yang dapat diambil selama pandemi. Dengan memahami ini, pemilik usaha dapat bertahan dan bergerak maju.
    Marketplace Indonesia Ini Turut Dorong Pertumbuhan UMKM Lho!
    Marketplace Indonesia memegang peranan besar dalam mendukung perkembangan UMKM. Apa saja marketplace karya anak bangsa tersebut? Simak daftarnya di sini!