Bisnis Andalan di Masa Pandemi: Fitur Pesan-Antar


Dipicu oleh pandemi Covid-19, belakangan ini mulai banyak pelaku usaha yang melirik integrasi fitur pesan-antar bagi bisnisnya. Beberapa di antara mereka bahkan tak hanya sekadar menambahkan fitur ini ke dalam bisnis yang tengah dilakoni, tetapi justru secara serius menggarap model bisnis pesan-antar sebagai sebuah peluang yang menjanjikan. Sebenarnya, apa yang membuat bisnis yang satu ini menjadi begitu unggul di kala pandemi?

1. Bisnis pesan-antar dapat memenuhi protokol kesehatan yang direkomendasikan

Coronavirus yang menjadi penyebab pandemi Covid-19 diyakini merupakan virus yang bersifat airborne, sehingga pandemi mudah menyebar di tempat di mana banyak orang berkumpul, khususnya jika tempat tersebut tidak dilengkapi dengan sistem sirkulasi udara yang baik. Sayangnya, kebanyakan tempat usaha umumnya memenuhi syarat ini: menjadi tempat berkumpul banyak orang dalam satu waktu dan sering kali dilakukan dalam tempat tertutup. Oleh karena itu, pemerintah di beberapa daerah menganjurkan masyarakat untuk tetap di rumah jika tidak ada keperluan yang mendesak. Dengan demikian, layanan pesan-antar yang memungkinkan pelanggan untuk tetap memenuhi kebutuhan hariannya tanpa perlu keluar rumah menjadi jawaban yang solutif.

2. Kepercayaan terhadap transaksi digital yang terus tumbuh

Sejak beberapa tahun terakhir, tingkat kepercayaan masyarakat terhadap transaksi digital terus meningkat. Situasi ini pun semakin dipercepat dengan adanya pandemi yang memaksa banyak orang untuk mengurangi peluang bertemu secara tatap muka dengan orang lain, dan memilih untuk bertransaksi secara digital jika diperlukan. Untungnya, bisnis pesan-antar dapat memfasilitasi situasi ini dengan baik di mana pelanggan dapat menyelesaikan pembelian secara digital tanpa perlu bertatap muka, dan hanya perlu menunggu di rumah hingga pesanan diantarkan. Namun, mengingat belum seluruh pelanggan mengadopsi transaksi digital secara maksimal, layanan pesan-antar biasanya juga tidak menghilangkan pembayaran pesanan secara konvensional, hanya saja pembayaran umumnya tetap diselesaikan secara COD atau cash on delivery ketika pelanggan menerima pesanan.

3. Menawarkan kemudahan bagi pelanggan

Bisnis selalu berkembang dengan kemudahan pelanggan sebagai porosnya, tak terkecuali bisnis pesan-antar. Dengan adanya layanan pesan-antar, pelanggan memiliki seluruh kemudahan transaksi yang juga membantu menekan pengeluaran maupun operasional bisnis. Pelanggan dapat melakukan pembelian dari mana pun mereka berada tanpa perlu membuang waktu dan biaya untuk mendatangi tempat usaha secara langsung. Kemudahan yang ditawarkan ini membuat pesan-antar menjadi sangat digemari, khususnya di masa pandemi yang menempatkan banyak batasan dalam ruang gerak masyarakat seperti yang saat ini kita rasakan.

Dengan alasan-alasan di atas, tak heran jika pesan-antar dianggap memiliki daya tarik yang sulit untuk ditolak. Aplikasi majoo pun kini sudah dilengkapi fitur pesan-antar yang memudahkan pelaku usaha untuk mengirimkan paket atau parsel sesuai pesanan ke alamat yang dituju. Operasional bisnis pun bisa lebih mudah dilakukan ketika fitur ini digabungkan dengan fitur keanggotaan yang memungkinkan bisnis mencatat alamat pelanggan secara akurat. Menarik untuk dicoba juga, bukan?

Upcoming Event

Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

Lihat semua event

Download Majalah

Cover majalah wirausaha Indonesia
Lihat semua edisi

Related Article

3 Pelajaran dari Entrepreneur yang Berhasil Pivot Selama Pandemi

Sebagian entrepreneur berhasil mempertahankan bisnisnya selama pandemi COVID-19. Inilah pelajaran penting yang dapat kita ambil!

Poin Reward, Strategi Membangun Loyalitas Pelanggan

Menjelang Idulfitri, bisnis bisa memberikan tunjangan hari raya dalam bentuk poin reward sebagai cara untuk membangun loyalitas pelanggan.

Maksimalkan Potensi Delivery dan Takeaway di Bisnis Restoran

Pebisnis yang ingin bertahan di masa pandemi ini mau tidak mau harus mengadaptasi tren terbaru di industri restoran, yaitu melayani pengiriman atau delivery dan makanan dibungkus untuk dibawa pulang atau takeaway.

Peluang Bidang Usaha Modal Kecil Terbaik Tahun 2021

Bisnismu sulit berkembang di tahun 2020 ini karena dampak pandemi COVID-19? Tak ada salahnya menjadikan peluang bidang usaha modal kecil ini di tahun 2021!
Whatsapp