Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    Bagus Laundry: Inspirasi Sukses Kelola Side Hustle

    Bagus Laundry, sebuah usaha sampingan yang akhirnya bertahan.

    Tidak sedikit orang yang membangun usaha sebagai side hustle. Kebanyakan orang berpikir, tak akan selamanya menekuni pekerjaan utama mereka sehingga perlu ada sumber pendapatan lain. 

    Ada juga yang menjalankan usaha sampingan agar berbagai tujuan finansialnya segera tercapai. 

    Di samping motivasi dan intensi membangun usaha, jenis usaha yang dijalankan pun tentu beragam. Nah, di artikel kisah sukses kali ini kita akan bertemu Bagus yang membangun bisnis laundry sebagai usaha sampingan.

    Bisnis Laundry, Pilihan Andalan untuk Side Hustle

    Apakah kamu sedang berpikir untuk membuka bisnis sebagai side hustle? Jika demikian, kamu dapat mempertimbangkan langkah Bagus yang membuka Bagus Laundry sebagai usaha sampingannya.

    Bagus Laundry didirikan oleh Bagus pada September 2021. Awalnya, Bagus terinspirasi dari bisnis keluarga.

    Namun, di luar itu, bisnis laundry memang patut dijadikan sebagai usaha sampingan sebab menawarkan aneka keuntungan. Pertama, sebagai bisnis baru, kamu bisa mengerjakannya sendiri terlebih dahulu.

    Dari sisi modal, laundry juga membutuhkan modal yang relatif lebih kecil jika dibandingkan dengan berbagai bisnis lain.

    Baca juga: 5 Cara Mudah Dapatkan Modal untuk Pengembangan Bisnis

    Akan tetapi, potensi penghasilan yang bisa diberikan bisnis yang satu ini relatif menggiurkan sebab permintaan pasar yang cukup tinggi. Terlebih, jika lokasimu berada di permukiman padat, apartemen, rumah susun, atau dekat area kos mahasiswa.

    Memanfaatkan tools yang mempermudah pengelolaan bisnis sangat penting bila kamu menjalankan side hustle.

    Analisis Strategi yang Ternyata Fun!

    Meskipun usaha laundry terbilang memiliki permintaan pasar yang cukup tinggi, tidak berarti Bagus, pendiri Bagus Laundry, seketika bisa mengelola bisnis ini dengan mudah.

    Bagus sendiri mengakui bahwa proses awal membangun bisnis terasa membosankan. Padahal, menemukan kesenangan dalam proses pengelolaan bisnis diperlukan agar kamu tetap bersemangat.

    Sebagai pendiri sekaligus pemilik usaha, Bagus menemukan proses menyusun strategi bisnis sebagai bagian yang seru serta menyenangkan. Di tengah aneka tantangan dan kompetisi, Bagus harus menemukan trik dan strategi yang bisa membuat bisnisnya bertahan.

    Sebagai contoh, Bagus perlu melakukan analisis dan riset untuk menemukan sabun yang bagus. Tentunya, kualitas optimal saja tidak cukup karena Bagus juga perlu sabun yang ekonomis supaya penetapan harga jual laundry lebih masuk akal.

    Bagi Bagus, proses mencari sabun berkualitas, tetapi ekonomis ternyata jadi bagian seru dalam menjalankan bisnis. Begitu pula dengan berbagai situasi lain yang menuntut dan mengasah strategic thinking-nya sebagai pemilik usaha.

    Memanfaatkan Tools dalam Pengelolaan Side Hustle

    Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Bagus Laundry dibangun oleh Bagus sebagai usaha sampingan. Dalam kesehariannya, Bagus juga masih harus menyelesaikan pekerjaan utamanya.

    Maka dari itu, sejak awal Bagus menyadari bahwa dirinya membutuhkan tools atau alat bantu untuk mengelola bisnis laundry ini.

    Sebagai seorang pekerja sekaligus pemilik usaha, kebutuhan Bagus pun cukup spesifik, yaitu ia menginginkan alat bantu yang memungkinkannya mengawasi bisnis dari mana saja.

    Kabar baiknya, Bagus bertemu dengan majoo yang menawarkan fitur lengkap. majoo adalah aplikasi point of sale (POS) yang membantu para pemilik usaha mengelola bisnisnya dengan lebih mudah melalui aneka fitur esensial dan relevan dengan kebutuhan pemilik usaha. 

    Nah, salah satu fitur yang ditawarkan oleh majoo ialah fitur Aplikasi Owner. Fitur ini adalah fitur khusus yang memungkinkan pemilik usaha atau manajer memantau semua aktivitas bisnis, seperti penjualan, kas kasir, serta absensi dan karyawan dari smartphone

    Dengan begitu, pemilik usaha seperti Bagus dapat melihat laporan dan situasi bisnis saat berada di mana saja dan kapan saja. 

    Bahkan, fitur tersebut juga memungkinkan pemilik usaha memonitor penjualan terbaik serta mengirimkan pengumuman atau pesan kepada karyawan dengan cepat dan mudah. Pengelolaan side hustle pun bisa lebih efisien, bukan?

    Selain dapat diakses dari mana saja, Bagus sendiri paling menyukai fitur laporan penjualan. Menurut pemilik Bagus Laundry ini, fitur laporan penjualan majoo memberikan informasi lengkap dan tidak membingungkan sehingga ia bisa membaca laporan dengan jelas.

    Tak hanya itu, menurut Bagus, fitur-fitur lain yang ditawarkan oleh aplikasi POS yang satu ini juga relatif lengkap dan berfungsi dengan baik. 

    Jadi, berbagai kebutuhan pemilik usaha dalam mengelola bisnis dapat terpenuhi, mulai dari fitur pengelolaan stok hingga laporan keuangan. 

    Apakah kamu juga berencana menjalankan bisnis sebagai usaha sampingan? Kalau iya, pastikan kamu juga menggunakan aplikasi POS lengkap seperti majoo agar kamu bisa mengelola dan memantau bisnis dengan mudah. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang aplikasi majoo, klik tautan ini!

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Warkop Naik Kelas Hagios: Tantangan Jadi Semangat untuk Maju
    Warkop Naik Kelas Hagios lahir dari upaya mengubah tantangan sebagai bahan bakar untuk maju. Mau tahu kisah sukses coffee shop ini? Yuk, baca di sini!
    Bagi Ngopisore, Manajemen Bisnis Lebih Mudah dengan majoo
    Aplikasi majoo membuat manajemen bisnis Ngopisore jadi lebih mudah, tapi tetap hemat.
    Majoo Bikin Laporan Bisnis Tikum Bike Jadi Praktis
    Cerita dari Tikum Bike, spesialis service dan penjualan sepeda Brompton. Setelah mengambil #langkahmajoo, laporan bisnis jadi lebih praktis.
    Enzo Pet Shop: Fitur majoo, Memudahkan Operasional Bisnis
    Enzo Petshop and Clinic adalah bisnis jasa kesehatan hewan yang operasional bisnisnya terbantu dengan menggunakan fitur majoo.