Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    Bisnis Melesat dengan Marketing yang Tepat!


    Setiap bisnis perlu strategi marketing dan branding yang tepat agar bisa mendatangkan keuntungan berlimpah. Nggak sekadar menggunakan iklan ataupun endorsement demi meningkatkan penjualan, kamu harus paham cara jitu untuk menyentuh calon customer kamu.

    Di sinilah marketing communication berperan dalam menentukan strategi dalam menyasar pangsa pasar dari brand kamu. Karena ternyata, memang nggak semua brand memiliki pola komunikasi yang sesuai dengan customernya. Oleh karena itu, kamu harus punya strategi yang sesuai dengan profil serta produk milikmu.

    Terlebih, memiliki strategi komunikasi dan marketing yang tepat untuk bisnis UMKM juga sangat penting. Selain agar mampu mendapatkan pelanggan loyal, kamu juga bisa menjadi brand yang berbeda di mata pelanggan dengan cara komunikasimu sendiri. Nah, majoo punya beberapa tips yang bisa kamu terapkan dalam bisnismu nih. Yuk, simak sampai habis!

    Tentukan Branding dan Posisi Bisnismu

    Dengan menentukan strategi marketing dan komunikasi terhadap pelanggan, kamu sudah bisa menentukan branding dan positioning dalam bisnismu. Jika kamu ingin menanamkan dalam benak pelanggan tentang produkmu, kamu harus paham posisi brand kamu saat ini. Kamu bisa menggunakan bahasa komunikasi formal atau bercampur bahasa asing, jika ingin menempatkan brand kamu pada pelanggan menengah ke atas.

    Misalnya, kamu memiliki produk fashion high end nih, kamu tentunya ingin mengomunikasikan seolah-olah brand kamu dipakai oleh orang ‘berkelas’. Nah, tentunya kamu harus menggunakan bahasa yang simple dan tidak perlu bertele-tele menjelaskan mengenai keunggulan produkmu.

    Riset Profil Customer!

    Setelah kamu berhasil memposisikan brand kamu, sudah saatnya mencari tahu profil customer kamu secara detail. Hal ini wajib kamu lakukan agar promosi dan produk yang kamu miliki bisa tepat sasaran. Nggak mungkin kan, kamu menjual produk fashion harga tinggi kepada pangsa pasar remaja, karena kemungkinan barang kamu terjual bakal sedikit. 

    Cari tahu secara spesifik kepada siapa kamu menjual barangmu. Termasuk usia, lokasi tempat tinggal, besar penghasilan, pekerjaan, bahkan hingga kebiasaan mereka. Data tersebut sangat penting dalam menentukan strategi marketing dan cara kamu berkomunikasi terhadap pelanggan, sehingga mereka bisa merasa dekat dengan brand kamu.

    Bentuk Kebutuhan Customer 

    Membuat konten dan produk yang relevan terhadap kebutuhan customer wajib dilakukan oleh semua brand. Namun, bagaimana jika kamu mampu membentuk mindset pelanggan kamu untuk terus membutuhkan produk atau brand kamu? Nah, dengan strategi marketing dan komunikasi yang tepat, kamu bisa terus-terusan membuat strategi marketing seolah-oleh pelanggan selalu membutuhkan produk kamu.

    Salah satu cara menarik adalah dengan membangun keresahan dan permasalahan yang bisa diselesaikan oleh produk kamu. Dengan begitu, komunikasi antar brand dan pelanggan mampu terjalin secara natural. Misalnya, kamu memiliki produk jilbab anti ribet dan anti kusut. Kamu bisa membuat seolah-olah calon pembeli kamu adalah seorang yang sibuk dan nggak sempat merapikan bajunya, maka produk kamu bisa menjadi solusinya.

    Jalin Komunikasi dengan Pelanggan

    Salah satu strategi marketing yang sering dilupakan oleh brand adalah seni berkomunikasi langsung dengan pelanggan. Biasanya, kebanyakan brand hanya sibuk membuat promo dan upload produk baru mereka saja. Padahal, rahasia mendapatkan pelanggan loyal salah satunya adalah rajin mengobrol dengan pelanggan secara langsung. 

    Contoh brand yang melakukan komunikasi dengan tepat terhadap pelanggan adalah brand parfum lokal yaitu HMNS. Kalau kamu perhatikan, mereka selalu mengobrol rutin dengan followers mereka baik di post Instagram maupun Twitter. Selain itu, cara mereka berkomunikasi juga ‘asyik dan seru’ karena menyesuaikan profil customer mereka yang mayoritas anak muda. 

    Maksimalkan Digital Campaign

    Terakhir, setelah mengetahui posisi brand dan produk kamu serta bagaimana cara berkomunikasi yang tepat terhadap pelanggan, kamu perlu memaksimalkan performa digital campaign kamu. Buat beberapa rancangan promosi dan iklan sesuai tujuan bisnis kamu. Misalnya, jika kamu ingin meningkatkan brand awareness dan memperluas market, kamu bisa menggunakan iklan dan endorsement kepada influencer yang memiliki fee murah. Dengan memperbanyak promosi tentang produk dan keunggulan brand kamu, kamu bisa meningkatkan reach-mu.

    Tujuan dari memaksimalkan marketing dan komunikasi digital mengenai brand dan produkmu adalah mendapatkan data pelanggan, leads, hingga mempercepat keputusan pelanggan untuk membeli produkmu. Dengan mengetahui data pelanggan dan posisi brand kamu, strategi marketing yang kamu sesuaikan dengan data tersebut menjadi lebih akurat dan relevan terhadap kebutuhan customer.


    Ingin belajar lebih banyak tentang marketing dan komunikasi yang efektif untuk bisnis kamu? Jangan ketinggalan webinar ‘Ruang Majoo’ bersama Kak Julee seorang praktisi Marketing & Communication. Kamu bisa belajar tentang cara menyesuaikan komunikasi dengan pelanggan, hingga strategi efektif dalam membuat kampanye digital. Penasaran ingin belajar dan diskusi lebih lanjut? Daftarkan diri kamu di webinar ‘Ruang Majoo’ edisi 02 September 2022 pukul 15.00 WIB. Jangan lupa daftarkan diri kamu melalui link berikut ya! Gratis!

    bit.ly/webinarmajoo

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Meningkatkan Brand Exposure Online Shop Tanpa Gagal
    Brand exposure merupakan salah satu kegiatan dalam hal branding. Bagaimana cara meningkatkan brand exposure pada online shop?
    Wajib Tahu, 5 Trik Agar Bisnismu Gak Ambruk di Tengah Jalan!
    Memulai sebuah bisnis membutuhkan sumber daya yang tidak sedikit. Tapi ngomongin soal mengelola bisnis? Wah, ini sudah another level sih!
    Ingin Mulai Bisnis Kuliner? Ini 5 Perlengkapan yang Wajib Kamu Punya!
    Bisnis kuliner belakangan makin jadi primadona, apalagi di tengah populernya platform penjualan online.
    5 Trik Tingkatkan Jualan Laris di eCommerce, Anti Gagal!
    Buat kamu yang sedang mempertimbangkan untuk melakukan ekspansi usaha dengan coba berjualan di marketplace, majoo punya beberapa tips ampuh yang bisa kamu coba. Yuk, simak!