Bulan Ramadhan Tiba, Inilah Tren Hampers di Era New Normal


 

Tidak terasa bulan Ramadhan sudah di depan mata. Masyarakat sering kali menjadikan momen Ramadhan untuk saling berbagi, baik berbagi dengan keluarga, teman, maupun kolega kerja. Kondisi pandemi diprediksi tidak akan menjadi penghalang untuk melakukan hal tersebut. Tentunya aktivitas berbagi dilakukan dengan beberapa penyesuaian.

 

Namun, berbagai penyesuaian tersebut justru menciptakan tren-tren baru yang menjadi peluang bagi pemilik usaha. Salah satunya untuk usaha-usaha hampers Ramadhan atau lebaran.

 

Kebutuhan yang mulai bergeser karena pandemi tidak mengurangi antusiasme masyarakat untuk saling berbagi. Maka dari itu, menghadirkan hampers bulan Ramadhan yang disesuaikan dengan kebutuhan era new normal sangat potensial mendatangkan keuntungan

 

Seperti yang telah diketahui, selama kenormalan baru, terdapat beberapa benda yang rutin kita bawa ke mana saja, seperti masker, hand sanitizer, peralatan makan, atau alat  disinfektan.

 

Sebelum adanya pandemi, masker ataupun hand sanitizer bukanlah barang yang diprioritaskan dalam kehidupan sehari-hari. Namun, saat ini barang-barang tersebut sudah menjadi kebutuhan utama sebagai upaya pencegahan infeksi virus COVID-19.

 

Oleh karena itu, pemilik usaha bisa melihat fenomena ini sebagai sebuah peluang. Misalnya, masker menjadi salah satu kebutuhan pada era new normal yang patut dieksplorasi sebagai peluang usaha baru.

 

Lebih jauh lagi, kini berbagai jenis dan model masker tersebar di pasaran, mulai dari ukuran dewasa sampai anak-anak, dari harga yang sangat terjangkau sampai relatif mahal. Inovasi tersebut juga dapat diaplikasikan kepada barang-barang new normal starter kit lainnya.

 

Peluang tersebut tampaknya ditangkap dengan baik oleh para pebisnis hampers yang memanfaatkan momen Ramadhan dengan menyesuaikan kebutuhan masyarakat saat ini. Berikut ini adalah beberapa tren hampers Ramadhan yang dapat kamu terapkan untuk usaha.

 

Alat ibadah travel, lebih aman beribadah di luar rumah

Salah satu hampers Ramadhan yang menjadi pilihan adalah alat ibadah travel. Sesuai namanya, alat ibadah ini diperuntukkan untuk kebutuhan beribadah pada saat di luar rumah. Model dan bentuk yang ringan serta simpel membuatnya mudah dibawa ke mana saja


Penggunaan alat ibadah travel juga merupakan salah satu upaya pencegahan COVID-19 karena masyarakat dapat menjamin kebersihan alat ibadahnya masing-masing saat digunakan.

 

Hampers alat ibadah dapat disesuaikan dengan target pembeli yaitu laki-laki atau perempuan. Paket hampers untuk perempuan biasanya meliputi sajadah, mukena atau tasbih. Sementara itu, sajadah, sarung, peci atau tasbih bisa menjadi pilihan produk-produk hampers untuk laki-laki.


Kamu dapat menata isi hampers semenarik mungkin, misalnya dengan menyertakan kartu ucapan di dalamnya atau menaruh masker kain sebagai bonus. Harapannya,  cara ini akan meningkatkan daya tarik pembeli.

 

Paket masker kain untuk silaturahmi yang lebih aman

Masker yang sudah menjadi kebutuhan utama masyarakat dapat dikemas dengan menarik dalam bentuk hampers Ramadhan. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, masker kain saat ini memiliki ragam model dan desain.

 

Bahkan, konsumen sudah mulai mix and match warna masker dengan pakaian yang dipakai. Selain itu, bahan yang digunakan juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

 

Sebagai contoh, masker kain dengan hiasan brokat dapat digunakan ke acara perayaan, sedangkan untuk acara kasual bahan katun bisa menjadi pilihan. Nah, kamu dapat menyediakan berbagai model masker kain untuk dijadikan pilihan bagi pembeli.

 

Untuk memudahkan penggunaan masker, kini hadir pula strap mask. Dengan strap mask masker menjadi lebih bersih karena tidak perlu ditaruh saat tidak digunakan. Misalnya, saat kamu perlu minum.

 

Lebih dari itu, layaknya masker, strap mask pun menjadi komponen fesyen yang sangat menarik. Kamu bisa berkreasi menghadirkan strap mask berbahan rantai sampai mutiara. Di era new normal, hampers berisi masker dan strap mask ini sudah pasti sangat bermanfaat.



Berbagi hampers vitamin atau minuman sehat

Menjalankan ibadah puasa memerlukan asupan gizi yang cukup agar kondisi tubuh tetap fit, apalagi di tengah pandemi. Wajar saja bila masyarakat tidak hanya mengonsumsi makanan yang bergizi, tetapi juga menambahkan suplemen untuk menunjang kesehatan tubuh.


Karena kepedulian masyarakat terhadap kesehatan makin meningkat, tidak heran jika muncul tren hampers yang berisi vitamin dan minuman kesehatan sebagai pilihan untuk berbagi.

 

Hampers yang berisi suplemen kesehatan ini dapat diberikan kepada siapa saja.  Jadi, tentunya sangat membantu konsumen yang bingung mencari ide berbagi hampers.

 

Biasanya, isi dari hampers ini terdiri dari jamu,  rempah-rempah kering, atau vitamin. Ada pula yang memasukkan obat-obatan drugstore di dalam hampers.

 

Dengan sedikit kreativitas dalam menata kemasan, hampers yang berisi obat atau minuman kesehatan ini dapat tetap terlihat menarik.

 

Hampers berisi new normal kit, kenapa tidak?

Tahun ini merupakan tahun kedua Ramadhan di tengah pandemi. Namun, kali ini sebagian besar aktivitas sudah hampir normal kembali, tentunya dengan penerapan protokol kesehatan.

 

Agar masyarakat bisa beraktivitas dan tetap terlindungi dari virus, berbagai kebiasaan mulai diubah. Hal ini juga dilihat oleh pebisnis hampers sebagai ide usaha.

 

Karena itu, salah satu tren hampers Ramadhan tahun ini adalah new normal kit. Di dalam new normal kit umumnya terdapat masker kain, hand sanitizer, face shield, disinfektan, sabun cuci tangan, dan tisu basah.

 

Kadang ditambahkan juga peralatan makan seperti sendok dan garpu, sarung tangan, serta alat bantu buka pintu atau memencet tombol.


Dari tren-tren hampers di atas, adakah ide yang ingin kamu coba?

Upcoming Event

Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

Lihat semua event

Download Majalah

Cover majalah wirausaha Indonesia
Lihat semua edisi

Related Article

Bulan Ramadhan Tiba, Inilah Tren Hampers di Era New Normal

Bulan Ramadhan identik sebagai bulan berbagi. Kegiatan berbagi ini tidak surut walaupun berada di tengah pandemi. Salah satunya dengan memberikan hampers.

Penerapan New Normal pada Bisnis Kuliner di Berbagai Negara

Bisnis kuliner di berbagai negara di dunia seperti Cina, Italia, Jepang, Korea Selatan, Taiwan, Hong Kong, dan Thailand saat ini telah mulai kembali bergerak dengan penerapan new normal.

5 Bisnis Mudah Berkembang dengan Aplikasi Point of Sales

Pemanfaatan aplikasi point of sales dapat sangat membantu pelaku usaha; khususnya mereka yang bergerak di 5 jenis bisnis berikut!

Promo COVID-19, Cara Menekan Dampak Pandemi pada Bisnis

Promo COVID-19 merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan oleh pelaku usaha untuk bertahan dari dampak yang diakibatkan oleh penyebaran COVID-10 yang telah menjadi pandemi. Mereka kita bahas metode apa saja yang bisa dilakukan untuk mendukung tren bisn
Whatsapp