Efektivitas Penggunaan Aplikasi dengan Fitur Absensi Online



Karyawan dan tenaga kerja yang disiplin menjadi salah satu kunci untuk meraih kesuksesan dalam suatu bisnis. Bagaimana cara untuk  mengetahui apakah karyawan di tempatmu bekerja dengan etos kedisiplinan yang tinggi? Salah satunya dengan melihat jam kerja mereka. Karyawan yang baik akan datang dan pulang tepat waktu, tidak memanipulasi daftar kehadiran dan tidak menganggap enteng pentingnya absensi. 


Mudah bagi pemilik usaha atau pimpinan sebuah perusahaan untuk mengecek daftar kehadiran bila jumlah karyawan yang ada tidak terlalu banyak atau semuanya bekerja full time di kantor. Tapi akan menjadi sebuah masalah bila ternyata jumlah karyawan cukup banyak dan ada beberapa yang memang bertugas di lapangan dan jarang menetap di kantor. Belum lagi kalau ada beberapa karyawan yang gemar melakukan kecurangan dalam daftar absensi. 


Munculnya aplikasi lengkap dengan fitur absensi online dianggap menjadi salah satu solusi yang tepat untuk mengatasi berbagai masalah terkait dengan hal ini. Dengan adanya aplikasi semacam ini, pemilik usaha atau perusahaan menjadi lebih mudah dalam mengontrol manajemen karyawan. Kehadiran atau keterlambatan karyawan tercatat secara tepat sehingga nantinya perusahaan akan diuntungkan lantaran gaji yang diberikan sepadan dengan kinerja karyawan tersebut.


Apa saja yang menjadikan fitur absensi online ini hadir lebih efektif? Yuk kita bahas satu per satu!


• Penghematan Biaya

Saat pemilik bisnis atau perusahaan menyadari bahwa daftar absensi konvensional lumayan menimbulkan masalah, ada beberapa dari mereka yang akhirnya memilih menggunakan metode absensi dengan fingerprint scanner. Tapi hal ini kemudian memunculkan masalah baru, antara lain biaya untuk membeli alat yang tidak murah. Belum lagi bila ternyata perusahaan memiliki beberapa cabang, otomatis alat yang harus dibeli juga bertambah. 


Selain itu, kamu juga akan membutuhkan perangkat fingerprint cadangan sebagai antisipasi apabila terjadi kerusakan. Tak hanya dibebankan oleh biaya pengadaan perangkat, sistem fingerprint juga membutuhkan teknisi khusus untuk melakukan perbaikan maupun pemeliharaan.


Dengan menggunakan aplikasi lengkap yang memiliki fitur absensi online, hal ini bisa diminimalisir. Pemilik bisnis atau perusahaan bisa menghemat banyak dana dengan berlangganan cukup satu aplikasi saja. Absensi online tidak membutuhkan banyak perangkat fisik absensi. 


Bermodalkan komputer atau laptop dan koneksi internet, kamu sudah bisa menjalankan fungsi absensi karyawan. Para karyawan pun dapat melakukan absensi dengan gawai yang mereka miliki. Cukup dengan mengunduh, mendaftar dan menggunakannya dari gawai, manajemen karyawan bisa kamu kontrol kapan saja. 



• Meminimalisir Manipulasi

Sudah menjadi rahasia umum, ada beberapa karyawan yang sering melakukan kecurangan dengan memanipulasi daftar kehadiran mereka. Datang jam sembilan, mengaku datang jam delapan. Hal ini kerap terjadi bila menggunakan daftar absensi konvensional. Tapi tidak akan terjadi lagi saat kamu beralih ke aplikasi yang menyediakan fitur absensi online. 


Absensi online umumnya memakai teknologi berdasarkan Global Positioning System (GPS) yang akan melakukan verifikasi kehadiran karyawan yang bersangkutan. Karyawan tidak akan bisa memanipulasi jam kehadiran kerja karena data digital yang masuk akan dienkripsi dan disimpan dengan rapi.


Data jam kedatangan, pulang, juga keterlambatan karyawan tercatat dengan tepat yang nantinya akan berpengaruh pada gaji yang mereka terima. Perusahaan bisa memberikan bayaran yang sepadan dengan jam kerja mereka. 


• Akurasi Perhitungan Jam Kerja

Karena selalu terhubung dengan internet, aplikasi dengan fitur absensi online ini secara otomatis membuat perhitungan jam kerja jadi lebih akurat. Ini disebabkan waktu yang dipakai akan tersinkron  dengan waktu yang berlaku di semua gawai. Waktu yang ditampilkan pada gawai karyawan serta perangkat laptop atau komputer di perusahaan akan sama. 


Tingkat akurasi dalam sistem absensi inilah yang menjadi poin yang amat penting dalam pengukuran kinerja karyawan perusahaan. Apalagi kalau bisnis atau perusahaan kamu menerapkan kebijakan gaji yang berpedoman pada kehadiran serta keterlambatan karyawan. 


Cara ini akan sangat efektif untuk bisnis atau perusahaan yang melakukan potongan gaji untuk setiap keterlambatan dan juga memberikan tunjangan overtime bagi karyawan yang bersedia lembur demi mencapai target tertentu.


• Satu Aplikasi untuk Semua

Saat kamu sudah mengetahui efektivitas dari adanya sebuah fitur absensi online, maka kamu tidak lagi punya alasan untuk tidak mencobanya. Lalu apakah hanya aplikasi absensi saja yang bisa kamu pakai dalam mengontrol manajemen karyawan? Tidak.


Aplikasi wirausaha online seperti majoo.id hadir dengan sistem operasional berbasis cloud. Bukan hanya fitur absensi online yang kamu dapat, tapi sekaligus dengan beberapa fitur lainnya seperti laporan keuangan, kasir online, dan inventori produk. 


Kamu bisa memantau kehadiran dan kinerja karyawan dengan mudah, akurat, dan secara real time. Semestinya hal ini juga akan memudahkan kamu dalam menentukan kebijakan gaji untuk para karyawan yang secara otomatis berpengaruh pada keuangan perusahaan.

Upcoming Event

Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

Lihat semua event

Download Majalah

Cover majalah wirausaha Indonesia
Lihat semua edisi

Related Article

Online Shop: Bisnis Paling Tepat di Masa Pandemi

Di masa pandemi, saat semuanya dibatasi, membuka atau mengalihkan bisnis menjadi online shop dianggap sebagai sebuah strategi bisnis yang tepat.

Hal yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Inovasi Produk, Dari A-Z

Untuk bisa bertahan dan maju di tengah persaingan, kamu perlu melakukan inovasi produk, baik meluncurkan produk baru maupun menambahkan fitur.

Metode Pembayaran QRIS, Inilah Kelebihannya

Metode pembayaran dengan menggunakan QRIS bisa dipilih untuk menjaga jarak aman selama pandemi. Selain itu, cara ini juga lebih menguntungkan bagi bisnis.

Melayani Pelanggan Setia Melalui Sistem Keanggotaan

Bagaimana melayani pelanggan setia secara maksimal, tetapi juga tidak merepotkan? Mungkin program pelanggan setia bisa menjadi solusi yang patut dicoba!
Whatsapp