Table of Content

    Empat Prinsip Kebebasan dalam Wirausaha

     

    Bagi banyak orang, salah satu motivasi utama di balik memulai bisnis mereka sendiri adalah kebebasan. Freedom to be free. Menginginkan kebebasan memang adalah keinginan dasar manusia, tetapi untuk mendapatkannya tidak mudah. Misalnya, jika kamu saat ini masih menjadi karyawan dan ingin memulai bisnismu sendiri, maka kamu harus terbebas lebih dulu dari pekerjaanmu sebagai karyawan.

     

    Mereka yang menjalankan bisnisnya memiliki kesempatan untuk menciptakan kebebasan sendiri. Kebebasan yang mungkin tidak bisa didapatkan saat menjadi karyawan sebuah perusahaan. Lalu, kebebasan apa saja yang bisa dimiliki oleh seorang wirausahawan?

     

    1. Kebebasan Waktu

    Sebagai pemilik bisnis, kamu bebas memilih bagaimana kamu akan menghabiskan waktu. Bila biasanya hidupmu hanya diisi dengan aturan rutin bekerja dari jam sembilan pagi sampai jam lima sore, maka saat sudah menjadi wirausahawan kamu bisa membagi waktumu dengan lebih leluasa. Contohnya: waktu yang kamu miliki bisa dibagi menjadi beberapa hari yang produktif, hari khusus untuk perencanaan bisnis atau juga hari untuk beristirahat.

     

    Dengan terbebasnya dari aturan waktu, maka kamu akan lebih mudah untuk fokus memikirkan bisnismu.

     

    2. Kebebasan Uang

    Kebebasan uang yang dimaksud adalah kebebasan finansial yang mungkin merupakan pencapaian utama yang diinginkan oleh siapa pun. Kebebasan uang bukan tentang menjadi kaya melainkan kebebasan dari kekhawatiran uang. Kebebasan untuk melakukan apa yang kamu mau tanpa hambatan uang. Tanpa takut uang yang kamu miliki akan habis.

     

    Dengan kebebasan uang, maka jalan untuk melakukan inovasi dalam bisnis menjadi lebih terbuka. Keuangan yang baik pasti akan sangat mendukung lancarnya usaha yang dijalankan. Dan tentunya juga akan menghasilkan kebebasan uang yang baru lagi, tanpa batasan.

     

    3. Kebebasan Berelasi atau Membangun Hubungan

    Sebagai wirausahawan kamu bukan cuma bisa memiliki kebebasan memilih siapa orang yang akan bekerja denganmu tapi juga bebas memilih siapa pelanggan dan klienmu. Kamu bebas untuk menentukan dengan siapa kamu ingin bekerja sama.

     

    Dengan memiliki kebebasan ini kadar bahagiamu bisa lebih terjamin karena kamu dikelilingi oleh orang yang kamu pilih secara pribadi, yang kamu tahu tidak akan membawa pengaruh buruk pada jalannya bisnismu.

     

    4. Kebebasan Tujuan

    Saat kamu memilih untuk menjadi wirausahawan dan menjalankan bisnis yang kamu ciptakan, maka bisnis ini tidak hanya berhentj menjadi sebuah pekerjaan atau karier. Bisnis inilah yang sebenarnya menjadi kendaraan untuk segala macam hal yang berhubungan dengan nilai-nilai idealisme dalam hidupmu. Bisnis yang maju bisa menjadi jalur untuk mewujudkan tujuan dan cita-citamu sepenuhnya.

    Tapi kebebasan tujuan ini tidak akan bisa tercapai bila kebebasan waktu, uang, dan berelasi belum kamu miliki.

     

    Dari empat poin di atas, bisa kita simpulkan bahwa antara prinsip kebebasan yang satu dengan lainnya memang tidak bisa dipisahkan.  Untuk mendapatkan keempatnya pun bukan hal yang mustahil bila kita berani memulai untuk menjadi seorang wirausahawan.

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Mempertahankan Bisnis dengan Memanfaatkan e-Marketplace
    Berbagai e-Marketplace berlomba memberikan dukungan di platform mereka untuk pebisnis, dengan harapan agar ekonomi tetap bergerak di masa pandemi COVID-19.
    Online Shop: Bisnis Paling Tepat di Masa Pandemi
    Di masa pandemi, saat semuanya dibatasi, membuka atau mengalihkan bisnis menjadi online shop dianggap sebagai sebuah strategi bisnis yang tepat.
    Belajar dari Pandemi: 5 Catatan Penting untuk Pemilik Usaha
    Meski sulit, ada pelajaran berharga yang dapat diambil selama pandemi. Dengan memahami ini, pemilik usaha dapat bertahan dan bergerak maju.
    Marketplace Indonesia Ini Turut Dorong Pertumbuhan UMKM Lho!
    Marketplace Indonesia memegang peranan besar dalam mendukung perkembangan UMKM. Apa saja marketplace karya anak bangsa tersebut? Simak daftarnya di sini!