Table of Content

    Bisnis Ramah Lingkungan, Kontribusi untuk Menjaga Bumi

     

     

    Bumi yang kita huni, semakin lama semakin tua dan menanggung beban yang kian berat. Pemanasan global menjadi isu yang semakin mendapat perhatian dari masyarakat umum. Hal tersebut adalah salah satu alasan yang melandasi berbagai bisnis untuk beralih ke solusi-solusi ramah lingkungan dalam operasionalnya sehari-hari.

     

    Menjalankan bisnis yang ramah lingkungan tidak berarti menurunkan kualitas materi produksi secara umum, tetapi lebih tentang penggunaan energi dan sumber daya yang lebih efisien, serta pengelolaan limbah yang lebih bertanggung jawab.

     

    Pelanggan juga menjadi bagian penting dari peralihan yang terjadi di bisnis. Beberapa tahun belakangan ini, pelanggan semakin menuntut pelaku bisnis untuk menunjukkan iktikad baik dalam menjaga kelestarian alam. Ini adalah alasan lain mengapa bisnis perlu memenuhi tuntutan ini dengan cepat, dan melakukannya dengan benar, jika ingin terus bertahan dan memenangkan hati pelanggan.

     

    Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan jika ingin menjalankan bisnis yang ramah lingkungan:

     

    Pengelolaan Bahan Baku

    Terutama jika bisnismu bergerak di bidang makanan dan minuman, kelola stok bahan baku dan perhatikan tanggal kedaluwarsa dengan ketat. Hindari menumpuk bahan baku terlalu banyak yang akan berisiko kedaluwarsa sebelum digunakan.

     

    Kamu juga bisa mengurangi limbah dengan menggunakan bahan-bahan yang tak terpakai. Misalnya, jika ada tomat yang sudah terlalu matang dan tidak bisa dipakai untuk menu salad, kamu masih bisa menggunakannya untuk membuat saus tomat.

     

    Dengan pengelolaan bahan baku dan sistem inventori yang baik, kamu bisa mengurangi limbah yang dihasilkan bisnismu. Manfaatkan aplikasi inventori seperti majoo yang akan membantumu menganalisis perputaran bahan dan belanja modal, serta memberimu notifikasi jika bahan menipis.

     

    Perhatikan Penggunaan Air

    Mengurangi penggunaan air adalah salah satu cara untuk menghemat beban dana operasionalmu, sekaligus membantu menghemat sumber daya alam yang berharga ini.

     

    Beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi penggunaan air di lingkungan bisnismu, misalnya: cek peralatan bisnismu, dan jika memungkinkan, gunakan peralatan yang menggunakan teknologi hemat air. Lakukan pemeriksaan keran dan pipa air secara berkala untuk memastikan tidak ada kebocoran.  

     

     

    Pemilihan Produk dan Peralatan Pendukung Bisnis

    Gunakan produk yang bebas bahan kimia yang berbahaya bagi lingkungan dan kesehatan untuk membersihkan area bisnismu.

     

    Gunakan juga furnitur dan peralatan yang ramah lingkungan. Misalnya: perabotan yang terbuat dari bahan daur ulang, serta sebisa mungkin hindari penggunaan plastik sekali pakai dan polystyrene untuk gelas, sedotan, dan lain sebagainya.

     

    Pengelolaan Sampah

    Jika bisnismu adalah restoran atau kedai kopi yang setiap hari menghasilkan sampah organik dan non-organik, buatlah area pemilahan sampah untuk memisahkan sampah yang dapat didaur ulang atau dibuat kompos.


    Pisahkan sisa makanan dengan baik dan pastikan sisa makanan tersebut ditangani dengan baik, bukan hanya dibiarkan teronggok begitu saja. Ini adalah cara paling jitu untuk mengurangi sebagian jejak karbon yang dihasilkan bisnis kuliner seperti restoran.

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Bisnis Maju Dengan Aplikasi Toko Kelontong Modern
    Mengelola bisnis tradisional di tengah gempuran eCommerce tidaklah mudah. Kamu harus mulai mengadaptasi perkembangan teknologi, misalnya menggunakan aplikasi untuk mengelola toko kelontongmu.
    5 Hal Penting dalam Melakukan Market Research
    Informasi dari market research dapat membantumu menyampaikan kampanye pemasaran yang dapat menarik target pasar.
    Keuntungan Integrasi Online Bisnis F&B dengan GrabFood
    Di masa pandemi, integrasi online dengan layanan pesan antar seperti GrabFood bisa menjadi pilihan bijak. Nikmati program terbaru aplikasi majoo.
    Menentukan Jam Buka Restoran Terbaik selama Ramadan
    Apa saja yang perlu diperhatikan pelaku usaha di bidang kuliner saat menentukan jam buka restoran selama bulan puasa?