Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    • majoo blog
    • Tips
    • Mau Lebih Fun Kelola Operasional Bisnis? Begini Caranya!

    Mau Lebih Fun Kelola Operasional Bisnis? Begini Caranya!

    Tahukah kamu, mempunyai visi yang jelas bisa membuat pengelolaan bisnis terasa lebih seru?

    Apa sih yang terbayang di benakmu saat ingin membuat lingkungan kerja atau operasional bisnismu lebih menyenangkan? Apakah mengundang stand-up comedian ke acara perusahaanmu? Atau mengadakan acara team building yang seru dan memacu adrenalin?

    Sebelum kamu tergesa-gesa melakukan hal-hal di atas, sebenarnya ada hal-hal mendasar yang bisa membuat pengelolaan bisnis lebih fun, lho. Mulai dari visi yang jelas hingga penggunaan aplikasi POS berperan dalam menciptakan kegiatan bisnis yang menyenangkan.

    Penasaran dengan hal-hal mendasar tersebut? Yuk, simak pembahasannya di bawah ini!

    Punya Visi yang Menginspirasi

    Cara termudah untuk memahami visi adalah mengibaratkannya seperti destinasi atau tempat yang kamu tuju. Kalau kamu tidak tahu ke mana kamu akan pergi, bagaimana kamu bisa mengharapkan orang lain mengikutimu? 

    Sebagai pemimpin bisnis, visimu merupakan hal yang akan membuatmu tetap fokus dalam aktivitas harian bisnis. Visi juga akan membuatmu terus maju ketika berhadapan dengan masa-masa sulit. 

    Berbagi visi itu dengan tim akan membuat mereka terinspirasi juga. Mereka akan mengambil inisiatif dan membuat keputusan yang membawa bisnismu ke arah yang benar.

    Dengan demikian, proses mengelola bisnis sehari-hari akan terasa menjadi kegiatan yang penuh semangat, baik untukmu maupun tim.

    Rayakan Setiap Kemajuan

    Apakah skala bisnismu sekarang masih lokal, sudah ekspor, atau keduanya? Rayakan setiap titik pencapaian yang berhasil kamu capai dan lakukanlah secara konsisten. 

    Merayakan kemajuan ketika kondisi bisnis growth atau menuai banyak profit mungkin terasa mudah. Namun, kamu juga tetap perlu merayakan progress pada masa sulit, terlepas dari sekecil apa pun kemajuan tersebut.

    Tim yang terlibat dalam bisnismu berhak menerima apresiasi atas kerja mereka. So, celebrate your win!

    Akan tetapi, perlu diingat, merayakan kemajuan dalam bisnis tidak selalu berarti mengadakan pesta, ya. Kamu bisa merayakan kemajuan dengan memberikan selamat dan berterima kasih kepada tim serta dirimu sendiri.

    Pengelolaan bisnis tak akan terasa terlalu berat jika kamu mendelegasikan pekerjaan kepada tim atau tools yang tepat.

    Mengelola Waktu dengan Baik

    Apabila kamu sudah memiliki visi yang jelas, idealnya setiap hari kamu harus mengerjakan hal-hal yang benar-benar akan membawa bisnismu bergerak maju dan mendekat pada visi tersebut. 

    Kamu juga tentu ingin tim yang terlibat dalam bisnis melakukan hal yang sama. Sehubungan dengan hal itu, kamu perlu menempatkan orang-orang andalan pada tugas-tugas yang krusial atau menghasilkan nilai paling besar.

    Minimalisasi gangguan dan putuskan, bagaimana kamu ingin menghabiskan waktumu? 

    Bila perlu, buat daftar tugas atau to do list yang berkaitan mendukungmu menuju visi bisnis. Perlu diingat, tidak akan pernah ada cukup waktu untuk melakukan segala hal dan sekali hari ini terbuang sia-sia, kamu tidak akan pernah bisa mendapatkannya kembali.

    Ada banyak model tentang cara mengatur waktu secara efektif. Kamu bisa menerapkan cara yang dianggap paling sesuai dengan kebutuhanmu. Bangun budaya yang sama untuk tim sehingga seluruh staf juga melakukan hal yang sama di tengah waktu yang terbatas, yaitu bergerak menuju visi perusahaan.

    Perlu dipahami, bijak mengelola tidak berarti kaku. Bijak mengelola waktu sebetulnya menguntungkan untuk semua pihak. Dengan pengelolaan waktu yang efisien, pekerjaan bisa selesai tepat waktu. Tak ada yang harus lembur. Menyenangkan, bukan?

    Berbagi dengan Masyarakat Sekitar

    Kamu mungkin pernah atau sering mendengar tentang program CSR (Corporate Social Responsibility) yang umumnya difokuskan untuk membantu masyarakat di sekitar lokasi perusahaan.

    Bagi perusahaan besar, CSR memang merupakan ketentuan yang harus dipenuhi. Akan tetapi, esensi dari CSR adalah berbagi dengan masyarakat atau giving back to the society.

    Baca juga: CSR adalah Corporate Social Responsibility, Apa Artinya?

    Nah menariknya, berbagi dengan orang lain tidak hanya baik bagi mereka yang dibantu, tetapi juga untukmu. Pengelolaan bisnis jadi terasa bermakna dan lebih menyenangkan dengan berbagi, lho.

    Delegasikan Pekerjaan

    Sebagai pemilik bisnis, kamu dibutuhkan untuk memikirkan cara agar bisnismu berbeda. Hal tersebut mensyaratkan kombinasi antara keterampilan dan pengalaman.

    Maka dari itu, kamu perlu waktu untuk berpikir dan merencanakan arah serta tujuan bisnis. Jadi, delegasikan pekerjaan rutin harian dan fokus pada hal-hal yang hanya bisa dikerjakan oleh dirimu sebagai pemilik bisnis.

    Mendelegasikan pekerjaan dapat berarti mempekerjakan staf atau menggunakan alat bantu untuk mempermudah operasional bisnis, misalnya penggunaan aplikasi POS.

    Ada banyak pekerjaan harian bisnis yang dapat ‘didelegasikan’ pada sistem POS, salah satunya mendokumentasikan penjualan harian. Dengan penggunaan sistem POS, seluruh transaksi penjualan akan terdokumentasi. Bahkan, kamu bisa menarik laporan keuangan secara otomatis.

    Apa artinya? Tidak hanya kamu bisa memiliki waktu lebih luang untuk memikirkan masa depan bisnis, tetapi pengelolaan bisnis juga akan terasa lebih ringan dan menyenangkan. 

    Tunggu apa lagi? Yuk, gunakan aplikasi POS lengkap sekarang!

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Meningkatkan Brand Exposure Online Shop Tanpa Gagal
    Brand exposure merupakan salah satu kegiatan dalam hal branding. Bagaimana cara meningkatkan brand exposure pada online shop?
    Wajib Tahu, 5 Trik Agar Bisnismu Gak Ambruk di Tengah Jalan!
    Memulai sebuah bisnis membutuhkan sumber daya yang tidak sedikit. Tapi ngomongin soal mengelola bisnis? Wah, ini sudah another level sih!
    Ingin Mulai Bisnis Kuliner? Ini 5 Perlengkapan yang Wajib Kamu Punya!
    Bisnis kuliner belakangan makin jadi primadona, apalagi di tengah populernya platform penjualan online.
    5 Trik Tingkatkan Jualan Laris di eCommerce, Anti Gagal!
    Buat kamu yang sedang mempertimbangkan untuk melakukan ekspansi usaha dengan coba berjualan di marketplace, majoo punya beberapa tips ampuh yang bisa kamu coba. Yuk, simak!