Pentingnya Menjaga Kepuasan Pelanggan ala Papa Pet Shop

Ditulis oleh Faiqotul Himma

article thumbnail

Pentingnya menjaga kepuasan pelanggan.

Tantangan terbesar dalam memulai sebuah bisnis yaitu tidak hanya ilmu, tapi juga tentang cara yang benar dalam menjalaninya. Setiap jenis bisnis memiliki cara suksesnya masing-masing. Tidak terkecuali untuk bisnis pet shop.

Salah satu cara termudah yang bisa kamu lakukan adalah dengan mencontoh ide dan strategi bisnis dari brand lain yang sudah cukup besar.

Di kota-kota besar, pastinya kamu sering melihat banyak bisnis pet shop bertebaran; baik di area komersial atau di area pemukiman, bukan? Dari sinilah kamu bisa melihat bahwa bisnis ini memang banyak dibutuhkan konsumen dan cukup menguntungkan untuk dijalani.

Jika kamu ingin membangun bisnis pet shop di kotamu, kamu bisa membaca artikel kisah sukses kali ini sampai habis, ya. Tentunya ada banyak pelajaran yang bisa diambil dari kisah sukses dari pemilik bisnis pet shop, beserta tantangan yang mereka hadapi. Yuk, simak lebih lengkap kisah suksesnya di bawah ini!

Papa Pet Shop adalah salah satu bisnis pet shop yang berada di kota Palembang. Pet shop ini dirintis oleh Diandindrawan Ashandy (owner) pada bulan Januari 2021. Awalnya ia mendirikan bisnis ini karena Ashandy memiliki hobi memelihara kucing. Terbentuknya nama Papa Pet Shop ini sendiri juga sangat unik. Pada waktu itu istri Ashandy sedang mengandung dan ia akan menjadi seorang Papa, maka dari itu tercetuslah nama Papa untuk bisnis pet shop-nya. 

 Ashandy (owner) percaya akan konsep bisnis quality over quantity.

Strategi Memaksimalkan Penjualan saat Ramadan dan Menjelang Lebaran

Pada dasarnya, Papa Pet Shop ini tidak terlalu memaksimalkan media sosial untuk strategi marketing-nya. Cara yang Ashandy lakukan agar pelanggannya percaya akan bisnis yang dijalaninya yaitu dengan memberikan fasilitas pemantauan pet dari jauh menggunakan CCTV.

Biasanya, owner tidak bisa memantau pet yang dititipkan pelanggan ke sebuah pet shop. Maka dari itu, untuk meningkatkan service bisnisnya, dia memasang CCTV di toko agar dia bisa memantau dari jauh pet yang dititipkan pelanggannya. Service seperti itu tidak di up ke media sosial tapi dengan cara word of mouth atau dari mulut ke mulut. Dia sangat percaya jika bisnis jasa itu yang paling penting adalah kepercayaan dan kepuasan pelanggan. Tanpa adanya kepercayaan dan kepuasan pelanggan, suatu bisnis tidak akan bisa sustainable.

Baca juga: Tips Membuat Usaha Kecil Bertumbuh dalam 5 Langkah Mudah

Kualitas Bisnis dan Kepercayaan Pelanggan, Kunci Utama Bisnis Sukses

Kualitas bisnis yang Papa Pet Shop terus jaga agar terus menumbuhkan kepercayaan pelanggan yaitu dengan quality over quantity yang bisa diartikan kualitas itu lebih penting daripada kuantitas.

Di sini Papa Pet Shop tidak akan menerima booking grooming lebih dari 10 kucing per hari. Pasalnya, dengan cara ini Papa Pet Shop akan lebih mengutamakan dan memaksimalkan kualitas service bisnisnya.

Jika berbicara cuan, bisa saja Papa Pet Shop menerima lebih dari 10 kucing untuk di grooming dalam satu harinya, tapi tidak begitu dengan bisnis yang dijalani Ashandy ini. Kualitas bisnis dan kepercayaan pelanggannya adalah kunci sukses bisnisnya. Dia lebih memilih grooming 10 kucing saja dari pada kualitas service yang diberikan kepada pelanggannya tidak maksimal.

Baca juga: Memulai Bisnis UMKM di Tahun Baru itu Tricky!

Penggunaan Aplikasi Kasir Online All In One yang Sangat Membantu Bisnis

Untuk membantu semua operasional bisnisnya, tentu saja Papa Pet Shop menggunakan aplikasi wirausaha lengkap seperti aplikasi majoo. Papa Pet Shop sangat terbantu dengan menggunakan aplikasi berbasis cloud ini. Fitur yang sangat membantu Papa Pet Shop adalah fitur akuntansi. Dengan fitur ini, Ashandy dapat melihat grafik penjualan apakah tiap bulannya ada kenaikan atau malah mengalami penurunan. Selain itu, Ashandy juga menggunakan fitur analisis bisnis untuk melihat performa bisnis.

Di dalam satu aplikasi terdapat fitur lengkap untuk berbagai jenis usaha. Fitur lain yang ada di aplikasi majoo selain dua yang disebutkan di atas, antara lain fitur kasir online, inventori, owner, karyawan, toko online, dan CRM (Customer Relationship Management).

Nah, itulah kisah sukses Papa Pet Shop tentang menjaga kualitas bisnisnya agar mendapatkan kepercayaan pelanggan. Sebenarnya banyak inovasi yang bisa kamu lakukan untuk membangun bisnis pet shop di kotamu, misalnya dari pemilihan lokasi strategis, memberikan pelayanan tambahan seperti grooming dan pet hotel, memberikan pelayanan ekstra terhadap pelanggan, dan masih banyak lagi. Tak lupa, jangan lelah untuk terus belajar dan berinovasi terhadap bisnis pet shop yang sedang kamu jalani, ya.

So, ingin bisnismu lancar dan sukses juga? Yuk, gunakan aplikasi majoo segera! Kamu juga bisa coba gratis selama 14 hari, lho!

Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
Selamat datang di majoo 👋 Hubungi konsultan kami untuk pertanyaan dan info penawaran menarik
whatsapp logo