Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    Memulai Bisnis UMKM di Tahun Baru itu Tricky!

    Tahun baru adalah waktu yang tepat untuk memulai bisnis baru.

    Seorang pegiat UMKM pasti menginginkan usahanya bisa menjadi besar dan berkembang. Bisnis yang sukses merupakan indikator keuntungan yang besar. Namun, memulai bisnis memang bukan merupakan suatu hal yang mudah. Semuanya serba tricky, diperlukan trik-trik khusus untuk menjalaninya dengan tepat, dibutuhkan adanya trial and error agar kamu bisa tahu mana yang paling tepat untuk dilakukan. 

    Tips Memulai Bisnis UMKM di Tahun Baru

    Sebelum memulai bisnis di tahun baru, ada beberapa hal yang perlu kamu persiapkan dari awal, mulai dari modal, produk yang akan dijual, lokasi bisnis, dan lainnya. 

    Tips memulai bisnis UMKM yang bisa kamu lakukan, antara lain adalah:

    Pemilihan Bidang Usaha

    Pilihlah bidang usaha yang akan dijalankan terlebih dahulu. Pastikan kamu memilih jenis bidang usaha yang memiliki peluang bagus di masa depan. Kamu juga bisa menyesuaikan usaha yang akan kamu mulai dengan hobi. 

    Baca juga: Memulai Bisnis dari Hobi yang Menguntungkan Ternyata Seru!

    Lakukan Riset Pasar

    Entah ini bisnis pertama yang kamu miliki, atau sudah yang kedua atau ketiga, riset pasar merupakan hal yang tidak bisa kamu lewatkan. Apalagi jika ternyata bisnis yang baru kamu mulai ini adalah hal baru. Pastinya kamu harus tahu di mana dan seperti apa pasar yang tepat untuk menjual produk tersebut. 

    Siapkan Mental

    Kenapa harus menyiapkan mental segala sih? Alasannya adalah karena nantinya akan ada beberapa tantangan yang harus kamu hadapi sebagai pebisnis. Kalau kamu tidak kuat mental, usaha yang kamu mulai juga bisa ikut melemah. .

    Pemilik bisnis adalah orang-orang yang harus memiliki keberanian, kuat dan tahan banting, serta tidak mundur jika menghadapi masalah. 

    Siapkan Modal

    Modal merupakan hal penting yang harus disiapkan untuk memulai bisnis. Namun, bisnis yang sukses tidak selalu membutuhkan modal dalam jumlah besar. Ada banyak sekali contoh bisnis yang meraih kesuksesan tapi dengan modal yang minim. Kuncinya ada pada pengelolaan modal yang baik dan terarah. 

    Baca juga: 11+ Ide Bisnis Anak Muda Dengan Modal Minim

    Pemilih lokasi juga penting dalam tips memulai bisnis. 

    Lokasi Tempat Usaha yang Strategis

    Lokasi tempat usaha punya pengaruh besar dalam kesuksesan bisnis UMKM yang kamu mulai. Pilihlah lokasi strategis yang dekat dengan jalan utama dan cukup sering dilalui banyak orang, dengan begitu akan semakin banyak orang mengenal bisnismu. 

    Strategi Marketing yang Tepat

    Dengan maraknya pemasaran secara digital, otomatis kamu jangan hanya terpaku untuk memikirkan strategi pemasaran secara konvensional saja. Susunlah strategi pemasaran digital mulai dari tujuan pemasangan iklan, konsep iklan, sampai dengan media yang akan kamu pakai untuk mengunggah berbagai iklan promosi tersebut. Setelah semua materi marketing telah rampung, kamu hanya tinggal membuat brief promosi secara online. 

    Manfaatkan e-Commerce dan Marketplace

    Salah satu cara agar usaha yang kamu mulai nantinya bisa dikenal oleh masyarakat adalah dengan memaksimalkan semua aspek yang bisa digunakan sebagai media branding, antara lain dengan memanfaatkan e-commerce atau marketplace.

    Pemasaran dan menjual produk melalui e-commerce atau marketplace bisa menghasilkan efisiensi branding ke seluruh tingkatan masyarakat tanpa batas dan jarak distribusi produk.

    Baca juga: E-commerce adalah: Pengertian dan Contoh E-commerce

    Konsisten dalam Berbisnis

    Banyak bisnis yang sudah dimulai tapi malah mandek atau stuck di tengah jalan. Hal ini cukup sering terjadi. Kenapa bisa begitu? Karena pemilik bisnisnya tidak konsisten dalam menjalankan bisnis. Semangat yang menggebu-gebu di awal memulai bisnis mungkin menjadi berkurang seiring perjalanan. Lantaran itulah, diperlukan adanya konsistensi dari diri pribadi si pemilik agar bisnisnya bisa tetap bertahan.

    Manfaatkan Teknologi Keuangan Digital

    Keuangan merupakan hal utama yang harus ada dalam bisnis agar tetap bisa beroperasi. Dibutuhkan ketelitian dan keahlian dalam menangani seluruh transaksi, arus kas keuangan, sampai pembukuan dan laporan keuangan bisnis.

    Sebelum memulai bisnis, kamu harus tahu bahwa biasanya dii akhir periode, kamu harus memiliki laporan keuangan yang berisikan pencatatan seluruh transaksi keluar dan transaksi masuk secara detail. Pencatatan ini juga harus disertai dengan berbagai bukti pembayaran, kwitansi, faktur atau invoice.

    Takut salah melakukannya? Kamu bisa memanfaatkan aplikasi keuangan seperti majoo. Bukan hanya membantu perhitungan keuangan bisnis, majoo juga punya banyak fitur menarik yang terkait dengan operasional bisnis. Kalau bersama majoo, rasanya memulai bisnis yang tricky itu bisa dihadapi dengan lebih mudah. Cobain deh! 

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Temukan Kebutuhan Konsumen Dengan 5 Cara Ini
    Memahami kebutuhan konsumen merupakan bagian penting dari strategi pemasaran. Baca langkah-langkah agar kamu dapat mengidentifikasi kebutuhan tersebut.
    Inilah 4 Tips Mengubah Konsumen Menjadi Pelanggan Setia
    Mengenal perilaku konsumen dapat membantumu membangun basis pelanggan setia.
    Meningkatkan Brand Exposure Online Shop Tanpa Gagal
    Brand exposure merupakan salah satu kegiatan dalam hal branding. Bagaimana cara meningkatkan brand exposure pada online shop?
    Wajib Tahu, 5 Trik Agar Bisnismu Gak Ambruk di Tengah Jalan!
    Memulai sebuah bisnis membutuhkan sumber daya yang tidak sedikit. Tapi ngomongin soal mengelola bisnis? Wah, ini sudah another level sih!