Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    • majoo blog
    • Tips
    • Tips Membuat Usaha Kecil Bertumbuh dalam 5 Langkah Mudah

    Tips Membuat Usaha Kecil Bertumbuh dalam 5 Langkah Mudah

    Market research merupakan bagian penting dari upaya pengembangan bisnis.

    Terlepas dari jenis usaha kecil yang kamu jalankan, kamu tentu ingin meningkatkan penjualan dan mencapai business growth. Nah, kali ini kami akan membagikan cara menumbuhkan bisnis kecil.

    Perlu diketahui, tidak ada satu langkah mudah yang bisa menumbuhkan bisnis seketika. Namun, tentu ada langkah-langkah kunci yang bisa dilakukan oleh pemilik usaha agar bisnisnya bertumbuh. Silakan simak pembahasannya di bawah ini!

    Lakukan Riset!

    Saat kamu mencari cara untuk mengembangkan usaha kecil milikmu, kamu perlu melakukan riset pasar terlebih dahulu. Riset pasar atau market research tidak hanya membuatmu lebih memahami pelanggan yang ada, tetapi juga membuka informasi tentang konsumen potensial. 

    Baca juga: 5 Hal Penting dalam Melakukan Market Research

    Memiliki wawasan akurat tentang target pasar dan kebutuhan mereka merupakan hal yang sangat penting. Dengan begitu, kamu dapat melihat cara agar bisnis dapat tumbuh dan berubah untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

    Jangan lupa, lakukan juga riset atau analisis pesaing. Mengetahui kekuatan dan kelemahan kompetitor dapat membantumu membuat keputusan yang tepat dalam meningkatkan skala bisnis.

    Bangun Sales Funnel

    Sales funnel atau saluran penjualan bisa membantu mendorong business growth. Pikirkan saluran penjualan sebagai perjalanan pelanggan yang bentuknya menyerupai corong.

    Saat mereka memasuki gerai atau mengunjungi website-mu, mereka berada di bagian atas corong. Ketika mereka membeli sesuatu atau mendaftar untuk suatu layanan, mereka telah berhasil melewati corong. 

    Dengan kata lain, kamu perlu menemukan cara yang bisa menggerakkan orang agar mau melewati ‘corong’ sehingga penjualan tercipta. Cara tersebut bisa beragam, mulai dari menawarkan diskon hingga mendapatkan informasi kontak konsumen dan mengirimi mereka informasi terbaru terkait bisnismu.

    Business growth dapat dicapai salah satunya dengan memiliki basis pelanggan loyal.

    Tingkatkan Retensi Konsumen

    Riset pasar dan sales funnel dapat membuat bisnismu memperoleh konsumen baru. Sayangnya, mendapatkan konsumen baru saja tidak cukup. 

    Kamu juga perlu membuat konsumen yang sudah ada bertransaksi kembali alias meningkatkan retensi konsumen. Saat kamu meningkatkan retensi konsumen berarti kamu sedang membangun loyalitas pelanggan yang tentunya dapat meningkatkan penjualan. Kamu dapat meningkatkan retensi konsumen dengan cara berikut ini.

    • Prioritaskan customer service berkualitas: Jika kamu tidak memperlakukan pelanggan dengan baik, mereka tidak akan setia pada bisnismu. Pastikan kamu mengatasi masalah mereka dan memberi mereka pengalaman terbaik. 
    • Gunakan sistem customer relation management (CRM): Sistem CRM membantu bisnis mempertahankan informasi pelanggan dan mengidentifikasi peluang penjualan. Salah satu manfaat terbesarnya adalah data disimpan di satu tempat sehingga kamu dan karyawan lain yang membutuhkannya dapat mengaksesnya dengan mudah.
    • Membuat program loyalitas pelanggan: Program ini memberi penghargaan kepada pelanggan yang sudah ada karena mendukung bisnismu. Mereka juga dapat membantumu menarik pelanggan baru, lho.
    • Terlibat dengan pelanggan di media sosial: Kini pelanggan dapat menjangkau bisnismu di media sosial dengan pertanyaan atau berbagi feedback dan keluhan. Meluangkan waktu untuk menanggapi dan terlibat dengan mereka menunjukkan bahwa kamu menghargai pemikiran mereka dan menanggapi kekhawatiran mereka dengan serius.
    • Tepati janji: Jika kamu memberi tahu pelanggan bahwa kamu akan menindaklanjuti dengan informasi lebih lanjut atau menghubungi mereka di kemudian hari, tepati janji tersebut. Jika tidak, pelanggan akan memiliki kesan buruk tentang bisnismu.

    Bentuk Strategic Partnership

    Strategic partnership dengan bisnis lain dapat memberimu kesempatan untuk menjangkau jaringan pelanggan yang lebih luas. 

    Ada beberapa kolaborasi brand yang benar-benar membuka bisnis pada sekelompok target pasar baru, misalnya Sasa bumbu penyedap yang berkolaborasi dengan Dear Me Beauty untuk mengeluarkan produk makeup.

    Baca juga: Apa Itu Co-Branding? Ketahui Seluk-Beluknya di Sini!

    Partnership tersebut membuat kedua brand dilihat oleh dua jenis target pasar yang mungkin sebelumnya tidak beririsan. ‘Keunikan’ dari kolaborasi tersebut juga membuat konsumen penasaran dan tertarik membeli produknya sehingga penjualan pun meningkat. 

    Namun, kemitraan strategis tidak melulu berbentuk kolaborasi brand. Kamu bahkan dapat membentuk kemitraan strategis dengan vendor untuk membantu mengembangkan bisnis. Bentuk kemitraannya bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhanmu.

    Diversifikasi Produk atau Layanan

    Kamu mungkin telah berhasil menjual produk atau layanan utama kepada konsumen. Itulah yang membuatmu berpikir untuk mengembangkan usaha kecil milikmu. 

    Maka dari itu, menawarkan produk atau layanan yang berbeda dapat membantumu mendapatkan pelanggan baru. Kamu bisa melakukannya dengan beberapa cara, antara lain:

    • Mengidentifikasi peluang untuk produk atau layanan baru: Lakukan riset pasar untuk melihat adanya peluang produk atau layanan baru yang dapat kamu tawarkan kepada pelanggan.
    • Diversifikasi pemasaran: Menemukan berbagai cara untuk menawarkan produk yang sudah ada, tetapi tidak terlalu baik penjualannya. Sebagai contoh, menawarkan paket langganan atau bundel dengan produk atau layanan utama yang sangat diminati konsumen.

    Salah satu bisnis yang tumbuh dengan mendiversifikasi penawaran produknya adalah Moment. Produk awal perusahaan ini ialah lensa smartphone untuk meningkatkan fotografi. Sekarang, Moment telah memperluas penawarannya ke lini aplikasi dan aksesori yang dapat digunakan pada lensanya.

    Kini kamu sudah mengetahui beberapa langkah kunci untuk mencapai business growth. Tentu kamu juga bisa menerapkan strategi lain di luar kelima tips di atas. Seperti yang sudah diketahui, strategi yang berhasil bagi suatu bisnis belum tentu memberikan hasil serupa untuk bisnis lain.

    Akan tetapi, hal penting yang perlu kamu pastikan adalah kamu memiliki alat bantu yang tepat untuk membuat bisnismu bertumbuh. Alat bantu yang memberikanmu kebebasan dan keleluasaan dalam mengembangkan bisnis seperti majoo

    Mau tahu lebih lanjut terkait majoo? Baca di sini

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Meningkatkan Brand Exposure Online Shop Tanpa Gagal
    Brand exposure merupakan salah satu kegiatan dalam hal branding. Bagaimana cara meningkatkan brand exposure pada online shop?
    Wajib Tahu, 5 Trik Agar Bisnismu Gak Ambruk di Tengah Jalan!
    Memulai sebuah bisnis membutuhkan sumber daya yang tidak sedikit. Tapi ngomongin soal mengelola bisnis? Wah, ini sudah another level sih!
    Ingin Mulai Bisnis Kuliner? Ini 5 Perlengkapan yang Wajib Kamu Punya!
    Bisnis kuliner belakangan makin jadi primadona, apalagi di tengah populernya platform penjualan online.
    5 Trik Tingkatkan Jualan Laris di eCommerce, Anti Gagal!
    Buat kamu yang sedang mempertimbangkan untuk melakukan ekspansi usaha dengan coba berjualan di marketplace, majoo punya beberapa tips ampuh yang bisa kamu coba. Yuk, simak!