Table of Content

    Kerajinan Rotan, Lini Bisnis yang Kembali Mencuri Perhatian

    Bisnis alternatif yang mengusung nuansa etnik atau alam, misalnya saja kerajinan rotan, agaknya kembali mengambil tempat di hati masyarakat. Kerajinan tangan seperti rotan memang memiliki pasarnya sendiri, hanya saja kini pasar tersebut semakin berkembang, tidak hanya menyasar generasi bapak-bapak atau ibu-ibu kita saja, generasi muda juga mulai melirik produk-produk rotan dan memasukkannya dalam kesehariannya. Sistem pemasarannya pun sudah tidak lagi konvensional seperti dulu, tetapi juga mulai merambah platform-platform digital, mulai dari memanfaatkan website, kanal-kanal media sosial, hingga layanan marketplace digital.

    Bagi kamu yang ingin memulai usaha baru, beberapa alasan berikut bisa kamu pertimbangkan untuk ikut berkecimpung dalam industri rotan!

    Bisa Diterapkan untuk Banyak Jenis Produk

    Bisnis yang berhubungan dengan kerajinan tangan memiliki fleksibilitas tergantung dari produk yang dihasilkan. Kamu bisa memilih untuk bermain dengan produk-produk berukuran besar maupun kecil, sesuaikan saja dengan modal serta sumber daya yang kamu miliki. Semisal kamu ingin berkecimpung dalam industri rotan berukuran besar, kamu bisa mencari pengrajin kursi rotan, meja makan, atau bahkan lampu gantung dari rotan. Kembangkan kreativitasmu untuk mencari peluang yang bisa diisi dengan hasil rotan produksimu. Atau, jika kamu lebih tertarik untuk bermain dengan produk-produk berukuran kecil, tas rotan atau hiasan dinding dari rotan cukup menarik untuk dibuat. Kerajinan yang satu ini dapat dikembangkan sesuai dengan kemauan, baik sebagai item yang fungsional maupun sekadar untuk estetika. Semakin unik produk yang kamu buat, akan semakin mudah pula untuk memasarkannya.

    Memiliki Pasar yang Luas

    Seperti banyak produk kerajinan lainnya, rotan memiliki hasil akhir yang cukup eksotis. Oleh karena itu, produk yang satu ini memiliki pasar yang cukup luas, baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Para pelaku usaha yang berkecimpung di bisnis ini kerap memasarkan produk buatannya hingga ke luar negeri sekaligus juga memasarkannya secara lokal. Jangan takut akan kehabisan pasar ketika kamu memutuskan untuk masuk ke dalam bisnis kerajinan ini, jika kesulitan untuk menemukan pasar dalam negeri, kamu bisa mencari kanal-kanal impor yang bisa dimasuki. Tentu saja untuk pemasaran ke luar negeri kamu akan butuh modal yang tidak sedikit. Namun, nilai pendapatan yang nantinya diterima juga akan lebih tinggi.

    Jika kamu memilih bermain di pasar dalam negeri, kamu bisa mencoba bekerja sama dengan hotel-hotel atau penginapan untuk mengisi interior mereka dengan berbagai kerajinan yang estetik dari rotan. Mulai dari kursi-kursi di lobi, ornamen pada pintu masuk, pengganti tempat sampah yang terlihat indah, maupun hiasan tetap yang diletakkan di dalam kamar. Kamu bisa mengajak mereka untuk melakukan branding sebagai penginapan yang kental dengan nuansa etnik. Untuk skala yang lebih kecil, kamu bisa menyajikan rotan hasil produksimu untuk suvenir yang autentik di tempat-tempat wisata atau untuk acara pernikahan. Ada banyak sekali lahan yang bisa kamu manfaatkan untuk memasarkan kerajinan yang terbuat dari rotan. Tak heran jika kemudian banyak pelaku usaha yang melihat ini sebagai peluang yang bagus.

    Apresiasi Penuh pada Produk Rotan sebagai Kerajinan Tangan

    Selain dapat memberikan banyak keuntungan, produk rotan juga dipilih karena estetikanya kental dengan nuansa budaya. Para pengrajin rotan bisa dibilang mendapatkan apresiasi yang sangat tinggi, baik dari pemerintah maupun masyarakat sekitar pada umumnya. Pemerintah kerap mengangkat produk rotan dengan berbagai cara, mulai dari pemberian bantuan modal yang cenderung mudah hingga memberikan lampu sorot untuk stand produk rotan dalam setiap pameran dagang.

    Proses pengerjaannya yang kerap dilakukan secara rumahan, sehingga cenderung lebih sulit dibuat dibanding produk-produk lainnya, kerajinan rotan mudah mengundang decak kagum ketika dipamerkan atau dipajang di etalase. Untuk alasan yang sama, kebanyakan orang juga tidak keberatan untuk membayar produk rotan dengan harga yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan produk lainnya. Kamu bisa memanfaatkan apresiasi yang tinggi ini dengan melakukan branding bahwa produk rotan yang kamu pasarkan sepenuhnya dibuat dengan tangan.

    Strategi Pemasaran yang Dimodernkan

    Mengikuti perkembangan zaman, pemasaran produk kerajinan tangan kini sudah tidak lagi konvensional. Kerajinan yang terbuat dari rotan pun tidak terkecuali. Para pelaku usaha yang berkecimpung di lini bisnis ini tidak lagi menjual produk mereka dengan cara lama, dengan menunggu bola atau melakukan pemasaran pintu ke pintu, misalnya saja. Dengan banyaknya platform digital yang bisa digunakan, pemasaran produk rotan bisa dilakukan dengan lebih mudah. Sisihkan modal yang kamu kumpulkan untuk menyewa konsultan pemasaran digital untuk menemukan strategi terbaik bagi produk rotan yang ingin kamu jual. Tentu akan ada pengeluaran lebih untuk melakukan hal ini dengan baik. Namun, contoh sukses dari pelaku usaha lain yang memanfaatkan platform digital bisa dengan mudah kamu temukan dan jadikan pertimbangan. Branding produk yang dapat menarik perhatian calon pelanggan tentu bukanlah investasi yang sia-sia, bukan?

    Jangan pernah ragu untuk mulai berkecimpung dalam bisnis rotan. Meski lini bisnis ini sudah ada sejak lama dengan pemain yang juga tidak bisa dibilang sedikit, animo masyarakat yang cukup besar terhadap produk rotan akan terasa sangat sayang sekali untuk dilewatkan. Pertimbangkan sejumlah alasan yang sudah dijabarkan di atas jika kamu tertarik untuk masuk dalam bisnis produk rotan, persiapkan dengan matang, dan raihlah keuntungan sebanyak mungkin!

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Riset Pasar, Kunci Bisnis Maju Ala Kopi Tuku
    Riset pasar adalah salah satu kunci bisnis maju. Yuk lihat yang dilakukan Kopi Tuku hingga bisa seperti sekarang!
    Pelanggan adalah Teman! 5 Alasan Bisnismu Wajib Punya CRM
    Dengan memiliki dan menjalankan sistem CRM, kamu akan tahu persis strategi apa yang harus diambil untuk membuat para customer makin betah berbisnis denganmu
    Menjajaki Bisnis Laundromat yang Sedang Naik Daun
    Bisnis laundromat sedang naik daun belakangan ini. Apa yang membuat pelanggan beralih dari laundry kiloan? Apakah bisnis laundry koin ini menguntungkan?
    Inilah 7 Keuntungan Menggunakan Strategi Omnichannel!
    Setiap bisnis tidak bisa lagi mengabaikan revolusi digital sehingga sudah saatnya bisnis menerapkan strategi omnichannel.