Kisah PhyPhy Frozen, Bisnis Frozen Food yang Untungnya Yahud

Ditulis oleh Nisa Destiana

article thumbnail

PhyPhy Frozen, bisnis frozen food yang juga menyediakan snack dan minuman kemasan.

Kian lama, masyarakat kian menyukai sesuatu yang praktis, termasuk soal makanan. Tak heran bila peminat frozen food terus meningkat. Dengan kata lain, bisnis frozen food pun menjadi peluang yang menjanjikan.

Di antara sekian banyak bisnis makanan beku yang ada di pasaran, PhyPhy merupakan salah satunya. Bisnis ini sudah bertahan hampir tiga tahun dan berhasil melewati masa pandemi. Mau tahu kisah sukses dan strategi Stephanie mengembangkan PhyPhy Frozen? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

SOP yang Jelas agar Tujuan Bisnis Tercapai

Bagi Stephanie, keberhasilan bisnis dimulai dari pemahaman pemilik tentang kebutuhan bisnis. Jika pemilik usaha tahu apa yang dibutuhkan bisnis untuk berkembang, ia bisa menyesuaikan sumber daya dengan kebutuhan tersebut.

Sebut saja, bisnis yang semula hanya melayani transaksi secara langsung mau melebarkan titik penjualan, yaitu melalui kanal online. Apa saja yang dibutuhkan untuk merealisasikan tujuan ini? Salah satunya tentu staf admin yang ditugaskan untuk melayani konsumen secara online.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, kamu perlu merekrut staf khusus untuk mengelola penjualan online. Dengan begitu, apakah proses penjualan online sudah pasti akan berjalan lancar? Belum tentu.

Begitu berkaitan dengan karyawan, Stephanie percaya bahwa karyawan harus mengetahui tugasnya dan mengetahui cara menyelesaikan tugas tersebut secara jelas supaya bisa bekerja dengan baik. 

Maka dari itu, pemilik usaha perlu membuat uraian job description secara rinci dan jelas. Selain itu, pemilik bisnis juga perlu membuat Standard Operating Procedure (SOP).

Baca juga: Apa itu Job Description? Ini Pengertian dan Contohnya!

SOP adalah panduan untuk karyawan dalam mengerjakan tugas dan fungsinya sehingga kegiatan operasional bisnis berjalan lancar. Idealnya, SOP dibuat untuk seluruh aspek dalam bisnis, mulai dari cara memproses penjualan hingga cara menyapa konsumen.

Tak ada aspek bisnis yang terlalu kecil hingga tak perlu dibuat SOP-nya. Makin detail SOP yang kamu buat, makin terjaga standar operasional dalam bisnismu. Dampaknya, tujuan bisnis pun lebih mungkin tercapai sebab SOP dibuat untuk menjaga gerak harian bisnis tidak melenceng dari target.

 Stephanie, pemilik PhyPhy Frozen.

Jeli Melihat Market dan Terus Berinovasi

Seperti semua bisnis lain, kisah sukses Stephanie mengembangkan PhyPhy Frozen tidaklah mulus. Bisnis ini dibangun pada 2020, di tengah pandemi dan situasi ekonomi yang serba tidak menentu.

Kala itu, Stephanie sempat merasa bingung karena ternyata ada banyak bisnis frozen food di pasaran. Dengan kata lain, banyak bisnis yang menjual produk serupa.

Di tengah ketatnya kompetisi, Stephanie berpikir: Gimana bisnis ini tetap growth dan gak stuck.

Akhirnya, ia berupaya membuat PhyPhy Frozen tampak berbeda dari bisnis sejenis lainnya. Strategi yang Stephanie tempuh ialah menyediakan produk-produk lain, selain makanan beku.

Karena itu, PhyPhy Frozen mulai menjual snack, makanan dan minuman kemasan, sampai buah-buahan. Pemilihan produk-produk tersebut tentu tidak asal, tetapi hasil dari kejelian atau pengamatan pasar. 

Memahami kebutuhan pasar dan meresponsnya dengan inovasi memang menjadi salah satu cara bisnis bisa unggul di tengah persaingan. Inovasi bisa membuat bisnis tampak menonjol daripada pesaing.

Baca juga: Inovasi Bisnis: Definisi, Jenis, dan Contohnya

Dalam kasus PhyPhy Frozen, konsumen bisa lebih memilih berbelanja di PhyPhy Frozen karena produknya yang dianggap lebih lengkap. Tak hanya makanan beku, konsumen yang membutuhkan buah dan snack dapat memenuhi kebutuhannya di sana. 

Sepintas mungkin terkesan simpel, tetapi kemudahan ini benar-benar bisa menjadi nilai tambah di benak konsumen, lho.

Laporan Penjualan, Insight dan Motivasi Lebih Maju

Menyadari situasi bisnis hari ini yang sudah serba digital, Stephanie pun tak mau ketinggalan. Untuk mengelola PhyPhy Frozen, ia menggunakan aplikasi majoo.

majoo adalah aplikasi wirausaha lengkap yang mempermudah para pemilik usaha dalam mengelola bisnisnya. Dengan aplikasi majoo, pemilik usaha bisa mengelola transaksi penjualan, inventory, bahkan laporan keuangan dengan mudah.

Stephanie sendiri merasa sangat terbantu dengan adanya laporan penjualan yang disediakan aplikasi majoo. Berkat laporan penjualan tersebut, ia bisa melihat omzet sampai laba harian secara akurat.

Tak hanya itu, ia juga bisa mengetahui produk apa yang paling banyak terjual alias paling diminati konsumen. Melihat data tersebut, Stephanie jadi termotivasi untuk meningkatkan penjualan dan meningkatkan produksi produk tertentu. 

“Nah, ini bantu aku lebih semangat nge-reach sales yang lebih tinggi.” ungkapnya kepada tim majoo. 

Mau bisnismu makin maju seperti PhyPhy Frozen? Yuk, pakai majoo sekarang!

Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
Selamat datang di majoo 👋 Hubungi konsultan kami untuk pertanyaan dan info penawaran menarik
whatsapp logo