Kisah PhyPhy Frozen, Bisnis Frozen Food yang Untungnya Yahud

Ditulis oleh Nisa Destiana

article thumbnail

PhyPhy Frozen, bisnis frozen food yang juga menyediakan snack dan minuman kemasan.

Kian lama, masyarakat kian menyukai sesuatu yang praktis, termasuk soal makanan. Tak heran bila peminat frozen food terus meningkat. Dengan kata lain, bisnis frozen food pun menjadi peluang yang menjanjikan.

Di antara sekian banyak bisnis makanan beku yang ada di pasaran, PhyPhy merupakan salah satunya. Bisnis ini sudah bertahan hampir tiga tahun dan berhasil melewati masa pandemi. Mau tahu kisah sukses dan strategi Stephanie mengembangkan PhyPhy Frozen? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

SOP yang Jelas agar Tujuan Bisnis Tercapai

Bagi Stephanie, keberhasilan bisnis dimulai dari pemahaman pemilik tentang kebutuhan bisnis. Jika pemilik usaha tahu apa yang dibutuhkan bisnis untuk berkembang, ia bisa menyesuaikan sumber daya dengan kebutuhan tersebut.

Sebut saja, bisnis yang semula hanya melayani transaksi secara langsung mau melebarkan titik penjualan, yaitu melalui kanal online. Apa saja yang dibutuhkan untuk merealisasikan tujuan ini? Salah satunya tentu staf admin yang ditugaskan untuk melayani konsumen secara online.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, kamu perlu merekrut staf khusus untuk mengelola penjualan online. Dengan begitu, apakah proses penjualan online sudah pasti akan berjalan lancar? Belum tentu.

Begitu berkaitan dengan karyawan, Stephanie percaya bahwa karyawan harus mengetahui tugasnya dan mengetahui cara menyelesaikan tugas tersebut secara jelas supaya bisa bekerja dengan baik. 

Maka dari itu, pemilik usaha perlu membuat uraian job description secara rinci dan jelas. Selain itu, pemilik bisnis juga perlu membuat Standard Operating Procedure (SOP).

Baca juga: Apa itu Job Description? Ini Pengertian dan Contohnya!

SOP adalah panduan untuk karyawan dalam mengerjakan tugas dan fungsinya sehingga kegiatan operasional bisnis berjalan lancar. Idealnya, SOP dibuat untuk seluruh aspek dalam bisnis, mulai dari cara memproses penjualan hingga cara menyapa konsumen.

Tak ada aspek bisnis yang terlalu kecil hingga tak perlu dibuat SOP-nya. Makin detail SOP yang kamu buat, makin terjaga standar operasional dalam bisnismu. Dampaknya, tujuan bisnis pun lebih mungkin tercapai sebab SOP dibuat untuk menjaga gerak harian bisnis tidak melenceng dari target.