Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    Inovasi Bisnis: Definisi, Jenis, dan Contohnya

    Inovasi mempermudah proses produksi.

    Salah satu hal yang dapat membuat perusahaan bersaing dengan para kompetitornya adalah dengan melakukan inovasi bisnis. Ada banyak keuntungan yang dihasilkan dari adanya inovasi bisnis ini. 

    Inovasi juga bisa berdampak pada perkembangan suatu bisnis yang akan memengaruhi kinerja serta pendapatan perusahaan tersebut. Semakin seringnya suatu perusahaan berinovasi, semakin besar pula peluang perusahaan dikenal oleh banyak konsumennya.

    Lalu, seberapa penting inovasi pada sebuah bisnis? Cari tahu jawabannya di bawah ini!

    Pengertian Inovasi Bisnis

    Banyak perusahaan yang melakukan inovasi bisnis untuk menjaga keutuhan sebuah bisnis tersebut. Namun, tahukah kamu apa yang dimaksud dengan inovasi bisnis? Ya, inovasi bisnis adalah salah satu upaya perusahaan untuk mengembangkan, memperkenalkan, dan menerapkan gagasan baru yang berhubungan dengan produk maupun layanan dari suatu perusahaan.

    Inovasi dapat terjadi berdasarkan kebutuhan ataupun keinginan perusahaan dalam melakukan proses produksi, layanan, serta distribusi dari produk-produk yang mereka pasarkan.

    Tujuan utama dari adanya inovasi pada bisnis adalah untuk mengembangkan produk, memperbesar jangkauan konsumen, hingga meningkatkan pendapatan perusahaan.

    Jenis-Jenis Inovasi Bisnis

    Faktanya, ada banyak jenis inovasi dalam bisnis yang bisa kamu kembangkan untuk menunjang pencapaian target-target perusahaan lebih baik lagi. Beberapa jenis inovasi yang terjadi di dalam sebuah bisnis bisa kamu bagi menjadi seperti berikut ini:

    Inovasi Produk

    Sering kali inovasi produk dilakukan guna meningkatkan kegunaan dari produk-produk yang telah mereka pasarkan. Di sisi lain, inovasi produk perlu dilakukan untuk memenuhi kebutuhan dan permintaan konsumen terhadap fitur ataupun fungsi pada produk agar semakin efektif dan aman digunakan.

    Inovasi Model Bisnis

    Inovasi model bisnis biasanya dilakukan saat perusahaan membuka model atau jenis usaha yang baru. Adanya inovasi pada bisnis tidak hanya dapat membantu memasarkan produk dan memperoleh keuntungan semata, namun kamu juga dapat menyusun operasional bisnis tersebut.

    Inovasi Proses

    Adanya inovasi pada proses dapat memperbaiki dan membuat proses produksi dan distribusi suatu produk berjalan lebih cepat dan efisien. Hal ini tentu berdampak pada biaya yang mesti dikeluarkan oleh perusahaan ketika melakukan proses produksi atau distribusi.

    Inovasi Pemasaran

    Pada jenis ini, inovasi yang dilakukan akan membantu perusahaan menjangkau lebih banyak pangsa pasar sehingga baik penjualan maupun penghasilan yang didapatkan oleh perusahaan juga ikut meningkat.

    Inovasi Teknologi

    Inovasi yang terakhir adalah inovasi teknologi. Di sini kamu bisa mengembangkan operasional bisnis lebih efektif melalui bantuan teknologi yang sudah ada atau membuat teknologi baru agar tujuan perusahaan dapat tercapai lebih mudah.

    Baca juga: Promosi Digital untuk Pemasaran Produk dan Jasa

    Manfaat Inovasi Bisnis 

    Adapun manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan melakukan inovasi bisnis adalah sebagai berikut:

    Relevan dengan Zaman

    Dengan adanya inovasi yang dilakukan oleh sebuah perusahaan membuat mereka lebih siap menghadapi kebutuhan-kebutuhan yang diperlukan oleh konsumen mereka. 

    Inovasi yang terjadi menjadikan perusahaan menciptakan produk yang lebih relevan dengan kebutuhan para konsumennya. Di sisi lain, inovasi memberikan kemudahan dalam operasional bisnis yang kamu jalankan, sehingga seluruh proses yang ditempuh perusahaan untuk bisa menciptakan suatu barang dapat lebih efektif dan efisien.

    Menciptakan Efisiensi

    Inovasi menciptakan efisiensi. Kalimat tersebut bisa terwujud karena dengan adanya inovasi bisnis yang dilakukan oleh sebuah perusahaan akan mampu membuat seluruh proses produksi berjalan lebih mudah dan cepat. 

    Alhasil, perusahaan bisa menghemat waktu dan budget yang mesti dikeluarkan perusahaan untuk memproses suatu produk.

    Berbeda dari yang Lain

    Perusahaan yang sering melakukan inovasi biasanya akan terlihat lebih menonjol dari pada perusahaan lainnya. Sebab, semakin sering kamu berinovasi, semakin banyak pelanggan yang akan tertarik dengan produk yang kamu pasarkan.

    Hal ini tentu memberi pandangan yang positif di mata para konsumennya. Dengan begitu, akan lebih banyak konsumen yang yakin dan percaya kepada produk perusahaan kamu, sehingga proses penjualan akan makin sering terjadi. 

    Perusahaan Lebih Berkembang

    Inovasi menjadi salah satu cara efektif untuk melebarkan sayap penjualan kepada masyarakat yang lebih luas. Perusahaan akan semakin berkembang dengan adanya inovasi-inovasi yang dilakukan. 

    Hal ini dapat terjadi karena setiap permasalahan yang mungkin muncul di dalam perusahaan dapat diselesaikan dengan cara yang efisien. 

    Inovasi juga dilakukan untuk membantu perusahaan menyesuaikan diri dengan perkembangan, memperbesar jangkauan pasar, serta meningkatkan penjualan lebih tinggi lagi.

    Meningkatkan Penjualan dan Pendapatan

    Ketika perusahaan yang kamu kelola berinovasi untuk meningkatkan efisiensi produksinya, dengan begitu perusahaan akan dapat menekan banyak pengeluaran pada setiap aspek produksi.

    Selain itu, adanya inovasi yang dilakukan dapat meningkatkan hasil produksi, lho. Sebab, kamu bisa mencari tahu dan memperbaiki hasil produksi melalui evaluasi serta melakukan perbaikan dalam setiap proses produksi tersebut.

    Alhasil, bisnis bisa meningkat seiring dengan tingginya permintaan dan jumlah penjualan yang berhasil dicapai perusahaan tersebut.

    Meningkatkan Posisi Pasar

    Manfaat terakhir dari adanya inovasi bisnis adalah membantu memanfaatkan berbagai peluang yang ada agar perusahaan lebih unggul dari perusahaan kompetitornya. Di sisi lain, inovasi dapat membantu meminimalisir perubahan yang terjadi di dalam pasar.

    Kamu bisa mulai dengan menjalin hubungan baik dengan para konsumen untuk dapat mencari tahu gambaran mereka terhadap produk yang kamu pasarkan, melakukan riset pasar, hingga menganalisis situasi dan kondisi perusahaan lain. 

    Data yang sudah kamu dapatkan bisa kamu olah untuk bisa meningkatkan posisi perusahaan di antara perusahaan-perusahaan lain yang sejenis.

    Baca juga: Meningkatkan Penjualan dengan Fitur Live Streaming di Medsos? Kenapa Tidak?

    Inovasi bisnis menjadi salah satu kunci dalam pengembangan bisnis perusahaan.

    Contoh Inovasi Bisnis

    Di bawah ini, ada beberapa contoh inovasi bisnis yang mungkin kamu tidak sadari keberadaannya. Biasanya, inovasi bisnis yang dilakukan memang bertujuan untuk meningkatkan pendapatan dan mencari jalan keluar dari setiap permasalahan yang ditemui oleh perusahaan.

    Inovasi Bisnis pada Produk

    Terdapat beberapa contoh inovasi bisnis yang terjadi pada sebuah produk. Berikut adalah salah satu contohnya.

    Inovasi bisnis produk yang pertama adalah inovasi yang dilakukan para penjual abon yang dulunya hanya diproduksi dengan menggunakan bahan dasar daging ayam atau daging sapi. Kini, sudah banyak abon yang terbuat dari sayur, pepaya, hingga jantung pisang.

    Kemudian ada transformasi kue cubit yang memiliki berbagai macam varian rasa, mulai dari keju, tiramisu, red velvet, dan lain sebagainya. Hal ini merupakan salah satu upaya agar makanan tradisional dapat bersaing dengan makanan-makanan luar negeri.

    Inovasi Bisnis pada Proses

    Inovasi bisnis tidak selalu dilakukan pada produk-produk perusahaan saja, tapi juga bisa dilakukan dalam bentuk proses. Berikut beberapa contoh inovasi bisnis pada proses:

    Pertama, ada inovasi yang terjadi pada sistem jual beli yang sebelumnya dilakukan secara offline, kini bisa kamu lakukan secara online.

    Semakin berkembangnya teknologi, transaksi jual beli tradisional yang ingin mengikuti perkembangan tersebut perlu beradaptasi dengan sistem yang baru. Hal ini tentu dapat memengaruhi hasil yang didapatkan oleh penjual tersebut. 

    Sebab, dengan perubahan transaksi dari offline menjadi online, kamu bisa menjangkau pasar yang jauh lebih luas dari jangkauan pasarmu sebelumnya.

    Kemudian, ada inovasi bisnis yang terjadi pada sistem pembayaran. Untuk menunjang transaksi jual beli secara online, pemilik bisnis perlu meningkatkan media pembayaran untuk menunjang hal tersebut.

    Jika dulu kamu masih melakukan transaksi pembayaran secara tunai, lain halnya dengan sistem pembayaran online yang marak digunakan saat ini. 

    Namun dengan adanya sistem pembayaran non tunai ini sangat memudahkan konsumennya untuk melakukan transaksi tanpa terbatas tempat dan waktu.

    Inovasi Model Bisnis

    Contoh inovasi bisnis selanjutnya bisa kamu temukan juga pada model bisnis yang digunakan, misalnya:

    Franchise atau bisnis waralaba. Saat ini, baik itu bisnis kecantikan, makanan atau minuman yang sudah semakin besar, umumnya tidak hanya akan memasarkan hasil produknya saja. Namun mereka juga bisa menawarkan layanan kemitraan seperti waralaba untuk memperbesar peluang bisnis mereka.

    Dengan adanya model bisnis seperti ini, keuntungan yang mungkin diperoleh pebisnis akan lebih besar lagi.

    Contoh selanjutnya adalah layanan sewa yang diberikan oleh sebuah brand pakaian terkenal. Semakin banyaknya kebutuhan konsumen, semakin banyak pula cara yang dapat dilakukan untuk memenuhi kebutuhan konsumen tersebut.

    Saat ini, brand pakaian tidak hanya menjual baju-baju rancangan mereka saja, tapi ada juga yang mulai menyewakan pakaian-pakaian yang mereka sediakan, terutama pada jenis pakaian tertentu, seperti kebaya, setelan jas, dan lain sebagainya.

    Perubahan model bisnis ini dilakukan untuk memperoleh keuntungan lain dari hanya sekedar menjual pakaian. 

    Inovasi Bisnis di Bidang Pengiriman

    Bidang pengiriman juga tidak luput dari usaha untuk melakukan inovasi bisnis. Sebab, pada kenyataannya, perkembangan teknologi memaksa kita beradaptasi agar tidak terkikis oleh perkembangan tersebut. Salah satunya dengan beradaptasi pada sistem pengiriman.

    Jika sebelumnya kamu hanya bisa mendapatkan suatu barang secara online setelah menyelesaikan seluruh rangkaian transaksi, kini sistem tersebut telah berkembang dan memberikan pilihan untuk melakukan pembayaran dengan sistem COD.

    Dengan adanya layanan ini, pembeli akan merasa lebih aman untuk bertransaksi, sebab barang yang akan mereka beli dapat mereka terima terlebih dahulu sebelum mereka membayarnya.

    Pentingnya Inovasi dalam Bisnis

    Inilah pentingnya inovasi dalam bisnis yang bisa kamu perhatikan agar perusahaan dapat beradaptasi dengan perkembangan yang terjadi dalam dunia bisnis.

    Menjaga Keberlangsungan Bisnis

    Adanya inovasi membuat bisnis dapat terus beradaptasi untuk menjalankan persaingan bisnis. Inovasi juga akan menuntut perusahaan untuk terus bisa memenuhi kebutuhan para konsumennya.

    Jika perusahaan tidak mampu berinovasi, bisa jadi perusahaan tersebut tidak akan berkembang dan memenuhi kebutuhan konsumen dengan baik. Tentu hal ini akan memengaruhi keberlangsungan dari bisnis itu sendiri.

    Agar Dapat Memenuhi Kebutuhan Konsumen

    Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa salah satu alasan mengapa inovasi itu penting adalah agar perusahaan dapat memenuhi kebutuhan para konsumennya.

    Konsumen akan mencari produk yang memiliki kualitas, baik dari segi produk maupun ide-ide lain yang mampu menarik minat konsumennya.

    Adanya inovasi juga mempertahankan dan juga menjangkau konsumen baru yang akan tertarik pada produk kamu.

    Meningkatkan Brand Awareness

    Pentingnya inovasi bisnis dapat menambah kesadaran konsumen terhadap produk-produk yang kamu tawarkan. Semakin produk kamu dikenal, semakin besar keuntungan yang mungkin akan kamu dapatkan.

    Ketertarikan konsumen terhadap produk perusahaan kamu tidak terlepas dari strategi pemasaran yang digunakan. Itulah sebabnya mengapa inovasi erat kaitannya dengan brand awareness perusahaan.

    Memecahkan Masalah

    Tidak jarang inovasi bisnis bisa menjadi jalan keluar dari masalah-masalah yang terjadi di perusahaan. Sebab, inovasi memang bertujuan untuk memahami dan mencari tahu jalan keluar dari sebuah masalah dengan cara yang efektif.

    Membuat Bisnis Lebih Unggul

    Dengan berinovasi, perusahaan bisa menghasilkan produk-produk berkualitas yang mampu menandingi produk yang dihasilkan dari para kompetitornya. Hal ini menjadi salah satu media untuk mempertahankan eksistensi perusahaan di dalam dunia bisnis.

    Mengakomodasi Karyawan

    Saat ini, semakin banyak karyawan yang begitu kompetitif. Biasanya, mereka tergerak untuk mencari pengalaman dan cara baru untuk memecahkan suatu masalah, sehingga mereka tidak segan-segan untuk mencari perusahaan yang dapat menampung ide-ide mereka.

    Tentu saja ini bisa menjadi satu media yang dapat membantu karyawan untuk berkontribusi secara langsung pada perusahaan tersebut.

    Baca juga: Inilah Strategi Digital Jitu untuk Usaha Kecil

    Penutup

    Adanya teknologi justru memudahkan kita untuk mengembangkan perusahaan semakin efektif dan efisien. Beberapa di antara jenis-jenis inovasi ini sangat berimbas langsung ke dalam stabilitas perusahaan. Oleh sebab itu, perusahaan perlu mempersiapkan segala hal yang akan membantu kamu mengantisipasi dampak dari adanya inovasi.

    Jika idealnya inovasi yang dibentuk akan menghasilkan keuntungan dan manfaat bagi perusahaan, namun perusahaan tetap harus mengontrol perubahan-perubahan yang terjadi.

    Salah satu rekomendasi kami jika kamu ingin mendapatkan metode pencatatan yang lebih akurat dan mudah, kamu bisa memanfaatkan aplikasi POS majoo. Di dalamnya terdapat berbagai layanan untuk mengelola bisnis dengan lebih mudah. 

    Aplikasi ini menjadi solusi untuk menjalankan segala jenis usaha mulai dari inventori, pengaturan karyawan, pencatatan aktivitas keuangan, analisa bisnis, hingga melakukan marketing campaign untuk perusahaan yang kamu kelola. 

    Jadi, kamu tidak perlu ragu untuk memanfaatkan aplikasi POS ini agar semua bisnis yang kamu kelola dapat berjalan lancar dan lebih mudah. Tunggu apa lagi. Yuk, coba majoo sekarang!

     

    Pertanyaan Terkait

    • Salah satu contoh inovasi yang bisa dijalankan oleh suatu usaha adalah dengan melakukan inovasi seperti franchise atau bisnis waralaba. Saat ini, baik itu bisnis kecantikan, makanan atau minuman yang sudah semakin besar, umumnya tidak hanya akan memasarkan hasil produknya saja. Namun mereka juga bisa menawarkan layanan kemitraan seperti waralaba untuk memperbesar peluang bisnis mereka.
    • Salah satu contoh dari adanya inovasi bisnis adalah inovasi pada bidang pengiriman. Sebab, perkembangan teknologi memaksa kita beradaptasi agar tidak terkikis oleh perkembangan tersebut. Salah satunya dengan beradaptasi pada sistem pengiriman. Jika sebelumnya kamu hanya bisa mendapatkan suatu barang secara online setelah menyelesaikan seluruh rangkaian transaksi, kini sistem tersebut telah berkembang dan memberikan pilihan untuk melakukan pembayaran dengan sistem COD.

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Valuasi adalah: Pengertian dan Cara Menghitungnya
    Valuasi adalah perhitungan nilai sebuah perusahaan dengan mempertimbangkan berbagai faktor. Besar maupun kecil, valuasi menjadi hal yang sangat penting.
    Fair Value adalah: Tujuan dan Cara Menghitung
    Nilai Wajar atau Fair Value adalah alat yang sangat berguna untuk membantu pengguna memahami keuangan perusahaan, terutama situasi keuangan saat ini.
    Daftar UMKM Online: Syarat dan Manfaatnya
    Daftar UMKM online bisa dilakukan dengan praktis. Manfaatnya antara lain agar mudah mengembangkan usaha dan untuk mendapatkan bantuan dana dari pemerintah.
    9 Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Singkat
    Berikut beberapa contoh surat izin tidak masuk kerja yang dibuat secara singkat dan ringkas. Bisa digunakan sebagai referensi.