Berdiri lebih dari 10 tahun dan ekspansi ke berbagai kota, tak berlebihan bila kita mengganggap Bee Bee Land sebagai salah satu bisnis play ground yang berhasil. Bisnis dengan fokus kids entertainment kategori soft play yang mengambil lokasi di dalam mall ini sekarang sudah mempunyai 15 cabang.
Penasaran dengan kisah sukses Bee Bee Land? Yuk, cari tahu rahasianya di bawah ini!
Bergerak Maju dengan Target yang Jelas
Tentu tidak mudah bagi sebuah bisnis untuk memiliki belasan cabang. Apa sebetulnya yang menggerakkan Bee Bee Land? Beruntung tim majoo berkesempatan berbincang dengan Eka Kurniawan, Store & Marketing Manager Manager Bee Bee Land, untuk mengetahui langsung jawabannya.
Menurut informasi dari Eka, sebagai sebuah organisasi bisnis Bee Bee Land memiliki goal atau terget yang jelas, yaitu buka satu cabang baru di mall setiap tahunnya. Tampaknya, target yang jelas ini mengukuhkan gerak Bee Bee Land untuk terus maju.
Baca juga: 5 Tips Sukses Kelola Bisnis Kecil Agar Makin Maju
Bisnis jadi punya arah yang jelas untuk menentukan strategi sebab goal yang ingin dicapai pun sangat jelas. Untuk mencapai target tersebut, Bee Bee Land perlu melakukan riset pasar secara menyeluruh.
Riset tersebut meliputi tinjauan mall seperti karakteristiknya, ruang lingkup ekonomi di sekitar mall, serta cakupan pasarnya. Dengan begitu, Bee Bee Land bisa memutuskan bisnis play ground yang akan ditawarkan sesuai atau tidak dengan mall tersebut. Jadi, bisnis pun bisa terus bertumbuh dari tahun ke tahun.
Menghadapi Tantangan dengan Data dan Strategi
Meskipun ada target yang jelas, layaknya kebanyakan bisnis, jalan yang harus ditempuh Bee Bee Land tak selalu mulus. Tantangan demi tantangan mewarnai kisah sukses bisnis ini.
Salah satu tantangan yang pasti dihadapi oleh hampir setiap bisnis, misalnya penjualan yang menurun. Dengan melihat nominal pendapatan, mungkin setiap pemilik bisnis tahu bahwa penjualan menurun.
Akan tetapi, tidak semua pemilik usaha mengetahui secara rinci perubahannya, misalnya waktu terjadinya penurunan, item yang kurang diminati, dan lain-lain.
Nah, Bee Bee Land bisa mengetahui detail penjualan sebab sudah menggunakan majoo yang menyediakan track record penjualan.
majoo adalah aplikasi point of sale yang bisa membantu para pemilik usaha untuk mengelola bisnis secara efektif dan efisien. Aplikasi wirausaha ini menyediakan fitur lengkap, mulai dari pendataan transaksi penjualan hingga penyajian laporan keuangan atau fitur akuntansi.
Eka menyampaikan bahwa tim Bee Bee Land bisa mengulas penjualan secara rinci setiap harinya berkat adanya track record penjualan yang memungkinkan adanya pengecekan histori transaksi kasir.
Berdasarkan data tersebut, bisnis jadi bisa mengevaluasi tren penjualan seperti waktu penjualan naik atau turun. “Biasanya, traffic ke store menurun saat momen anak-anak masuk sekolah atau tahun ajaran baru.” ungkap Eka kepada tim majoo.
Namun, Eka dan tim tentu tidak tinggal diam. Data tersebut digunakan untuk merancang strategi khusus demi meminimalkan penurunan penjualan pada momen tersebut.
Salah satu strategi yang Eka terapkan ialah pemberian diskon khusus pada periode tertentu, khususnya saat tren penjualan menurun seperti saat tahun ajaran baru.
Baca juga: Tips Tentukan Strategi Promosi, Dari Konsep Hingga Eksekusi
#buktinyata Peran Digital Tools yang Tepat dalam Memajukan Bisnis
Sebagai manajer pemasaran, Eka menyadari bahwa strategi yang tepat hanya bisa disusun bila tim bisnis melihat permasalahan secara tepat pula. Karena itu, adanya data penjualan yang mudah dipahami seperti yang disajikan oleh majoo sangat berpengaruh terhadap penentuan strategi.
Eka menyebutkan bahwa, dirinya dan tim bisa mengontrol penjualan secara lebih cermat dengan penggunaan digital tools seperti majoo.
Aplikasi majoo menyediakan data penjualan rinci yang memungkinkan tim Bee Bee Land melakukan evaluasi secara berkesinambungan. Jadi, setiap bulan tim Bee Bee Land bisa memeriksa aspek apa yang bisa atau perlu ditingkatkan lagi.
Meskipun begitu, Eka juga menekankan bahwa pemilihan digital tools yang akan digunakan oleh bisnis harus tepat. “Sebelumnya (kami) memang sudah pakai yang fiturnya kayak majoo, tapi cara menyajikan datanya agak membingungkan.” tutur Eka.
Sementara itu, Eka memaparkan bahwa majoo membuat ia dan timnya lebih mudah memahami data, terutama data penjualan yang disajikan per kategori.
Belajar dari Bee Bee Land, kita perlu punya goal yang jelas, data akurat, dan merespons dengan strategi yang tepat. Untuk bisa memperoleh data yang akurat dan menyusun strategi yang tepat, ternyata bisnis perlu dibantu digital tools yang tepat pula. Bee Bee Land memilih majoo sebagai partner berkembang yang tepat.
Mau pakai digital tools yang tepat juga? Yuk, pakai majoo sekarang!