Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    5 Tips Sukses Kelola Bisnis Kecil Agar Makin Maju

    Tahun baru, saat yang tepat bagi bisnis untuk evaluasi dan menyusun strategi.

    Tahun baru merupakan waktu yang tepat bagi bisnis untuk mengevaluasi performanya setahun ke belakang serta menyusun strategi berikutnya. Karena itu, kami menyiapkan tips sukses untuk bisnis kecil. 

    Dengan menerapkan langkah-langkah pengelolaan bisnis di bawah ini, harapannya bisnismu bisa makin maju pada tahun-tahun mendatang. Yuk, langsung simak selengkapnya!

    Tetapkan Goals

    Menetapkan tujuan dan sasaran merupakan langkah penting dalam mengelola bisnis. Penentuan goals akan membantumu tetap berada di jalur yang tepat dan kemajuan bisnis pun lebih terukur. Berikut ini beberapa cara menetapkan tujuan dan sasaran bisnis.

    • Tentukan apa yang ingin kamu capai dengan bisnismu.
    • Pastikan tujuanmu dapat dicapai, realistis, dan spesifik.
    • Tetapkan kerangka waktu untuk tujuan tersebut.
    • Komunikasikan tujuan kepada tim dan pihak lain yang berkepentingan.
    • Pantau kemajuan dari proses pencapaian tujuan.

    Baca juga: SMART Goals Adalah Kerangka Mencapai Tujuan, Apa Artinya?

    Terorganisasi dengan Kalender atau Planner

    Salah satu tips sukses untuk mengelola bisnis kecil ialah melakukan aktivitas bisnis secara teratur. Agar selalu terorganisasi, kamu bisa menggunakan bantuan kalender atau planner

    Dengan begitu, kamu dapat melacak tenggat waktu, rapat, dan acara penting lainnya. Supaya tak ada agenda atau aktivitas bisnis bisa kamu lakukan secara teratur, coba terapkan cara-cara berikut ini.

    • Simpan kalender atau planner di tempat yang kamu lihat setiap hari. Jadi, kamu akan selalu ingat untuk memeriksa tenggat waktu dan acara mendatang.
    • Pastikan kamu menuliskan semua detail penting untuk setiap aktivitas, termasuk tanggal, waktu, lokasi, dan tujuan.
    • Buatlah reminder untuk diri sendiri. 
    • Delegasikan tugas kepada anggota tim dan pastikan mereka mengetahui tenggat waktu mereka.
    • Selalu perbarui kalender atau planner-mu.

    Mengelola bisnis secara terorganisasi membantumu lebih siap menghadapi hal-hal tak terduga. Cara ini juga membantu mengurangi stres dan meningkatkan fokus pada goals.

    Awasi Status Keuangan Bisnis

    Selanjutnya, kamu perlu melacak pengeluaran dan pendapatan bisnis, bila ingin bisnis makin maju. Melacak uang masuk dan keluar akan membantumu mengawasi status keuangan bisnis dan memastikannya tetap sesuai dengan anggaran. Inilah beberapa cara melacak pengeluaran dan pendapatan bisnis.

    • Buat spreadsheet atau gunakan perangkat lunak keuangan untuk melacak pengeluaran dan pendapatan bisnis. Cara ini akan memudahkanmu melihat arus uang dan mengetahui keuntungan yang dihasilkan.
    • Bandingkan pengeluaran aktual dengan pengeluaran yang dianggarkan. Jika ada kelebihan anggaran di area tertentu, kamu mungkin perlu mencari cara untuk menguranginya.
    • Perhatikan status keuangan dan ambil tindakan korektif jika diperlukan. Dengan memantau keuangan secara cermat, bisnis dapat terhindar dari masalah keuangan.


     Dengan langkah yang tepat, bisnis bisa makin maju dari tahun ke tahun.

    Tentukan Prioritas Bisnis

    Agar berhasil mengelola bisnis kecil, kamu perlu menetapkan prioritas. Jad, kamu perlu memutuskan apa yang paling penting bagi bisnis dan fokus pada hal-hal tersebut. 

    Tidak perlu khawatir bila selama ini kamu masih kesulitan menentukan prioritas sebab kami telah menyiapkan beberapa triknya di bawah ini. 

    • Pikirkan tujuan jangka panjang bisnis: Apa yang ingin kamu capai?
    • Buatlah daftar hal-hal yang perlu kamu lakukan untuk mencapai tujuan tersebut.
    • Urutkan poin dalam daftar berdasarkan tingkat kepentingannya. Mulailah dari tugas yang paling penting.
    • Fokus pada satu tugas dalam satu waktu dan jangan mencoba melakukan banyak hal. Cara ini akan membuatmu terhindar dari perasaan kewalahan dan memastikan setiap tugas mendapat perhatian yang layak.
    • Beristirahatlah saat kamu perlu dan jangan mencoba melakukan semua tugas sekaligus. Dengan begitu, kamu bisa tetap fokus dan terbebas dari risiko kelelahan.

    Manfaatkan Teknologi

    Tips sukses menjalankan bisnis yang terakhir ialah manfaatkan teknologi. Bukan rahasia lagi, kini teknologi telah berkembang pesat, termasuk dalam aspek pengelolaan bisnis.

    Maka dari itu, sudah saatnya kamu menggunakan aplikasi majoo yang bisa membantu menjadikan proses pengelolaan bisnis lebih efektif dan efisien. 

    majoo adalah aplikasi point of sale (POS) yang bukan hanya hadir untuk pengelolaan transaksi di kasir, melainkan dapat membantumu melacak keuangan melalui laporan keuangan, memantau karyawan melalui fitur absensi karyawan, hingga mengelola inventory

    Tak hanya itu, majoo merupakan aplikasi wirausaha yang berbasis cloud. Jadi, semua data, mulai dari transaksi hingga keuangan, akan terdokumentasi secara real time dan kamu bisa memantaunya dari mana saja. 

    Tentunya, kamu pun lebih mudah memantau perkembangan bisnis dan kesesuaian aktivitas harian bisnis dengan goals yang telah kamu tetapkan di awal. Mau tahu lebih lanjut soal aplikasi majoo? Klik tautan ini, ya!

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Temukan Kebutuhan Konsumen Dengan 5 Cara Ini
    Memahami kebutuhan konsumen merupakan bagian penting dari strategi pemasaran. Baca langkah-langkah agar kamu dapat mengidentifikasi kebutuhan tersebut.
    Inilah 4 Tips Mengubah Konsumen Menjadi Pelanggan Setia
    Mengenal perilaku konsumen dapat membantumu membangun basis pelanggan setia.
    Meningkatkan Brand Exposure Online Shop Tanpa Gagal
    Brand exposure merupakan salah satu kegiatan dalam hal branding. Bagaimana cara meningkatkan brand exposure pada online shop?
    Wajib Tahu, 5 Trik Agar Bisnismu Gak Ambruk di Tengah Jalan!
    Memulai sebuah bisnis membutuhkan sumber daya yang tidak sedikit. Tapi ngomongin soal mengelola bisnis? Wah, ini sudah another level sih!